03 Agustus 2017

DESA WISATA PUJON KIDUL, KEPINGAN SURGA DI BUMI AREMA

Setelah berjibaku dengan rutinitas harian, baik di tempat kerja maupun di rumah, tentulah tubuh ini menuntut haknya untuk beristirahat sejenak, lepas dari rutinitas, refreshing untuk menghilangkan rasa penat yang melanda.
Ke mall...? sudah biasa
Belanja...? ngabisin duit aja
Ke wahana air...waterpark...waterboom... ? sudah sering juga

Kalau seringkali kita jenuh dengan hiruk pikuk di kota, asap pabrik  dan kemacetan, udara panas, polusi yang turut menggerogoti kesehatan, maka pilihan tempat wisata yang menyajikan ketenangan, kesejukan, suasana alam yang sesungguhnya maka tempat ini bisa dijadikan salah satu pilihan destinasi wisata. Tempatnya ada di Desa Wisata Pujon Kidul Malang.

ADA APA DI DESA WISATA PUJON KIDUL?

1. VIEW SAWAH DAN PEDESAAN
Bener deh, mata ini dimanjakan dengan hamparan sawah dengan tanaman-tanaman yang ditata apik dan instagramable. Suasana pedesaan terasa banget disini. Udara sejuk dan segar  pun leluasa untuk dihirup memenuhi rongga paru-paru  menyegarkan otak. Ditambah dengan background alami pegunungan yang biru memukau menambah indahnya tempat wisata ini. Back to nature  deh pokoknya... Dijamin betah disini berlama-lama. Kami kesana pada tanggal 30 Juli 2014 sekitar jam setengah empat sore. Tepat banget deh menikmati suasana sore santai bersama keluarga dan teman-teman.


2. CAFE SAWAH
Jangan bayangin cafe-cafe seperti yang ada di kota-kota yaa... ini adalah Cafe Sawah, yang terdiri dari gazebo-gazebo, kanopi, tempat duduk di bawah tenda payung besar, serta meja kursi yang semuanya tersebar di area persawahan dengan luas 7600 meter persegi. Asyik banget untuk foto-foto lho, background-nya itu yang bikin para wisatawan tak akan melewatkan berselfie ria.
salah satu stand di cafe sawah
Dengan adanya Cafe Sawah ini juga mampu menyerap tenaga kerja dari pemuda desa setempat. Menunya pun bermacam-macam, makanan dan minuman dari yang panas, hangat hingga yang dingin. Bayangkan, menikmati kopi panas atau teh hangat ditemani dengan kudapan atau cemilan di tengah-tengah areal persawahan. Kita tinggal pesan di cafe-cafe yang ada dan kita pilih menu favorit kita lalu mas-mas dan mbak-mbak pramusaji akan mengantarkannya ke tempat kita.
 

Jumlah canopi dan gazebo di Cafe Sawah terus ditambah. Saat kami kesana masih dilakukan pula pembangunan fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Bisa dimaklumi sih, tempat wisata ini usianya belum genap setahun, jadi pembangunan akan terus dilakukan tentunya agar lebih ciamik dan makin menyedot wisatawan asing maupun domestik untuk berkunjung kesini.

 
3. SPOT FOTO YANG KEREN ABIS
Tentulah spot foto ini berada di alam terbuka dengan pemandangan panorama alam yang cantik nan alami. Ada spot foto yang berbentuk hati dengan hiasan tanaman-tanaman cantik di sekitarnya (foto di atas), jalan setapak dengan tanaman tumbuh subur di sepanjang sisinya
Asyik foto disini

Memasuki spot-spot foto yang instagramable
Ada spot yang harus ngantri terutama saat weekend adalah spot dengan tulisan Desa Wsata Pujon Kidul. Para wisatawan yang datang disini pasti deh pingin foto disini. Semua spot foto disana FREE lho alias gretong.

4. BERBAGAI AKTIVITAS MENARIK

Selain menikmati pesona alam pedesaan, kita juga bisa lho camping. Outbound, menembak (membayar Rp 10.000,- untuk lima butir peluru), memanah (Edukasi Panahan JONKID), rental ATV  keliling sawah dengan sewa Rp 35 ribu, petik sayur, beternak dan pembuatan biogas. Eh bisa juga lho naik kuda keliling area sawah.
Lokasi petik sayur segar
5. BELANJA SAYUR SEGAR DAN OLEH-OLEH
Desa Wisata Pujon Kidul ini juga turut membantu peningkatan pendapatan penduduk sekitar. Mereka bisa berjualan hasil pertaniannya di area wisata baik berupa sayur mayur, buah, jajanan maupun produk-produk lain. Mereka tak perlu repot memasarkan hasil pertaniannya. Keberadaan area wisata ini tentunya turut meningkatkan pendapatan asli desa Pujon kidul, bisa dari jasa parkir, retribusi warung dan juga homestay.
Lapak jualan sayur segar
berbagai macam buah dan jajanan
HOMESTAY

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota dan ingin berlama-lama menikmati panorama desa yang menyihir ini bisa menyewa homestay yang ada di sekitar tempat wisata. Ada sekitar 55 homestay di Pujon Kidul. Keberadaan homestay ini membuat Desa Wisata Pujon Kidul ini masuk dalam 5 besar desa wisata nasional kategori homestay tahun 2016, dan tentunya jumlah homestay itu pun akan semakin bertambah seiring berkembangnya tempat wisata ini.



LOKASI DESA WISATA PUJON KIDUL

Kami kesini atas rekomendasi teman. Kami kesini berbekal Google Map. Tidak terlalu sulit sih menemukan lokasi ini, asal ngikutin aja petunjuk dan arahan dari mbak-mbak bersuara merdu di Google Map. Kami berangkat dari Hotel Aria Gajayana (sebelahnya Mall Olympic Garden) menuju ke Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Kebetulan saat itu perjalanan lancar tanpa macet. Namun setelah belok kiri dari jalan besar yang bertuliskan arah ke Desa Wisata Pujon Kidul masih sedikit rambu-rambu untuk menuju kesana, sehingga kami pun sempat bertanya ke warga arah menuju kesana. Perlu ditambah penanda atau petunjuk jalan hingga sampai ke lokasi.



AREA PARKIR YANG LUAS

Tak perlu khawatir nggak dapat tempat parkir karena areal parkir cukup luas meski belum tertata dengan rapi.




BERAPA TIKET MASUKNYA

Murmer banget HTM-nya... per orang Cuma Rp 8.000,- doang, itu sudah include parkir. Dan lagi tiket itu bisa ditukar untuk membeli makanan dan minuman di Cafe Sawah per tiketnya senilai Rp 5.000,-. Nah itu artinya kita Cuma bayar Rp 3000,- aja.

Jam bukanya:   Senin-Jumat   : jam 8 pagi sampai jam 7 malam

                       Sabtu-Minggu : jam 8 pagi sampai jam 9 malam



Penasaraann???

Datang aja ke Desa Wisata Pujon Kidul ini. Jangan lupa siapkan kamera terbaikmu dengan baterai full tentunya biar puas berfoto-foto disana. Luangkan waktu yang cukup agar bisa berlama-lama disini. Oh ya, ada peringatan untuk tidak membawa makanan dan minuman dari luar, tapi tidak ada petugas yang memeriksa tas kita tuh...


Ah jadi penasaran yaa bagaimana suasana malam hari disana...

Selamaaat liburaaaannn...


ENJOY YOUR LIFE

6 komentar:

  1. murah nyak mba tapi bagus banget buat wisata keluarga :)sayangnya jauh dari Cimahi wkwkwk

    BalasHapus
  2. Wah, sekarang sudah ada yang jualan sayur dan buahnya ya. Seger-seger!
    Pas aku kesini belum sebanyak ini. Adanya jualan bawang merah,sampai digantung2.

    BalasHapus
  3. Hwaaa cakep banget buat foto foto. Udaranya segar tuh di daerah Pujon. Tiket masuknya berarti cuma 3000 yaa

    BalasHapus
  4. Mbaaak apik-apik tenan fotonya. Duh jadi pengen ke sana suatu saat nanti. Hawanya pasti suwegerr yaah

    BalasHapus
  5. Saya dulu pernah kesana, pemandangannya memang keren banget ....

    BalasHapus