27 Juli 2009

UPACARA....


Hari ini di sekolah Kayla ada upacara. Weleh2 anak kecil juga ada upacara2 juga nih... Memang sih, di sekolahnya tiap hari Senin diadakan upacara bendera. Sebenarnya upacara bendera bukanlah barang baru...jadul banget malah... juga bukan sesuatu yang teramat sangat istimewa.

Namun upacara itu akan menjadi sesuatu yang berbeda karena ini adalah upacara Kayla yang pertama. Wah, bisa dikenang nih... Barangkali Kayla sendiri nggak tahu apa itu upacara dan untuk apa...

Hari ini habis mahgrib, aku ajak ngobrol Kayla tentang upacara di sekolah tadi...

Ibu : Tadi di sekolah ada upacara ya...
Kayla : Upacara itu apa sih Bu?
Ibu : Ya yang tadi pagi itu. Tadi pagi Kayla kan nggak senam di sekolah. Tapi upacara

Ibu : Kayla bisa juga lho jadi MC-nya... Kan Kayla sudah bisa baca...
Kayla : MC apa sih Bu?
Ibu : MC itu yang tadi lho...kakak kelas B yang ngomong gini : Persiapan... Pembacaan Ikrar... bla...bla...

Kayla : ooo yang itu...
Ibu : Kayla mau nggak jadi MC?
Kayla : Mau...
Ibu : Kalau mau jadi MC suaranya yang keras, terus berani maju ke depan...
Kayla berani nggak?

Kayla : Berani...
Ibu : Tadi bu guru kepala sekolah bilang apa kalo sekolah terlambat?
Kayla : Nggak boleh masuk ke dalam, harus nunggu di luar pagar sampai senam apa upacara selesai

Ibu : (Senang euy...ternyata Kayla mendengarkan juga "isi upacara" tadi)

25 Juli 2009

AKU MAU GANTI NAMA...


Suatu hari, Kayla tiba-tiba bilang begini...

Kayla : "Bu, Kayla mau ganti nama"

Ibu : Bengong, penuh tanda tanya...dan agak kaget. Kok tiba2 Kayla bilang seperti itu. Wah... ada apa nih? emang ada apa dengan nama "Kayla Aminah" pemberian bapak ibunya...(lupa...pikiran anak kecil kan suka aneh-aneh...)

Kayla : "Boleh ya Bu?"

Ibu : "Memangnya kenapa?" (sambil menyembunyikan kagetnya)

Kayla : "Kayla mau nama yang panjang"

Ibu : "Ganti namanya apa?"

Kayla : "Princess, Princess yang cantik Kayla Aminah Puteri Sejati"

Ibu : Tersenyum...ooalahh gitu tho...

Kayla : Memandang penuh harap, keinginannya dipenuhi.
"Boleh ta Bu?"

Ibu : "Panjang sekali namanya..., trus panggilannya apa?"

Kayla : "Pricess"

Ibu : "Iya deh, Ibu manggilnya princess...Kayla kan memang princess-nya Ibu
(Sambil mencium dia dan menggelitiknya)

Kayla : tertawa-tawa kegirangan dan kegelian...

Memang sih, beberapa bulan terakhir ini Kayla sangat suka dengan hal-hal yang berbau princess, barbie, dan dora yang sedang jadi puteri sejati.
Sampai-sampai apapun yang berbau princess atau barbie minta dibelinya. Dari pensil, buku, penggaris, binder dan kertas2nya, gambar, majalah,mainan, baju sampai celana dalam...

MINGGU PERTAMA DI TK ABA 36 PPI


Tanggal 13 Juli 2009, Kayla resmi jadi murid TK ABA 36 Pongangan Indah. Sekolahnya masuk jam 07.00. Jadi dari semalam aku sudah setting dia jam 20.00 harus tidur agar paginya tidak susah membangunkannya. Gimana enggak, soalnya dia selama ini terbiasa tidur agak malam, sekitar jam 22.00-an, so bangunnya juga sudah pasti agak siang. Apalagi kalau nggak dibangunkan, pasti deh lebih molor lagi.
Alhamdulillah, Kayla bisa dibangunkan jam 06.00 pagi. Dibujuk sebentar untuk mandi lalu sarapan dan minum susu. Semua berjalan dengan lancar.

Tiba di sekolah, suasana begitu ramai. Maklum hari pertama masuk sekolah. Banyak sekali pengantarnya. Sampai2 halaman sekolah rasanya penuh sesak dengan orangtua dan anak-anak. Ada yang main2, ada yang diam, tegang. Dan ada juga yang menangis. Maklum, suasana baru bagi mereka.

Kayla termasuk yang mana nih?
Sesampai di halaman sekolah, aku rasakan genggaman tangan Kayla semakin erat...semakin erat. Sudah tahu apa artinya? Pasti deh... kayla nampak tegang dan bingung dengan hiruk pikuk yang ada. Apalagi dia belum ketemu teman di playgroupnya dulu yang sudah dikenalnya. Barangkali dia merasa asing dengan semuanya. Teman baru, guru baru, sekolah baru, dan suasana baru.

Aku pun berpikir harus menemukan teman yang sudah dikenalnya. Ternyata ada beberapa teman lama di playgroup yang sekelas dengan Kayla, hanya saja Kayla tidak mengenalnya karena dulu tidak sekelas, dan bahkan beberapa anak beda hari masuknya, jadi sama sekali nggak kenal. Ada seorang anak yang segera aku perkenalkan dengan Kayla agar ia tidak merasa "sendirian" di kelompoknya. (Kayla masuk dalam kelas "matahari"). Namanya Nabila. Awalnya Kayla masih belum terlalu peduli dan masih merasa cemas aku tinggalkan.
Tiba bel masuk berbunyi, anak-anak diminta baris sesuai kelompoknya untuk persiapan senam pagi. Kayla masih memegang erat tanganku untuk mendapatkan rasa aman. Kayla belum mau masuk barisan. Akhirnya aku yakinkan bahwa aku nggak kemana-mana. Aku berdiri disampingnya dan meyakinkan dia bahwa aku tidak kemana-mana. Kayla sempat hampir mau nangis tapi cuma pembik-pembik saja sebentar, tapi segera dihapus air matanya. Ada beberapa anak yang masih nangis juga, bahkan nggak mau turun dari gendongan. Lalu, aku "titip" Kayla pada Nabila (hebat nih, Nabila sudah berani, hanya tengak-tengok aja nyari ortunya). Aku pegangkan tangan Nabila pada tangan Kayla dan bilang pada Nabila, "Nabila, nanti main sama Kayla ya... Dulu sekolahnya sama lho...di Al Ummah juga...bla...bla...
Akhirnya mereka mau berpegangan. Awalnya sih masih kaku, tapi sudah lumayan bisa aku lepas. Aku berdiri tidak terlalu jauh dari Kayla. Aku amati, lama-lama mereka saling tersenyum...(ceilee...lucu sekali...senyum malu or senyum apa ya...??) Beberapa saat bicara sesuatu...dan senam pun dimulai...

Kayla pun menirukan gerakan senam yang dicontohkan gurunya. Setelah senam, anak-anak pun masuk kelas. Alhamdulillah Kayla mau masuk kelas tanpa ditunggui, karena dia sudah merasa "punya teman". Selama di kelas, ia masih sering lihat2 jendela, tentunya nyari aku nih, masih ada di situ or enggak. Aku acungkan jempol buat dia begitu dia melihatku. Setelah beberapa saat kurasa sudah "aman" Kayla pun aku tinggal pulang.
Leganya hari itu...
Ini foto-foto di hari selanjutnya...

18 Juli 2009

THE 12nd AWARD FOR KAYLA

Terima kasih yang tak terhingga buat Bunda Ririn, Bunda dari si kecil yang imut Lumongga Anandita Helmy yang tidak tanggung-tanggung menyerahkan 5 award buat blog Kayla... Padahal Bunda Ririn ini teman baru Bunda lho... Doa kami buat dede' Dita sekeluarga, semoga selalu dalam kasih sayang-Nya, dipenuhi dengan keberkahan hidup dan kemanfaatan dunia akhirat. Amiin...
Harapan kami semoga persahabatan ini semakin erat dan saling memberi manfaat hidup, dan satu lagi...bisa kopdaran...he he he...

Ke-5 award ini kami terima dengan senang hati dan penuh rasa syukur, karena ternyata ada teman Bunda yang selalu mencintai dan menyanyangi...taelaaah...
Ini dia award-awardnya...


12 Juli 2009

LIBURAN KEMARIN...

Liburan sekolah kali ini, Kayla pergi ke rumah mbah uti dan mbah kakung di Trenggalek. Berangkatnya diantar Bapak yang sekalian mau ke Yogja. Tapi Kayla dan ibu tidak ikut. Bapak ada urusan kerjaan disana. Di rumah mbah uti kayla bisa lihat selepan padi keliling yang kebetulan waktu itu bulik nyelep gabah. Ada media gratis nih untuk menjelaskan ke Kayla proses bagaimana gabah bisa terkelupas kulitnya menjadi wujud beras. Kayla juga lihat panen jagungnya bulikku...


Selain itu Kayla juga berkunjung ke Kakung Sumani dan kakung Supratman, beliau kakak dari Bapakku. Karena sudah agak sepuh, jadinya sering sakit2an. Bahkan beberapa kali harus opname di rumah sakit, masuk ICU lagi... lagi-lagi penyakit jantung. Semoga Allah SWT melimpahkan kesehatan kepada beliau. Kayla juga ke rumah bulik Tum di desa Nglongsor. Semua ini agar tali silaturahmi antar keluarga terjalin dengan baik, apalagi kami sekeluarga kan jarang-jarang bisa sowan kalo nggak liburan kayak gini.

Kayla juga sempat lihat kemah di lapangan MIM Dermosari. Pesertanya beberapa MIM di kecamatan Tugu. Kayla pingin masuk ke dalam tenda. Giliran diajak masuk, dianya yang malu-malu... Disana ketemu juga beberapa teman lama... Ternyata, menyenangkan ya...ketemu orang-orang yang sudah lama berpisah... memberikan kesejukan batin yang luar biasa...

Nggak terasa liburan pun hampir habis. Sebenarnya Kayla liburnya 2 minggu, tapi aku cuma bisa libur satu minggu aja. Pinginnya sampai hari minggu Kayla pingin di rumah mbah uti, tapi hari Jum'at mbah uti dan mbah kakung berangkat ke Bali untuk liburan...
Jadi jum'at itu pula kami balik lagi ke Gresik...

THE 11st AWARD FOR KAYLA

Wah... menjelang mau masuk sekolah kayla dapat award nih dari Umminya Zalfa az Zahra... Award-nya lucu lagi...gambar pinguin, binatang yang Kayla suka...
terima kasih ya Ummi, semoga persahabatan kita bisa semakin erat. Amiin.
Nah ini dia awardnya...