23 Mei 2017

REFLEKSI AKHIR TAHUN SEKOLAH AL UMMAH



Refleksi Akhir Tahun Sekolah Al ummah


Pagi itu Athiyah terlihat sangat bersemangat ke sekolah. Biasanya hampir setiap pagi dia harus dibangunkan lebih dulu. Jarang-jarang banget dia mau bangun sendiri, apalagi Athiyah tidur maam sering di atas jam sembilan. Saat dibangunkan masih sering ogah-ogahan dan kadang menangis nggak mau bangun meski sebelum tidur dia selalu bilang, “Buk, besok bangunkan aku pagi-pagi yaa...” Kadang masih ditambahi dengan kalimat yang sok dewasa, “Kalau bangunnya pagi-pagi nanti tidak terlambat ke sekolahnya...” 

03 Mei 2017

BELAJAR GRAPHOLOGY DI SMAMIO GKB GRESIK



Pernahkah kita memperhatikan tulisan tangan kita?

Ah, sekedar tulisan tangan apa hebatnya sih? Eh, jangan salah guys, ketika kita menggoreskan pena di atas selembar kertas sepertinya itu hanyalah sebuah aktifitas yang dikendalikan oleh pikiran sadar kita. Tapi sebenarnya ketika kita menulis ternyata hal tersebut sangat dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar kita. Itulah sebabnya tulisan setiap orang tidaklah sama baik bentuknya, gaya tulisannya, dan begitu juga karakter-karakter dalam diri seseorang.


Ketika kita sedang menulis, tidak hanya dilakukan oleh organ-organ tangan, lengan dan jari jemari kita yang lincah menggoreskan huruf demi huruf, tapi lebih dari itu sistem syaraf pusat juga turut bekerja. Tulisan tangan kita sepenuhnya dikontrol oleh otak kita.

17 April 2017

JANGAN ANGGAP REMEH SAKIT MAAG



Belum lama ini, aku dikejutkan oleh berita meninggalnya seorang kawan dari adik iparku. Aku mengenalnya sebagai teman adik iparku semasa SMP dan SMA. Kala itu dia sering main ke rumah (Adik ipar ikut tinggal bersama kami semasa SMP dan SMA) karena sekolahnya tidak jauh dari rumah. Mereka sering berkumpul di rumah, entah mengerjakan tugas sekolah ataupun hanya sekedar main. 

Belum lama dia menikah dan dikaruniai seorang putri kecil berusia 3 bulan. Namun anak tersebut harus menjadi piatu karena sang ibu telah berpulang ke Rahmatullah. Dari cerita sang ibu, almarhumah meninggal karena sakit maag kronis. Padahal sehari sebelumnya almarhumah masih sempat telepon ibunya dan menyampaikan bahwa dia baru periksa dari dokter dan hasilnya mengatakan bahwa almarhumah menderita maag yang sudah kronis. 


Tanpa firasat apapun sang ibu juga biasa-biasa aja menanggapinya karena anaknya juga masih bisa beraktifitas seperti biasanya tanpa mengeluh rasa sakit yang berat. Bahkan masih sempat makan malam bersama suaminya dan tiba-tiba ulu hatinya terasa sakit. Suaminya pun segera melarikannya ke rumah sakit dan hanya sehari di UGD lalu merasa enakan. Akhirnya mereka pun pulang ke rumah. Beberapa saat setelah sampai rumah, beberapa saat kemudian dia terjatuh dan tak sadarkan diri. Dan ternyata Allah SWT pun memanggilnya. Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun.


Menurut cerita adik iparku, pada masa sekolah dulu almarhumah hobi banget makan makanan pedas, sementara makannya kurang teratur. Dalam semangkok baksonya bisa dimasuki 3 – 5 sendok sambal. Wiiihh...bayangin pedesnya...


Dalam pemahamanku sebagai orang awam, maag adalah penyakit ringan yang disebabkan telat makan, makan tidak teratur atau karena stress. Dari peristiwa di atas tentunya aku penasaran dong tentang penyakit maag ini, karena beberapa kali aku pun terkena maag akibat terlambat makan, bahkan disertai dengan masuk angin.


Kecenderunganku kalau kerjaan lagi numpuk, karena keasyikan kerja, dikejar deadline, ataupun lagi ngerjakan pekerjaan rumah yang tiada kunjung usai itu seringnya lupa makan. Sekali dua kali mungkin nggak terlalu terasa. Dan biasanya kalau sekali telat makan, maka jadwal makan berikutnya jadi terganggu alias tidak teratur. Akhirnya, tahu-tahu mual, pusing bahkan kadang disertai panas dingin.


Nah, kalau sudah kayak gini, badan jadi lemas, nge-drop dan kurang bersemangat... nggak nyaman bangetlah pokoknya. Efek berantainya pun masih berlanjut. Apa itu? Yaa karena kondisi tubuh terganggu (tidak sehat) maka pekerjaan pun jadi terbengkalai. Nah kalau sudah gini siapa juga yang rugi? Selain diri sendiri, keluarga juga orang-orang yang berhubungan dengan kita pasti akan merasakan dampaknya.


Tentulah aku nggak mau berada dalam kondisi “runyam” ini. Pertolongan medis pun harus segera aku jalani. Karena kalau nggak segera diobati, takutnya makin parah. Nggak mau kan? Ingat anak-anak yang masih kecil yang masih membutuhkan kita. Iyaa kaann...

Nah, kini tak perlu khawatir lagi bila maag datang menyerang. Mengapa? Karena ada Maggo


APA ITU MAGGO?



Maggo merupakan jamu atau obat sakit maag tradisional yang diracik dari bahan-bahan herbal dengan kualitas tinggi untuk menyembuhkan sakit maag akut maupun kronis. Karena terbuat dari bahan-bahan herbal tentu tidak ada efek sampingnya. Beda dengan obat sakit maag yang biasa dijual di pasaran yang biasanya mengandung  senyawa basa aluminium dan magnesium yang menyebabkan lambung terasa panas dan berefek samping terjadinya radang lambung.


Bahan-bahan herbal alami diracik dengan komposisi yang tepat sesuai dengan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yang ditetapkan oleh BPOM.

Maggo aman meski dikonsumsi setiap hari karena tidak ada kandungan bahan kimia dan antasida sehingga tidak ada efek samping merusak ginjal.


ATURAN PAKAI

Dalam satu dus kemasan Maggo berisi 6 vial yang masing-masing berisi 5 gram jamu serbuk.

  1. Minum 1 kali sehari satu vial Maggo yang diseduh dengan air mendidih 150 cc.
  2. Tunggu hingga hangat-hangat kuku, aduklah dan siap diminum.
  3. Bisa ditambah dengan madu.
  4. Setelah minum Maggo, disarankan tidak makan/minum yang lain selama 30 menit dengan tujuan agar penyerapannya lebih sempurna.
  5. Dianjurkan minum Maggo pada saat perut kosong setiap pagi sebelumsarapan atau malam hari sebelum tidur selama 6 hari berturut-turut.

Yang namanya sakit apapun jenis penyakitnya akan membuat kita tidak nyaman. So agar terhindar dari sakit maag harus kita sendiri yang mengupayakan. Dengan pola makan yang sehat dan teratur , menjaga pola hidup serta menghindari stress kita akan terbebas dari sakit maag.


Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati...?

11 April 2017

AYO... BERSAMA KITA LAWAN HOAX



Acara BINCANG TOKOH NASIONAL  dalam rangka Peringatan hari Pers Nasional 2017 yang dikemas dalam bentuk talkshow ini menghadirkan para narasumber yang pakar di bidangnya. Ada 4 narasumber yang dihadirkan dalam acara kali ini seperti yang telah saya sebutkan pada tulisan saya sebelumnya di  DEKLARASI GRESIK MELAWAN HOAX


07 April 2017

DEKLARASI GRESIK MELAWAN HOAX



Kita sekarang hidup bukan hanya di abad teknologi lagi, tapi sekarang adalah abad informasi. Seperti dikatakan oleh Alvin Todler, Kenachi Omae, “Siapa yang menguasai informasi dia yang menguasai dunia. Siapa yang menguasai opini akan menguasai negara.” 

Konglomerat dunia saat ini adalah para penguasa media massa. Sebut saja Google : Sergey Brin & Larry page, Microsoft : Bill Gates, Facebook : Mark Zuckerberg, CNN : Robert Edward “Ted” Turner, Bloomberg : Michael Bloomberg, dan Apple : Steve Job.

04 April 2017

PENTINGNYA DUKUNGAN AYAH BUNDA DAN DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ UNTUK EKSPLORASI SI KECIL



Menurut Elizabeth B. Hurlock, seorang psikolog perkembangan mengatakan bahwa anak usia 1-5 tahun mengalami pertumbuhan tubuh dan otak yang sangat pesat. Mereka mulai bisa berjalan dan melakukan aktivitas sendiri. Usia tersebut juga merupakan usia bermain, bereksplorasi dan bertanya.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas eksplorasi si kecil, antara lain membantu anak mengenal hal-hal baru, berinteraksi dengan hal-hal baru, mendukung ketrampilan sensorik motoriknya, mendukung ketrampilan berkomunikasi, dapat mengetahui perkembangan sosial-emosionalnya, kemandirian, kemampuan kognitif anak dan juga melatih kreatifitasnya.

03 April 2017

MINUM STIMUNO SETIAP HARI, UNTUK SISTEM IMUN YANG LEBIH BAIK




Dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini, tubuh akan sangat rentan terpapar oleh virus maupun bakteri penyebab penyakit. Tak peduli orang dewasa maupun anak-anak. Pasti kebayang deh bagaimana sedih dan rempongnya kalau anak lagi sakit, apalagi bagi kami orangtua yang dua-duanya bekerja, nggak ada ART... Tuh kan...? Kebayang pula bagaimana rewel dan nggak nyamannya si kecil ketika sakit. Jadi tidak hanya orang dewasa saja yang gak boleh sakit, anak-anak pun gak boleh sakit. 

15 Maret 2017

FAMILY GATHERING DAN OUTBOND TAHUN 2017 SEKOLAH AL UMMAH GRESIK



Salah satu program Sekolah Al Ummah “Sweet School” Gresik adalah berupaya untuk membangun keakraban dan kebersamaan antar  walimurid. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak sekolah mengadakan acara family gathering. Dengan family gathering para wali murid bisa berkumpul bersama-sama dalam kemasan acara yang menyenangkan.


Acara family gathering ini dikemas bersama dengan Outbond Kids bagi para siswa. Kali ini pesertanya meliputi siswa Batita, KBIT dan TK-A.Total rombongan ada 6 bus besar Tiga Putra. Rata-rata para orangtua yang ikut adalah para ibu. Hanya sebagian kecil siswa yang didampingi oleh ayahnya.


Sekitar jam 06.15 para peserta mulai berdatangan di halaman Sekolah Al Ummah. Kali ini Athiyah dibangunkan lebih pagi karena menurut jadwal dari sekolah rombongan dijadwalkan berangkat pukul 07.30 menuju tempat outbond di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto.