23 Juni 2009

OUT BOUND DI PPLH SELOLIMAN, TRAWAS

Minggu 21 Juni Kayla dan teman2nya di Al Ummah ikut outbound di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto. Semua rombongan berkumpul di depan kampus Unmuh Gresik jam 06.00 wib. Rombingan ada 4 bus. Setelah berdoa bersama lalu berangkat. Selama dalam perjalanan, anak-anak nggak ada yang mau diam. Semua ceria dan senang. Karena busnya longgar anak2 pun hilir mudik di dalam bus. Pindah-pindah tempat duduk dan bercanda dengan teman2nya.

Sudah pasti kayla selalu bersama sahabatnya, Farah Faiza. Bahkan Farah pun duduknya sama Kayla terus... Makan es pun berdua... aih..aih...










Setibanya di PPLH, semua berkumpul di aula untuk perkenalan dan persiapan kegiatan















Setelah itu anak-anak dikelompokkan tiap 10 anak untuk melakukan kegiatan di seputar PPLH, seperti mengamati alam sekitar, mengenal tumbuh2an, mengenal binatang, mewarnai dengan warna alam, dsb. Pada saat yang sama orangtua yang turut serta dalam rombongan juga melakukan outbound secara terpisah dari anak-anak dengan dipandu beberapa trainer. Jadi, nggak bisa ambil gambarnya Kayla saat kegiatan tersebut.










Setelah selesai kegiatan di atas, anak-anak makan siang bersama. Saat itu pula, para orangtua sudah selesai outboundnya.
Saat Kayla makan siang










Setelah makan siang, acara dilanjutkan lagi. Kali ini lebih pada aktivitas yang "lebih menantang keberanian" Kayla.
Pertama, meniti papan di atas air
































 
Kayla merangkak di air sungai...



















Aaauuuooooo....aaauuuoooo
Tarzan ciliknya bergelantungan nih...
eehh...keliru...Kayla nih yang bergelantungan...



















Dari semua cerita di atas, aku sangat suprise Kayla mau melakukan semuanya. Bagaimana tidak? Selama ini Kayla jarang banget melakukan kegiatan2 fisik seperti itu. Bukannya aku nggak melatih dia, tapi Kaylanya yang nggak mau atau nggak tertarik sama sekali. Naik sepeda aja kalau ada rintangan sedikit sudah cepat menyerah, kalau nggak dibantu ujung2nya merengek deh...
Jempol deh buat Kayla...
Berulangkali aku puji dia...Kayla anak pemberani...
Semoga dari kegiatan itu, Kayla menjadi lebih percaya diri, berani dan tidak mudah menyerah...

Setelah acara outbound selesai, anak2 mandi dan istirahat sebentar, dilanjutkan acara perpisahan sekolah bertempat di aula PPLH. Acaranya seperti biasa, sambutan2, kesan dan pesan, penyerahan tali asih dari IOM (Ikatan Orangtua Murid) untuk sekolah, dalam hal ini berupa seperangkat komputer, dan tukar kado plus saling bermaaf-maafan.
Acaranya kurang maksimal karena anak-anak dan juga orangtua dan pastinya para guru sudah terkuras energinya. Tapi alhamdulillah semua berjalan lancar.
Semoga persaudaraan antar guru dengan orangtua dan antar para ortu, dan yang pasti dengan semua anak-anak tersayang... terjalin semakin erat meskipun sekolah TK-nya sudah tidak dalam satu tempat lagi... Amiin

15 Juni 2009

PERPISAHAN KELAS

Hari Sabtu, 13 Juni kemarin Majelis Perwakilan Kelas (MPK) kelompok wortel alias kelasnya Kayla di KBIT Al Ummah mengadakan perpisahan kelas. Rencana semula diadakan tanggal 20 Juni, tapi ustadzah-ustadzahnya tidak bisa karena harus mempersiapkan acara perpisahan seluruh kelas yang Insya Allah diselenggarakan di Mojokerto tanggal 21 Juni.
Acara perpisahan kelas yang diselenggarakan pengurus kelas dilaksanakan di rumah salah satu teman Kayla. Acaranya sederhana saja, yang penting silaturahminya antar walimurid dan para ustadzah, juga anak-anak tentunya. Saat itu diberikan tali asih buat ustadzah-ustadzah yang telah membimbing dan menyayangi anak-anak semua. Juga diserahkan kenang-kenangan buat anak-anak.
Meski sederhana, acaranya berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.
Selanjutnya biar foto aja yang berbicara ... (taelaaah...)

Ini foto anak-anak bersama ustadzah-ustadzah


Ini Kayla dan teman-temannya


Saatnya makan...


Nah, yang ini Kayla dengan teman dekatnya namanya Farah...
Kemana-mana hampir selalu berdua...tiap ada momen yang ditanyakan Kayla selalu Farah. "Bu, apa Farah juga ikut?" atau "Bu, ada Farah juga ta?"
"Bu, nanti Farah tak kasih ya?" dst...dst... Tapi sayangnya, nanti TK nya nggak sama...

Yang satunya,saat Kayla terima kenang2an.

Dan ini... foto bersamanya...

11 Juni 2009

PRESIDEN BALKADABA


Rabu, 10 Juni kemarin suami ngajak jalan-jalan ke surabaya, mau nonton Emha Ainun Najib dan Kiai kanjeng-nya. Habis sholat maghrib, kita langsung berangkat. Sebelum ke Balai Pemuda, tempat berlangsungnya acara Pagelaran Musik Puisi "Presiden Balkadaba", kami ke WTC dulu cari kartu perdana buat hpku. setelah dapat, kita langsung ke Balai Pemuda.

Disana pengunjungnya sudah banyak. Kita datang pas acara mau dimulai, sekitar jam 20.00. Acaranya asyik banget. Emha...tentu masih dengan kritik2 sosialnya yang tajam, kritik terhadap pemerintahan dan kondisi masyarakat Indonesia. Semuanya diramu dengan sangat apik dan luar biasa. Meski sudah beberapa kali nonton Emha, tapi tetap aja punya kesan yang mendalam.

Musik kiai kanjeng dipadu dengan puisi2 yang dibawakan Emha begitu membius penonton. Hadir juga disana para petinggi Jatim, seperti Pak Wagub Syaifullah Yusuf, Wawali Arif Afandi, Rektor IAIN Sunan Ampel, Bupati Blitar, Dekan Fisip Unair dan juga Suko Widodo.

Kayla ngantuk ketika di pertengahan acara. Sempat juga ngajak pulang, tapi berhasil kami bujuk hingga akhirnya tertidur. Tak lupa ritual Kayla kalau di tempat "baru" ia pasti minta pipis di toilet.

Acara diakhiri dengan penampilan Novia Kolopaking. Sebelumnya diadakan dialog santai antara tokoh2 diatas. Bukan dialog sih, lebih tepatnya pernyataan apresiasi thd Emha malam itu. Semua merasa excited dan "trance". Heboh...heboh... Rugi banget kalo nggak nonton...


Kami keluar gedung sekitar jam 00.00. Setelah itu dilanjutkan dengan menelusuri jembatan "Suramadu" yang pagi harinya baru diresmkan oleh SBY. Luar biasa jembatan itu. Ini jembatan terpanjang di Indonesia (5 km). Konstruksinya kelihatan bagus. Semoga tetap kuat jembatan ini ya... Mirip jalan tol...
Karena baru terbangun, Kayla nggak mau diajak turun untuk melihat-lihat jembatan dan sekedar foto-foto. Aku dan Kayla di dalam mobil aja. Sementara, suamiku ambil gambar jembatannya...tapi cuma pakai kamera hp... karena nggak bawa kamera digitalnya.
Nah, kalo yang ini foto beneran nih, minjem gambarnya dari sini



Akhirnya kami sampai di rumah jam 01.30 dinihari...
wuuaaaah... (ditutup nih...)
NGAAANNNTUUUKKKK....

09 Juni 2009

OPEN SCHOOL TK ABA 36 PPI


Hari Sabtu, 6 Juni kemarin calon murid dan wali murid TK ABA 36 diundang dalam acara Open School di sekolah. Memang, untuk TK Juli besok, kami menjatuhkan pilihan di TK ini. Pada acara itu diberikan pengenalan pembelajaran dan penyerahan seragam sekolah.

Setelah acara resmi, sambutan2 dan penjelasan tentang seluk beluk sekolah, anak-anak diajak ke berbagai sentra yang ada disana. Kayla langsung aja menuju tempat mewarna, menggunting dan mencocok. Setelah itu, melihat percobaan gunung meletus, merasakan sirup rasa strawberry, lalu mencari ikan dan semuanya dibawa pulang.

Pada acara itu juga diserahkan Laporan Perkembangan Psikologis yang pelaksanaan observasinya pada tanggal 31 Januari 2009.
Kesimpulannya adalah : perkembangan psikologis Kayla CUKUP, artinya Kayla mengalami proses perkembangan psikologis yang relatif sama dengan anak seusianya.

Alhamdulillah, memang kalau aku lihat Kayla ya wajar2 saja, sama kayak anak seusianya.

Kayla cukup senang dengan acara itu. Semoga nanti di TK Kayla semakin mengalami kemajuan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Amin...

Sayang banget, di acara tersebut aku lupa nggak bawa kamera... hp low bat ... yach...alamat nggak ada fotonya nih... (fotonya yang ada saja ya....)