10 Oktober 2008

SAWAN... OH... SAWAN...

Pasca maraton acara lebaran kemarin, Kayla badannya panas naik turun. Aku pikir, itu karena kecapekan dan juga kebanyakan minum es. Tapi, meski panasnya sudah turun sejak 2 hari yang lalu, namun tatapan matanya masih sayu, dan tidak terlalu ceria seperti biasanya. Dia juga lebih sering mengantuk dan kurang bersemangat, meski beberapa temannya main ke rumah. Kayla juga ikut main, tapi ya itu tadi, matanya masih sayu. Aku dan suami terus bertanya-tanya, kenapa dengan Kayla? Mau dibawa ke dokter tapi sepertinya dia nggak sakit. Dan Kayla paling susah kalau diajak ke dokter. Kecapekan...itu kata-kata yang selalu terucap dari kami mengenai kondisi Kayla. Namun, aku mulai curiga karena saat diajak naik sepeda motor maupun mobil Kayla selalu ketakutan, dan bahkan menangis...Katanya, "Pak/Bu, pelan-pelan saja jalannya..." Padahal kami jalannya juga sudah pelan. Terus saat ada polisi tidur, dia ketakutan lagi, "Ibu,jangan lewat ndul-ndul..." (istilah Kayla untuk menyebut polisi tidur yang terdiri dari barisan beberapa paving).
Kami pun berulangkali meyakinkannya bahwa dia tidak perlu takut, yang penting kita jalannya hati-hati. Namun, nampaknya hal itu belum berhasil. Bahkan, Kayla bilang, "Kalau ibu pergi, Kayla di rumah saja, nggak mau ikut..." Tapi kalau jalan kaki dia mau ikut. Aku coba berpikir dan mencari-cari sebabnya. Aku menduga, selama lebaran kemarin banyak sekali berita di televisi tentang kecelakaan lalin. Dan kayla pun beberapa kali melihatnya dan hal itu begitu membekas di otaknya. Satu hal lagi, hampir di setiap tidurnya Kayla selalu mengigau.
Tadi malam, ibu mertua telepon dan menanyakan kondisi Kayla. Beliau menduga, mungkin Kayla kena sawan atan istilahnya "sawanen". Aku sendiri sampai sekarang belum paham dan belum bisa masuk dalam logikaku tentang sawan itu. Aku tanya apa sawan itu? Rata-rata mereka menjawab sawanen itu intinya "kaget terhadap sesuatu yang menyebabkan seseorang yang kena sawan akan merasa ketakutan terhadap sesuatu tersebut". Aku juga sudah beberapa kali menemui kasus seperti ini. Dan ada beberapa cara untuk menghilangkan sawan yaitu, pakai bedak sawan, minum jamu sawan atau pijat sawan."
Percaya nggak percaya sih...tapi setelah memakai cara tersebut orang ybs bisa juga sembuh. Aku sempat berpikir barangkali itu hanya karena "sugesti" saja. Tapi ya nggak tahu lagi, karena orang-orang tua yang ditanya juga nggak tahu jawabannya. Nah, bingung kan?
Langsung saja, tadi malam Kayla kami bawa ke rumah ibu mertua untuk dikasih bedak sawan, tapi ngasih bedaknya nggak optimal karena Kayla nggak mau, aku pun sampai nyuri2 untuk ngolesin bedaknya. Tapi, hari ini aku amati kok masih belum terlalu berubah, tapi bedaknya belum habis untuk dioleskan. Moga2 dengan olesan yang ini,Kayla bisa segera "pulih" seperti biasanya dan ceria lagi.
Meski begitu, Kayla pun masih mau terus melakukan kegiatan "belajarnya". Seperti di bawah ini:
Membaca flashcard-nya level 3

Mengerjakan LKS-LKS membaca dan menulis

Dan ini, Kayla minta melukis (mewarnai dengan cat air). Sebenarnya, aku "agak males" juga berurusan dengan cat air, tapi melihat kemauan Kayla untuk itu besar banget (sudah mulai kemarin2 minta terus) akhirnya aku pun tak kuasa lagi menolaknya...

Namun Kayla selalu ingin terus ditemani. Aku tidak boleh masak, setrika, menyiapkan makan, dll. Mumpung masih libur, aku pun lebih banyak menuruti keinginannya yang itu. Jadi kalau beraktivitas di rumah lebih banyak nunggu Kayla tidur, kecuali kalau dia ada bapaknya atau temannya yang main ke rumah.
Teman-teman blogger, kalau ada informasi atau ulasan tentang "sawan" boleh dong dikasih...Penasaran banget nih...

7 komentar:

  1. Sawan sebenarnya hanya suatu istilah untuk anak kecil pada saat panas, terlihat lesu dan tidak ceria seperti biasanya.Menurutku itu hanyalah terjadi karena kecapekan semata karena sudah terlalu banyak beraktivitas namun dengan istirahat yang cukup dan makan yang sehat saja kondisi anak akan pulih dan fresh kembali."Pengobatan" untuk menyembuhkan "sawan" tersebut hanya bersifat sugesti saja,akibat kebiasaan turun temurun yang secara kebetulan menyembuhkan akhirnya "dipatenkan" sebagai penangkalnya. Namun tentu saja itu semua tergantung pada masing-masing individunya. By the way...Kayla cepet sehat ya biar Bunda ngak khawatir lagi.Kayla pintar ..masih sakit masih belajar baca-tulis dan melukis ya

    BalasHapus
  2. Sawan hanyalah suatu istilah untuk anak kecil yang mengalami sedikit panas,terlihat lesu, dan tidak ceria seperti biasanya.Menurutku itu hanya karena kecapekan saja akibat terlalu banyak beraktivitas namun dengan makan makanan yang sehat dan cukup istirahat badan akan kembali sehat dan fresh kembali. "Pengobatan sawan" yang dilakukan secara turun temurun hanyalah sugesti belaka ketika sembuh dari sakit kemudian "dipatenkan" sebagai penangkalnya. Namun itu semua tergantung pada individu masing-masing. By the way ..Kayla cepet sehat ya..biar Bunda ngak khawatir lagi..Kayla pintar ...masih sakit tetap belajar baca-tulis dan melukis..Tapi..Jangan lupa bobo dulu ya...

    BalasHapus
  3. wah aku juga baru denger...tp klo hal2 ghaib memang kita sbg muslim perlu meyakini....Semoga ada jalan keluarnya yah, aku juga kadang2 klo Ais sakit dan kadang suka tak dzikirkan...Alhamdulillah sembuh.
    Mungkin 'sugesti' kepada Allah SWT adl. jalan yg terbaik yah.

    BalasHapus
  4. Bunda...turut bangga atas perkembangan Kayla yg tumbuh sehat tambah pintar...mendampingi anak kreatif adalah prestasi membanggakan bagi seorang Ibu ..hayo semangat Bunda...

    Menurut budhe nich...Kayla benar'' trauma pobia atas tontonan mengerikan yg semestinya mang bukan konsumsinya seperti kecelakaan,pembunuhan,penyiksaan..dll.Karena Kayla cerdas dan otaknya mang sdg berkembang mk dia terus berpikir kalau begini pasti jadi begitu.seumurannya sdh mulai njangkau ilmu sebab akibat.
    Bunda,rengkuhlah ia dg dekapan hangat dan arahkan pengertiannya atas apa yg telah ia tonton dg bahasa anak,bahwa klo' hati'' &waspada minta perlindungan Alla swt...kita akan baik''saja...smoga lekas sembuh ya chayank...ceria lagi..budhe suka kenalan dg keluarga Kayla...mmuaaach..

    BalasHapus
  5. Saya sendiri gak tau persis Kayla kenapa mbak, krn sy bukan ahli di bidang ini.
    Tp pendapat sy aja y sbg seorang bunda. Kalo mnrt sy Kayla ini termasuk anak yg cerdas. Jd mungkin dia terpengaruh dg ketika menonton televisi, apalagi Kayla pernah (kalo gak salah) kakiknya luka karena motor ya?
    Terus dikasih pengertian aja mbak... mungkin prosesnya akan lama butuh kesabaran. Cepet pulih ya Kayla...

    BalasHapus
  6. tanks for all
    follow back http://jamumajuri.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Semoga dek Kayla ceper sembuh... iya mbak kalo di Jawa itu namanya Sawanen

    BalasHapus