29 Februari 2016

SURABAYA NORTH QUAY, DESTINASI BAHARI MODERN DI SURABAYA



Tanjung Perak tepi laut
Siapa suka boleh ikut...


Gimana nggak ikut kalau destinasinya aja keren macam ini...

Ceritanya, Minggu 28 Februari 2016 kemarin setelah menghadiri resepsi di Grah BIK-DOK Fakultas Kedokteran UNAIR  kami pun meluncur ke Terminal Gapura SuryaNusantara. Sesampainya disana, pengunjung sudah memadati area terminal penumpang kapal laut termegah dan modern di Indonesia yang dikelola oleh PT PELINDO III  (Persero). Oh iya, PT PELINDO III ini merupakan salah satu BUMN yang mengelola 43 pelabuhan pada 7 propinsi di Indonesia.



Aku sudah beberapa kali mampir kesini. Pernah dengan bapak ibu, pernah dengan Kayla, yang tujuannya ya hanya untuk lihat-lihat aja, menunjukkan pada mereka ini lho Pelabuhan Tanjung Perak itu. Namun kondisi saat itu beda jauh dengan yang sekarang. Sepertinya PT PELINDO III telah berhasil menyulap terminal penumpang laut ini menjadi terminal yang modern dan representatif, bahkan menjadi  salah satu terminal penumpang terbaik di Indonesia sekelas bandara.

Trus Surabaya North Quay dimana nih...

Eits...tunggu dulu...

Begitu masuk ke Terminal Gapura Surya Nusantara melewati sebuah pintu di sebelah kiri, kita bisa langsung naik ke lantai 2 dan 3. Bisa pakai eskalator maupun naik tangga biasa, sambil membakar lemak bolehlah... Nggak usah takut kepanasan, karena ruangan ini full AC...

pintu masuk Surabaya North Quay

Nah, Surabaya North Quay ini merupakan destinasi bahari modern yang berada di lantai 2 dan 3 gedung Gapura Surya Nusantara yang terletak di tepi Pelabuhan Tanjung Perak di ujung utara Surabaya. Serangkaian acara pre-launchingnya diselenggarakan tanggal 27-29 Februari 2016.


Di lantai 3, bagian outdoor kita akan menemukan tulisan Surabaya North Quay. Pengunjungnya rame banget waktu itu, sehingga untuk berfoto pun harus bergantian. Sepertinya setiap pengunjung yang datang pasti akan berfoto disitu, termasuk saya tentunya hehehe


Saking tingginya animo masyarakat untuk mengetahui destinasi ini dan semangatnya untuk berfoto disini tidaklah heran bila tulisan Surabaya North Quay-nya sampai copot beberapa huruf dan tiang penyangganya pun mau patah, sehingga dipindahkanlah tulisan ini oleh petugasnya.


suasana outdoor

Di bagian outdoor ini kita akan lihat beberapa tempat duduk lengkap dengan payungnya. Cuma tempat duduknya masih terbatas, sehingga tidak semua pengunjung bisa duduk disana. Termasuk kami juga tidak sempat merasakan duduk disana. Ya iya lah, masak datang sudah siang minta tempat duduk xixixi...


Ini sebagian pengunjung yang nggak dapat tempat duduk di kursi. Ehmm...duduk-duduk di atas rumput hijau tak kalah asyiknya lhoo...Siapa tahu ke depannya tempat duduknya ditambah oleh pihak pengelola, sehingga nggak duduk di bawah lagi ... (ngarep nih..)

duduk-duduk di atas rumput

Tapi meski nggak dapat tempat duduk, kami sudah sangat senang bisa melihatPelabuhan Tanjung Perak  dengan kapal beraneka jenis. Dari sini pula kita bisa melihat Jembatan Suramadu. Meski siang panas terik namun hembusan angin laut yang sepoi-sepoi dapat mengurangi panasnya sinar matahari.


Disini semua pengunjung sangat menikmati suasananya, dan tak lupa foto-foto...

melihat kapal dari atas Surabaya North Quay

Nah, setelah puas di bagian outdoor, kita bisa juga berwisata kuliner di foodcourt-nya. Ada berbagai jenis makanan yang mengundang untuk dinikmati. Mulai dari Sego Kucing kobong (hihi...lucu ya namanya, ini semacam nasi bakar sih...), Lontong Balap Pak Endut, dimsum, bakso, nasi campur, nasi krengseng, rujak, Bebek Harisa dan masih banyak lagi.

foodcourt Surabaya North Quay

Design foodcourt-nya manis dan penuh dengan informasi. Di setiap sisi dindingnya terpampang berbagai informasi tentang beberapa kesenian di tanah air.

foodcourt Surabaya North Quay

 

Ada juga beberapa foto tentang kapal yang dipajang rapi disini.

Disini kita bisa hang out juga bersama teman dan keluarga. Bisa meeting juga lho disini, sambil menikmati kelezatan kuliner yang tersedia plus menikmati view laut yang mempesona.


Sembari menikmati makanan yang kita pesan, juga akan diiringi pertunjukan musik yang ada disini


Namun lagi-lagi, karena membludaknya pengunjung di hari Minggu itu, banyak pengunjung yang tidak mendapat tempat duduk di foodcourt ini, alhasil seperti ini jadinya... dimana lagi kalau nggak di Indonesia, weleh weleh weleh (lho kok mendadak jadi si Komo sih...)

kehabisan tempat duduk, makan di lantai aja...

Mungkin ini bisa dijadikan masukan bagi pengelola juga untuk menambah meja dan kursi di foodcourtnya, karena tempatnya masih bisa dimaksimalkan lagi.

Selain itu, kita tidak perlu khawatir akan ketinggalan sholat (ini mah jangan sampai yaa...) karena disini juga disediakan mushola yang bersih, adeeem dan view-nya tentu view laut yang indah

mushola Surabaya North Quay

Nah itu dia sekilas tentang Surabaya North Quay...

Bagaimana dengan lantai 1 nya...

Disini terdapat ruang tunggu yang nyaman dan full AC seperti di bandara.

ruang tunggu Gapura Surya Nusantara

Dari lantai 1 ini kita juga bisa melihat kapal-kapal yang ada di pelabuhan Tanjung Perak melalui dinding kaca. Juga ada 3 ATM, namun dari bank yang sama. Mungkin ke depannya ditambah lagi.


Untuk menuju ke sini dari Jalan Perak Timur menuju ke arah pelabuhan, lalu masuk ke gerbang pelabuhan dengan membayar tiket premi asuransi jiwa plus parkir Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 7.000,- untuk mobil. Murah bukan...? Untuk masuk ke Surabaya North Quay tidak dipungut biaya atau gratis tisss...

14 komentar:

  1. Whaah.... bagus baget ya mbak sekarang. Dulu saya suka mengajak anak2 melihat2 kapal, lalu nyebrang ke madura, trus duduk2 bentar dah balik lagi. Sekedar memperkenalkan anak2 tentang laut dan kapal dan aktivitasnya. Waktu itu belum dibangun, suasananya kurang pas buat anak2. Makasih reviewnya, jadi semangat mau ngajak ke sana lagi nich ..

    BalasHapus
  2. wah asiknya jalan2 ke Surabaya North Quay ya..

    BalasHapus
  3. Waah, sampai kekurangan kursi, ya. Tapi yg penting pengunjung ttep nyaman. ;)

    BalasHapus
  4. Surabaya ngangenin...jadi pengen kesana lagi :)

    BalasHapus
  5. wiiih keren pelabuhannya... malah lbh cakep dr bandara Soetta :D.. tertata rapi semua ya mba, ampe rumput2nya juga ;)

    BalasHapus
  6. wah jadi ini semacam wisata pelabuhan ya

    BalasHapus
  7. aku udah kesini juga mbak...asik banget..

    BalasHapus
  8. wah keren bgt tempatnya, bagus juga buat jadi background untuk foto2

    BalasHapus
  9. Waah uda ke sana nih, org gresik.. Skrg uda buka terus ya mba? Atau cuma kmrn pre launch doang?

    BalasHapus
  10. Belum pernah ke surbaya, semoga kapan waktu bisa ke sana... amin

    BalasHapus
  11. Lama tak pulang kampung, Surabaya banyak berubah yaaaa....
    Moga2 bisa kesana pas mudik nanti
    TFS Mbak :)

    BalasHapus
  12. Aih keren mbak tempatnya, di jakarta ada ngak ya?

    BalasHapus
  13. Kenapa surabaya punya banyak tempat keren? Bikin pingin ke sanaaaa

    Salam,
    Rava.

    BalasHapus