11 Desember 2014

BCG...

Ketika membuka-buka file foto, aku tertarik pada foto berikut ini...

yaitu saat Athiyah berusia 2 bulan. Ketika itu Athiyah mendapat imunisasi BCG dan beberapa hari setelahnya bekas suntikan di lengan kanannya bengkak yang menurutku cukup besar karena diameternya hampir 1,5 cm. Setelah konsultasi ke bidan yang juga sepupu saya sendiri, hati ini lebih tenang meskipun sepupu saya juga agak kaget kok bisa sampai bengkaknya sebesar itu. Tapi Athiyah sepertinya biasa saja alias tidak merasa sakit saat bagian yang bengkak aku pegang pelan-pelan.
Selain itu akupun cari informasi tentang suntikan vaksin BCG itu yang memang bermanfaat mencegah TBC yang paling efektif.

Mengapa penyuntikan dilakukan di lengan ? tidak di paha saja?
Ternyata kalau disuntiknya di paha lebih sulit dilakukan karena lapisan lemak di bawah kulit paha lebih tebal sehingga dikhawatirkan kegagalannya lebih besar karena vaksin sulit menembus lapisa lemak. Untuk teknik penyuntikannya pun berbeda dengan suntik yang langsung ke dalam otot. Untuk BCG ini penyuntikannya hanya di bawah kulit.

Keberhasilan suntikan BCG berupa bisul kecil tapi tentu beda dari bisul yang biasanya. Bisul ini awalnya berupa bentol besar lalu berbentuk seperti bisul yang ada nanahnya. Nah, bentol besar pada Athiyah ini terlalu besar sehingga yang melihatnya saja agak ngeri.

1 komentar:

  1. pascal di paha suntiknya tapi alvin di lengan beda-beda ya

    BalasHapus