13 Februari 2015

KEGIATAN EKSPLORASI ATHIYAH



Di usia 18 bulan ini nampak kemauannya yang tinggi dalam menjajagi lingkungan. Hal ini didukung oleh perkembangan fisik, kognitif dan kemampuan motoriknya, terutama motorik kasarnya. Beruntung di dekat rumah ada sekolah yang dilengkapi dengan berbagai permainan yang mendukung untuk perkembangan motorik kasar. Sehingga hampir setiap sore Athiya bermain disana. Aku pun memberi kesempatan pada Athiyah mengeksplorasikan rasa ingin tahunya, sekaligus mengembangkan kemampuan motorik dan menstimulasi perkembangan otaknya.

Ini beberapa aktivitas Athiyah


1.       Memanjat

Meja dan kursi menjadi sasaran untuk dipanjat-panjat. Bahkan dia suka naik meja dan kursi lalu berjoged-joged seolah-olah meja dan kursi itu panggung. Dengan memanjat menandakan koordinasi kaki, tangan dan matanya sudah berkembang baik. Sesekali khawatir juga kalau ia jatuh. Tapi selalu diawasi untuk mengantisipasi bila ia jatuh.


2.       Naik turun tangga atau undakan

Saat naik turun tangga athiyah masih berpegangan pada pinggiran/pegangan tangganya. Bila jarak antar anak tangga tidak terlalu lebar Athiyahbisa turun tanpa duduk lebih dulu. Tapi bila jarak antar anak tangga lebar-lebar maka Athiyah akanduduk dulu sebelum turun tangga. Memang anak-anak batita lebih “bisa” naik tangga daripada turun tangganya. Dan memang ketrampilan menaiki tangga umumnya dikuasai lebih dulu daripada ketrampilan menuruni tangga.


 


3.       Buka tutup lemari atau laci

Athiyah juga sangat suka membuka tutup laci atau pintu lemari. Mungkin dia penasaran apa isi di dalamnya. Tapi setelah dibuka tak lupa ia mengeluarkan isinya. Kalau dilarang kadang marah. Setelah diberi contoh untuk mengembalikan isinya ke tempat semula kadang mau kdang tidak. Tapi banyak nggak maunya siihh... tapi aku masih maklum dengan hal ini, aku anggap saja ia sedang melatih ketrampilan motorik halus dan mengembangkan kemampuan berpikirnya.


4.       Suka slurutan
       Kalau lagi main slurutan yang deg-deg an ibunya. Athiyah mah nylurut aja tanpa takut. Tapi karena aku belum tega...yaa tetep aku pegangi lengannya.


5.       Main ayunan
       Athiyah kalau sudah main ayunan nggak mau turun-turun. walau tiap hari ayunan nggak akan bosan dia 

4 komentar:

  1. Allhamdulillah seneng lihatnya

    BalasHapus
  2. Athiyah udah semakin banyak bisanya, ya :)

    BalasHapus
  3. Lucunya Atiyah, cepet pinter ya sayang :)

    BalasHapus
  4. kalo main main gitu, aku juga suuuka bangeeet!!!

    Athiyah mau main sama aku gak ya?

    BalasHapus