03 Januari 2010

SELINGKUH ITU APA SIH…?

Mendapat pertanyaan yang tiba-tiba seperti itu membuatku harus bisa mencari kata-kata yang pas agar Kayla bisa mengerti. Tapi agak sulit juga ya mencari kata2 yang sesuai dengan tingkat berpikirnya yang masih balita. Aku merasa sih jawabanku belum tepat dan bisa membuat dia salah memahami apa yang aku sampaikan. Tapi, untuk sementara okelah apalagi setelah jawabanku itu Kayla nggak atau belum bertanya lagi.
Jawabanku: “Selingkuh itu kalau laki-laki yang sudah punya teman atau istri tapi dia punya teman wanita yang lain lagi.”
Nah, bingung kan? Aku sendiri juga agak bingung bagaimana harus menjelaskannya. Apakah harus dijawab dengan blak-blakan…?

REMAJA ITU APA SIH…?Kalau pertanyaan yang ini diberikan oleh Kayla pada tantenya yang masih kuliah semester 4.
Jawaban tantenya cukup bisa dimengerti oleh Kayla
“Remaja itu ya kayak Mbah Hana (tantenya Kayla) ini…

Meski belum lengkap, tapi untuk sementara cukuplah…tapi suatu saat harus lebih diperjelas lagi tentunya agar tidak salah dimengerti oleh Kayla. Seperti kasus di atas juga.

PAHLAWAN ITU APA SIH?
Pertanyaan ini juga diajukan pada tantenya Kayla (libur kemarin Kayla di rumah mbahnya, jadi deh selalu nanya ke tantenya…and then tantenya cerita ke saya.
Jawabannya gini nih:
“pahlawan itu orang yang berjasa bagi Negara…”

BERJASA ITU APA?
Mendapat pertanyaan yang memang nggak “umum” tak urung juga tantenya harus muter otak mencari jawaban yang bisa dipahami Kayla.
“Berjasa itu ya berguna…punya jasa pada Negara …(bingung….hiks hiks…), seperti kalo waktu perang ikut perang melawan musuh…ikut membantu Negara….”

DUTA ITU APA?
Pertanyaan yang ini diberikan Kayla setelah habis mandi mau berangkat ke sekolah saat melihat Bapaknya membaca Koran “DUTA MASYARAKAT”
“Duta itu utusan atau yang disuruh untuk mewakili sesuatu…” (paham nggak ya Kayla…atau makin bingung dia…, tapi dia nggak bertanya lagi…kalo bertanya lagi pasti aku jelasin lebih banyak beserta contohnya….)

KORBAN ITU APA?
Dalam menjelaskan ini, aku pakai contoh langsung, seperti: "Misalnya gini, ada orang yang kecelakaan, nah orang itu berarti jadi korban kecelakaan. Atau, ada orang yang rumahnya dicuri, nah orang itu yang jadi korban...

3 komentar:

  1. pertanyaan anak2 kadang2 susah2 gampang u/ di jawab y ^^

    BalasHapus
  2. biar punya banyak teman and biar ada yg komentar tuh gmn c mbak?

    BalasHapus
  3. gimana caranya biar ada yang ngasih komentar di blog and biar punya temen juga?

    BalasHapus