04 April 2017

PENTINGNYA DUKUNGAN AYAH BUNDA DAN DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ UNTUK EKSPLORASI SI KECIL



Menurut Elizabeth B. Hurlock, seorang psikolog perkembangan mengatakan bahwa anak usia 1-5 tahun mengalami pertumbuhan tubuh dan otak yang sangat pesat. Mereka mulai bisa berjalan dan melakukan aktivitas sendiri. Usia tersebut juga merupakan usia bermain, bereksplorasi dan bertanya.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas eksplorasi si kecil, antara lain membantu anak mengenal hal-hal baru, berinteraksi dengan hal-hal baru, mendukung ketrampilan sensorik motoriknya, mendukung ketrampilan berkomunikasi, dapat mengetahui perkembangan sosial-emosionalnya, kemandirian, kemampuan kognitif anak dan juga melatih kreatifitasnya.



Mengingat pentingnya kemampuan eksplorasi ini bagi si Kecil, sebagai orangtua alangkah baiknya bila kita turut mendukung kegiatan eksplorasi si Kecil dengan memberikan stimulasi yang tepat dan  nutrisi  yang tepat pula.


Athiyah, 3 tahun 9 bulan kini sedang aktif-aktifnya baik di sekolah maupun di rumah. Segala macam permainan baik indoor maupun outdoor selalu dicobanya. Ketika aku bisa menjemputnya pulang sekolah, pasti dia minta main dulu di halaman sekolahnya. Semua permainan dicobanya. Dia menunjukkan ke”bisa”annya menjajal berbagai permainan yang ada di halaman itu. Tak lupa dia akan bilang:

             “Ibu...lihat aku bisa!!!”

Atau:     “Ibu...lihat aku nggak takut!!!”

Atau:     “Ibu...aku berani!!!”

Rupanya dia ingin ibunya tahu bahwa dia bisa.

Athiyah suka mencoba hal baru dan tantangan baru

Athiyah semakin semangat ketika aku memfoto atau merekam di video semua aktifitasnya. Dia nampak semangat dan seolah tak kenal capek, bahkan tidak mau pulang sehingga aku harus membujuknya.

Ketika melakukan semua permainan itu dia kelihatan enjoy saja tapi justru aku yang merasa was-was alias khawatir kalau dia jatuh, kepleset atau kecapekan. 

Masih aku ingat bahwa sebisa mungkin menghindari kata “JANGAN” ketika anak sedang bereksplorasi. Karena dengan kata itu bisa berakibat fatal bagi kemampuan eksplorasinya, membunuh rasa ingin tahunya, daya kreatifitasnya, kemampuan psikomotoriknya dan si Kecil tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri.


Alih-alih dari kata “JANGAN” (ngempet banget agar tidak keluar kata itu) aku pun hanya bilang, “Hati-hati yaa...” dengan senyum dong tentunya agar anak merasa bahwa kita percaya padanya meski hati ini deg-deg plas melihat aksinya.


Keberanian dan rasa percaya diri Athiyah juga terlihat ketika mencoba 4 wahana yang ada di amazing event yang digelar  oleh Nestle DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ di Royal Plaza Surabaya pada tanggal 1-2 April 2017 kemarin. Alhamdulillah, aku bersama rekan-rekan blogger yang lain mendapatkan undangan untuk menghadiri acara Nestle DANCOW Explore Your World.

Event Nestle DANCOW Explore Your World

Pengunjung membludak disini

Wah, seneng banget tentunya, karena selain orangtuanya dapat ilmu, si Kecil juga dapat kesempatan bereksplorasi di acara ini. Saat itu aku datang bersama kedua anakku, Kayla dan Athiyah. Ilmunya aku dapat dari acara Talkshow yang menghadirkan para expert di bidangnya, dengan host artis cantik Shahnaz Haque.


Sebelum acara talkshow, diawali dengan drama musikal yang menggambarkan betapa  pentingnya dukungan dari orangtua untuk mengatakan IYA BOLEH ketika anak bereksplorasi.

Drama Musikal

BEKAL PERLINDUNGAN UNTUK TUMBUH KEMBANG SI KECIL

Itulah tema yang disampaikan oleh Psikolog dari Universitas Indonesia yang juga merupakan Direktur dan pendiri PT Personal Growth, serta Pendiri Joy Parenting RATIH IBRAHIM. Beliau juga pernah menjadi saksi ahli dalam kasus kopi sianida “Jessica” yang sempat saya ikuti tayangan sidangnya di salah satu televisi swasta di tanah air.

Psikolog Ratih Ibrahim

Psikolog Ratih Ibrahim memaparkan bahwa hadirnya si Kecil adalah berkah dan sekaligus amanah yang diberikan kepada Ayah Bundanya. Ketika kita berperan sebagai orangtua tentu mempunyai konsekuensi/tanggung jawab seumur hidup, dan nggak ada cutinya. Hubungan anak dengan orangtua merupakan hubungan yang abadi. Tanggung jawab Ayah Bunda adalah mengantarkan si Kecil untuk bisa tumbuh menjadi pribadi yang keren dan oke.


Untuk itu ada 3 modal yang dibutuhkan untuk mendampingi si Kecil. Ketiganya merupakan satu paket yang secara bersama-sama wajib diberikan kepada si Kecil. Ketiga modal tersebut adalah cinta, stimulasi dan nutrisi. Si Kecil lahir sebagai buah cinta Ayah Bunda, sehingga Ayah Bunda pun memiliki cinta kasih yang sangat besar buat si kecil. Dengan demikian Ayah Bunda akan memberikan dan mengupayakan yang terbaik buat si Kecil, termasuk stimulasi dan nutrisi yang bagus.      


Beliau juga memaparkan bahwa eksplorasi merupakan bagian dari stimulasi karena dengan bereksplorasi si Kecil akan belajar. Yang terpenting saat kita memberikan stimulasi dan memberi ruang bereksplorasi kepada si Kecil kita harus yakin bahwa lingkungannya aman dan lindungi si Petualang Kecil.


Ketika si Kecil bereksplorasi berarti dia sedang belajar. Dengan belajar seiring dengan perkembangan usianya dia akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat, sehat baik secara fisik maupun psikis, dan mandiri. Tentu dalam bereksplorasi terkadang si Kecil terjatuh, terluka dan menangis. Namun, biasanya kendala justru datang dari orangtuanya dengan mengatakan: “Jangan, nanti jatuh... nanti sakit...nanti berantakan...nanti kotor semua...bla...bla..”.  Tanpa sadar Ayah Bunda justru membatasi ruang anak untuk belajar/bereksplorasi. (Nah, kaann... hayooo siapa yang masih begitu?... Sambil ngacung di pojokan :p)


Pada masa eksplorasi si Kecil harus mendapat dukungan penuh cinta dari Ayah Bundanya. Cinta Ayah Bunda ini bisa diwujudkan dengan memperbolehkan si Kecil untuk bereksplorasi. Ayah Bunda bisa memberikan kepercayaan kepada si Kecil untuk bebas bereksplorasi, mencoba hal-hal baru, melakukan sesuatu dengan berani dan mandiri serta berkata “IYA BOLEH” kepada si Kecil untuk bereksplorasi.


Eksplorasi bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah, di ruang terbuka dengan berbagai kegiatan sederhana dan murah. Dengan berkata “IYA BOLEH” kita harus yakin bahwa aktifitasnya pas untuk usianya, aman dan tentu si Kecil harus terlindungi. Terlindungi disini maksudnya si Kecil dalam keadaan sehat karena dengan kondisi tubuh yang sehat saat bereksplorasi dia akan merasa gembira. Dan sebaliknya, anak yang tidak sehat akan membuat mood-nya kurang baik, rewel sehingga tidak asyik saat bereksplorasi.


PENTINGNYA NUTRISI, CINTA BUNDA DAN STIMULASI

Di sesi selanjutnya DR. dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) seorang Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak dari Fakultas Kedokteran UNAIR dan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya menyampaikan tema tentang Pentingnya Nutrisi, Cinta Bunda dan Stimulasi.

DR. dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) - berdiri baju batik

Senada dengan apa yang disampaikan Psikolog Ratih Ibrahim, DR. dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K) menyatakan bahwa nutrisi yang lengkap dan seimbang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain itu, nutrisi yang lengkap dan seimbang juga memiliki fungsi perlindungan bagi si Kecil.

Sementara itu cinta dari Ayah Bunda dapat berperan dalam membentuk kepribadian anak yang baik. Terima anak apa adanya, perhatikan kebutuhannya dan beri contoh yang baik. Si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang ceria, percaya diri, berani bereksplorasi, ulet, tangguh, sabar, santun,pemaaf, tenggang rasa, penolong, dan lain-lain.


Sedangkan stimulasi sangat penting untuk mengembangkan semua potensi si Kecil yang meliputi minat bakatnya, fisik yang sehat dan kuat, kecerdasan dan kreatifitasnya. Stimulasi bisa dilakukan setiap hari setiap anak mau bermain. Tentunya harus tetap disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anak

Eksplorasi bisa berupa kegiatan: lihat, dengar, tiru, coba, ulang, jalan, pegang, susun, rangkai, coret, gambar, lompat, panjat, lempar, dll. Dan yang tak kalah pentingnya adalah memberikan pujian, ciuman dan pelukan kada si Kecil. Hindari memaksa, mengancam, apalagi menghina yang bisa menjatuhkan harga dirinya. 


Ayah Bunda, mari dukung eksplorasinya sehingga si Kecil menjadi pribadi yang utuh.


PENTINGNYA NUTRISI PERLINDUNGAN BAGI SI KECIL

Nutrisi meliputi makronutrien dan mikronutrien. Untuk membentuk anak yang sehat, kuat dan cerdas, diperlukan daya tahan tubuh sehingga imune respon system harus bagus. Caranya dengan memenuhi makronutrien yang berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.


Penting pula bagi si Kecil adalah daya tahan tubuh yang terdapat dalam saluran pencernaan karena semua makanan dari luar diproses di dalam pencernaan. Jadi yang harus diperkuat adalah bagian usus terlebih dahulu, yaitu dengan memberikan asupan vitamin dan mineral yang berperan dalam fungsi normal daya tahan tubuh meliputi vitamin A, C, E, D, selenium, zat besi dan zink.


Dokter Roedi juga menjelaskan bahwa dalam usus kita terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Kita perlu memperbanyak bakteri baik supaya tidak mudah sakit.Bakteri baiknya adalah Lactobacillus rhamnosus yang terbukti secara klinis membantu menurunkan infeksi saluran pencernaan dan pernafasan. Jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi cukup serat pangan karena serat itu bisa melindungi usus juga. Bahan serat pangan tersebut berupa Inulin sebagai “makanan” dari bakteri baik.


INOVASI BARU DARI NESTLE DANCOW ADVANCED EXCELNUTRY+

Dalam kesempatan ini Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia RIZA NOPALAS menyampaikan bahwa Nestle DANCOW sangat peduli terhadap tumbuh kembang optimal anak sehingga menghadirkan inovasi terbarunya yaitu DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki 3 kelebihan yaitu:

  1. Kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Secara klinis telah terbukti membantu untuk melindungi saluran cerna dan aluran pernafasan. 
  2. Immunonutriens (vitamin A, C, D, zat besi, zink, dan selenium untuk mendukung daya tahan tubuh).
  3. Mengandung Minyak Ikan (sumber DHA), Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) untuk mendukung proses belajar.

Inovasi bari dari DANCOW Advanced Excelnutry+

Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+. 3+, 5+ merupakan susu pertumbuhan berkualitas dan bergizi yang sudah turun temurun dan tentunya disukai oleh keluarga Indonesia. Semua keluarga sudah sangat familier dengan DANCOW. Nestle DANCOW selalu berkomitmen untuk mempersembahkan rangkaian produk untuk setiap milestone  tumbuh kembang si Kecil.

Selain itu Nestle DANCOW juga menyediakan program parenting untuk membantu tumbuh kembang optimal si Kecil melalui DANCOW Parenting Center yang dapat diakses melalui:

  1. www.dancow.co.id/dpc
  2. Facebook : DANCOW Parenting Center
  3. Twitter     : @DancowCenter
  4. Rewards.sahabatnestle.co.id

Acara berlangsung dengan santai, akrab dan menyenangkan. Bahkan anak-anak pun bebas berada di atas panggung bersama dengan para narasumber.

Para pemateri talkshow duduk santai sambil tanya jawab dengan audiens

Anak-anak ikutan main di atas stage

IT’S TIME FOR KIDS NOW...!!!

Setelah acara Talkshow dan Peluncuran produk susu pertumbuhan Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ kini tiba saatnya waktu sepenuhnya untuk Athiyah bereksplorasi....HOREEEE....

Athiyah sudah nggak sabar ingin mencoba semua wahana yang ada di area Nestle DANCOW Explore Your World.

Ada 4 wahana yang disediakan untuk mendukung kemampuan eksplorasi si Kecil.



SMART CITY

Di sini disediakan banyak banget lego dan anak-anak dibiarkan untuk membuat bangunan apa saja sesuai keinginan dan imajinasi mereka. Disini anak-anak dapat mengenal berbagai warna dan bentuk dari berbagai macam lego yang ada. Mereka bersama-sama akan membangun miniatur kota.


Kemampuan kognitif yang bisa didapat yaitu: melatih kemampuan memori dan perhatian si Kecil, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan melatih motorik halusnya.


Selain itu, disini juga si Kecil juga latihan bersabar karena anak-anak banyak banget sampai berjubel. Juga berlatih menghargai orang lain, tidak egois dan berbagi (agar tidak rebutan kepingan lego-nya). Athiyah sempat lapor, “Bu, tempatku dipake mas mas...”.

Smart City

Athiyah asyik main disini

Athiyah betah banget main disini. Mulai dari awal datang sampai acara talkshow berlangsung ia main disini, tentunya dengan beberapa kali aku tengok untuk memastikan dia masih di tempatnya.


CENTRAL PARK

Wow...begitu kami melihat miniatur taman yang ada di Royal Plaza ini. Meski harus antri panjang, tapi beruntunglah saya karena Athiyah tidak merengek sedikitpun. Saking semangatnya ingin masuk ke wahana Central Park ini. Di wahana ini anak diajak bereksplorasi di taman yang penuh fantasi dan imajinasi.

Si Kecil juga mengenal dan merasakan perubahan cuaca, serta belajar tentang metamorfosis hewan dengan menggunakan teknologi  Augmented Reality. Kemampuan kognitif yang didapatkan si Kecil di area ini adalah: a. Kemampuan Bahasa (dengan stimulasi yang ada di taman mendorong anak untuk ingin tahu sehingga bertanya ini dan itu. b. Penyelesaian masalah, disini si Kecil diajak menemukan perisai DANCOW Advanced Excelnutri+.  Si Kecil akan semakin percaya diri bila dapat memecahkan masalahnya sendiri. c. Memori, dengan melihat dan merasakan si Kecil akan lebih mudah untuk mengingat. d. Perhatian, perubahan cuaca dan metamorfosis hewan mengajarkan si Kecil untuk fokus dan memperhatikan kejadian di sekitarnya. e. Motorik, berjalan menyusuri Central Park akan melatih motorik kasar si Kecil.

  
PLAY PARK

Di Play Park si Kecil bisa beraktifitas fisik yang akan melatih ketangkasa, kecepatan, dan keberaniannya dalam bereksplorasi. Kemampuan kognitif yang akan didapat si Kecil meliputi: a. Perhatian, bentuk dan permainan yang dihadapi akan membuat si Kecil lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya ketika bereksplorasi. b. Motorik, berjalan, melompat, memanjat, bergelantungan akan menstimulasi motorik kasarnya.



Athiyah mencoba semua wahana disini. Ada monke bar, perosotan, mandi bola, memerah susu “sapi Dancow”, merangkak, jembatan gantung, dan trampolin.



 
Memerah susu "sapi Dancow"
ART & EDUCATION CENTER 


Di ART CENTER si Kecil mendengarkan dan beraktifitas sesuai dengan jalan cerita yang dibawakan Story Teller. Namun sayang, saat Athiyah kesana sedang tidak ada jadwal Story Telling (11.00, 13.00, 15.00, 17.00, 19.00). Selain itu si Kecil bisa hand painting.



Kemampuan kognitif yang akan didapatkan si Kecil antara lain: a. Bahasa, perbendaharaan kata dan kemampuan berbahasa si Kecil akan bertambah dengan kata-kata baru yang didengarnya. Berkomunikasi dengan teman dan Story Teller akan menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. b. Memori, sambil mendengarkan cerita, si Kecil diajak untuk mengingat bentuk, gerakan dan suara yang ada dalam cerita. c. Perhatian, mendengarkan cerita interaktif serta menggambar dan hand painting membuat si Kecil lebih perhatian pada aktifitas yang dilakukannya d. Motorik, menggambar, hand painting akan menstimulasi motorik halusnya.



Di EDUCATION CENTER tersedia BOOTH KONSULTASI. Disini Ayah dan Bunda bisa mendapatkan informasi seputar nutrisi, tumbuh kembang dan pola asuh yang tepat untuk si Kecil dari DANCOW Parenting Center.



Dan satu lagi yang nggak boleh ketinggalan adalah..PHOTOBOOTH.

Seni foto dua dimensi dengan menggunakan ilusi virtual yang disebut 3D Art ini membawa kita seolah-olah berada di sebuah gedung yang tinggi di kota Dubai. Ahaaii...

Kayla dan Athiyah pun memilih sendiri properti yang disukainya.



Wow...bener-bener amazing experience deh ...

Bersama Nestle DANCOW Advanced Excelnutry+ mari dukung eksplorasi si Kecil...    

30 komentar:

  1. Mba Reniiii kenapa kah kita tidak bersuaaaa? hiks hiks hiks :(
    Anak gadis makin ayuuu binti unyuuu mbaaaa
    Sepertinya oke nih dijadiin mantu masa depan #eaaaaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak Nurul...padahal sudah lamaaaaaa banget nggak bersua...
      Mantunya siapa nih... Mbak Nurul yaa... wah anakku dapat brondong dong... #Sidqi jangan sampai tahu obrolan kita xixixix....enak-emak geje iki...

      Hapus
  2. wah athiyah kereen, berani panjat tebing... btw area permainan di skulnya asyik ya mbk. dimana ni mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...kalo lagi main di area sekolahnya demen banget kadang bikin deg deg an karena ada aja aksinya...
      sekolah di KBIT Al Ummah Gresik Mbak Tata...

      Hapus
  3. mbaaak, kok kmrn kita gak ketemu yaaa.. duduk dimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal mbak Wiwid tak panggil -panggil lho...tapi emang nggak sempat nyolek2...
      Aku lho duduk sederet denganmu Mbak...tapi aku paling kiri belakangnya Bapak-Bapak dari Dancow... :)

      Hapus
  4. Lengkap dan kumplit liputannya, top markotop..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Novri... :)

      Hapus
    2. sama-sama, senang kenal mb reni ^^

      Hapus
  5. wes jian tenan, anak2 kelihatan seneng banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas... anakku nggak mau pulang padahal emaknya sudah gempor...hehehe

      Hapus
  6. Anaknya Mbak udah dikit besar dari Salfa jadi bisa diatur
    Salfa masih polahe nggak ketulungan, haha

    Semoga bisa ada lagi event serupa

    BalasHapus
  7. Tempatnya asyik banget, Si Kecil jadi betah berlama-lama. Semoga kita bisa bersua lagi ya mbak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak... amiin semoga bisa bertemu lagi dan bisa saling kenal hehehe... kemarin belum kenalan

      Hapus
  8. Ayah Bunda menjadi tameng sekaligus bodyguard untuk si kecil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Silvi... salam kenal yaa...

      Hapus
  9. Athiyah kereeeennn.. suka manjat-manjat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... kalo sudah main wis nggak ada capeknya

      Hapus
  10. Athiyah keliatan seneng & betah banget, pasti ga Mau diajakin pulang ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...nggak mau pulang. Malah nyari main masak-masakannya dimana? Hahaha... padahal aku nggak pernah bilang kalo ada main masak-masakan

      Hapus
  11. Serius si Kecil berlama-lama di area lego selama talkshow? Padahal rasa-rasanya tiap anak kan dijatah waktunya oleh panitianya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Vick...aku malah nggak tahu kalo dijatah waktunya. Soalnya selama aku duduk di acara talkshow Athiyah keluar masuk di area lego itu...dan pas aku tengok anaknya juga main lego di area itu. Malah hasil rakitannya dibawa dan ditunjukkan ke aku...tapi tak suruh ngembalikan lagi sih..
      Hehehe...

      Hapus
  12. Dancow termausk yang konsisten nih mensosialisasikan pentingnya ekspolari bagi si kecil. Acaranya pun selalu bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Chi...acara-acara Dancow selalu sayang untuk dilewatkan

      Hapus
  13. Acaranya seru ya..bagus buat ortu juga anak-anak �� saking ramenya sampe gak bisa nyalamin blogger satu satu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul mbaa...samaa...masing-masing sibuk sendiri dan sibuk dengan anak-anaknya. smoga di lain waktu bisa ketemu lagi

      Hapus
  14. Wiiih...tulisannya komplet mbak. Acaranya keren ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul keren Bun...alhamdulillah kemarin sempat ketemuan meski dalam rangka ngantri maksi hehehe

      Hapus
  15. Acara yg bikin anak senang ya mba... anak yg selalu aktif adalah salah satu ciri anak yg sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, anak-anak senang dan ogah pulang hihihi

      Hapus