16 Maret 2010

LES MENGGAMBAR

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan menunjukkan tingkat kreativitas masing-masing anak.
Sabtu yang lalu, 13 Maret Kayla mulai ikut les menggambar di Sanggar Melukis "Naura". Sebenarnya lesnya dimulai tanggal 6 Maret yang lalu. Berhubung pada hari itu sampai jam 12 Kayla baru selesai outbound, maka kayla sudah kecapaian, tidur dan tidak mau dibangunin.

Lesnya dimulai jam 15.30 s.d 17.00 tiap hari Sabtu (seminggu sekali, memang ini paling baik bagi pemula, menurut Asri Nugroho). Mudah-mudahan saja Kayla bisa bertahan ikut les menggambar. Disini anak-anak diajari menggambar objek step by step. Tapi menurutku kok gambarnya sudah agak rumit ya untuk ukuran anak TK (pemula seperti Kayla). Detail juga. Sempat khawatir juga Kayla ngambeg, karena terkadang kalau merasa kesulitan mengerjakan sesuatu Kaylanya suka nggak mau meneruskan. Termasuk mudah menyerah juga sehingga perlu motivasi. Dan ini juga yang jadi "PR" kami.

Setelah selesai menggambar kemudian diwarnai dengan penuh. Beberapa kali aku tanya Kayla apakah capek atau enggak? Ternyata di luar dugaanku, Kayla bilang nggak capek. Apalagi siangnya Kayla nggak mau tidur, muter aja dengan mainannya. Alhamdulillah...
Memang aku masih menunggui Kayla untuk hari pertamanya.

Dan sampainya di rumah aku kira Kayla capek dan minta bobok, ternyata dia malah minta kertas lagi untuk menggambar seperti yang di sanggar tadi. Aku pun (yang sebenarnya juga ngantuk dan capek) bergegas mengambil kertas buat Kayla. Tapi Kayla maunya menggambar saja, tidak diwarnai. Aku sih nggak masalah.

Menurut pelukis senior sekaligus pengajar lukis Asri Nugroho, usia yang paling baik bagi anak untuk belajar melukis adalah empat tahun. Pada masa tersebut, anak-anak paling suka bermain-main. Karena itu, gambar-gambar kartun yang mereka hasilkan bisa beragam, bergantung kesukaan masing-masing anak. Ketika anak usia empat tahun belajar melukis atau kursus melukis , mereka harus dibiarkan dan terus dipuji. Tindakan tersebut bisa memancing kreativitasnya.

Apakah ada menggambar bebasnya nggak ya? Aku berharap ada sesi itu karena itu lebih mengedepankan kreatifitas anak. Dan anak lebih bebas menuangkan ide-idenya dalam kertas. Kalaupun tidak ada, itu bisa dilakukan di rumah.
Itu hanya salah satu upayaku untuk lebih mengoptimalkan otak kanannya, biar bisa seimbang dengan otak kirinya. Kalau sejak dini sudah belajar menggambar, perkembangan otak kanannya juga cepat sehingga kreativitasnya bisa berkembang dengan baik. Semoga... Sebagai orang tua hanya mampu berusaha dan berdoa.

Sebenarnya aku ingin Kayla ikut les musik, tapi sepertinya nanti dulu saja... Kalau sudah SD dan Kayla mau...

7 komentar:

  1. Yang rajin yah Sayang ikut kursusnya.

    Betul Bund, kita sebagai orang tua kan hanya fasilitator. Kalo anak nyaman dengan les2 yang diikutinya alhamdulillah, tapi kalo ga nyaman yah janagn dipaksakan. Yang penting kreatifitas anak terpancing dan bisa disalurkan.

    Gw juga berharap tar Zahia bisa menggambar secara emak bapaknya kalo ngegambar ajib banget kacau teu pararuguh hihihi.

    BalasHapus
  2. Sanggar Naura dimana tuh mbak?

    BalasHapus
  3. lidya: di gresik sini aja mbak...

    BalasHapus
  4. Menggambar memang menyenangkan dan mengembangkan kreatifitas anak2. Adik Kayla ternyata punya hobi yang sama dengan putra kecilku Yaser.

    Salam kenal ya dari kami sekeluarga...:)

    BalasHapus
  5. Ayo Kayla yang semangat les menggambarnya yach!

    BalasHapus
  6. jadi ingat masih kecil suka menggambar

    BalasHapus
  7. Sanggar nya di gresik ya bun, kirain di semarang...
    Biaya les nya brp bun?

    Oh ya, mampir ya ke web saya, di www.indonesiatransferfactor.com ada informasi kesehatan dan 4life transfer factor lengkap disini

    BalasHapus