17 Desember 2016

LIBURAN AKHIR TAHUN 2016 (BAGIAN 2)



Di bagian pertama, diakhiri dengan pencarian hotel yang nggak dapet-dapet karena hotel di sekitaran Malioboro sudah full-booked. Bagian pertama baca disini

Pencarian hotel pun berlanjut, tapi yang kami dapatkan tetap sama. “maaf sudah penuh”.  Yaa namanya juga mulai musim libur, apalagi sebentar lagi Natal dan tahun baru. Itulah resiko liburan tanpa rencana matang. Hingga akhirnya kami pun mendapatkan University Hotel Jogja yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara Adi Sucipto. Hotel milik UIN Sunan Kalijaga ini cukuplah untuk meluruskan punggung semalam, tapi kami sudah nggak bisa memilih kamar dan mendapatkan kamar standar dengan dua bed. Alhamdulillah...  Harga kamar cukup murah Rp 400 ribu masih dapat diskon 20% karena suami alumni kampus tersebut.

14 Desember 2016

LIBURAN AKHIR TAHUN 2016 (BAGIAN I)



Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap akhir tahun kami sekeluarga mengagendakan liburan. Begitu pun akhir tahun 2016 ini kami berlibur ke Yogjakarta. Rencana sih sudah dari beberapa bulan yang lalu. Hanya saja rencana saat itu Cuma menentukan kota mana yang akan kami kunjungi. Sementara tentang akomodasi, destinasi wisata dll-nya belum kami rencanakan. Yaa begitulah, karena kalau direncanakan dengan baik malah nggak jadi berangkat. Aneh kan...? Yaa begitulah (lagi)

09 Desember 2016

NIKMATI MUDAHNYA MEMBAYAR IURAN BPJS KESEHATAN ONLINE



Ingatanku melayang pada bulan Mei 2014 yang lalu. Kala itu adik iparku tengah menjalani proses kelahiran anak keduanya. Namun, adik iparku ini mengalami kendala dalam proses tersebut. Yaa... ia divonis mengalami pre-eklamsia, yaitu suatu kondisi dimana seorang ibu hamil mengalami hipertensi dengan tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Hipertensi ini merupakan salah satu penyebab kematian pada ibu yang melahirkan maupun pada janin yang dikandungnya, atau bahkan keduanya. 

07 Desember 2016

TIPS BELANJA DI HARBOLNAS 2016 #1212SALE



Bagi para konsumen yang demen belanja online, tentulah Harbolnas sudah dinanti-nanti banget. Gimana enggak coba, diskon gede-gedean akan diberikan oleh berbagai  e-commerce yang ada di Indonesia ini. Konsumen benar-benar akan dimanja dengan diskon-diskon yang menggiurkan. 

Harbolnas kini menapaki tahun kelima.Sejak pertama kali digelar pada tahun 2012, Harbolnas terus menuai sukses. Maka tak heran bila semakin banyak e-commerce yang ikut berpartisipasi. Di tahun 2016 ini akan ada lebih dari 200 e-commerce yang memberikan diskon fantastis.

01 Desember 2016

WISATA PANTAI DAN PASIR PUTIH DALEGAN

Baru tiga kali aku kesini. Pertama kali berkunjung sekitar tahun 2008. Delapan tahun kemudian baru bisa berkesempatan lagi menikmati semilir angin dan desiran pasir putih di Pantai Dalegan ini. Saat terakhir kesini beberapa hari  yang lalu, kebetulan cuaca agak mendung-mendung syahdu gitu. Suasana siang hari terasa adem, padahal biasanya kalau siang hari di tepi pantai, pastilah udara sangat panas.

Sudah nampak pembenahan disana sini. Jauh banget perbedaannya dari delapan tahun yang lalu. Ketika memasuki area Wisata Pasir Putih (WPP) Dalegan kami melihat gapura besar bertuliskan "SELAMAT DATANG WPP WISATA PASIR PUTIH DALEGAN”.

20 November 2016

DEPOT SUNDARI, RASAKAN NIKMATNYA MIE AYAM BERPADU DENGAN ES TELER YEN-YEN



Pertama kali ke Depot Sundari ketika diajak suami sesaat setelah aku pindah ke Gresik. Saat itu suami bilang kalau Depot Sundari merupakan depot legendaris di Gresik. Terkenal dengan mie ayamnya dan beberapa varian mie lainnya seperti mie bakwan dan mie pangsit. Sejak pertama kali merasakan enaknya mie ayam disana dan cocok di lidah, aku pun beberapa kali mampir kesana. Emang ngapain mampir kesana? Yaa beli mie ayam lah, masak mau cuci piring disana...

15 November 2016

KAMPUNG KEMASAN, CAGAR BUDAYA KOTA GRESIK



Pada suatu sore  di Minggu kedua bulan November, aku mengajak putri sulungku untuk melihat-lihat salah satu warisan budaya di Kota Pudak ini, yaitu Kampung Kemasan.  Meski sudah 10 tahun tinggal di Gresik, aku belum pernah sekalipun bertandang ke Kampung Kemasan ini. Memang aku belum tahu lokasinya, namun sering dengar juga disebut-sebut tentang Kampung Kemasan. Ternyata kalau hanya lewat daerah sekitar situ sudah cukup sering, tapi memasuki area ini yang baru sekali ini. 

09 November 2016

KALAU MARAH, IBU NGGAK MASUK SURGA LHO...



Siapa sih yang tidak ingin menjadi orangtua yang dicintai, disayangi dan dirindukan oleh anak-anaknya?
Apakah selama ini kita sudah merasa dirindukan oleh anak-anak kita? Atau justru anak-anak merasa kurang nyaman ketika orangtuanya ada di dekatnya? Apakah anak justru merasa senang bila kita ada di kegiatan di luar rumah sehingga mereka merasa bebas melakukan sesuatu di rumah?

Tentu kita harus cari tahu jawabannya...
Mungkin untuk orangtua yang anaknya masih balita, justru anak-anak tidak mau jauh dari pelukan orangtua. Tapi ketika anak-anak sudah menginjak usia remaja apakah mereka masih ingin selalu ada di dekat orangtuanya, atau justru merasa nyaman bila jauh dari pengawasan orangtua.

Perlu effort yang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan bukan?
Untuk itu marilah kita terus dan terus belajar menjadi orangtua.
Tema itulah yang diangkat dalam TALKSHOW PARENTING NASIONAL 2017 yang diselenggarakan oleh Komite Sekolah Al Ummah Gresik. Bertempat di Graha Sarana PT. Petrokimia pada hari Sabtu, 8 April 2017. Acara dihadiri oleh sebagian besar wali murud dari Sekolah Al Ummah, guru-guru PG/TK serta para orangtua yang concern terhadap pengasuhan putra putri mereka.

Talkshow ini menghadirkan Ustadz Bendri Jaisyurrahman seorang muballigh, Konselor Anak, Keluarga dan Pernikahan, serta pendiri Aliansi Cinta Keluarga Indonesia.

Well... inilah beberapa rangkuman yang bisa saya tulis dari acara tersebut, semoga bermanfaat bagi diri saya sendiri dan siapapun yang berkenan membacanya.

Merupakan hal yang tidak mengherankan jika saat ini sebagian anak-anak justru lebih betah berlama-lama berada di luar rumah. Mereka lebih asyik nongkrong di cafe, mall, play station, warnet bahkan di warung kopi. Tak sedikit dari mereka yang pulang larut malam bahkan ada yang terlibat dalam tawuran.
Atau sebagian anak-anak ada di dalam rumah tapi bersikap menjadi antisosial, sibuk dengan gadgetnya dan jarang berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain padahal mereka berada dalam satu rumah. 

Pertanyaan besarnya adalah: DIMANA ORANGTUA MEREKA?

Hal-hal seperti itulah yang seyogyanya membawa kita untuk mengevaluasi diri apakah selama ini kita justru menjadi orangtua yang “dijauhi” oleh anak-anak kita sendiri.
Tidak sedikit orangtua yang merasa dirindukan oleh anak-anaknya, atau merasa ke GR-an sudah menjadi orangtua terbaik bagi anak-anaknya. Pernahkah sebagai orangtua bertanya kepada anak-anaknya misalnya, “Nak, menurutmu mama/papa itu orangnya gimana?”
Apakah anak akan menjawab, “Mama bawel, cerewet... Papa sukanya marah-marah melulu...”
Nah lho kann...

Pernah aku tanyakan hal serupa kepada si sulungku, eh jawabannya, “Ibu pelit, masak kalau anaknya minta sesuatu nggak dibelikan” atau “Masak aku disuruh belajar terus, kan pusing... Coba Ibu sendiri yang jadi aku...”
Nah berbekal jawaban itu kita bisa memberikan perhatian lebih ke anak serta menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan jawabannya, tapi bukan untuk membela dirinya yaa...

Untuk si bungsu sering aku tanya, “Dik, kalau ibu marah, adik suka nggak?”
Jawabannya, “Aku nggak suka Ibu marah, aku nggak mau sama Ibu!!!" atau "Ibu nakal kalo marah"...Dengan ekspresi ketus dan apa adanya dia menjawab, padahal saat itu aku dalam kondisi tidak sedang marah.
Bisalah dicoba untuk pertanyaan-pertanyaan lain dan mungkin kita akan tercengang dibuatnya.


Dalam mendidik dan mengasuh anak sudah menjadi kewajiban bagi kedua orangtua, baik ayah maupun ibu. Namun seringkali di masyarakat kita masih saja ada yang beranggapan bahwa ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga sementara ibu bertugas mendidik dan mengasuh anak.

Pandangan tersebut ternyata perlu dikoreksi. Al Qur,an sudah memberikan panduan bagaimana menjadi orangtua hebat. Kalau berbicara tentang peran orangtua dalam Al Qur’an dialog yang terjadi antara anak dan orangtua justru yang paling banyak disebut adalah peran ayah dibanding peran ibu.

Ketika bicara tentang anak, ada 14 dialog antara ayah dan anak mulai dialog Nabi Ibrahim as – Ismail as, Ya’kub as- Yusuf as, Syaikh Madyan - anak perempuannya, Daud as – Sulaiman as,Ibrahim as dengan ayahnya, Ya’kub as dengan anaknya serta dialog Lukman dengan anaknya. Sementara dialog antara ibu dengan anak hanya ada 2 saja yaitu dialog antara Maryam dengan janinnya dan dialog antara Ibu Musa dengan anak perempuannya.

MISI ORANGTUA : MENGIKAT HATI ANAK
Ibu lebih banyak berperan sebagai “al wadud/al mawaddah” yaitu kecenderungan anak untuk ingin selalu menempel karena kasih sayang yang kuat. Inilah ibu yang sedang menjalankan fungsi pengasuhan yang biasa disebut sebagai fase emosional bonding. Ciri anak yang terikat dengan orangtuanya, merindukan kehadiran orangtua sehingga mereka akan banyak tergantung dengan orangtua. Ikatan emosi/batin seperti ini akan sangat berpengaruh bagi anak di masa depannya ketika ia menjalani masa-masa sulit meskipun orangtua tidak berada di sisinya. Dan yang harus diingat bahwa orangtua tidak mungkin selamanya akan mendampingi anak-anaknya. Anak juga lebih mandiri, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi serta menggapai cita-citanya. Nah emotional bounding yang kuat inilah yang berperan sebagai pengarah.

Sebaliknya, ketika anak tidak mempunyai emosional bonding yang baik dengan orangtuanya maka dia akan tidak mudah percaya pada orangtuanya dan lebih suka mendengar apa yang dikatakan oleh temannya, meskipun itu tidak baik baginya. Nah, disinilah saat pengaruh buruk dari luar masuk dengan mudah.
 
Makanya pada fase usia 0 – 2 tahun merupakan fase pengikatan (fase emosional bonding). Dalam Al Qur’an sangat jelas bahwa Allah memerintahkan seorang ibu untuk menyusui anaknya dengan ASI. Bukan hanya ASI yang diberikan tapi yang tidak kalah pentingnya adalah belaian yang dibutuhkan oleh sang anak. Tentu tidak hanya ibu saja yang berperan. Sang ayah pun juga harus turut menjadi aktor utama dalam keterlibatan pengasuhan anak.
Bila ada pengasuh lain babysitter atau ART misalnya, maka orangtua harus tetap mengupayakan agar orangtua tetap menjadi tokoh utama. Ini bertujuan agar ikatan yang terjalin bukan dengan babbysitter atau ART tapi tetap pada orangtuanya.

Dalam fase 0 – 2 tahun ini orangtua harus mengerahkan segala energinya baik suara, bahasa tubuh dan ekspresi muka agar terekam kuat dalam memori si anak sehingga akan memunculkan ikatan hati. Pendengaran, penglihatan dan hati harus dipenuhi haknya. Anak harus sering mendengar suara orangtuanya, anak harus sering melihat wajah orangtuanya dan anak harus merasakan bahwa dia mendapatkan kasih sayang penuh dari orangtuanya.

SINDROME "MOMMY IS MY ENEMY"
Ini merupakan kecenderungan anak yang bermusuhan dengan ibunya di usia ABG. Mereka cenderung bicara kasar dan tidak sopan pada ibunya. Ustadz Bendri mencontohkan sebuah kasus gadis X yang berperilaku sangat kasar pada ibunya, kata-kata kotor selalu diumpatkan pada ibunya. Gadis X pernah bercerita pada ustadz Bendri (cerita ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan para working mom) bahwa sejak usia satu tahun ia minum ASI perah karena ibunya sering ada tugas ke luar negeri. Ibunya berpesan pada ART di rumah itu agar selalu memberikan ASI (bukan susu formula) kepada anaknya. Tak lupa ia pun berpesan bila stok ASI hampir habis sang ART harus lapor ke sang ibu agar sang ibu bisa memerah ASI-nya dan akan dikirimkan. Sang ibu berprinsip agar anaknya harus mendapatkan ASI full selama dua tahun.

Gadis X bilang bahwa dia memang minum ASI full selama dua tahun tapi diberikan selalu dari botol. “Emangnya gue anak botolan...” itu ungkapan yang keluar dari mulutnya dengan penuh rasa kesal.

Dari peristiwa tersebut dapat digarisbawahi bahwa masih ada para ibu yang salah paham mengenai konsep ASI. Tidak hanya tercukupi ASI ke mulut anak tapi lebih dari itu anak juga butuh tercukupi belaian orangtua. Dengan seringnya tak memberikan ASI langsung dari puting dapat menyebabkan anak sehat fisiknya namun jiwanya kosong. 

Bagaimana jika ibu ada kendala dalam pemberian ASI seperti ibu bekerja, ASI kering (tidak mau keluar), si ibu sedang hamil lagi atau karena alasan medis sehingga tidak disarankan menyusui maka si anak baduta (bawah dua tahun) harus tetap sering ditempelkan pada puting sang ibu walau tiak nenen (menyusu). Hal ini bertujuan agar anak tercukupi belaian atau sentuhan sang ibu.

BUAH DARI ORANGTUA YANG DIRINDUKAN
Ketika anak-anak sudah memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orangtuanya maka inilah hasilnya: 

  1. Anak berusaha taat meski beda keinginan.
  2. Anak tetap hormat meski dimarahi.
  3. Anak tidak menyimpan rahasia kepada orangtuanya.
  4. Orangtua dijadikan rujukan dalam nilai dan prinsip.
  5. Anak tidak betah keluyuran di luar.
  6. Orangtua dijadikan referensi dalam mencari jodoh
  PENTINGNYA KEDEKATAN AYAH DENGAN ANAK PEREMPUANNYA
Di Indonesia angka perceraian sudah sangat tinggi. 70 persen istri yang menggugat cerai suami. Kenapa? Setelah ditelisik lebih dalam ternyata hal ini lebih disebabkan oleh tidak adanya atau tipisnya emosional bonding antara ayah dengan anak perempuannya. Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya berpengaruh terhadap 2 hal, yaitu :
  1. Tidak mudah jatuh cinta kepada sembarang lelaki saat ABG.
  2. Tidak mudah menggugat cerai suami jika sedang berkonflik. Saat berkonflik dengan sang suami dia akan curhat ke ayahnya bukan ke laki-laki lain. inilah pentingnya father bonding
Bagaimana jika terlambat melakukan emotional bonding di usia 0-2 tahun?
Tidak ada kata terlambat.
Emosional bonding masih bisa diciptakan.
Caranya dengan "peka membaca"  goldent moment. Apa itu GOLDEN MOMENT? yaitu suatu keadaan dimana anak benar-benar memerlukan kehadiran kita sebagai orangtua. ini bisa terjadi tanpa sengaja tapi bisa juga direkayasa.

Contohnya dikala anak sedang sedih dan membutuhkan kita atau pada saat anak menunjukkan prestasinya. hadirlah dengan sepenuh jiwa raga pada saat-saat itu. Jangan hanya hadir secara fisik saja.
Ketika anak sedang sedih, jadilah tempat curhatnya, jangan biarkan orang lain merebut posisi itu. Ketika anak sedang sdih sementara orangtua tidak peka maka hatinya akan semakin rapuh. Dia semakin tidak percaya pada orangtuanya dan akan mencari sosok lain yang bisa mendengarkan dia. Akan semakin berbahaya bila yang dijadikan sosok curahan hatinya adalah sosok yang tidak tepat.

Begitu juga ketika anak menunjukkan prestasinya. Misalnya ketika dia tampil dalam pentas sekolahnya seperti menyanyi, baca puisi, menari atau bahkan hanya sebagai pemeran figuran dalam drama sekolah. Meskipun kesannya remeh dan biasa tapi ini sangat penting bagi kebanggaan dirinya di hadapan orangtuanya. Berikanlah tepuk tangan yang tulus dan penuh rasa bangga pada anak. Jangan sampai tidak hadir pada acara-acara penting bagi anak demi terciptanya emosional bonding.

Ketika emosional bonding sudah terwujud dengan kuat maka sesungguhnya kita telah mendampingi anak-anak kita tercinta meski kita telah tiada.


02 November 2016

FOTO KELUARGA DALAM PHOTOBOOTH



Pingin banget sebenarnya punya foto keluarga. Fotonya di studio foto terus ditata dengan apik...lalu..lalu... dipajang dengan ukuran gedhedi ruang tamu. Eh tapi, dari dulu Cuma berencana sampai sekarang  nggak pernah dieksekusi. Mulai dari punya anak satu sampai sekarang anak sudah dua belum pernah foto keluarga di studio foto.


Hmm..itu artinya foto keluarga belum menjadi kebutuhan primer bagi keluarga kami, apalagi mas bojo nggak hobi foto-foto gitu.

Bagaimanapun foto keluarga itu penting. Itu menurutku. Meski nggak harus foto khusus di studio foto sih...seperti keluarga kami ini. Eh iya, kalau foto keluarga di studio foto minimal kostum juga harus disiapkan biar serasi gitu antar anggota keluarga. Dan juga harus menyiapkan waktu khusus untuk take picture-nya. Dan ini yang pasti nggak boleh ketinggalan, siapkan dana khusus untuk ini.

27 Oktober 2016

NAKAMURA HOLISTIC THERAPY, BAGI YANG INGIN HIDUP LEBIH SEHAT

Sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 14 September 2016 suami mendapatkan undangan untuk menghadiri acara Grand Opening Nakamura Holistic Therapy di Gresik, tepatnya di Ruko KIG No. A-29 Jalan Tridarma Gresik. Aku pun diajak suami untuk ikut datang ke acara tersebut tapi karena tidak bisa meninggalkan kerjaan, maka suami sendiri yang datang.

Ketika membaca undangannya, aku penasaran banget. Nakamura Holistic Therapy, apa itu? Kata suami itu semacam pijat refleksi dari Jepang. Wah, sebenarnya pingin ikut acaranya karena penasaran tapi ya gimana lagi, aku tidak bisa meninggalkan tugas di tempat kerja. Bayanganku pun melayang ke tempat-tempat pijat yang biasa ada di mall-mall itu, kan banyak di mall-mall pijat-pijat refleksi atau jenis pijat yang lain.

26 Oktober 2016

ANTARA VELG, BAN, DAN PEMILIK MOBIL



Gimana sih rasanya ketika kita berkendaran di jalan raya dengan semangat untuk menghadiri sebuah acara atau apapun itu misalnya janjian dengan seseorang, tapi tiba-tiba mobil yang kita kendarai ada masalah di tengah jalan.
Bete, mangkel, nyesek...campur aduklah pokoknya. Apalagi kalau kita bawa krucil, wah semakin remponglah urusannya. Seperti pengalamanku belum lama ini. Baca disini.

Memang memiliki mobil tidak semudah yang dibayangkan. Mengapa? Karena dengan memiliki mobil berarti kita juga harus merawatnya. Dan perawatan mobil biasanya butuh dana yang tidak sedikit. Apalagi bila ada gangguan kecil pada mobil tidak segera diatasi, seringnya akan merembet pada kerusakan bagian-bagian yang lain. Nah kalau sudah begini, biaya untuk service atau reparasi tentu lebih besar.

21 Oktober 2016

SABUT SPONS SCOTCH-BRITE PILIHAN IBU CERDAS



Anak kami yang sulung kini usianya sudah hampir 12 tahun. Dia sudah kelas 6 SD. Anak seusia anak kami itu sudah seharusnya diberikan tanggung jawab yang berupa tugas-tugas tertentu dalam rumah. Yaa...mereka harus belajar membantu orangtua mengerjakan pekerjaan rumah.


Namun sebagian orangtua justru berpikir bahwa dengan memberikan pekerjaan rumah pada anak-anak malah bikin runyam saja. Belum lagi saat nyuruh mereka tidak cukup dengan sekali atau dua kali perintah. Akibatnya si ibu nih makin merasa bawel di mata anaknya.


19 Oktober 2016

DRAMA MENUJU THE BIG BAD WOLF SURABAYA 2016

Hai...guys...
Bagi kamu yang maniak sama buku... jangan sampai lewatkan moment langka ini yaa...THE BIG BAD WOLF BOOK SALE SURABAYA 2016.
Bagaimana tidak?
Ada diskon gila-gilaan disini. Bayangin aja, diskonnya antara 60%-80% untuk semua buku. Cateett...DISKON UNTUK SEMUA BUKU.
Kunjungi JX INTERNASIONAL pada tanggal 20 -31 Oktober 2016. Jam bukanya mulai 09.00 sampai jam 23.00 wib. Gila nggak siih...278 jam nonstop lhoo...

18 Oktober 2016

WANITA DAN FASHION

Dua kata yang akan selalu melekat. Wanita tidak bisa dipisahkan dari fashion. Karena kalau bicara soal fashion, pasti kaum waitalah yang lebih dominan.

Perkembangan fashion di Indonesia maju sangat pesat. Bermunculanlah para designer muda dengan berbagai karyanya. Begitu pula dengan designer lokal yang menyasar pasar muslim di Indonesia. Indonesia merupakan market yang menjanjikan bagi bisnis fashion muslim. Itu bisa dipahami mengingat 80% penduduknya memeluk agama Islam.

07 Oktober 2016

PEREMPUAN DAN GENDER



Selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami dengan benar perbedaan konsep seks/jenis kelamin dan gender. Bahkan penggunaan kata “KODRAT” pun masih sering salah dipahami. Seperti misalnya: memasak, mencuci baju, menyapu rumah, mengasuh anak itu adalah kodrat bagi wanita. Dengan pemahaman seperti itu akan semakin memperdalam jurang pembagian tugas domestik antara suami dan istri. Padahal tugas-tugas domestik tersebut seharusnya bisa dilakukan secara bersama-sama saling bahu membahu antara suami dan istri.

03 Oktober 2016

FAMILY DAY 2016 BERSAMA SEKOLAH AL UMMAH

Waktu masih menunjukkan pukul 6.20 pagi. Namun di halaman sebuah sekolah sudah  -anak bersama para orangtua mereka. Ada yang asyik bermain ayunan, perosotan, ada pula yang berlari-lari kesana kemari. Beberapa diantara mereka ada yang minta gendong orangtuanya. Suasana, dimana pada saat itu para orangtua mengantar putra-putrinya kesekolah. De  Javu …


Di sisi lain beberapa ustadzah terlihat mondar-mandirmempersiapkan acara hari itu. Beberapa ustadzah bertugas menyambut kedatangan para siswa bersama orangtuanya. Sebagian dari mereka juga bertugas di meja registrasi yang mencatat kedatangan peserta, dan ada pula yang sibuk di panggung untuk segera memulai acara di hari itu.

30 September 2016

WARUNG MBOK SRI, BUKAN SEKEDAR WARUNG BIASA


Kota wisata Batu, kota yang tak akan pernah sepi dari wisatawan, terutama wisatawan domestik. Tak heran jika para investor berlomba-lomba menanamkan modalnya untuk pengembangan kawasan wisata, sehingga dari tahun ke tahun perkembangan wisata di Kota Batu maju begitu pesat.

Seiring dengan meningkatnya objek wisata disana, diiringi pula menjamurnya tempat-tempat kuliner yang menyuguhkan aneka makanan yang menggugah selera. Salah satu jujugan kuliner di layak untuk dicoba adalah Warung Mbok Sri (dulu Warung Wareg) di Jalan Ir. SoekarnoNo. 7 Kota Batu.

27 September 2016

BEBEK TEPI SAWAH VILLAS AND SPA, TEMPAT RESERVASI PILIHAN DI UBUD BALI



Liburan ke Bali? Bakalan nggak nolak lah.
Emang liburan di Bali nggak akan pernah ada matinya. Gimana enggak coba? Bali sebagai primadona pariwisata Indonesia menjadi  tujuan para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik memiliki obyek wisata yang bejibun. Nggak salah lah kalau ada yang bilang Bali sebagai surganya wisatawan.

25 September 2016

CARA BELI DAN ISI PULSA ONLINE TANPA DELAY



Apa kamu sedang mencari tempatbeli pulsa online 24 jam tanpa delay? Maka sangat tepat kamu masuk ke tutorial pembelian pulsa tanpa ribet, serba otomatis dan tanpa delay. Dimana era perkembangan digital untuk sekarang ini sudah kita nanti nanti terutama memudahkan kita dalam hal bertransaksi, terutama isi pulsa. 

21 September 2016

MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN ANAK



Dari data Kemenag RI tahun 2013 diperoleh data bahwa angka perceraian di Indonesia sangat mencengangkan sekaligus memilukan, yaitu terjadinya 350.000 kasus perceraian. Itu artinya dalam satu hari rata-rata terjadi hampir 1000 kasus perceraian, atau dalam satu jam hakim mengetok palu untuk 40 kasus perceraian. 

Dengan angka yang fantastis itu memposisikan Indonesia pada ranking pertama se Asia Pasifik dalam hal tingginya perceraian. Ironis memang, di negara dengan mayoritas muslim terbesar justru tinggi pula angka perceraian.

04 September 2016

VERANDA PASTA HOUSE AND CAFE, TEMPAT NONGKRONG YANG ASYIK DI GKB



Perkembangan tempat makan dan tempat nongkrong di Gresik Kota Baru (GKB) sekarang semakin luar biasa. GKB yang dulunya “hanya” perumahan sebagai tempat tinggal saja, namun kini menjadi pusat dari segala aktivitas di Kota Gresik. Hampir bisa dibilang mobilitas, sarana dan prasarana yang ada di GKB maju pesat luar biasa.


Hampir segalanya ada di GKB, mulai dari tempat kuliner, sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana olahraga, fashion, supermarket sampai tempat nongkrong ada di GKB. Cuma satu yang belum ada yaitu studio film alias bioskop. Kapan ya ada? So, kalo mau nonton film nggak usah harus jauh-jauh datang ke Surabaya.

Salah satu tempat nongkrong yang asyik, nyantai dan cozy banget adalah Veranda Pasta House & Cafe. Secara kebetulan kali ya aku kesini. Emang sih, sudah lama anak gadisku mengajakku kesini, tapi ya belum kesampaian juga, maklumlah emaknya bukanlah emak yang hobi “ngafe”.

23 Agustus 2016

MENGINAP NYAMAN DAN MURAH DENGAN LOKASI YANG STRATEGIS DI IBUKOTA

Ke Jakarta aku kan kembali

Walaupun apa yang kan terjadi...











Sepenggal Lagu dari Koes Bersaudara itu mengingatkan aku masa-masa dikala aku sering menyambangi ibukota. Yaa... saat itu aku belum lama menikah. Dan suami ditugaskan dari kantornya untuk melaksanakan tugas di Jakarta. Yaa, namanya pengantin baru, kan pinginnya selalu ketemu. Jadi kalau nggak suami yang ke Surabaya (waktu itu aku masih bekerja di Surabaya), ya aku yang ke Jakarta. Tapi lebih sering aku yang Jakarta.

17 Agustus 2016

MEWUJUDKAN LIBURAN IMPIAN DI BALI BERSAMA TIXTON


Waktu sudah menunjukkan pukul sebelas malam. Penat dan capek terasa sudah. Setelah seharian penuh dengan aktivitas. Mulai pagi hingga siang mengikuti acara reuni di kampus suami yang dulu, dilanjutkan dengan menghabiskan waktu untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Yogyakarta. 


Kami tak memesan hotel sebelumnya karena kami pikir banyak banget hotel di Yogjakarta sehingga tak khawatir untuk reservasi langsung saja. Ah, ternyata dugaan kami meleset. Aku nggak ingat sudah berapa hotel yang kami hampiri dan semua mengatakan “full-booked”.

16 Agustus 2016

MENGENANG SANG PROKLAMATOR INDONESIA


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE – 71


Kompleks museum dan perpustakaan Bung Karno
Sosok yang satu ini tak akan pernah terlupakan dalam perjalanan sejarah dan masa depan Republik Indonesia. Dialah Sang Proklamator NKRI. Bapak Ir. Soekarno atau Bung Karno. Tak berlebihan kiranya jika bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 ini saya tuliskan perjalanan kami saat ke Museum Bung Karno dan berziarah ke makam beliau. Keduanya merupakan icon wisata sejarah di Blitar yang harus dikunjungi.

08 Agustus 2016

GO WILD FOR LIFE



“SELAMATKAN TUMBUHAN DAN SATWA LIAR UNTUK KEHIDUPAN”

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2016 Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik mengadakan berbagai rangkaian kegiatan. Adapun kegiatan dilaksanakan di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) tanggal 5 – 6 Agustus 2016.

Adapun kegiatannya meliputi: pameran lingkungan hidup, pemilihan putra-putri Lingkungan Hidup 2016, lomba karya tulis ilmiah bertemakan Lingkungan, lomba yel-yel lingkungan. Lomba fashion show dari bahan daur ulang, lomba stand pameran terbaik.

29 Juli 2016

NANO-NANO DI #HARI PERTAMA SEKOLAH ATHIYAH


Bagaikan permen Nano-Nano, manis...asem...asin...ramai rasanya...
Begitu pula pengalaman di #Hari Pertama Sekolah bagi Athiyah yang padabulan Juli tahun ini tepat berusia tiga tahun. Yap... Athiyah mulai masuk di kelompok bermain tepatnya di KBIT Al Ummah Gresik.

PERSIAPAN SEBELUM MASUK SEKOLAH
Beruntunglah kami karena lokasi sekolah yang kami pilih begitu dekat dengan rumah kami. Jauh-jauh hari sebelum kami mendaftarkan Athiyah di sekolah ini, seringkali kami ajak bermain-main di halaman sekolahnya tiap sore. Bahkan, Athiyah sendiri yang sering minta bermain ke sekolah saat sore hari. Kebetulan di sore hari ramai juga dengan anak-anak yang sedang belajar mengaji di Islamic Centre yang masih satu lokasi dengan sekolah. 

17 Juli 2016

DYNASTY WATER WORLD, WATERPARK BARU YANG ASYIK DI GRESIK



Tampak depan
Awal keberadaannya sempat menjadi pro dan kontra dari sebagian masyarakat Gresik. Mulai dari harga tiket masuk yang dirasa terlalu mahal untuk wahana yang masih baru hingga lokasi yang berada di dalam perumahan yaitu di jalan rantau Nomer 27-29 perumahan Gresik Kota Baru (lokasinya masuk ke sebuah gang , mungkin kalau berada di jalan utama perumahan agak beda kali ya pro kontra nya...)

06 Juli 2016

HOTEL SWISS BELLINN MALANG

Siapa sih yang nggak mau berkunjung ke Malang?
Kota wisata, kota pendidikan, kota apel, kota bunga, kota dingin...
Malang memang kota dengan sejuta kenangan (bagiku). Makanya setiap ada kesempatan pergi ke Malang, bukan main senangnya. Seolah mengulik-ngulik lagi berbagai kenangan yang bertaburan disana. Meski sudah banyak sekali perubahan (terutama di sekitar kampus tempat aku kuliah dulu) sehingga harus mengernyitkan dahi juga untuk mengingat-ngingatnya.

26 Juni 2016

RATUSAN LENTERA MENGHIAS FESTIVAL DAMAR KURUNG 2016


foto dari FB Damar Kurung Fest
Setiap tahun Festival Damar Kurung dihelat. Mulai tahun 2012 hingga sekarang. Tempatnya pun berpindah-pindah. Untuk tahun ini lokasi Festival Damar Kurung berada di Kampong Kebomas Jalan Sunan Giri Gang 3 Kebomas Gresik Jawa Timur. 

24 Juni 2016

NYAMAN DAN AMAN DENGAN CETAPHIL GENTLE SKIN CARE




"Mbak, habis makai ini enak rasanya di kulit, nggak kering, nggak panas..Cuma kok nggak ada busanya yaa?”

Itu kalimat yang terlontar dari adikku setelah memakai produk Cetaphil Gentle Skin Care Cleanser ini. 

11 Juni 2016

PESANTREN DAMAR KURUNG

Pada hari Jumat, 10 Juni 2016 bertepatan dengan 5 Ramadhan 1437 Hijriyah, sekitar 35 anak-anak dan remaja dari tingkat SD, SMP dan SMA berada di halaman kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik. Apa yang mereka lakukan disana? Ternyata mereka sedang melukis Damar Kurung. Acara yang dihelat oleh Bidang Komunitas dan Kerjasama Majelis Pendidikan Kader PDM Gresik berkolaborasi dengan Damar Kurung Institute ini terbingkai dalam kegiatan “Pesantren Damar Kurung”. Seperti diketahui bahwa Damar Kurung merupakan salah satu ikon Kota Gresik bahkan dijadikan maskot kota oleh Pemerintah kabupaten Gresik.  Namun ironisnya keberadaan damar kurung ini makin lama makin hilang saja dari peredaran alias semakin langka. Memang sih masih kita jumpai tiruan damar kurung di beberapa titik di Kota Gresik.
Nah, untuk mempertahankan dan mengembangkan keberadaan damar kurung inilah kegiatan ini diselenggarakan. Muhammadiyah Gresik pun turut peduli agar generasi muda menyukai dan turut menjaga agar kegiatan melukis damar kurung ini menjadi bagian dari aktivitas masyarakat.

07 Juni 2016

TAMAN WISATA TIRTA NIRWANA SONGGORITI MALANG

Hampir 5 tahun hidup merantau di Malang, belum pernah sekalipun aku menginjakkan kaki di Songgoriti. Helllooo....kemane aje gue...??? Penasaran banget sih sebenarnya dengan yang namanya Songgoriti, apalagi pernah ada berita yang menggemparkan tentang pembunuhan sekeluarga oleh Sumiarsih dan bolo-bolonya yang mayatnya dibuang di salah satu jurang di disana, makin penasaranlah daku. Lha kok jadi ngelantur kemana-mana sih...
Akhirnya rasa penasaranku yang sudah lama terpendam pun tercurahkan (halllaah...). Saat kami sekeluarga berkesempatan pergi ke Songgoriti, tepatnya di Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti. Meski nggak sengaja sih kesininya.... eh kok nggak sengaja gimana? Ya iya lah lha wong saat itu kami menginap di salah satu vila disana, tujuan utama ke Museum Angkut. Kami menyewa vila agar terasa kebersamaannya bersama rombongan sekeluarga suami. Kalau menyewa hotel kan masing-masing berada di kamarnya, kalau di vila kan bisa bareng-bareng terus kayak di rumah sendiri. Nah, pagi-pagi habis jalan-jalan dan nyantai di sekitar vila tiba-tiba ada yang punya ide pingin berenang, terutama para krucil yang pingin banget njegur ke kolam renang. Terus ada yang bilang ke pemandian Songgoriti aja yang dekat... Akhirnya setelah sarapan sebagian dari kami ikutan dan sebagian ada yang tetap di vila (adik ipar yang sedang hamil besar dan adik ipar yang masih punya bayi nggak ikutan, juga ibu mertua). Aku, tentu ikutan doongg... mumpung ada kesempatan, jangan sia-siakan. Wualaaahhh, aku pun makin penasaran gimana sih yang namanya pemandian Songgoriti itu.
Tirta Nirwana Songgoriti
Setelah mobil di parkir lalu kami pun turun. Agak pesimis juga sih pada awalnya. Sepertinya nggak terlalu menarik tempat wisata ini, nothing special... apalagi pas bayar tiketnya cuma Rp 15.000,-. Pantesan murah, lha wong dari depan aja sudah kayak gitu, biasa banget. Termasuk gapuranya juga biasa, jadul malah.
Kami pun masuk ke lokasi wisata. Begitu melewati pintu loket seketika anggapanku tentang wahana rekreasi ini berubah 180 derajat. Yang awalnya aku pesimis dan kurang tertarik, langsung njenggirat bersemangat menyaksikan alam yang indah ciptaan Yang Maha Kuasa. Subhanallah...sebuah pahatan alam yang sempurna. Aku pun terkesima dengan hijaunya alam disana. Pesona alamnya masih orisinil, lokasinya berada di antara bukit-bukit dan pegunungan, antara lain gunung Bale, gunung Banyak dan gunung Rajekwesi. Jadi tak heran kalau hawanya begitu sejuk. Panorama disini begitu memikat mata dan hatiku. Maklumlah sehari-harinya jarang lihat yang beginian. Tiap hari lihatnya pabrik, pergudangan, perkantoran, perumahan, asap pabrik, kendaraan...hhhh... Benar-benar disini sesuatu yang berbeda. Kalau begini kondisinya Rp 15.000,- itu sangat murah pake bingittss... Gimana nggak murah coba, rata-rata tiket masuk wisata di Batu Malang kan sudah sekitaram Rp 75.000,- s/d Rp 100.000,- Lha ini Rp 15.000,-
Jadi inget kata-kata yang sering disampaikan Tukul Arwana dalam acara Bukan Empat Mata “DON’T JUGDE A BOOK BY IT’S COVER”

Penasaran kan apa yang menyebabkan aku terpesona dengan Taman Wisata Songgoriti ini...
Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti berlokasi di Jalan Songgoriti 51 Desa Songgokerto, Batu Malang Telpon 0341-593551. Ada apa saja sih disini?

Pemandangan alam yang indah
Tak bisa aku lukiskan dengan kata-kata keindahan alam disini. Benar-benar asli dan alami. Kita bisa lihat pohon tua yang besar.

Kolam Renang
Berwisata di Songgoriti  yang paling terkenal adalah kolam renangnya. Ada kolam renang untuk dewasa, ada pula khusus untuk anak-anak yang dilngkapi dengan wahana kcil untuk bermain air. Keduanya terletak terpisah. Airnya bersih dan jernih, tapi dingiiiinn. Kayla, Athiyah dan sepupunya pun tak kuat menahan godaannya. Suamiku pun ikutan merasakan sejuknya air di kolam renang ini.
Kolam renang anak-anak
Kolam renang dewasa
Danau Buatan
Danaunya juga sangat menarik. Di tengah-tengah danau  ada tiga buah patung yang besar sehingga begitu menarik perhatian. Ada patung Sun Go Kong, Pat kai dan teman-temannya sedang naik penyu raksasa seolah-olah menyeberang danau itu. Ada juga patung tokoh pewayangan yang sedang naik kereta kuda. Satu lagi ada patung yang tinggi, tapi patung apa ya itu... wajahnya sih mirip burung hantu... 
Masih di area danau, terdapat patung hewan purba kayak dinosaurus gitu lehernya sangat panjang seolah-olah mau minum air danau... Senenglah ngelihatnya, meski danau ini tidak terlalu luas tapi di sepanjang tepian danau ditanami berbagai macam bunga mawar berwarna-warni yang semakin mempercantik danau ini.
Oh, ya di tengah-tengah danau ada jembatan melengkung dengan apik menghubungkan beberapa pulau kecil yang ada di dalamnya. Kita bisa berjalan di atas jembatan itu atau kita juga bisa melewati bawah jembatan dengan sepeda air.

Sepeda air
Jika tidak hanya dengan diam menyaksikan keindahan danau buatan, kita bisa menyewa sepeda air yang ada disana. Sekalian olahraga kaan... Sambil mengayuh sepeda air, kita bisa tertawa sekaligus berolahraga, senang deh pokoknya. Apalagi nggowesnya bersama suami tercinta... Cukup dengan membayar Rp 5000,- kita bisa mengelilingi danau selama 15 menit. Memang, UNTUK BAHAGIA TIDAK PERLU MAHAL kok...
Persewaan sepeda air
Taman Bermain
Area taman bermainnya cukup luas. Bermain di alam bebas. Permainan yang ada memang  bukan permainan modern sih macam roaller coaster, boom boom car, apalagi permaianan yang ada di Zone 2000. Yang ada adalah permainan sepanjang masa dan tak lekang oleh jaman seperti ayunan,jungkat-jungkit, dll.
Bermain ayunan
Patungnya juga bermacam-macam, mulai dari patung hewan, seperti gajah, hewan jaman purba dan lainnya. Ada juga patung putri salju dan 7 kurcaci, serta patung robot. Untuk anak-anak kecil cukup menyenangkanlah.
Foto dengan patung robot
Candid
Idiihh gayanyaaa..
Ada pula area buah-buahan raksasa. Tapi hanya replikanya lhoo... ada apel, salak, strawberry, nanas, jambu monyet. Athiyah dan sepupunya asyik banget bermain di area ini. Kenapa? Karena di dalam replika buah-buahan ini terdapat lubang besar dan ada tempat duduknya. Mereka asyik berada di dalamnya.
Ngapain mereka di dalam yaa...
Athiyah keluar dari buah apel...

Bocah-bocah berada di dalam replika buah apel
dari taman bermain ini kita bisa melihat panorama alam pegunungan yang ijo royo-royo sembari menghirup udara yang sejuk.

Pasar Wisata Songgoriti
Sebelum pulang kita bisa mampir dulu di Pasar Songgoriti. Kita bisa membeli berbagai macam oleh-oleh maupun mrchandise. Tapi kita harus pandai menawar yaa
Saat itu hanya ibu mertua dan adik ipar yang masuk pasar karena ingin membeli alpukat untuk oleh-oleh, tapi ternyata harganya mahal dan lebih mahal dengan di daerah kami, yaa nggak jadi beli deh... Sambil menunggu ibu dan adik, kebetulan di seberang tempat parkir mobil kami adabapak-bapak penjual tempe Malang, aku pun membeli tempe untuk oleh-oleh para tetangga.

Dari tempat wisata Tirta Nirwana Songgoriti ini kita bisa melihat rumah pohon, tapi masih jauuuhh banget. Kapan-kapan pingin kesana (kapan yaaa...)
Tidak jauh dari sini ada pula wisata paralayang Songgoriti. Asli, suami penasaran banget waktu itu. Pingin mampir kesana tapi waktunya nggak nututi karena masih ada agenda lain hari itu. Jadi, yaa diagendakan untuk acara jalan-jalan berikutnya aja yaaa....