11 Juni 2016

PESANTREN DAMAR KURUNG

Pada hari Jumat, 10 Juni 2016 bertepatan dengan 5 Ramadhan 1437 Hijriyah, sekitar 35 anak-anak dan remaja dari tingkat SD, SMP dan SMA berada di halaman kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik. Apa yang mereka lakukan disana? Ternyata mereka sedang melukis Damar Kurung. Acara yang dihelat oleh Bidang Komunitas dan Kerjasama Majelis Pendidikan Kader PDM Gresik berkolaborasi dengan Damar Kurung Institute ini terbingkai dalam kegiatan “Pesantren Damar Kurung”. Seperti diketahui bahwa Damar Kurung merupakan salah satu ikon Kota Gresik bahkan dijadikan maskot kota oleh Pemerintah kabupaten Gresik.  Namun ironisnya keberadaan damar kurung ini makin lama makin hilang saja dari peredaran alias semakin langka. Memang sih masih kita jumpai tiruan damar kurung di beberapa titik di Kota Gresik.
Nah, untuk mempertahankan dan mengembangkan keberadaan damar kurung inilah kegiatan ini diselenggarakan. Muhammadiyah Gresik pun turut peduli agar generasi muda menyukai dan turut menjaga agar kegiatan melukis damar kurung ini menjadi bagian dari aktivitas masyarakat.
Pesantren Damar Kurung
Rangkaian acara ini dimulai pada pukul 13.00 wib ba’da sholat Jumat, yang diawali dengan ngobrol ringan seputar motivasi peserta mengikuti kegiatan ini yang dipandu oleh Bapak Slamet. Kayla juga ikutan lhooo... eh Athiyah juga tidak mau ketinggalan, meskipun masih ikut-ikutan saja sih...
Pak Slamet menggali motivasi peserta
Peserta tercilik
Acara berlanjut semakin seru setelah Mas Novan Effendy atau biasa dipanggil Cak Opang dari Damar Kurung Institute datang dan memberikan penjelasan seputar Damar Kurung, mulai dari sejarah, cara melukis dan berbagai hal tentang Damar Kurung. Para peserta pun diberi kesempatan untuk bertanya.
Mas Novan Effendy dari Damar Kurung Institute
Setelah mendengarkan penjelasan dari Cak Opang yang merupakan penggiat muda Damar Kurung, para peserta diajak menyaksikan tanyangan film dokumenter tentang Damar Kurung  dan Mbah Masmundari sebagai seniman legendaris dari Gresik yang melukis Damar Kurung.
Dari film dokumenter tersebut dapat diketahui bahwa Damar Kurung Gresik ini sudah ada sejak abad 16.

Mbah Masmundari
Mbah Masmundari
Merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara yang semuanya perempuan. Ayahnya merupakan seniman yang melukis Damar Kurung dan mewariskan kemampuan menggambar padanya. Dan ternyata dalam melukis Damar Kurung itu ada pakem-pakem tertentu yang harus diikuti. Jadi tidak sembarangan melukis lhoo...
Pakem-pakemnya antara lain: cerita yang dilukis merupakan bentuk dua dimensi penuh. Mbah Masmundari dalam melukis membagi bidang lukisan dalam dua atau tiga bidang mendatar. Lukisan mbah Masmundari ini dikelompokkan menjadi dua oleh seorang peneliti lukisan Mbah Masmundari dari Fakultas Seni Rupa dan Design ITB, Ika Ismurdyahwati yaitu lukisan yang bercerita tentang dunia sakral, upacara keagamaan, legenda, dll yang biasa disebut dengan Jenis Lukisan Sakral dan satunya adalah Jenis Lukisan Profan yang menggambarkan tentang keseharian seperti bertani, kegiatan 17 agustusan, pasar bandeng, melaut, permainan anak-anak kecil, dll.
Dan ada lagi nih yang penting untuk diketahui, bahwasannyacara membaca lukisan damar Kurung pun ada aturannya.Untuk Jenis Lukisan Sakral membacanya dari bagian atas lalu dilihat dari kanan ke kiri lalu turun ke bagian bawahnya yang dibaca dari kanan ke kiri jug, dan begitu seterusnya. Untuk Jenis Lukisan Profan membacanya dari bagian bawah lalu dilihat dari kanan ke kiri, diterukan ke bagian bawahnya. Masih ada pakem-pakem lain yang harus diikuti bila ingin lebih serius menekuni seni melukis damar kurung ini.
Acara dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah. Setelah selesai dan mengisi biodata masing-masing peserta kegiatan pun dilanjutkan dengan melukis di atas kertas untuk damar kurung. Peserta diajak duduk santai di atas alas yang sudah disiapkan di halaman kantor PDM Gresik.  Disini para peserta diharapkan berlatih melukis sesuai dengan pakem-pakem yang sudah dijelaskan tadi, meskipun masih banyak peserta yang melukisnya masih sekehendaknya sendiri, maklumlah untuk anak-anak yang masih SD, masih belum memahami betul tentang pakem melukis damar kurung, bagi mereka yang penting mau melukis damar kurung saja sudah bagus. 
Tak lupa pula cak Opang membawa contoh damar kurung yang sudah jadi.
Damar Kurung
Damar Kurung
Para peserta pun asyik melukis di ruang terbuka dengan merasakan hembusan angin sore yang semilir sepoi-sepoi.
Peserta serius memperhatikan arahan dari Cak Opang
Peserta merasa asyik dengan kegiatan ini
Cak Opang sedang memberikan penjelasan
Kayla nampak asyik menggambar
Athiyah juga serius menggambar nih
Waktu terlalu cepat berlalu, hingga adzan maghrib pun berkumandang yang menandakan semua peserta harus segera berbuka puasa. Mereka pun menikmati takjil yang sudah disiapkan oleh panitia.
Berbuka puasa bersama
Ada kejadian lucu nih... saat pembagian takjil Athiyah belum dapat takjilnya, iya lah dia kan hanya ikut-ikutan aja disini. Athiyah pun meminta jatah takjil kakaknya. Dia pun sempat cemberut karena belum dapat takjil. Coba lihat saja ekpresinya
Lagi sewot belum dapat takjil
Makin bete karena minta takjil kakaknya belum dikasih
Gayanya saat marah
Eh begitu mendapat takjil (jatah ibunya nih, dan ini bonus) Athiyah pun langsung memakannya tanpa menunggu adzan Maghrib...yaaa maklumlah Athiyah belum paham apa dan bagaimana puasa. 
Langsung makan deh...
Setelah makan takjil semua peserta dan panitia sholat Maghrib berjamaah
Sholat maghrib berjamaah
Karena waktu sudah semakin malam, sementara melukis damar kurung belum selesai akhirnya dibuat kesepakatan untuk diselesaikan di rumah dan dikumpulkan pada hari Selasa, 14 Juni 2016. Semua karya dari peserta akan diikutkan dalam Festival Damar Kurung pada tanggal 17-19 Juni 2016 di Kampung Kebomas. Tapi sebelum pulang, seluruh peserta mendapat makan malam. Ada yang dimakan di tempat dan ada juga yang dibawa pulang.
Semoga kami bisa datang di acara festival itu.
Foto bersama

1 komentar:

  1. Nunggu fatin agak gedheab se athiya yo, bu, ntar ikutan acaranya itu

    BalasHapus