10 Januari 2010

CARA MENJELASKAN HAL ABSTRAK PADA ANAK

Sehari setelah posting “pertanyaan-pertanyaan abstrak” yang muncul dari Kayla, aku membaca sebuah tabloid yang membahas tentang hal tersebut. Bagaikan pucuk dicinta ulam pun tiba. Nah, sekarang aku share kepada siapapun yang barangkali memerlukan informasi tentang hal tersebut.

Menjelaskan sesuatu yang abstrak (yang terkadang orang dewasa sendiri kesulitan memahami apalagi mengungkapkannya) pada anak, merupakan tantangan tersendiri. Respon positif harus diberikan pada anak. Kita harus tetap memberikan jawaban tapi jangan asal jawab.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

1. Memberikan penjelasan sederhana
Karena pemahaman anak balita masih terbatas, HINDARILAH penjelasan yang panjang lebar. Penjelasan sederhana tanpa bahasa berbelit-belit lebih baik.

2. Jangan sok tahu
Pertanyaan anak tidak harus dijawab saat itu juga bila memang kita tidak mengetahuinya. Tidak usah khawatir dianggap “bodoh” oleh anak. Jawaban bisa ditunda sampai kita mengetahuinya, daripada kita menjawab asal dan sok tahu. Katakan dengan jujur pada anak, bahwa kita akan menjawabnya setelah mencari tahu jawabannya.

3. Jangan Mencemooh
Kadang kita menganggap pertanyaan anak masuk pada area orang dewasa, seperti pertanyaan ttg selingkuh pada postingan sebelumnya. Kita harus berpikir positif, tetap menghargai pertanyaan anak dan jangan justru mencemooh anak dengan pertanyaannya tsb, apalagi memarahinya. Anak akan merasa tidak dihargai, dan mungkin dia akan takut bertanya pada kesempatan berikutnya.

4. Mencari jawaban bersama
Ini merupakan kesempatan bagi orangtua untuk mengajak anak mencari jawabannya di kamus atau ensiklopedia. Atau kalau perlu bertanya pada orang2 yang berkompeten menjawab (misalnya saudara atau famili atau orang yang dikenalnya), bisa juga pergi ke perpustakaan bersama.

5. Belajar menganalisis
Ajak anak untuk menganalisis pertanyaannya. Analisis sederhana tentunya sesuai dengan usia anak. Misalnya: “Apa cinta itu Ma?”
“Cinta itu sayang.” Lanjutkan, “Kamu saying nggak sama Mama?”
“Kalau kamu saying, kamu mau melakukan apa buat Mama?”
Biarkan anak menganalisis dan menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaannya.

6. Tanya balik
Sebaiknya kita menanyakan kembali jawaban yang telah kita berikan kepada anak untuk mengetahu seberapa paham dirinya. Jika belum paham atau salah persepsi maka koreksi kembali dan berikan jawaban yang lebih konkret.

7. Jangan paksa paham
Bila sudah berkali-kali dijelaskan tapi anak belum paham juga, jangan paksakan. Mungkin ia perlu waktu untuk belajar memahami lingkungannya. Seiring dengan pertumbuhan usianya ia akan memahami sendiri hal-hal abstrak tersebut.

4 komentar:

  1. moga bermanfaat Bun...itu hasil aku baca2 juga kok Bun...

    BalasHapus
  2. Bguz jg.
    Maen k blogQ ya.
    Jngn lupa cment.

    BalasHapus
  3. hmmm... info yang menarik. good posting

    sukses dan bahagia buat anda ya...?

    BalasHapus