21 Juli 2017

PETRO AGRIFOOD EXPO 2017

Ini merupakan agenda tahunan PT Petrokimia Gresik yang bertujuan untuk mengekspos hasil riset PT Petrokimia Gresik supaya bisa lebih dikenal oleh masyarakat dan bermanfaat bagi penggiat usaha di bidang pertanian. Di expo ini juga ditampilkan keberhasilan usaha tani binaan PT Petrokimia Gresik dengan produk-produk unggulan pertanian. Dan tentunya masyarakat umum pun bisa menikmati expo ini sebagai wahana wisata agro dan belanja produk-produk hasil pertanian.

Dengan bertemakan “Riset Sebagai Motor Penggerak Tumbuh Kembang Perusahaan” Petro Agrifood Expo 2017 ini diselenggarakan pada hari Jumat-Minggu tanggal 21-23 Juli 2017, mulai pukul 07.00-16.00 wib. Lokasinya berada di Kebun Percobaan Kompartemen Riset PT Petrokimia Gresik Jalan Notoprayitno No. 19 Kabupaten Gresik.

Alhamdulillah, saya berkesempatan mengikuti acara Pembukaan Petro Agrifood 2017 ini pada Hari Jumat, 21 Juli 2017. Acara yang didahului oleh penampilan Tari Damar Kurung ini dihadiri oleh Bupati Gresik yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sekda Gresik, Forpimda Gresik, Komisaris Utama Pupuk Indonesia Bapak Bungaran Saragih, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Bapak Nugroho Christijanto, perwakilan karyawan PT Petrokimia Gresik, Dinas Pendidikan, dan beberapa perwakilan sekolah.
Tari Damar Kurung
Acara dilanjutkan dengan Safety Briefing yang intinya bahwa selama berada di area ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu area ini sudah dilakukan pemeriksaan sehingga aman untuk dipergunakan. Area ini dilengkapi dengan sarana penanggulangan keadaan darurat berupa fire hydrant. Apabila terjadi keadaan darurat para undangan diharap tetap tenang dan tidak panik. Kemudian akan dipandu oleh petugas untuk berkumpul di tempat sementara/assembly point di halaman depan Kantor Kompartemen Riset. Area ini merupakan daerah dilarang merokok.
Setelah Safety Briefing dilanjutkan dengan doa serta laporan Ketua Petro Agrifood Expo 2017. Adapun sambutan-sambutan disampaikan oleh Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Bupati Gresik serta Direksi PT Pupuk Indonesia. Dalam sambutannya Direksi Pupuk Indonesia menyampaikan bahwa PT Petrokimia Gresik memiliki semangat berkarya dan bekerja yang sangat baik. Harus semakin ditingkatkan riset-riset untuk menghasilkan temuan-temuan dan teknologi baru di bidang pertanian. Riset yang dilakukan haruslah riset yang sebenar-benarnya yang tidak hanya sekedar riset etalase.
Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerjasama penelitian antara PT Petrokimia Gresik dengan BPPT Serpong dalam pengembangan zat pemacu klorofil (5-Asam Aminolevulinat) untuk pertanian yang akan dikembangkan menjadi salah satu produk PT Petrokimia Gresik.
Acara berikutnya semua undangan diajak menuju lokasi petik sayur dan buah. Pengguntingan pita dan pembukaan simbolis petik sayur dan buah.
Petik sayur secara simbolis
Para undangan pun dipersilahkan memetik sayur dan buah untuk dibawa pulang secara gratis. Aku pun memetik buah melon, bayam merah, sawi, sawi daging, kabocha, terong dan bunga kol. Maunya sih memetik buah dan sayur yang banyak, tapiii...nggak bisa bawanya...
Petik Melon
Petik Bayam Merah

Petik bunga kol
Siapa nih yang mau kabocha?
Nah, ini dia hasil petik buah dan sayur saya... eh sayur kol nya mana yaa kok nggak ikutan foto...
Hasil memanen saya nih
Setelah memetik aneka buah dan sayur kita diberi serbet handuk basah yang sudah disterilkan.
Seneeeennng banget berada di lokasi ini. Bagaimana enggak coba, kita bisa melihat berbagai macam tanaman yang hijau-hijau, segar dan sehat.
berbagai macam sayuran
tanaman melon
kabocha
sawinya masih seger-seger
Setelah memetik buah dan sayur para undangan diajak menuju lokasi stan bazar yang menampilkan berbagai produk pertanian unggul, hasil olahan pertanian dari petani binaan, mitra, rekanan, dan distributor PT Petrokimia Gresik. Masyarakat bisa membeli semua produk yang ada disini.
Oh ya Petro Agrifood Expo 2017 ini diadakan dalam rangka turut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke – 45 PT Petrokimia Gresik lhoo... Di dalam expo ini juga dipamerkan produk-produk yang dihasilkan PT Petrokima Gresik dan Anak Perusahaan, teknologi pertanian terbaru, serta kegiatan-kegiatan penelitian dan uji aplikasi produk.
banyak stand expo-nya
Pengunjung dari karyawan Petro
Di dalam expo dan bazar masyarakat bisa membeli aneka hasil pertanian baik buah (melon, belimbing madu, nanas madu, jeruk, mangga, jambu merah, dll), sayur, daging sapi dan ikan segar (gurami dan patin). Selain itu juga akan kita dapati berbagai macam olahan ikan, olahan susu, olahan buah, aneka keripik, nugget, bakpao telo, bakpia, yoghurt, dll. Eh ada juga tepung mocaf, tepung serba guna, teh, madu, dll. Bagi yang suka nanam-nanam silahkan beli bibit tanaman disini, pupuk, pestisida, alat pertanian, kompos dan juga buku-buku pertanian ada disini.
aneka bibit tanaman
Seruu deh pokoknya, yang penting bawa uang yang banyak, jangan bawa ATM, nggak guna disana... semuanya cash yaaa... :D :D
Dan kalo kesana pas siang terik jangan lupa bawa topi atau payung yaa biar nggak kepanasan... sunblock-nya juga jangan lupa olesin dulu... apaan sih ini...
Kegiatan lain di Petro Agrifood 2017 ini selain Bazar dan Expo adalah OBYEK WISATA AGRO. Disini pengunjung bisa melihat lebih dekat Kebun Percobaan PT Petrokimia Gresik dengan segala sarana dan prasarananya. Bagi para pengunjung yang berminat untuk memanen/memetik sayuran dan buah kayak saya tadi bisa dilayani pada hari Minggu, 23 Juli 2017 pukul 07.00-08.00. 
Selain itu kita bisa melihat koleksi tanaman hias, penggemukan sapi potong, kolam pemijahan ikan dan lain-lain.
Pengunjung juga bisa mengikuti Pelatihan Pertanian gratis dalam hal budidaya tanaman secara hidroponik dan teknik komposting.
Eits, hampir ada yang kelupaan...
Ternyata panitianya kece banget lho... soalnya disini juga disediakan photobooth untuk orang-prang yang suka poto-poto macam saya nih...hehehe...

Lengkap banget kaannn...
Makanya buruan datang ke Petro Agrifood 2017. Kalau nggak kesana segera bisa-bisa kehabisan lhoo karena peminatnya banyak banget.
Okey...selamat berkunjung... boleh juga mampir ke rumah saya karena nggak jauh kok dari lokasi, paling Cuma 5 menit sepeda motoran hehehe...
Nampang dulu aahh...
Wajah kumus-kumus kepanasan

7 komentar:

  1. wow asyik bisa ke sana, dunia pertanian itu hrs spt itu ya, maju dan modern shg bisa memberi penghasilan yg layak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba,,,selalu harus berinovasi dengan riset

      Hapus
  2. Senangnya bisa petik-petik lamgsung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak...seneenng apalagi kalo dapet gratis hehehe

      Hapus
  3. seruuuu bangettt mbaaa, moga2 bakal ada lagi event kayak gini
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  4. Wah enaknya ta Mbak Reni.. dapet buah sayur gratis gak usah ke pasar hihi. Kebun Petro ini deket rumah ibuku lho, sayang aku gak bisa ikut acaranya.

    BalasHapus
  5. seru banget semoga tahun depan ada lagi yaa...

    BalasHapus