20 Maret 2010

KALAU AKU PUNYA ADIK...

Akhir-akhir ini Kayla sering berandai-andai kalau dia punya adik. Kalau ditanya apakah Kayla pingin punya adik, spontan ia pun mengiyakan.Dalam beberapa kesempatan yang berbeda secara tiba-tiba pun ia mengutarakan hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut seperti:
"Bu, nanti bajunya Kayla yang sudah kecil buat adik aja ya.."
"Nanti buku-buku Kayla buat adikku ya..."
"Pensilnya ini buat adiknya kayla ya Bu..."
"Bu, mainannya jangan dibuang ya, nanti buat adik..."
de el el...

Apapun buat adik...Yaa, sepertinya sudah saatnya ya...
Tapi, ketika ditanya pingin adik laki-laki atau perempuan? jawabnya pingin adik perempuan (padahal maunya kita ortu yang laki-laki gitu biar pas sepasang, he he...maunya...)
Jadi berpikir juga nih untuk lepas kontrasepsi, tapi belum diskusi sama suami nih...
Siap atau tidak???

Memang untuk menambah momongan harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang. Orangtua, famili, teman dll selalu tanya, "Kapan tambah momongan?" atau "Kapan Kayla punya adik?" dll pertanyaan yang maksudnya senada.
Dari segi usia sih sudah "seharusnya" nambah lagi karena semakin tua juga nih...Semakin tua usia ibu mengandung, kehamilannya juga semakin rentan.
Disisi lain, kesiapan fisik, psikis dan finansial juga harus dipertimbangkan.
Karena mempunyai anak adalah tanggung jawab yang luar biasa besarnya. Jangan sampai punya banyak anak tapi malah terlantar dari segi apapun, spt pendidikannya, perhatian, kesehatan dan lain-lainnya.
Semoga diberi kemudahan dan kesiapan ekstra untuk segera mendapatkan anugerah terindah itu...

16 Maret 2010

LES MENGGAMBAR

Menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan menunjukkan tingkat kreativitas masing-masing anak.
Sabtu yang lalu, 13 Maret Kayla mulai ikut les menggambar di Sanggar Melukis "Naura". Sebenarnya lesnya dimulai tanggal 6 Maret yang lalu. Berhubung pada hari itu sampai jam 12 Kayla baru selesai outbound, maka kayla sudah kecapaian, tidur dan tidak mau dibangunin.

Lesnya dimulai jam 15.30 s.d 17.00 tiap hari Sabtu (seminggu sekali, memang ini paling baik bagi pemula, menurut Asri Nugroho). Mudah-mudahan saja Kayla bisa bertahan ikut les menggambar. Disini anak-anak diajari menggambar objek step by step. Tapi menurutku kok gambarnya sudah agak rumit ya untuk ukuran anak TK (pemula seperti Kayla). Detail juga. Sempat khawatir juga Kayla ngambeg, karena terkadang kalau merasa kesulitan mengerjakan sesuatu Kaylanya suka nggak mau meneruskan. Termasuk mudah menyerah juga sehingga perlu motivasi. Dan ini juga yang jadi "PR" kami.

Setelah selesai menggambar kemudian diwarnai dengan penuh. Beberapa kali aku tanya Kayla apakah capek atau enggak? Ternyata di luar dugaanku, Kayla bilang nggak capek. Apalagi siangnya Kayla nggak mau tidur, muter aja dengan mainannya. Alhamdulillah...
Memang aku masih menunggui Kayla untuk hari pertamanya.

Dan sampainya di rumah aku kira Kayla capek dan minta bobok, ternyata dia malah minta kertas lagi untuk menggambar seperti yang di sanggar tadi. Aku pun (yang sebenarnya juga ngantuk dan capek) bergegas mengambil kertas buat Kayla. Tapi Kayla maunya menggambar saja, tidak diwarnai. Aku sih nggak masalah.

Menurut pelukis senior sekaligus pengajar lukis Asri Nugroho, usia yang paling baik bagi anak untuk belajar melukis adalah empat tahun. Pada masa tersebut, anak-anak paling suka bermain-main. Karena itu, gambar-gambar kartun yang mereka hasilkan bisa beragam, bergantung kesukaan masing-masing anak. Ketika anak usia empat tahun belajar melukis atau kursus melukis , mereka harus dibiarkan dan terus dipuji. Tindakan tersebut bisa memancing kreativitasnya.

Apakah ada menggambar bebasnya nggak ya? Aku berharap ada sesi itu karena itu lebih mengedepankan kreatifitas anak. Dan anak lebih bebas menuangkan ide-idenya dalam kertas. Kalaupun tidak ada, itu bisa dilakukan di rumah.
Itu hanya salah satu upayaku untuk lebih mengoptimalkan otak kanannya, biar bisa seimbang dengan otak kirinya. Kalau sejak dini sudah belajar menggambar, perkembangan otak kanannya juga cepat sehingga kreativitasnya bisa berkembang dengan baik. Semoga... Sebagai orang tua hanya mampu berusaha dan berdoa.

Sebenarnya aku ingin Kayla ikut les musik, tapi sepertinya nanti dulu saja... Kalau sudah SD dan Kayla mau...

10 Maret 2010

DIMANA RUMAHNYA???

Makin banyak saja nih pertanyaan2 Kayla yang tiba-tiba nyeletuk begitu saja, terutama dalam hal tempat, seperti:
Rumahnya sponge bob itu dimana?
Rumahnya avatar itu dimana?
Rumahnya dora emon itu dimana?
Rumahnya bobby bola itu dimana?
dst...dst...

Dalam menjawab pertanyaan2 itu, jawaban yang diharapkan Kayla adalah asal negara dari "tokoh-tokoh di atas" karena Kayla sedang asyik "belajar" tentang bendera-bendera dari berbagai negara di dunia lewat selembar karton yang berisi bendera-bendera negara di dunia yang harganya Rp 1000,- saja.
Pertanyaan tentu tidak terhenti sampai disitu saja, karena pasti ada pertanyaan berikutnya, seperti ketika saya menjawab: "ooo...itu asalnya dari Amerika"
"Kok, Amerika ngomongnya kayak orang Indonesia?"
Jadi deh menjelaskan tentang dubbing sebuah film.
"Orang Amerika itu matanya warna biru apa hijau,Bu?"
(kalo ini karena dia pernah membaca buku tentang jenis-jenis mata)

Aku pernah membaca bahwa “Anak yg selalu bertanya atau rasa ingin tahunya besar adalah anak yg cerdas.” Benarkah pernyataan itu?
Maaf, dalam hal ini saya tidak mengatakan bahwa anak saya cerdas meski saya berharap begitu (soalnya nanti dikira mengunggulkan anak sendiri...)

Salah satu ciri anak cerdas adalah anak yg rasa ingin tahunya besar, selalu bertanya tentang banyak hal.TETAPI, ada satu hal lagi yg perlu menjadi perhatian kita dalam menilai apakah anak tersebut BENAR-BENAR mempunyai ciri-ciri anak cerdas.

Apa itu?

Setelah anak mengajukan pertanyaan, ada 1 tahapan lanjutan yg bisa dijadikan acuan apakah dia benar-benar ingin tahu, yaitu:

“APAKAH ANAK BENAR-BENAR MEMPERHATIKAN JAWABANNYA.”

Anak yg cerdas akan bertanya banyak hal karena memang dia ingin tahu jawabannya. Biasanya, jika anak tersebut bertanya, dia akan ‘mengejar’ jawaban kita dengan pertanyaan lanjutan, sampai kita orangtua menjadi kewalahan dalam menjawabnya.

Inilah salah satu ciri-ciri anak cerdas yang sebenarnya!

Kadang-kadang kita melihat anak yang selalu bertanya, tetapi sebelum dijawab anak tersebut sudah bertanya lagi hal yang lain lagi secara terus menerus. Hal ini menunjukkan bahwa anak tersebut tidak benar-benar ingin tahu terhadap apa yang ditanyakannya.

Menghadapi anak seperti itu, kita perlu mengarahkan sedikit demi sedikit, sehingga anak menjadi bisa memfokuskan dirinya terhadap apa yang ingin diketahuinya.
Dan cara yang baik juga adalah dengan mencari jawabannya secara bersama-sama, bisa dengan media apapun, buku, internet dll. Dan ini yang harus lebih aku kembangkan ketika Kayla bertanya, karena selama ini aku masih cenderung langsung memberikan jawabannya, meski tidak selalu sih...karena kadang aku balikkan lagi pertanyaan Kayla seperti, "Kalau menurut Kayla gimana?"

Adil Fathi Abdullah dalam bukunya mengatakan:

“Andai kita berhasil membuat anak gemar dan menikmati aktivitas membaca serta menjadikannya sebagai sarana untuk meningkatkan daya pikirnya, berarti kita telah memberikan kebaikan yang tidak ternilai dengan harta dunia.”

07 Maret 2010

JUARA HARAPAN


Hari ini, Kayla ikut lomba mewarnai di Taman Tumbuh Kembang Anak “HARMONI” di Perum. Pongangan Indah. Pada awalnya Kayla mau ikut lomba menggambar, tapi di hari terakhir Kayla memutuskan ikut lomba mewarna saja. Ya sudahlah, aku ikutin aja apa maunya Kayla…
Dan alhamdulillah, Kayla dapat juara, meski masih juara harapan… itu sudah luar biasa.
Sebenarnya target menang adalah hal yang kesekian…sekian….sekian…
Aku hanya berusaha untuk menumbuhkan semangat berkompetisinya dengan melakukan hal yang terbaik. Soal hasil, itu hal nanti, yang penting berusaha sebaik mungkin.

Ekspresi senang sangat nampak pada Kayla setelah menerima piala. Sampai di rumah saat santai, saat itu pula aku pompakan lagi semangat Kayla untuk lebih baik lagi sehingga bisa meraih prestasi. Semoga selalu lebih baik di hari depan…




Kalau yang ini waktu lomba di Riza Food tanggal 25 Februari yang lalu, tapi belum dapat juara...namun Kayla sangat senang karena ada diselingi dengan "Bermain Bersama Kak Komang" salah seorang pemilik Bengkel Kreatif Kak Komang dan Matahari Terbit di Gresik...

OUT BOUND TK ABA 36 PONGANGAN




Ini sedikit cerita tentang outbound tanggal 6 Maret 2010 di bumi perkemahan Semen Gresik.
Sekitar seminggu sebelum out bound, Kayla selalu menunggu-nunggu dan membayangkan betapa senangnya kalau saat itu tiba. Aku tentu sangat senang dengan hal ini mengingat untuk hal-hal yang berkaitan dengan motorik kasar dan hal yang menantang mungkin Kayla masih perlu motivasi. Tapi, kali ini lain, mungkin ibu gurunya selalu mengingatkan dan memotivasi agar anak-anak semangat ikut outbound.

Aku sangat support dengan program ini, dan akan lebih bagus kalau lebih sering diadakan acara ini karena akan melatih keberanian, sportivitas, teamwork, kemandirian, tidakgampang menyerah dan tahan banting.

Alhamdulillah Kayla bisa mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir tanpa ada badmood, ia nampak enjoy saja. Semoga dengan kegiatan tersebut Kayla mendapatkan banyak hal positif untuk meningkatkan kualitas personalnya seperti yang telah kusebutkan di atas. Tak berlebihan kiranya jika setiap orang tua selalu berharap yang terbaik buat anaknya.
SEMOGA…!!!