20 September 2008

KANGEN BAPAK

Tadi malam, setelah sholat tarawih di masjid, aku menyetrika baju yang sudah menumpuk. Maklum nggak punya asisten di rumah, jadi segala sesuatu harus dikerjakan sendiri. Lumayan banyak lah setrikaannya, sambil nonton tv dan "sambil" menemani Kayla bermain.
Sekitar jam 22.00 Kayla berhenti dari bermainnya dan tiba-tiba dia sesenggukan sambil melihatku. Aku pun heran, lalu kuhentikan setrikaku dan kutanya,
"Kenapa Kayla kok nangis?"
"Kayla kangen Bapak..."
"Iya, nanti sebentar lagi Bapak pulang kan..."
"Telpon Bapak, Bu..."
"Iya... sudah nih, Kayla ngomong sama Bapak."
Akhirnya dengan cerianya iya ngobrol dengan bapaknya dan menceritakan acara buka bersama dengan teman-teman kerjaku. Tadi malam memang aku ada acara buka bersama dengan teman-teman sekerja, dan suamiku juga ada acara berbuka puasa bersama dengan teman-temannya juga, cuma sampai malam bapaknya belum pulang karena masih ngobrol-ngobrol dengan teman-temannya. Jadi, dari pagi sampai malam Kayla belum bertemu bapaknya.
Hal ini pun sudah beberapa kali terjadi, apalagi kalau bapaknya ke luar kota.
Kami sebagai orangtua harus instropeksi diri tentang kebersamaan kita dengan anak setiap hari. Bisa jadi kita dekat dalam satu ruangan bersama anak, bahkan ketika dia disamping kita pun. Karena bisa jadi, kebersamaan kita "hanya" secara fisik, tidak dengan hati kita. seperti misalnya, katakanlah kita bersama anak, tapi kita sibuk nonton tv sendiri, asyik baca koran, sibuk setrika, sibuk masak, tanpa melibatkan anak. Betapa anak merasa sendiri diantara orangtuanya...

11 komentar:

  1. iya bun,pokoknya sesibuk2nya ortu harus deh luangin waktu buat anak2nya,krn masa kanak2 tuh sebentar banget en mereka butuh kehangatan ortu,keluarga en lingkungan sekitarnya..liat deh anak2 cepet besar,kalo dah besaran dikin..mungkin nggak gitu mau lagi pelukan/ciuman sama mama papanya..jadi nikmatilah kebahagian mereka:-)

    BalasHapus
  2. halo kayla, salam kenal ya, suka kangen ama bapak ? Fauzan juga, kayak tadi malem tuh, bapak pergi pas Fauzan tidur siang, pulangnya malem2, Fauzan dah tidur juga. Waktu lilir, liat bapak dah pulang, tapi bapak di cuekin, Fauzannya ngambek. Karena waktu bangun siang nanyain bapak, eh bapaknya gak ada.

    BalasHapus
  3. Kayla sama nih sama Shasa.. sering kangen sama papanya juga.. memang kebersamaan dengan orang tua sangat berarti ya buat seorang anak..

    BalasHapus
  4. Wah Kayla kangen ama Ayah ya...!!! Kaya Talitha klo lama seharian gak lihat papahnya suka nanya trus...
    Memang anak tuh perlu banyak waktu dan perhatian kita ya...karena hatinya masih lebut butuh kasih sayang yang banyak...

    BalasHapus
  5. kayla sama niiy ky atha...
    atha jg klo ga ktmu abi-nya suka rewel ga jelas (maklum blm bs ngomong)...trs telp deh & atha pegang hp sbl dgr abi-nya panggil2..hihihi

    BalasHapus
  6. hhmmm.... haduhh... kena banget nih kita,.. iya ya.. kadang kita ada, deket sama anak... tapi pade sibuk sendiri.. anak dimana kita dimana... :D

    BalasHapus
  7. Bener..bunda..memang anak anak kadang butuh perhatian kita lebih.
    Pelajaran buat daku juga niy..pernah sama2 ngalamin kayak gini..

    BalasHapus
  8. duhhh kayla kangen banget ya...smpe nangis begitu...bener juga bunda, anakku yg msh kecil aja udah ngerti lohh klo di cuekin sm mamah papahnya, pasti dia teriak utk cari perhatian, kadang klo aku msh ngantuk, anakku dah bangun, dia main sndirian di tmpt tdr...klo dah lama gak ada yg bangun juga...trs dia teriak dechh....kasihan yaaa....kalaupun ortunya dirumah dah sbk sm kerjaan msng2...

    BalasHapus
  9. Wah,ini saya bangeeettts,...secara kita juga ga ada ART,kadang saya disibukkan dengan pekerjaan rumah,dn membiarkan Daffa, anak saya main sendirian. Daffa belum bisa bicara seperti Kayla, meski sudah 3,5 tahun, tapi dia sering mengekspresikan rasa sepinya dengan tiba2 menarik tangan saya dan memaksa saya duduk di sebelahnya...Kasian dia.
    Nice blog, saya sudah link ke sini, dan pasti akan sering mampir,karena saya pengagum mama Kayla hehehe...

    BalasHapus
  10. kayla... masih kangen bapak gak..? he..he.. lucu yah anak2 kalo kangen..

    BalasHapus
  11. sama nih dg Raihan.. raihan jg suka kangen sm abinya hehehe... minggu dpn dah liburan panjang nih..kayla bisa sepuas2nya main sm bapak & ibu..;)

    BalasHapus