22 Desember 2008

MARYAMAH KARPOV...ASYIK BANGET BUKUNYA


Tanggal 7 Desember kami membeli buku ini...Ceritanya masih asyik dan nggak membosankan untuk dibaca. Aku saja sampai tertawa terpingkal-pingkal kalo mbaca bukunya Andrea yang ke-4 ini (dari tetralogi Laskar Pelangi). Sampai-sampai Kayla menghentikan aktivitas bermainnya dan menatapku dengan penuh tanda tanya... Ucapnya selalu, "Kenapa Bu? Kok tertawa?"
Kayla mungkin heran kok ibunya tertawa sendiri? Biasanya kalau tertawa kan ada temannya yang diajak tertawa...
Geli juga lihat wajah kebingungan Kayla...
Intinya nih...kalau nggak baca buku ini nyesel deh...Ceritanya bagus, mengalir dan nggak terlalu perlu mengernyitkan dahi...asyik pokoknya... Kata-katanya mampu menyihirku...
Jadi aku nggak rela banget kalau buku ini menjadi karya terakhir dari Andrea Hirata... Aku akan selalu menunggu karya2nya selanjutnya...setuju nggak kawan?
aku pernah janji pada Kayla mau menceritakan buku2 tetralogi Laskar Pelangi pada Kayla, tapi belum aku penuhi janji itu...padahal Kayla sudah seringkali nagih janjinya...Maafkan Ibumu ini ya Nak... Tapi aku janji mau memenuhi janji itu...

13 Desember 2008

MANASIK HAJI CILIK DI KBIT & TKIT AL UMMAH

Hari Sabtu kemarin sekolah Kayla bersama dengan TKIT dan TAAS (Taman Asuh Anak sholeh/Tempat Penitipan Anak)mengadakan manasik haji di lapangan TKIT Al Ummah. Berkumpul jam 07.00 pagi, tapi Kayla datang agak belakangan padahal lokasinya depan rumah, biasalah, agak males2 kalau diajak mandi. Tapi acaranya cukup sukses menurutku, meski ada beberapa anak yang menangis. Yaa..biasalah anak2 gitu... Alhamdulillah, teman2 Kayla satu kelas cukup bertahan juga, meski ada 2 anak yang lagi bad mood tapi bisa menyelesaikan juga manasik hajinya...
Kayla sedang di depan "ka'bah" nih...semoga kami sekeluarga bisa menunaikan rukun islam yang ke-5 ini. Amin...
Kayla masuk kloter dari Jepang. Ini sedang berangkat dari Bir Ali
Ini lagi mau mencium "hajar aswad"
Lagi mengelilingi ka'bah
Minun air zam-zam

Sedang mendengarkan khutbah di "Padang Arofah"

Sholat berjamaah di "Padang Arofah"... Kayla mana ya? Itu dia di belakang....

Mengambil kerikil untuk melempar jumrah

Menyembelih kambing... embeeekkk....

Itulah beberapa moment dalam manasik haji cilik yang dilakukan Kayla dan teman2nya di sekolah. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi Kayla dkk, setidak2nya dia sudah mempunyai gambaran bahwa orang melaksanakan ibadah haji itu seperti itu... Apalagi Kayla sering ditunjukkan gambar2 dalam foto mainan oleh2 dari Mekah waktu neneknya Kayla naik haji. Setidaknya gambar/foto2 tsb dapat diasosiakan dengan apa yang telah Kayla lakukan dalam manasik haji di sekolah...
Harapan terbesar kami sekeluarga tentunya dapat melaksanakan Rukun Islam ke-5 tersebut... MOHON DOANYA...

MENGERJAKAN PR 2 SEKALIGUS

PR yang pertama dari Mas Kodil yang ada di Sumatera Barat, teman baru kami nih... Semoga bisa awet pertemanan kami, Amin.
Ini dia PR-nya...

1. Mengapa Blog kamu bernama "kaylakita"?
>> Ini blog pertamaku, dan aku buat blog ini secara otodidak, ngikutin langkah2 yang telah ada di blog seseorang, tapi pas ada yang sama sekali hal yang aku nggak ngeh dengan bahasa2 "yang tidak lazim" so pasti deh nanya2 terus lewat SB-nya. Terima kasih buat guruku di dunia blogger nih...Pa kabarnya ya guruku yang satu ini? Wah, kok jadi berpanjang2 nih...alasan intinya adalah blog ini aku persembahkan buat putriku tercinta: Kayla...

2. Mengapa Blog kamu pake template ini...?
>> Ya...karena blog ini gratis...he he he...sebelumnya aku juga pake template yang gratisan pilihanku sendiri, trus ditawari oleh guruku template yang ini...ya aku iya-in aja, soale sederhana dan simple... Boleh aja nih kalo mau ada yang nawari template yang keren lagi, hi hi... Sebenarnya pingin ganti2 template kayak teman2 yang lain tp krn msh gaptek, takut malah hancur deh blogku ini...

3. Kejadian apa yang tak terlupakan dalam hidupmu...?
>> Kalo ini nih mah banyak sekali, antara lain saat pertama kali bertemu sama calon suami, saat menikah, saat mengandung, saat melahirkan...wah masih banyak deh....

4. Kirim PR ini ke 10 sahabat Blogger...
>> untuk yang ini nggak aku kirim deh. maaf PR ke-4 nggak dikerjakan dengan baik, tapi jangan dihukum ya... Buat teman2 blogger yang mau mengerjakan PR ini, monggo silahkan diambil saja... Hi hi hi, masak ada sih, ngasih PR kok ditawarin... Kalo pas SMA tuh, pasti milih nggak ngerjakan, ya kan? Eits, tunggu dulu, dengan mengerjakan PR ini, kan teman2 yang lain jadi tahu kan hal2 tersebut di atas... Tul nggak?..

PR kedua dari Mama Ina nih...
Maaf Ma, baru dikerjain nih PR-nya, padahal kemarin janji mau ngerjakan langsung, eh molor sampe sekarang, maklum Ma pekerjaan rumah lagi numpuk nih...mau buka blog jadinya sdh teler deh... tapi tetap aja dikerjakan demi Mama Ina yang baik hati...

This is the rules :

1. Take a recent photo of yourself OR take a picture of yourself RIGHT NOW
2. DON'T change your cloth. DON'T fix your hair, just take a picture
3. Post that picture with NO editing
4. Post this instruction with your picture
5. Tag 10 people to do this


Foto ini masih asli sli...tanpa diedit apapun, nggak ada sentuhan photoshop sedikitpun, lagian aku kan nggak hebat2 banget untuk urusan yang satu itu dan males utak-atiknya. Sebenarnya sih pingin juga belajar lebih banyak tapi waktunya nggak longgar, seharian habis di tempat kerja, sampai rumah sudah ditunggu kerjaan rumah...dan nunggu Kayla asyik main atau kalau dia sdh tidur, tapi malah aku sendiri yang ketiduran, he he he... Foto itu orangnya juga asli, tanpa bedak dan lipstik, apalagi make up lengkap... jauh deh untuk urusan yang satu itu...
Masih sama dengan PR pertama, tugas terakhir juga nggak dikerjakan dengan baik nih Ma... buat teman2 blogger yang mau,monggo silahkan diambil saja. Kasihan deh kalo tema2 blogger kebanyakan PR, ntar nggak bisa main-main deh, hi hi hi...alasannya amatir banget...kabuuurrrrr...sebelum dicubit Mama Ina....

27 November 2008

AKHIRNYA...KAYLA SENANG PERGI KE MAZOLA

Hari Selasa lalu aku menemui gurunya dan menceritakan tentang Kayla berkenaan dengan acara ke Mazola dan minta untuk memotivasi Kayla agar mau ikut. Sepulang sekolah Kayla bilang mau ikut. Namun itu hanya sesaat...setelah itu ia selalu bilang nggak mau ikut. Setelah aku tanya beberapa kali, jawabannya selalu sama, "Enak di rumah aja..." atau "males ikut ke Mazola...".
Namun aku nggak maksakan dia, kalau nggak mau ikut ya nggak apa-apa. Namun aku masih yakin akhirnya dia ikut. Rabu sorenya aku ajak di belanja "bekal" ke Mazola. Kayla paling senang kalau dibelikan jajan di swalayan.

"Kayla, ini bekal untuk besok. Yang banyak ya...nanti teman2 dikasih", kataku.
"Kata ustadzah nggak boleh bawa banyak2 Bu, boleh bawa 2 aja..."
"Oo gitu ya..nggak pa pa,buat besok2nya aja..."
"Tapi Kayla nggak mau ke Mazola..."
"Ya sudah, kalau nggak mau ikut ya nggak apa apa, nanti di sekolah aja sama ustadzah"

Sampai tadi pagi mau berangkat masih bilang nggak mau ikut, namun bekalnya tetap aku siapkan. Dan...ketika hampir sampai di sekolah Kayla bilang,

"Bu, Kayla mau ikut ke Mazola..."
"O ya... Wah hebat dong Kayla...nanti disana....bla...bla...."
Sampai di sekolah tidak berapa lama, anak2 diajak berkumpul, bersiap-siap berangkat


Dan ini sedang dikasih "pengarahan dan pemanasan" oleh ustadzah plus diabsen dulu



Dan yang ini, berbaris eh membuat kereta menuju bis...


Kayla terlihat senang sekali. Aku juga nggak tahu kenapa dia berubah pikiran secepat itu. Yaa...namanya juga anak-anak. Kayla melambai-lambaikan tangannya terus sebelum berangkat. Terharu juga melepas anak2 pergi tanpa didampingi orang tua. Perjalanan ke Mazola menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam. Ini di bus ketika mau berangkat.


Sepulangnya dari Mazola, Kayla cerita tentang hewan2 disana dan cerita tentang temannya. Katanya, "Besok-besok Kayla mau pergi ke Mazola lagi..."
Alhamdulillah, berarti dia memang senang hatinya kesana. Ini pengalaman pertama Kayla pergi ke tempat "yang agak jauh" tanpa orangtua atau famili. Semoga di kegiatan outing berikutnya Kayla jauh lebih bersemangat...

TINGGI BADAN ADA ARTINYA JUGA LHO...

Menarik juga postingan dari Pak Erik di Sulsel tentang tinggi badan. Secara aku nggak tinggi2 banget boo...
Akhirnya kucoba juga deh pingin tahu apa arti tinggi badanku...yang mau nyoba silahkan klik www.blogthings.com, atau cuma mau ngintip aja ya monggoo...



What Your Height Says About You



You are a gifted communicator, and you understand other people well.

You are compassionate and empathetic. You feel other's pain a little too easily.



Because of your open heart and open mind, many people admire and adore you.

You are classy and well mannered. You have the art of charm mastered.



You are about as tall as the average Mexican woman.

23 November 2008

NGGAK MAU KE MAZOLA


Bulan ini tema belajar di sekolah Kayla tentang binatang. Selasa besok anak-anak akan diajak "bereksperimen" tentang binatang, sehingga anak-anak diminta membawa binatang yang "tidak berbahaya" spt: cicak, nyamuk, lalat, katak, ikan, dll.
Satu lagi, hari Kamisnya 27 November sekolah mengajak anak2 outing ke MAZOLA (Maharani Zoo and Goa). Aku tahu hal ini dari surat yang diberikan sekolah. Aku kira Kayla senang dengan acara ini. Tapi, tanpa kuduga saat aku menjemputnya dia bilang, "Bu, Kayla nggak mau ke Mazola". Aku tanya kenapa? "Kayla nggak mau" Untuk sementara aku nggak banyak bicara tentang hal ini, aku pikir nanti aja dibicarakan di rumah mungkin dia sudah berubah pikiran. Sesampainya di rumah, dia asyik bermain dan aku sedang BW, karena sdh lama nggak OL. Tiba-tiba Kayla menangis kenceng. Aku pun mendekatinya dan bertanya:
"Kenapa Kayla menangis?"
"Kayla nggak mau ke kebun binatang. Kayla nggak mau ke Mazola", katanya sambil masih menangis.
"Kenapa nggak mau? Kan disana bisa lihat banyak binatang?"
"Males!!! Kayla nggak mau..."
"Lho teman2 kan juga ikut, nanti rame-rame..."
"Nggak mau...Kayla mau di rumah saja!"
"Tadi ustadzah bilang apa?"
""Anak-anak besok ke Mazola", katanya sambil terus menangis.
"Kalau sama ibu, Kayla mau ngak?"
"Nggak! Ibu nggak boleh ikut"
"Naik apa kesana?"
"Naik bis. Ibu, telponkan ustadzah, Kayla nggak mau ke Mazola..."
......bla bla bla.....
Tumben-tumben juga Kayla begini, biasanya kalau pergi ke suatu tempat Kayla pasti seneng banget. Tapi, lha ini kok malah histeris kayak gini ya... Aku putar otak, sambil sesekali nanya ke Kayla tentang hal tersebut tapi belum nemu juga jawabannya. Tidak hanya itu saja, hal tersebut sampai terbawa mimpi. Di tengah2 tidur dia ngigau sambil teriak dan pembik-pembik, "Kayla nggak mau ke Mazola. Nggak mau....Nggak mau..."
Kok sampai segitunya ya... Tiap saat dia selalu minta ditelponkan Ustadzahnya untuk bilang bahwa dia nggak mau ikut. Tapi ini belum aku lakukan. Aku pikir hari Senin ini saja mau bicara dengan ustadzahnya. Tapi, sempat terlintas dalam pikiranku, mungkin Kayla takut karena pergi naik bis nggak sama orangtuanya. Karena beberapa kali kalau pulang ke Trenggalek aku dan Kayla naik bis, karena suamku lagi banyak tugas jadi nggak bisa ngantar. Mungkin Kayla membayangkan pergi sendiri naik bis...dan jauh...sehingga dia ketakutan... aku harus cari jawabannya...

21 November 2008

THE 8th AWARD FOR KAYLA

Wah...wah...wah...
Ternyata sekarang musim award ya... Bagus2 pula awardnya....
Kali ini Kayla dapat award dari Budhe Fakhrun di Doha, yang cerita2nya kok aku rasa menyejukkan ya...nggak tahu asalnya dari mana kesejukan itu, padahal nggak pake AC dan di Gresik udara cukup panas lho... Pasti deh dari hati Budhe yang satu ini...
Juga dari Mama Ina yang lagi ditinggal tugas sang kekasih tercinta alias misua eh...suami ding... kerja luar kota... Kangen dong pastinya Mam...
Ini dia awardnya...nggak tanggung2 tiga award sekaligus...

Ini yang pertama...

Hal yang membuat aku tersenyum hari ini :
1. Masih bisa bersama suamiku tercinta dan putri kecilku tersayang
2. Aku "bisa" OL lagi setelah beberapa hari absen
3. Apalagi ya...

Ini yang kedua...


Waduh...kalo yang ini mesti nyebutin hal gokil yang pernah aku lakuin...apa ya? mesti ngulik2 masa lalu nih...weleh weleh...malu dan geli jadi ingat kembali...

Waktu aku masih SD nih... suka deh duduk-duduk di depan rumah sama sepupuku, trus suka ngasih julukan ke orang yang sering lewat dg sebutan2 yg kadang nggak sopan banget. Selain itu, kalo ngalami suatu kejadian dg orang tertentu, kita kasih juga orang tsb julukan2 khusus. Semua julukan pasti ada story-nya. Nggak mungkin deh aku ceritakan satu per satu disini. Tapi aku kasih beberapa julukannya: Lik Mlompong, Lik Mblebek, Pak Endod, Pak Yonak-yonak, Mbak Tak Dlang, Lik Mekrok, Mbah Jatim, Pak Brintik,... (asli deh waktu ngetik nama2 itu, aku ketawa sendiri...)

Ada lagi nih... masih usia SD juga... aku, lagi2 sama sepupuku... ih malu mau cerita...tapi nggak pa pa deh... waktu itu kami pernah naruh air kemih ke dalam plastik bening, trus plastiknya kami taruh di pinggir jalan dan kami nungguin nggak jauh dari tempat itu... dengan harapan ada orang yang mengira itu minyak goreng yang terjatuh lalu ngambil plastik berisi cairan kuning itu dan dibawa pulang...

Masih SD juga, kira2 kelas 2 gitu...pas bulan Ramadhan, waktu itu aku ikut berpuasa sampai jam 12 siang. Tapi, tanpa sepengetahuan orang rumah aku selalu makan kue kering sembunyi2 trus kuenya ambil tanpa ijin lagi alias nyuri... karena kue itu disimpan untuk lebaran. Kuenya sama ibuku ditaruh di beberapa plastik. Agar ibuku nggak curiga aku ngambil sedikit2 di masing2 plastik. Tapi yang namanya ibuku kan titen (teliti) banget tuh... Akhirnya suatu saat ibuku nanya siapa yang makan kue2 diplastik itu? Aku jawab, "Nggak tahu, aku enggak makan kok, paling2 Bapak yang makan..."
Hi hi hi... geli sendiri kalo ingat... Maafin anakmu ini ya Pak, Bu....

Sudah ah ceritanya... malu nih...

Berikutnya, yang ketiga...

Harapan kami sekeluarga, semoga kami dan semua teman2 blogger dimana saja bisa selalu berteman dan berjabat erat seperti award kali ini...tidak hanya di dunia maya tapi juga di dunia nyata...
HIDUP BLOGGER... SELAMAT HARI BLOGGER... JABAT ERAT SELALU DAN CINTA DARI KAMI...

THE 7th AWARD FOR KAYLA


Barusan OL lagi sudah dapat award nih dari Mbak Andrie di Doha Qatar... Salut buat beliau yang selalu update tentang fashion dan seputarnya...jadi banyak tahu nih... sukses deh buat Mbak Andrie... Kapan nih punya momongan?

MENJENGUK TANTE...PLUS LIBURAN KE MALANG (LAGI...)

Sabtu kemarin pas suami masih di kantor, aku telpon deh Bapaknya Kayla minta ijin ke Malang untuk menjenguk adikku yg lagi kuliah di Malang. Hari sebelumnya aku ditelpon Bapak yang ngabari kalau adikku sakit dan aku diminta ijin nggak masuk kerja biar bisa menjenguk adikku satu2 nya. Trus, kata suamiku, kalo berangkat aku diminta nunggu dia pulang dulu biar bisa ngantar sampai terminal. Nggak berapa lama, suamiku telpon balik aku, katanya suamiku mau ikutan aja ke Malang, sekalian jalan-jalan...Wah...tambah suueeneenngg deh, ada sopirnya hi hi hi...
Kebetulan juga mbah putrinya kayla juga ke Malang (dari Trenggalek).
ini foto Kayla main sama Uti di playground hotel

Kami nginap di UMM In karena itu hotel yang terdekat dengan kostnya adikku. seperti biasa Kayla paling excited kalo sdh nginap di hotel. Pasti deh dia nggak mau tidur-tidur, kesenengen he he he...padahal kita nyampe hotel sudah jam 12 malam... malah aku yang tertidur duluan, nggak tahu Kayla mulai tidur jam berapa...
Tapi...Kayla kali ini protes. Katanya, "Bu, kok hotelnya nggak ada kolam renangnya?"
Wiih, maunya Kayla di hotel bisa renang atau tepatnya "main air" (habis Kayla masih takut2 kalo suruh nyebur kolam agak ke tengah... Gitu juga minta hotel yang ada kolam renangnya... Maunya Kayla nginapnya di Santika kayak beberapa waktu yang lalu...dia bisa renang sama Bapaknya...

Alhamdulillah, ternyata adikku sudah jauh lebih baik. Akhirnya kami santai2 saja di hotel. Semua sarapan di hotel. Suamiku janji ketemu temannya di lobby, sementara Ibuku dan adikku tidur2an saja di kamar hotel. Terus Kayla kemana? yaa...pasti deh Kayla dengan ibunya mondar-mandir sana sini...ke UMM Bookstore...ke playground, lihat ikan di kolam, dll deh...

Jam 1 siang check out, kita langsung jalan2 deh ke Matos, rencana mau ke Sengkaling, tapi nggak jadi... Disana beli bajuku, celana Bapak dan sandal Kayla, buah2 dan bel buat rumah. Makan disana sekalian. Trus ke rumah famili di Puri Landungsari. Lalu ke tempat kost adikku. Nggak bisa lama2 disana, karena Bapak sudah dpt telpon urusan kerjaan. Akhirnya pulang deh ke Gresik...

T-SHIRT BARU...


Lama nggak update nih...lagi males plus ada hal yang harus diselesaikan nih... Kangen banget sdh lama nggak OL dan BW sama teman2 yang buaik-buaik... Maafkan daku ya...untuk sapaan2 di SB yang blm sempat kebales...
Kali ini posting aku mulai dengan kaos baru Kayla... Siapa lagi kalo bukan dari Cumilfelt... Dunia perbloggeran mesti dah tahu nih...
Sudah bulan kemarin sih jadinya tapi baru sempat tampil kali ini nih... Aku pesan 4 t-shirt, satu untuk Kayla dan yang 3 untuk sepupunya yang ada di Pamulang, yaitu Mas Alvin, Mas Wildan dan Mbak kecil Rania..yang selalu kami rindukan karena jarang banget ketemu, malah untuk dik Rania masih tahu dari fotonya saja...kapan ya bisa ketemu? habis kalo lebaran pun nggak bisa bareng karena jadwal cutinya nggak bisa sama...

Aku juga pesan 3 gantungan mini, satu untuk Kayla, yang dua untuk Lintang dan Rara, temannya Kayla... Semua pada suka, bener nih nggak ditambah2in...ceritanya nih begitu kiriman datang semua pada surprise deh...nggak tanggung2 langsung dipakai nggak pakai cuci dulu...hi hi hi...nggak sabaran banget tuh anak2... ortunya juga gitu, pingin segera lihat anaknya pake T-shirt dari Cumil...
Makasih Cumil...temanku mau ikutan pesan lho... Hayo siapa lagi...?Langsung saja hubungi Busness Woman kita kali ini... Di http://cumilcumil.blogspot.com

08 November 2008

RAPOT PERTAMA KAYLA DI AL UMMAH


Sabtu kemarin, 8 November 2008 Kayla menerima rapot mid semester. Sedikit cerita tentang Kayla selama di sekolah dari hasil rapotnya dan menurut pengamatanku juga memang cock deh...sekalian buat nyusun rencana baru buat Kayla untuk "memperbaiki kekurangannya"

1. Sentra Persiapan
Kayla mengikuti setiap kegiatan meremas, meronce, menggunting, merobek, mewarnai, mengenal konsep angka dan warna. Kekurangannya nih: Kayla masih kurang kreatif menghasilkan karya... Kayla memang masih "belum" berani berpikir out of the box. Dia masih terpaku pada hal-hal yang begitu2 saja (nah, bingung kan? istilahnya apa ya? ya gitu deh, sudah pada ngerti lah..hi hi hi...)


2. Sentra Ibadah
Huruf hijaiyah insya Allah sudah bisa, meski sesekali lupa. Sekarang Kayla sudah Iqro jilid 3,cuma beberapa minggu terakhir ini Kayla lagi nggak mood sekali kalau diajak mengaji. Kayla belajar ngajinya di rumah saja dengan Bapak dan Ibu. Sholat, wudhu dan doa2 harian sudah lumayan. Kekuranganya: Kayla masih belum ada surat pendek yang hafal secara penuh, hanya sepotong2 kecuali surat Al Fatihah. Untuk ini kami merencanakan Kayla mengaji di masjid saja, karena biasanya kalau ada teman2nya dia bersemangat. Namun, Kayla masih belum mau nih, maunya beli jajan dan mainan saja di depan masjid...waduh gimana nih Kayla...jajan2nya juga jauh dari higinis...miris kan?

3. Sentra Main Peran
Komunikasi dan kerjasama dengan teman bagus. Kekurangannya: Kayla masih harus lebih aktif dalam bermain. Memang Kayla nih tipenya bukan mendahului kalau berteman, jadi masih harus "disponsori" dulu kalau bertemu dengan teman, habis gitu baru deh bisa asyik mainnya...

4. Sentra KarakterKayla aktif dalam setiap kegiatan, berbagi, sayang teman (nggak usil) dan asyik saat bermain dengan teman. Kekurangannya: Kayla masih kurang dalam memberikan komentar atau ide. Memang nih Kayla sering malu-malu dan kurang berani...

5. Seni dan Alam
Untuk ini Kayla nggak ada masalah, oke2 saja..Kayla suka menyanyi dan kegiatan di sentra ini.

6. Rancang Bangun
Kayla aktif ikut kegiatan ini. Mengenal bentuk sudah oke. Kekurangannya: Dalam menyusun balok masih kurang dan belum berbentuk/berstruktur dengan baik.

01 November 2008

SENAM BL YUUK...






Minggu pagi, habis bangun tidur, kayla, bapak dan aku main dan ngobrol2 sebentar di tempat tidur. Lagi aku dan bapak ngobrol, "wah enaknya kalau minggu pagi gini dipake olah raga, jalan-jalan pagi atau senam gitu, badan pasti deh jadi segar..." Tapi terkadang mualess, enakan santai-santai or tidur-tiduran plus males-malesan sambil baca koran or nonton tv...setelah 6 hari berkutat dengan rutinitas harian...
Eee...malah Kaylanya mau langsung minta senam...dia ngotot mau putar CD senam BL yang kupunya. Sebenarnya aku males banget masih pingin lanjutin tidur-tiduran apalagi aku lagi peroid, perut agak mules. Karena ngotot dan mau nangis...ya sudah deh akhirnya aku bilang ke Kayla, "Ya sudah, ibu temani senamnya tapi ibu nggak ikut ya...ibu sakit perut nih...Kayla senam sendiri ya?" Ia pun mengiyakan. Lihatlah foto-foto di sebelah...Tapi sayang, Kayla belum mandi dan gosok gigi, hi hi hi...
Dengan semangatnya Kayla ngikuti gerakan senam BL yang buat orang dewasa... Wah jadi ingat janjiku pada Kayla untuk belikan CD senam untuk anak-anak...

CERITA SELANJUTNYA...
Hari Minggu ini sih nggak ada rencana jalan2, tapi suami ngajak ikut ke Surabaya, mau ketemu teman di Surabaya Plaza Hotel. Sementara mereka ketemuan aku dan Kayla jalan2 di Delta Plaza. Kita ke Gramedia, makan di McDonald, dan acara wajib nih...ke Time Zone dan Play Land DeaDeo.

Katanya sih ketemuannya nggak lama, sekitar 2 jam-an, tapi wuihh...sampai hampir Mahgrib. Sampai capek deh nunggunya, meski dg jalan2 sih...habis nganterin ke Juanda juga sih... Maunya aku sih langsung pulang, tapi Kayla ho oh aja saat ditawarin Bapaknya mau jalan2 lagi...wuihh... Akhirnya kita jalan ke Galaxy Mall, makan dulu disana. Kayla nih lagi nunggu pesenannya...

Habis makan, langsung ke Pameran komputer dan teknologi disana juga, trus beli monitor clean kit di Wellcomm shop. Trus muter2 lagi deh cari kebutuhan Bapak. Habis itu pulang deh...alhamdulillah selamat sampai di rumah.

29 Oktober 2008

CD YUSUF ISLAM, FRIENDS & CHILDRENS DAN BELAJAR BAHASA INGGRIS


akhir-akhir ini Kayla suka banget dengerin CD tersebut. Belinya waktu Ramadhan kemarin. Dibelikan Bapaknya di Surabaya Plaza. Kalau minta diputarkan CD itu, dia kan bilang, "Bu, Kayla mau CD I look I look I see...lucu juga dengernya. Kayla paling suka lagu yang judulnya itu (I look I look I See). diulang-ulang trus yang itu nggak bosan-bosan. Lagu yang disuka lagi yang judulnya: Al Khaliq sama Months in Islam. Dia berusaha menirukannya tapi yang muncul pasti deh bahasa Inggris versi bahasa planet he he he... Sesekali aku ajari cara ngomong syairnya meski sedikit. Sebenarnya aku mau mulai ngajari bahasa Inggris buat Kayla tapi kelihatannya belum tertarik sekali, namun sudah mulai ada respon. Kalau aku menyebutkan sesuatu dalam bahasa Inggris, Kayla sudah mulai nanya, "Apa itu, Bu?"
Alhasil Kayla seringkali ngomong yang nggak ada artinya dalam bahasa Indonesia, lebih tepatnya ya bahasa planet itu kali ya... kalau ditanya, katanya itu Bahasa Inggris, he he he... Semoga Kayla semakin tertarik sehingga lebih banyak kata-kata yang diserapnya...Karena penting untuk jaman sekarang, apalagi ke depannya, so harus segera diberikan sedini mungkin, tapi dengan satu catatan> anak harus fun dan enjoy, nggak usah dipaksakan...!!! SETUJU SEMUA KAN...? ADA YANG MAU KASIH SARAN, GIMANA NGAJARIN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SEUSIA KAYLA? SENANG BANGET LHO...

24 Oktober 2008

DERING TELPON DINIHARI

Hari Rabu kemarin sekitar pukul 3.30 pagi Bapak telpon ke handphoneku. Betapa terkejutnya diriku karena Bapak mengirimkan kabar duka.
INNALILLAHI WA INNAILAIHI ROOJIUUNN
Telah pulang ke Rahmatullah Bapak Suradji. Beliau adalah Pak Puh kami. Beliau kakak dari Ibuku. Kami tidak menyangka sama sekali, terbersit pun tidak. Karena baru kemarin rasanya kami silaturahmi dengan beliau di Ponorogo (tempat tinggal beliau)saat lebaran. Ceritanya hari Rabu kemarin beliau masih ngantor dan malamnya masih mengikuti halal bil halal di balai desa setempat. Sepulangnya dari acara tsb beliau mulai merasa tidak enak badan dan merasa kram di perutnya. Sampai ajalpun menjemputnya... Kami masih teringat dengan cerita2 beliau dikala itu. Aku sangat hormat pada beliau. Tapi...ya itulah...Kematian memang sebuah misteri yang terbesar, yang hanya Allah SWT yang tahu kapan akan datang pada setiap hambanya.
Inilah foto beliau waktu berkumpul di rumah almarhum mbah putri kami pada saat lebaran kemarin

Kami mohon doanya kepada semuanya agar turut mendoakan pada beliau agar semua amalnya dapat diterima di sisi-Nya dan segala dosa serta kesalahannya mendapatkan ampunan dari Yang Maha Memiliki Hidup. Semoga keluarga yang ditinggalkan semakin sabar dan dikuatkan imannya. Amin.

18 Oktober 2008

PR Yang Asyik...




What Renidwiastuti Means



You are wild, crazy, and a huge rebel. You're always up to something.

You have a ton of energy, and most people can't handle you. You're very intense.

You definitely are a handful, and you're likely to get in trouble. But your kind of trouble is a lot of fun.

You are friendly, charming, and warm. You get along with almost everyone.

You work hard not to rock the boat. Your easy going attitude brings people together.

At times, you can be a little flaky and irresponsible. But for the important things, you pull it together.

You are very intuitive and wise. You understand the world better than most people.

You also have a very active imagination. You often get carried away with your thoughts.

You are prone to a little paranoia and jealousy. You sometimes go overboard in interpreting signals.

You tend to be pretty tightly wound. It's easy to get you excited... which can be a good or bad thing.

You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don't stick with any one thing for very long.

You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.

You are balanced, orderly, and organized. You like your ducks in a row.

You are powerful and competent, especially in the workplace.

People can see you as stubborn and headstrong. You definitely have a dominant personality.

You are very charming... dangerously so. You have the potential to break a lot of hearts.

You know how what you want, how to get it, and that you will get it.

You have the power to rule the world. Let's hope you're a benevolent dictator!

You are usually the best at everything ... you strive for perfection.

You are confident, authoritative, and aggressive.

You have the classic “Type A” personality.

You are the total package - suave, sexy, smart, and strong.

You have the whole world under your spell, and you can influence almost everyone you know.

You don't always resist your urges to crush the weak. Just remember, they don't have as much going for them as you do.

You are a seeker. You often find yourself restless - and you have a lot of questions about life.

You tend to travel often, to fairly random locations. You're most comfortable when you're far away from home.

You are quite passionate and easily tempted. Your impulses sometimes get you into trouble.

You are a very lucky person. Things just always seem to go your way.

And because you're so lucky, you don't really have a lot of worries. You just hope for the best in life.

You're sometimes a little guilty of being greedy. Spread your luck around a little to people who need it.



Pingin tahu ah, apa arti nama Kayla...hi hi hi....



What Kaylaaminah Means



You are a seeker of knowledge, and you have learned many things in your life.

You are also a keeper of knowledge - meaning you don't spill secrets or spread gossip.

People sometimes think you're snobby or aloof, but you're just too deep in thought to pay attention to them.

You are usually the best at everything ... you strive for perfection.

You are confident, authoritative, and aggressive.

You have the classic “Type A” personality.

You are a free spirit, and you resent anyone who tries to fence you in.

You are unpredictable, adventurous, and always a little surprising.

You may miss out by not settling down, but you're too busy having fun to care.

You are relaxed, chill, and very likely to go with the flow.

You are light hearted and accepting. You don't get worked up easily.

Well adjusted and incredibly happy, many people wonder what your secret to life is.

You are confident, self assured, and capable. You are not easily intimidated.

You master any and all skills easily. You don't have to work hard for what you want.

You make your life out to be exactly how you want it. And you'll knock down anyone who gets in your way!

You tend to be pretty tightly wound. It's easy to get you excited... which can be a good or bad thing.

You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don't stick with any one thing for very long.

You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.

You are very intuitive and wise. You understand the world better than most people.

You also have a very active imagination. You often get carried away with your thoughts.

You are prone to a little paranoia and jealousy. You sometimes go overboard in interpreting signals.

You are truly an original person. You have amazing ideas, and the power to carry them out.

Success comes rather easily for you... especially in business and academia.

Some people find you to be selfish and a bit overbearing. You're a strong person.



Siapa nih selanjutnya yang diberi tugas untuk mengerjakan PR...? Ini dia teman-teman yang terpilih....
1. Bowothea 2. Budhe Fakhrun 3. Tante Dessy C. Ponnie 4. Gandhi 5. Rizky 6. Mama Vica 7. Mama Yannie 8. Sis Vera 9. Brigadista
Selamat mengerjakan ya...caranya sangat gampang...klik saja pada kalimat "What's Your Name's Hidden Meaning? nanti akan keluar sendiri deh artinya...lalu posting saja ke kompi, sdh ada kodenya langsung kok...
Gampang kan....ayo ayo dicoba...asyik lho setelah baca isinya...he he he...

14 Oktober 2008

GILIRAN KAYLA NONGOL DI TABLOID NAKITA

Kalau sebelumnya sudah banyak teman-teman Kayla yang muncul di tabloid, kini Kayla dapat giliran. Kali ini Kayla nongol di Tabloid Nakita edisi No. 498/TH.X/18 OKTOBER 2008.


Meski nongolnya cuma sebentar dan cuma menuangkan pengalaman doang, tapi hal ini cukup mengingatkan dan memberikan semangat padaku untuk banyak menulis lagi seperti waktu masih kuliah dulu, he he... Nggak tahu deh sekarang kok malah nggak pernah ngirim artikel ke media. Barangkali karena sekarang sudah asyik di blog kali ya...juga lagi sibuk kerja pragmatis tapi insya allah berpahala...(cari-cari alasan nih..!)Ayo semangat menulis...!!!
Kata Pak Hernowo penulis buku Mengikat Makna (Terima kasih ya Pak, dulu daku pernah dikasih hadiah buku oleh beliau hanya karena menulis sedikit cerita) MENULIS itu sama dengan:
1. Membebaskan diri
2. Mengekspresikan diri
3. Menemukan diri
4. Kecintaan "mengikat" ilmu
5. Aktivitas intelektual yang sangat berguna untuk mengukur sudah seberapa tinggi pertumbuhan ruhani kita
6. Menata pikiran

THE 6th AWARD FOR KAYLA



Terima kasih buat Tante Lyla yang telah berkunjung dan menganugerahkan award ini...Tahu aja kalau kayla tinggal di sekitar Surabaya.
Buat semua teman-teman blogger deh award ini aku berikan, spesial buat teman-teman yang dari surabaya (sesuai awardnya...) semoga Surabaya semakin maju... GREEN AND CLEAN...!!!

13 Oktober 2008

BATUK... EMOH MINUM OBAT


Beberapa hari yang lalu Kayla kena batuk...eh sekarang giliran ibunya yang kena...
Sudah dua hari ini...serak banget di tenggorokan...mesti minum vitamin nih...Saat batu-batuk melanda...ee.. Kayla nya malah ngingetin ibunya...Katanya,
"Ibu, kalo sakit harus minum obat batuk dan vitamin..."
"Lha Kayla sendiri nggak mau minum obat? Ibu maunya ada teman untuk minum obat..."
"Kayla nggak mau minum obat, ibu saja... Kayla hanya mau minum vitamin aja..."
Bahkan pernah pada saat sakit sebelumnya Kayla bilang, "Kayla nggak mau minum obat...(sambil mau nangis)...Kayla mau sakit aja...nggak mau minum obat".
Duaarrr... Lha kamu sakit, ibumu ini Nak yang sedih...
Begitulah Kayla, urusan minum obat, suliiittt minta ampun...bujukan apapun nggak akan kena deh...kecuali satu cara... yaa mesti dipaksa juga... jadi ngiri deh lihat anak-anaknya teman yang doyan obat...

10 Oktober 2008

SAWAN... OH... SAWAN...

Pasca maraton acara lebaran kemarin, Kayla badannya panas naik turun. Aku pikir, itu karena kecapekan dan juga kebanyakan minum es. Tapi, meski panasnya sudah turun sejak 2 hari yang lalu, namun tatapan matanya masih sayu, dan tidak terlalu ceria seperti biasanya. Dia juga lebih sering mengantuk dan kurang bersemangat, meski beberapa temannya main ke rumah. Kayla juga ikut main, tapi ya itu tadi, matanya masih sayu. Aku dan suami terus bertanya-tanya, kenapa dengan Kayla? Mau dibawa ke dokter tapi sepertinya dia nggak sakit. Dan Kayla paling susah kalau diajak ke dokter. Kecapekan...itu kata-kata yang selalu terucap dari kami mengenai kondisi Kayla. Namun, aku mulai curiga karena saat diajak naik sepeda motor maupun mobil Kayla selalu ketakutan, dan bahkan menangis...Katanya, "Pak/Bu, pelan-pelan saja jalannya..." Padahal kami jalannya juga sudah pelan. Terus saat ada polisi tidur, dia ketakutan lagi, "Ibu,jangan lewat ndul-ndul..." (istilah Kayla untuk menyebut polisi tidur yang terdiri dari barisan beberapa paving).
Kami pun berulangkali meyakinkannya bahwa dia tidak perlu takut, yang penting kita jalannya hati-hati. Namun, nampaknya hal itu belum berhasil. Bahkan, Kayla bilang, "Kalau ibu pergi, Kayla di rumah saja, nggak mau ikut..." Tapi kalau jalan kaki dia mau ikut. Aku coba berpikir dan mencari-cari sebabnya. Aku menduga, selama lebaran kemarin banyak sekali berita di televisi tentang kecelakaan lalin. Dan kayla pun beberapa kali melihatnya dan hal itu begitu membekas di otaknya. Satu hal lagi, hampir di setiap tidurnya Kayla selalu mengigau.
Tadi malam, ibu mertua telepon dan menanyakan kondisi Kayla. Beliau menduga, mungkin Kayla kena sawan atan istilahnya "sawanen". Aku sendiri sampai sekarang belum paham dan belum bisa masuk dalam logikaku tentang sawan itu. Aku tanya apa sawan itu? Rata-rata mereka menjawab sawanen itu intinya "kaget terhadap sesuatu yang menyebabkan seseorang yang kena sawan akan merasa ketakutan terhadap sesuatu tersebut". Aku juga sudah beberapa kali menemui kasus seperti ini. Dan ada beberapa cara untuk menghilangkan sawan yaitu, pakai bedak sawan, minum jamu sawan atau pijat sawan."
Percaya nggak percaya sih...tapi setelah memakai cara tersebut orang ybs bisa juga sembuh. Aku sempat berpikir barangkali itu hanya karena "sugesti" saja. Tapi ya nggak tahu lagi, karena orang-orang tua yang ditanya juga nggak tahu jawabannya. Nah, bingung kan?
Langsung saja, tadi malam Kayla kami bawa ke rumah ibu mertua untuk dikasih bedak sawan, tapi ngasih bedaknya nggak optimal karena Kayla nggak mau, aku pun sampai nyuri2 untuk ngolesin bedaknya. Tapi, hari ini aku amati kok masih belum terlalu berubah, tapi bedaknya belum habis untuk dioleskan. Moga2 dengan olesan yang ini,Kayla bisa segera "pulih" seperti biasanya dan ceria lagi.
Meski begitu, Kayla pun masih mau terus melakukan kegiatan "belajarnya". Seperti di bawah ini:
Membaca flashcard-nya level 3

Mengerjakan LKS-LKS membaca dan menulis

Dan ini, Kayla minta melukis (mewarnai dengan cat air). Sebenarnya, aku "agak males" juga berurusan dengan cat air, tapi melihat kemauan Kayla untuk itu besar banget (sudah mulai kemarin2 minta terus) akhirnya aku pun tak kuasa lagi menolaknya...

Namun Kayla selalu ingin terus ditemani. Aku tidak boleh masak, setrika, menyiapkan makan, dll. Mumpung masih libur, aku pun lebih banyak menuruti keinginannya yang itu. Jadi kalau beraktivitas di rumah lebih banyak nunggu Kayla tidur, kecuali kalau dia ada bapaknya atau temannya yang main ke rumah.
Teman-teman blogger, kalau ada informasi atau ulasan tentang "sawan" boleh dong dikasih...Penasaran banget nih...

08 Oktober 2008

LEBARAN DI TRENGGALEK

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami lebaran di Trenggalek, kota kecil di Jawa Timur bagian selatan tempat kelahiran ibu Kayla. Kami berangkat mudik pada 27 September setelah Bapaknya Kayla pulang kantor, sekitar jam 16.15 wib. Cuma perjalanan ke Trenggalek yang seharusnya dapat ditempuh 4-5 jam, tapi ini ditempuh sampai 10 jam. Jadi sampai di rumah mbah kakung sudah jam 2 malam. Bukan karena macet penyebabnya, tapi karena kebanyakan "istirahat" di jalan. Bapak sudah kecapekan di jalan dan ngantuk puoll. Daripada nyetir sambil ngantuk mendingan istirahat saja kan... Dan itulah hasilnya, perjalanan ditempuh 2 kali lipat dari biasanya. Nggak papa kan, yang penting kami semua selamat.
Sesampai disana, Kayla asyik saja bermain dan ngobrol sama mbah putrinya. Padahal sudah dinihari.
Pada waktu hari H, ibu nggak bisa sholat Id karena lagi period...tapi tetap ikut kelapangan mendengarkan khutbahnya, walhasil Kayla juga nggak mau ikut sholat Id, nemplok sama ibunya. Ini dia suasana sholat Id...(yang ambil gambarnya tantenya Kayla yang lagi period juga...)

Lapangannya penuh dengan jamaah, banyak yang mudik kali ya...
Setelah pulang dari sholat Id, kami pun sungkem pada Bapak dan Ibu...

Mbah putri sungkem pada mbah kakung...

Ibu sungkem pada mbah Kakung dan Mbah Putri...

Tante Nur'aini sungkem pada mbah kakung dan mbah putri...

Kemana Bapak dan Kayla kok nggak tayang nih...?
Bapak masih di Gresik, kemarin setelah ngantar mudik, Bapak balik lagi ke Gresik karena hari Senin masih masuk kerja. Jadi, Bapak sholat Id di Gresik dan baru ke Trenggalek setelah sholat Id... Lalu Kayla kemana?
Kayla kabur nggak mau sungkeman...duuh Nak, kok malah lari sih...dasar anak kecil. Di Lebaran ini Kayla juga masih mood-mood an kalo diminta salim, kadang mau kadang nggak mau...begitu juga saat nerima angpau, kadang mau, kadang juga nggak mau...weh weh weh...

Dan sudah 2 lebaran ini,kami tidak berlebaran dengan mbah buyut...

Kami juga tidak jadi bertemu dengan Mas Alvin, Mas Wildan dan Mbak Rania dan juga bapak ibunya tentunya, di lebaran ini karena masih di Kebumen...kapan bisa ketemu lagi ya...
Ini foto 2 tahun yang lalu, saat Kayla ke rumah Mas Alvin di Villa Dago, Pamulang. Mbak Rania masih di dalam kandungan...

Setelah sungkeman dan bermaaf-maafan dengan keluarga Bu Lik yang di sebelah rumah, kami pun bersilaturahmi ke tetangga2. Tapi Mbah kakung dang Mbah putri masih harus stay at home karena banyak tamu yang berdatangan.
Ini Shinta dan Tasya, teman main Kayla selama di Trenggalek (masih saudara).

Hari ke-2 Ibu dan Kayla berlebaran lagi dengan tetangga2 dekat rumah (kebanyakan masih bau saudara juga...) karena di hari pertama bapak Kayla belum datang. Dilanjutkan sowan ke saudara2 dari mbah kakung yang jumlahnya 11, hanya yang satu di Kediri belum kesana, dan direncanakan mampir sekalian pulang ke Gresik besoknya. acara sowan selesai sekitar jam 7 malam, lalu Kayla minta ke alun-alun...main deh disana, naik kereta, odong-odong, beli kaset VCD, balon dan mainan. Acara wajib nih kayaknya bagi Kayla...
Hari Ke-3 pagi, kami berangkat ke Ponorogo, sowan ke keluarga dari Mbah Putri. Sebenarnya saudara Mbah Putri ada 7 orang tapi sudah meninggal 2 orang.
Sore hari pulang ke Trenggalek. Nyampek hampir Maghrib. Bapak istirahat karena mau nyetir lagi ke Gresik, dan ibu beres2 pakaian dan oleh2 yang mau dibawa.
Kami juga mampir Kediri tapi sudah kemalaman (jam 9 malam), Bulik sudah istirahat dan kami juga tidak tega membangunkan karena beliau berdua agak kurang sehat. Lanjut deh perjalanan ke Gresik. Lagi2 perjalanan molor banget bukan karena macet tapi karena kebanyakan istirahat di jalan karena Bapak ngantuk. Sampai Gresik sudan jam 3.30 dinihari. Bapak dan Ibu istirahat, tapi Kayla nggak mau tidur dan main sama tante2nya. Jam 9 berangkat ke acara Reuni Keluarga Besar dari Bapak, dilanjutkan berkunjung ke famili2 di Gresik sampai Maghrib baru selesai....capek banget rasanya tapi puas... Habis itu saudara2 mertua mau ke Ngawi dan yang nyopiri Bapaknya Kayla, mau nolak ya nggak enak, tapi nggak nolak ya capek... Akhirnya jam 10.30 malam berangkat ke Ngawi. Tapi aku memutuskan tidak ikut, karena kasihan Kayla, sudah kecapekan banget. Dan setelah acara maraton lebaran, Kayla sempat badannnya panas naik turun selama 3 hari, namun cukup aku beri obat penurun panas sudah baikan, tapi matanya masih terlihat sayu sampai sekarang...kasihan juga sih... Cepat sehat dan segar kembali ya Sayang...