13 November 2017

AGRO TAWON WISATA PETIK MADU LAWANG MALANG

Petik jeruk, petik mangga, petik apel, petik sayur... sudah biasa.
Petik madu? Ini yang nggak biasa...
Penasaran? Ah, aku juga penasaran, mana ada petik madu? Yang ada malah belum selesai memetik madu tawonnya sudah menyengat duluan. Lagian gimana caranya petik madu? Jadi teringat deh saat kecil dulu suka ngisepin cairan dari bunga kembang sepatu yang berasa manis seperti madu.
Kalau pingin jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, ayo capcuss aja ke Wisata Petik Madu di Lawang Malang tepatnya di Jalan Dr. Wahidin No. 8 Desa Bedali Lawang. Kalau dari arah Batu berada di sisi kiri jalan tidak jauh dari Pasar Lawang, kira-kira satu kilometer ke arah selatan.

WISATA EDUKASI
Wisata petik madu berawal dari sebuah toko yang menjual produk dari lebah dengan nama Toko Rimba Raya. Ternyata animo masyarakat semakin besar untuk mengetahui hal ihwal yang berkaitan dengan madu. Sang pemilikpun mengembangkan bisnisnya hingga terwujudlah agrotawon yang merupakan sebuah wisata edukasi dimana pengunjung bisa mengenal lebih jauh tentang lebah dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Saat kami tiba disana sekitar pukul satu siang. Kami pun langsung menuju tempat wudlu untuk melaksanakan sholat Dhuhur lebih dulu. Musholanya ada di lantai dua, di atas tempat wudhu dan toilet. Kemudian kami pun menuju auditorium untuk mendengarkan pemaparan tentang lebah mulai dari jenis-jenis lebah, manfaatnya bagi kita-kita, cara lebah bekerja, pembagian tugas kerja diantara lebah, keunikan lebah, bagaimana cara mengenali ratu lebah, produk-produk lebah, cara memanen madu dan masih banyak lagi.
Auditorium 
Pengunjung yang sedang memperhatikan presentasi tentang lebah

Petugas yang sabar meladeni pertanyaan pengunjung
Eh si Mas nya memberikan tips seandainya lebah menclok di kulit kita. Katanya, kita diharapkan tetap tenang, jangan langsung bereaksi dengan memukulnya, karena si tawon tidak suka dengan kekerasan (eh sama dong dengan manusia, nggak suka di KDRT-in J ). Terus dengan jari telunjuk kita usir pelan-pelan si tawon, itu lho kayak kita ngilangin benda atau apapun yang nempel di kulit dengan pelan aja.
ayooo siapa yang bisa mencari si Ratu Lebah?
Mas nya juga menjelaskan dalam satu rumah tawon hanya ada satu ratu lebah. Kalau ada dua pasti deh rusak rumah tangga si lebah karena pasti mereka akan saling bunuh, hiii..ngeri juga yaa.... Makanya dalam rumah tangga manusia pun sebaiknya hanya ada satu ratu rumah tangga, ceileee...  ini mah nggak nyambung sama tawon
Cara mengenali si ratu Tawon dengan melihat bentuknya yang lebih panjang dari tawon yang lain. Masnya pun menunjukkan sang ratu tersebut kepada kami.

Nah kalo yang ini namanya separator lebah, fungsinya untuk memisahkan madu dari sarang lebah tanpa merusak sarangnya. Dengan demikian sarang lebah masih utuh dan bisa dipakai berkali-kali sehingga produksi madu bisa ditingkatkan beberapa kali lipat. Selain itu, madu yang dihasilkan terhindar dari kontaminasi larva akibat pemerasan sarang lebah yang dilakukan secara manual/sederhana.


separator madu
Selain mendengarkan pemaparan tentang lebah, kami pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membeli madu di outletnya yang berada di sisi pinggir aula. Ada berbagai macam produk lebah seperti madu biasa untuk menambah kalori tubuh, madu anti alergi, madu untuk berbagai macam penyakit seperti kolesterol, asam urat, Bee Pollen (serbuk sari bunga jantan yang menempel di kaki lebah), Royal Jelly (air liur lebah yang menjadi makanan sang ratu lebah) dan Propolis (getah tanaman yang dihisap lebah). Harganya pun bervariasi, semakin banyak khasiatnya semakin mahal harganya. Harga berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu.
Pengunjung menyerbu outlet madu
Di sebelah kiri outlet madu ada semacam kios yang menyediakan oleh-oleh khas Malang, buah-buahan, souvenir dan alat untuk beternak lebah.
Add caption
Pengunjung juga bisa makan disini karena ada beberapa menu yang sudah disiapkan untuk disantap di kantin seperti bebek goreng, ayam goreng dan botok tawon. Pengunjung juga bisa menikmati segarnya es madu, jus jambu-madu, jus lolita cherry, jus acerola cherry plus madu. Selain itu ada juga persewaan ATV dengan harga Rp 15 ribu per 15 menit. 
Fasilitas lain yang ada disini adalah program outbound, wisata sehat, petik sayur, petik jamur, jogging track, tempat bermain, gazebo dan area parkir yang cukup luas.




Agro Tawon Wisata Petik Madu ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 wib. Tidak ada HTM disini alias gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar