29 Desember 2018

LIBURAN AKHIR TAHUN 2018 DI JAKARTA-BANDUNG

Liburan akhir tahun ini, sudah kami rencanakan beberapa bulan sebelumnya. Kebetulan adikku yang bekerja sebagai fligth attendant di SAA juga ada waktu libur. Waktu liburnya bulan ini bertepatan dengan liburan sekolah anak-anak Jadi kami pun merencanakannya bersama. Klop lah. Kami pun sepakat liburan di Jakarta-Bandung.

Mumpung bisa liburan, bapak dan Ibu dari Trenggalek pun liburan ke anak cucunya. Kami tiga bersaudara. Masku yang mbarep kerja di media massa yang berkantor di Palmerah tapi tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan. Fix deh, kita ngumpul-ngumpul liburan ini, karena saat lebaran pun jarang banget bisa ngumpul barengan. Libur kerja yang waktunya kadang tidak bisa kompromi atau adanya acara keluarga besar yang harus dihadiri menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Setelah tanggal dipastikan, pemesanan tiket pun dilakukan melalui salah satu aplikasi online. Sekaligus untuk pergi pulang, mengingat ini musim liburan bisa dipastikan tiketnya pun rebutan. Kami tidak mau resiko nggak kebagian tiket, makanya itu pesannya jauh-jauh hari. Selain itu biar nggak kemahalan harga tiketnya. Kami berangkat naik kereta api dan balik naik pesawat, biar anak-anak mempunyai pengalaman berpergian jauh dengan2 alat transportasi tersebut.

Bagi Athiyah ini pertama kalinya dia ke Jakarta dan Bandung. Tapi bagi kakaknya ini adalah pengalaman keduanya liburan di dua kota ini. Athiyah selalu menunggu saat-saat liburan panjang ini. Masih kurang satu bulan sudah nanyain mulu tiap hari kapan libur panjangnya. Dijelasin juga dia masih belum terlalu paham konsep waktu (sebulan lagi, dua minggu lagi, dan lain-lain). Kami liburan seminggu disana, berangkat tanggal 16 balik tanggal 22 Desember.

Begitu hari terakhir masuk sekolah, malamnya langsung berangkat ke Stasiun Pasar Turi Surabaya. Jadwal kereta Argo Bromo Anggrek yang kami tumpangi berangkat tepat waktu jam 8 malam. Anak-anak pun nampak menikmati naik kereta. Cuma karena perjalanan malam hari, jadi nggak bisa melihat pemandangan di luar selama perjalanan 9 jam ini.

Namun saat tengah malam Athiyah mengeluh capek kakinya karena tidur sambil meringkuk di kursinya. Akhirnya kami pun pindah posisi, suami duduk bersama kakak Kayla, sementara adik ditidurkan selonjoran di sebelah ibu. Athiyah pun lelap tidurnya hingga tiba di Stasiun Gambir pukul 5 pagi.

Tugu Monas pun menyambut kedatangan kami di Jakarta. Suasana pagi yang masih gelap membuat Tugu monas nampak indah dengan lampunya yang berganti-ganti warna. Foto disini pun tidak kami lewatkan, meski semua pada baru bangun tidur sih. Masih rembes wkwkwk... Kirain kami aja yang ndeso, baru ngeliat Tugu Monas dari jauh aja sudah langsung foto-foto. Ternyata ada beberapa kelompok orang yang berfoto-foto juga disini. Yaa kan mumpung di Jakarta. Kalau orang Jakarta mah nggak usah foto sudah bisa lihat Tugu Monas setiap saat. Eh, nggak juga sih, Jakarta kan luas...

Ternyata kami sudah ditunggu adikku yang menjemput kami. Sebelum menuju ke apartemen tempat adikku tinggal, kami ambil mobil dulu di Bandara Sutta. Alhamdulillah, ada teman adikku yang meminjamkan mobilnya untuk kami sehingga wara-wiri kemana-mana lebih gampang.

Dari bandara kami langsung ke apartemen Green Bay Pluit, istirahat, mandi dan makan. Kami ingin memaksimalkan waktu liburan yang hanya seminggu ini untuk bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta dan Bandung. Kami pun menyusun itinerary wisata, termasuk meluangkan waktu kumpul-kumpul bersama keluarga di Pamulang dan menginap disana. Selain itu juga menyempatkan silaturahmi ke sepupu yang tinggal di Bintaro.

TUGU MONUMEN NASIONAL


Belum sah rasanya kalau ke Jakarta belum mengunjungi Tugu Monas yang memiliki tinggi 132 meter ini. Ini sih berlaku bagi yang jarang-jarang banget ke jakarta hihihi... Belum sah rasanya kalau ke Jakarta belum mengunjungi Tugu Monas yang memiliki tinggi 132 meter ini. Ini sih berlaku bagi yang jarang-jarang banget ke jakarta hihihi... Aku sama suami pernah kesini juga, tapi duluuu banget waktu suami masih dinas di Jakarta, tepatnya setelah kami menikah di tahun 2014. Wih, 14 tahun yang lalu hahaha...

Karena sudah masanya liburan, pengunjung pun ramai banget. Sayangnya saat itu kami belum bisa naik sampai puncak Monas karena tiket untuk naik ke atas sudah ditutup untuk jam itu dan baru dibuka lagi pukul 17.30. Akhirnya kami pun hanya membeli tiket sampai cawan saja. Tiketnya murmer, anak-anak Rp 2.000,- mahasiswa Rp 3.000, dewasa/umum Rp 5.000,-

Angin yang bertiup di sore itu itu menemani kami menikmati pemandangan di berbagai penjuru kota. Tak lupa kami melihat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang berada di kaki monumen. Meski berjubel dengan pengunjung lain, kami melihat diorama sejarah Indonesia di dalam museum.

Di halaman luar pada tiap sudut terdapat relief yang mendeskripsikan sejarah Indonesia mulai dari kejayaan Nusantara di masa lalu, masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga Indonesia merdeka. Ada pula relief yang menggambarkan tentang berbagai pembangunan di negeri ini.

Setelah turun dari Monas kami sempat belanja untuk oleh-oleh kaos buat para keponakan, dan makan di foodcourt-nya. Kami juga mencicipi kerak telor yang khas itu.

MASJID ISTIQLAL




Setelah dari Monas, kami sholat maghrib di masjid yang menjadi salah satu magnet wisata religi di Jakarta ini. Masjid dengan arsitektur Islam modern ini dapat menampung hingga 200 ribu jamaah. Bangunan masjid didominasi oleh batuan marmer, baik pada tiang, lantai, dinding dan tangga. Tempat wudhu wanita agak jauh jalannya dari pintu masuk.


Menjelang sholat Isya’ petugas pun mengingatkan para pengunjung yang masih ada di tempat sholat untuk mempersiapkan sholat. Bagi yang tidak ikut jamaah diminta mundur ke belakang. Disiplin banget dan tegas nadanya, sampai jiper sayanya.


Dari masjid Istiqlal, kami langsung menuju Pamulang ke rumah kakak. Kami menginap disana dan paginya kami berangkat ke Bandung. Cerita liburan di Bandung akan aku tulis di blogpost berikutnya.

TAMAN MINI INDONESIA INDAH



Hari ketiga, kami berangkat ke TMII setelah sholat Dhuhur. Kesiangan banget kan. Soalnya badan masih terasa capek dan ngantuk masih melanda setelah dari Bandung. Maklum sih karena kami tiba di Jakarta sudah jam 3 dinihari. Perjalanan macet karena ada pemasangan gardan tol. Jadi setelah Subuh semua pada tidur lagi deh.

Rencananya sih ke TMII nya agak pagian biar puas-puasin keliling wahana disana. Tapi kami nggak mau memaksakan diri saat badan masih lelah. Liburan kan harus dinikmati, begitu kata suami. Nggak usah terburu-buru, kan kita nggak ikut travel agent yang ada jadwal tetapnya. So, let’s enjoy the holiday... Emang sih yaa kalau terlalu santai juga resikonya bisa jadi ada beberapa destinasi yang sudah direncanakan bakalan skip karena waktunya yang nggak nutut.

Sampai di TMII langit mendung gelap, dan tidak lama kemudian gerimis pun turun. Kami memutuskan naik mobil TMII dengan membayar Rp 10.000,- per orang untuk dua kali naik. Kenapa nggak pakai mobil sendiri saja? Ceritanya kami bagi waktu dengan suami yang janji ketemuan sama teman-temannya. Agar efisien, kami keliling TMII dan suamiku bertemu dengan teman-temannya. Namun baru saja kami turun di anjungan Sumatera Barat hujan turun sangat lebat disertai petir yang menyambar-nyambar. Namun hujan turun tidak terlalu lama sehingga kami masih bisa melanjutkan berkeliling di TMII.

Di hari keempat, kami menikmati hari di Seaworld, naik gondola di Ancol.


Kemudian kami melanjutkan menikmati sore hari di Kota Tua.

Hari kelima, rencananya mau ngajak anak-anak ke Kidzania, tapi karena sesuatu hal kami pun membatalkannya. Kami pun menuju Pamulang di rumah kakak. Kami berkumpul bersama disana. Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta.



12 Desember 2018

GRESS MALL GKB GRESIK

doc. jpnn.com

Kabar gembira bagi warga Gresik dan sekitarnya, besok hari Jumat tanggal 14 Desember 2018 akan dilaunching Gress Mall (Gresik Supermall). Mall ini berlokasi di komplek Gresik Kota Baru Jalan Sumatra Kecamatan Kebomas. Cuma lima menit aja dari rumah sudah bisa jalan-jalan ke mall ini :)

Ini adalah mall kedua di kota santri ini setelah Icon Mall. Dengan hadirnya Gress Mall ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan membuka peluang bagi para bisnisman untuk mengembangkan bisnisnya. Di mall ini juga disediakan stand khusus bagi UKM. Tentunya ini memiliki dampak yang signifikan bagi terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Gress Mall dibangun oleh PT DGU (Dharma Graha Utama. Dalam area yang sama juga dibangun hotel bertaraf internasional yaitu Aston Inn Hotel Gresik. Kedua bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 1,6 hektar dengan total luas lahan 2,67 hektar.

29 November 2018

FESTIVAL MILLENNIALS BERKARYA, AKSI NYATA ANAK BANGSA UNTUK INDONESIA


Memasuki Wisma Ahmad Yani Semen Gresik ini awalnya merasa agak canggung juga sih...
99% yang hadir para millenial yang berusia di kisaran 15-35 tahun. Rasa canggung ini ditambah lagi pada saat aku mau registrasi. Kenapa? Mas dan mbak yang ada di bagian registrasi seolah tak percaya kalau aku mau ikutan acara Festival Millenials Berkarya ini.

Sebegitu tuakah tampangkuh? Wkwkwkwk
Aku pun merasa geli sendiri. Masnya yang agak tertegun melihatku pun harus aku yakinkan dengan bukti pendaftaran online via email yang ada di ponselku. Baru deh dia yakin kalau aku emang ikutan acara ini. Dikira emak-emak nyasar kaleee... Tapi aku mafhum banget sih, acaranya emang cucok banget buat para  milenial. Tapi bukan berarti emak-emak macem aye kagak boleh ikutan kaan...

Semakin nyadar kalau aku ini baladewa generasi X ketika mereka-mereka disana memanggilku dengan sebutan “ibu” bukan “mbak” atau “kak”. Lagi-lagi aku tergelak dalam hati dan menggaruk rambut di balik jilbabku yang emang enggak gatal. Oh iyo yo, ancen aku iki wis STW alias setengah tuo.
Nggak mau kalah sama anak milenial
20 November 2018

Belajar cara tampil cantik dan stylish dengan make up dan hijab kekinian


http://www.renidwiastuti.com/2018/11/belajar-cara-tampil-cantik-dan-stylish.html
Bersama para pengisi acara (doc. paramitanurshanti)
“Beauty is being the best possible version of yourself, inside and out.”
(Audrey Hepburn)
Setiap wanita tentu pingin tampil cantik. Meski cantik disini memiliki makna dan ukuran yang berbeda-beda bagi setiap wanita. Apakah tampil cantik harus dengan memakai make up? Kalo menurutku enggak juga sih. Kondisi kulit yang bersih dan terawat pun akan terlihat cantik. Apalagi didukung kecantikan dari dalam, inner beauty orang biasa menyebutnya.

Tapi, biasanya nih para wanita hampir selalu memakai make up, meski cuman pakai bedak atau lipstik tipis-tipis aja. Tentu dong penampilan kita akan berbeda saat di rumah, saat bekerja atau saat-saat hadir pada ­event spesial seperti resepsi pernikahan maupun acara-acara resmi yang lain.

14 November 2018

PENTINGNYA KEBERSAMAAN AYAH DAN ANAK

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/pentingnya-kebersamaan-ayah-dan-anak.html

Di jaman yang serba sibuk ini, kehadiran orangtua secara intens bagi anak semakin berkurang. Apalagi bila kedua orangtua bekerja dari pagi hingga petang. Belum lagi waktu pergi-pulang ke tempat kerja yang menyita waktu.

Beruntung bagi kami yang jarak rumah dan tempat kerja tidak terlalu jauh. Aku membutuhkan waktu paling lama 15 menit untuk sampai di tempat kerja, naik speda motor dengan kecepatan 45 km/jam. Sementara suami paling hanya memghabiskan waktu separuhnya saja, 7 menit sudah sampai di kantornya. Tentulah kondisi ini kami syukuri banget.

Bagaimana tidak, saya sering membayangkan para pencari nafkah yang memerlukan waktu berjam-jam untuk sampai tempat kerjanya.Berangkat jam 5 pagi atau bahkan sebelumnya, disaat anak-anak belum bangun dari tidurnya dan tiba di rumah di saat anak-anak sudah terlelap dalam mimpinya. Yaa itulah perjuangan orangtua dalam mencari nafkah untuk keluarganya.

Lalu, kapan mereka punya waktu untuk anak-anak? Apakah mereka memiliki play time (waktu bermain) dengan anak-anak? Tentu sebagian dari mereka memanfaatkan saat-saat weekend untuk berkumpul bersama keluarga.

Bermain bersama ibu, bagi anak-anak sudah biasa. Karena ibunyalah yang mengandung, melahirkan, merawat, mengasuh dan mengurusi segala tetek bengek urusan anak-anak.


http://www.renidwiastuti.com/2018/11/pentingnya-kebersamaan-ayah-dan-anak.html

Bermain bersama ayah? Saya kira ini belum banyak jumlahnya dibanding yang pertama. Tentu dengan alasan yang sangat klasik, ayah sibuk bekerja. Padahal kebersamaan antara ayah dan anak sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak.

Ayah jangan hanya ada secara biologis saja. Apalagi para ayah yang memiliki anak perempuan. Mereka nantinya akan menerapkan standar terhadap lelaki yang kelak dipilihnya dengan melihat perilaku ayahnya sejak dia kecil.

Ayah harus hadir secara penuh, baik fisik maupun emosional. Tentu akan sangat berkurang makna dan kualitasnya saat ayah mendampingi anak tapi sibuk dengan gadget-nya.
05 November 2018

NIKMATI KECERIAAN DAN KEBERSAMAAN DI FUNTOPIA BALLOON PARK

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html
Sudah agak lama sih Athiyah nggak aku ajak main ke rumah balon. Biasanya Athiyah mempunyai langganan bermain di rumah balon yang ada di komplek perumahan kami, yaitu di area sekitar Taman Bundaran GKB. Namun sejak lokasi rumah balon pindah karena areanya termasuk dalam lahan yang sedang dibangun sebuah mall di GKB gresik, otomatis jadi jarang main di rumah balon.

Sesekali sih main di playland yang ada rumah balonnya, namun rumah balonnya tidak terlalu besar. Tantangannya pun nggak terlalu banyak.
Aku bersyukur banget Athiyah ini termasuk anak yang lebih suka bermain pasar-pasaran, jual-jualan, main lego, main boneka daripada main gadget. Bahkan dia lebih suka main sepedaan di luar rumah atau bermain di taman bermain di sekolahnya yang kebetulan ada di depan rumah. Lega banget rasanya karena Athiyah tidak mengalami ketergantungan dengan gadget.

Kalau kita amati sebagian besar anak dan remaja di Indonesia sudah tidak bisa terlepas dari gadgetnya, bahkan penggunaannya pun sudah melebih batas kewajaran. Pada tahun 2014 UNICEF bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan sebuah riset yang hasilnya 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet hingga lima jam sehari. Mereka lebih asyik dengan gadgetnya daripada terlibat kebersamaan dengan anggota keluarganya.

26 Oktober 2018

50 TAHUN MAMAN PS BERKARYA


ttp://www.renidwiastuti.com/2018/10/50-tahun-maman-ps-berkarya.html
Memasuki salah satu rumah di Jalan Tanjung Wira VI Nomer 31 Gresik Kota Baru ini akan kita dapati deretan lukisan yang merupakan buah karya dari Bapak Maman PS. Pria kelahiran Klaten, 2 Juni 1952 ini menyelenggarakan pameran tunggal dalam rangka 50 tahun beliau berkarya di dunia seni lukis.

Seniman yang sudah menghasilkan banyak lukisan dengan aliran realistis impresionistik ini lebih banyak menyorot kehidupan manusia dengan segala tingkah lakunya. Inilah beberapa lukisan Bapak Maman PS
24 Oktober 2018

ICON MALL, PUSAT PERBELANJAAN TERBARU DAN TERBESAR DI KOTA GRESIK


sumber:iconlandproperty.com
Kabar gembira bagi warga masyarakat Kota Pudak dan sekitarnya. Tak perlu jauh-jauh ke Surabaya kalau hanya pingin nge-mall saja. Karena pada tanggal 26 oktober 2018 Icon Mall Gresik akan segera dibuka.

Icon Mall akan menambah fasilitas publik di Kota Gresik. Inilah mall pertama dan terbesar di Gresik. Selain mall ada juga hotel dan convention yang tentunya dengan keberadaannya akan menopang pertumbuhan ekonomi di kota ini. Tidak hanya itu, di area ini juga dibangun tower apartment.

Icon Mall ini didesign oleh arsitek Paulus Hariadi Architect & Patrners dengan mengusung tema khas Gresik yaitu bandeng dan kapal. Seperti kita tahu, Gresik merupakan kota tambak yang terkenal dengan bandengnya. Selain itu di kota ini memiliki beberapa pelabuhan mulai skala nasional maupun internasional. Pelabuhan tersebut ada yang milik pemerintah dan ada pula pelabuhan khusus milik swasta.
20 Oktober 2018

KAMPUNG BATIK GRESIK

Gresik mempunyai berbagai julukan, antara lain Kota Santri, Kota Industri, Kota Pudak dan Bumi Para Wali. Dan kini Gresik pun semakin menggeliat dengan karya batiknya. Motifnya pun beraneka ragam. Ada motif Damar Kurung, Loh Bandeng, Pamiluto, Jubung, Pudak dan juga Rusa Bawean.

Ternyata ada jejak sejarah yang menyebut Gresik sebagai Kota Batik. Pada tahun 1927 Paku Buwono X berkunjung ke rumah Gajah Mungkur yang berlokasi di Kampung Kemasan Gresik, tepatnya di jalan Nyai Ageng Arem-arem Kelurahan Kebungson.

Saya termasuk yang sering lewat sini juga. Sebagai orang Gresik seharusnya tahu tentang Gajah Mungkur maupun Kampung Kemasan ini. Bangunan tersebut sampai sekarang masih tegak berdiri sebagai ikon cagar budaya di Gresik.

Ketenaran batik Gresik sampai membawa Gresik terkenal hingga ke negeri orang. Di bawah bimbingan Syahid Ali Murtadho atau yang lebih terkenal dengan sebutan Raden Santri, batik Gresik pun berjaya. Nama Raden Santri pun diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Kota Gresik.
15 Oktober 2018

SOLUSI TEPAT MENGATASI GANGGUAN SEMBELIT


Masih teringat jelas di ingatanku kala itu di tahun ..... Saat itu anakku yang sulung kelas satu SD. Sudah lebih dari 5 hari tidak bisa BAB. Kami pun membawanya ke dokter, dan disarankan untuk lebih banyak memberinya makanan yang tinggi serat seperti sayur-sayuran, buah dan agar-agar atau jelly.

Memang sih anakku itu susah banget makan sayur, dipaksa pun enggak mau. Kalau di piringnya ada ijo-ijo dikit aja langsung deh disingkirin. Tapi kalau makan buah doyan banget dia. Karena makan sayurnya susah, kamipun memberinya buah-buahan dan juga agar-agar atau jelly.

Namun sampai seminggu lebih, dia masih belum bisa BAB juga. Tentu dong kami khawatir dengan kondisi seperti itu. Tapi anaknya nggak merasa sakit apapun. Dia juga tidak merasakan sesuatu yang berbeda yang berkaitan dengan kesulitan BAB nya itu. Aktivitas pun seperti biasanya. Intinya tidak ada keluhan yang dirasakannya hingga kami pun sering menanyakan ini itu pada sulung kami.

19 September 2018

THE GENUINE INDONESIAN CULTURE AT BATIQA HOTEL SURABAYA

Surabaya...
Kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, yang sangat kental dengan sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah. Kota metropolitan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara ini juga merupakan kota paling tertata di Indonesia.

Di kota ini pula masih banyak dijumpai bangunan-bangunan yang bernilai sejarah tinggi sebagai peninggalan era kolonial yang sampai sekarang pun masih berdiri dengan megah. Sebagian bangunan sudah ada yang dipugar, namun masih ada juga bangunan-bangunan lama yang tetap dipertahankan sebagai cagar busaya. Salah satunya bangunan di lobi Batiqa Hotel Surabaya yang beralamatkan di Jalan Darmokali Nomer 60 Surabaya.

Keberuntungan buat saya dan juga beberapa para Bloggercrony Squad Surabaya bisa menikmati hotel tour pada kesempatan itu.

24 Agustus 2018

Cooking Class "Basic bento" By Wajah Bunda Indonesia (WBI) and Claris Homeware

Apa sih biasanya yang dilakukan para bunda kalau sedang kumpul-kumpul bareng?

Arisan? Masak-masak? Sharing pengalaman? Sekedar nongki-nongki asyik lalu foto-foto untuk diupload di medsos? Atau.... malah nggosipin orang? Naudzubillah deh untuk yang terakhir itu.

Nah, beberapa waktu yang lalu masih di bulan Agustus, bertempat di Tanak Melayu Cafe and Resto di Jalan Ngagel No. 77-J Wonokromo Surabaya para bunda cantik sedang berkumpul, sampai full lho cafe yang di lantai 2. Rameee....

Emang mereka pada ngapain?
Yuuk ikutin terus liputannya (berlagak wartawan jadinya J)


Bunda-bunda yang tergabung dalam Komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI) Jatim sedang mengikuti sebuah event yang diselenggarakan oleh WBI Jatim bekerjasama dengan Claris Homeware, produsen produk-produk peralatan rumah tangga berbahan plastik  dengan kualitas tinggi sehingga aman digunakan dalam keseharian. Kerjasama tersebut bertajuk “Cooking Class, Classic Bento”
06 Agustus 2018

Menikmati Indahnya Matahari Pagi di Bukit Panguk Kediwung


Yogyakarta...
Kota yang selalu kami rindukan untuk datang kesana. Daya magisnya sebagai kota wisata selalu menarik hati para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Apalagi bagi para insan yang punya berjuta kenangan di kota Gudeg ini, pastilah ingin kesana lagi dan lagi. Bahkan meski berulang kali berkunjung kesana tak kan pernah bosan untuk kunjungan berikutnya. Apalagi sekarang bermunculan tempat wisata yang baru-baru, dan pastinya membuat penasaran kalau belum melihat dan mengunjungi dengan mata kepala sendiri lengkap dengan hati tentunya, eeaaa...

Ada satu tempat wisata yang menurutku recomended untuk dikunjungi. Tempat tersebut adalah Bantul, Dlingo. Lokasi di Jogja yang mempunyai topografi berbukit dan terdapat sebuah aliran sungai yang membelah tebing. Bagi yang menyukai pemandangan matahari terbit pada pagi hari (sunrise addict eh emang ada yaa yang sampai addicted gitu hihihi), lokasi ini sangat cocok. 

Sebelum matahari terbit, akan ada kabut yang menutupi lembah sungai serta seluruh dataran rendahnya, kamu seakan-akan sedang berada di atas lautan awan. Nah, tempat paling strategis untuk melihat pemandangan matahari terbit dan menikmati pesonanya adalah Bukit Panguk, Kediwung.
19 Juli 2018

Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid, Chemical Peeling Yang Aman dan Efektif Untuk Kulit Sehat dan Cantik Alami

Kalau ditanya, “Apakah Anda memiliki jadwal rutin untuk melakukan treatment kulit wajah di salon atau klinik kecantikan?”
Aku menjawabnya “tidak”. Beberapa saat tertentu nyadar banget dan berusaha berjanji pada diri sendiri akan melakukan “treatment” wajah rutin tiap bulan, minimal seperti facial gitu sebulan sekali. Baru berjalan dua bulan berturut-turut tapi bulan-bulan berikutnya sudah lupa. Padahal sudah diingatkan juga oleh salon kecantikan langganan kalau sudah waktunya facial. Itupun aku sendiri yang meminta untuk diingatkan. Macam-macam alasannya, yang sedang sibuklah, nggak ada waktu ke salon lah, lagi maleslah, besok-besok ajalah, endebrei endebrei endebrei...

Tiba-tiba nyadar kalau kulit wajah mulai kusam dan jerawat batu mulai menampakkan dirinya. Baru deh bikin janji untuk facial di salon perawatan langganan.  Karena sudah lama nggak treatment, komedo pun ramai-ramai membenamkan diri di kulit wajah. Tahu sendiri deh rasanya kayak apa saat para pasukan komedo itu dipaksa keluar dari persembunyiannya, pasti nangis bombay meski nggak ada yang nyuruh. Katanya sih ada teknologi baru yang mengangkat komedo tanpa rasa sakit, tapi aku belum nyoba. Ada sebagian yang bilang “nggak lego” (kurang puas) kalau menghilangkan komedo pakai alat itu, mending dengan cara manual hihihi... Aku no comment deh, soalnya belum pernah mencoba teknologi yang itu.

30 Mei 2018

NUTRISI TEPAT SEBAGAI SOLUSI TERBAIK ALERGI PADA ANAK

Beberapa hari yang lalu ada tetangga dekat rumah yang baru pindah dari Sumenep. Mereka keluarga muda dengan satu anak. Kepindahannya ke Gresik karena sang suami pindah tugas di Kota Pudak ini. Seperti biasa, ketika ada warga yang baru pindah maka tetangga-tetangga pun silaturahmi ke rumahnya. Termasuk aku dong... Kami pun saling memperkenalkan diri hingga kami pun ngobrol ngalor ngidul.

Di tengah kami asyik ngobrol, tiba-tiba terdengar suara anaknya menangis terbangun dari tidurnya. Ibunya pun buru-buru menuju ke kamarnya setelah meminta ijin dariku. Masih dengan menangis, Caysa nama gadis kecil itu pun digendong menemui kami. Caysa bisa tenang setelah diberi mainan kesayangannya.

Aku sempat heran dan bertanya kepada ibunya tentang kulit anak yang berusia satu setengan tahun ini, yang nampak mlenthing-mlenthing kemerahan dan berisi cairan bening. Kami pun terlibat obrolan yang lumayan lama tentang penyakit yang diderita Caysa. Ibunya pun cerita panjang lebar.

23 Mei 2018

TANJUNG PAPUMA, PANTAI CANTIK NAN EKSOTIK DI KOTA SERIBU GUMUK

http://www.renidwiastuti.com/2018/05/tanjung-papuma-pantai-cantik-nan.html

There is no place like the beach
Where the land meets the sea
And the sea meets the sky
(Umar Siddiqu)
Ombak biru berkejar-kejaran seolah-olah berlomba untuk menjadi yang pertama menggapai pasir putih yang terhampar. Langit biru yang maha luas dihiasi burung-burung yang terbang tanpa beban. Seolah-olah mau berkata pada semua betapa bebasnya dia di alam raya.
21 Mei 2018

PPDB ONLINE KABUPATEN GRESIK TAHUN 2018

Menjelang tahun pelajaran baru sebagai rutinitas setiap tahun maka diselenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baik jenjang SMA/SMK, SMP, SD dan TK.

Untuk PPDB SMA/SMK Provinsi Jawa Timur bisa dibaca pada tulisan berikut: PPDB SMA/SMK NEGERI PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2018/2019.

Nah, untuk PPDB tingkat SMP di Kabupaten Gresik tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya (tahun pelajaran 2017/2018). Baca PPDB ONLINE KABUPATEN GRESIK TAHUN 2017.

PPDB SMP Negeri di Kabupaten Gresik dilaksanakan secara online. Adapun pendaftaran online bisa diakses pada situs www.gresik.siap-ppdb.com

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh masyarakat Gresik bahwa PPDB SMP Negeri dilakukan melalui proses seleksi, tentunya dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang nanti akan dijelaskan pula dalam tulisan ini.
17 Mei 2018

MASJID KH. AHMAD DAHLAN GRESIK

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamiin...
Telah sampailah kita di bulan Ramadhan ini. Bulan yang penuh dengan keutamaan bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Sebuah bulan yang menjadi ajang mengasah diri, tidak hanya menahan lapar dan dahaga tapi juga mensyaratkan ketegaran jiwa untuk menahan segala perilaku tercela.
http://www.renidwiastuti.com/2018/05/masjid-kh-ahmad-dahlan-gresik.html
Tampak depan Masjid KH. Ahmad Dahlan Gresik
Pada malam pertama bulan Ramadhan 2018 ini, kami sekeluarga melaksanakan sholat tarawih di Masjid KH. Ahmad Dahlan Gresik yang berlokasi di Jalan Raya Gresik-Lamongan, Desa Banjarsari Kecamatan Cerme, tepat di sebelah barat Terminal Bunder Gresik.

Meski belum selesai 100% dalam pengerjaannya namun masjid ini sudah bisa digunakan oleh warga muslim di Gresik dan sekitarnya, juga oleh siapapun umat Islam yang hendak beribadah di masjid ini. Antara lain menara setinggi 35 meter yang masih dalam proses pengerjaan.

Masjid yang dibangun oleh Keluarga Almarhum H. Bisri Ilyas seorang pengusaha property ternama dari Kota Gresik ini dibangun di atas dua lantai. Area masjid sangat luas. Ketika memarkir kendaraan kami di area parkir yang juga cukup luas ini, nampaklah bangunan masjid yang cantik dengan warna dominan putih abu-abu.
04 Mei 2018

Belajar Tanpa Batas Bersama Skype-a-Thon

Pendidikan merupakan topik yang hangat untuk diperbincangkan, termasuk di dalamnya proses belajar mengajar antara guru dengan siswa didiknya. Metode pembelajaran pun semakin bervariasi dan semakin banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di era milenial ini memang sudah seharusnya pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih baik.

Di era yang serba digital ini pembelajaran pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai inovasi. Tidak hanya tatap muka di dalam kelas, tapi bisa tatap muka dengan kelas lain di seluruh dunia. Siswa bisa komunikasi dan belajar dari guru di seluruh belahan dunia secara real-time. Untuk itu perlu disediakan koneksi internet, web camera, microphone serta sebuah aplikasi bernama Skype.
27 April 2018

TAMAN BOTANI SUKORAMBI, DESTINASI WISATA JEMBER YANG FUN DAN EDUKATIF

http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Kota Jember adalah kota yang tidak terlalu asing bagiku. Setidaknya aku bersama keluarga sudah beberapa kali menginjakkan kaki di kota yang memiliki 31 kecamatan, 226 desa dan 22 kelurahan ini. Kira-kira baru 10 kali kami kesana, itu terhitung mulai saat saya masih SMP, kuliah hingga berkeluarga.

Kok bisa? Ya iyalah, saat masih SMP saya ke Jember saat mengunjungi kakak saya yang waktu itu sekolah di MANPK Jember. Saat kuliah, saya pernah mengikuti kegiatan salah satu organisasi kampus di Universitas Muhammadiyah Jember. Nah, setelah menikah nih aku makin sering ke Jember. Apakah karena suami orang Jember, atau bekerja di Jember? eh tidak juga, yang dapat suami orang Jember adalah adik ipar. Akhirnya mempunyai keluarga orang Jember juga.

25 April 2018

PPDB SMAN/SMKN/SLB NEGERI PROVINSI JAWA TIMUR 2018/2019

Setiap tahun ajaran baru, seperti biasanya diselenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru di semua lini pendidikan, mulai Kelompok Belajar (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD),  Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Adapun tujuan dari PPDB SMA/SMK/SLB NEGERI adalah :
  1. Memberi kesempatan seluas-luasnya bagi penduduk usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.
  2. Memberi kesempatan kepada peserta didik dari keluarga tidak mampu.
  3. Menjaring peserta didik berprestasi di bidang IPTEK, Olah Raga, Seni Budaya dan Kepramukaan.
  4. Memberi kesempatan peserta didik yang berkebutuhan khusus/inklusi.

Calon peserta yang akan mendaftar PPDB SMA/SMK/SMALB NEGERI harus memperhatikan KETENTUAN UMUM sebagai berikut:
20 April 2018

SAYA PEREMPUAN ANTI KORUPSI

http://www.renidwiastuti.com/2018/04/saya-perempuan-anti-korupsi.html

Korupsi ibarat penyakit menular yang menjalar pelan namun mematikan. Menciptakan kerusakan yang sangat luas di masyarakat. Korupsi merusak demokrasi dan supremasi hokum, mendorong pelanggaran terhadap hak asasi manusia, mendistorsi perekonomian, menurunkan kualitas kehidupan dn memungkinkan organisasi criminal, terorisme, dan berbagai ancaman terhadap keamanan untuk berkembang.”               (Kofi A. Annan)
11 April 2018

SUKSES MELEWATI LIMA TAHAP DALAM PERNIKAHAN

vebma.com

Ketika sepasang pengantin mengucapkan ijab-qabul itu artinya kedua belah pihak sudah menguatkan hati untuk mengikat perjanjian yang sangat berat (mitsaqan-ghalizhan). Saat itulah suami istri harus saling mengetahui dan memahami apa kewajiban dan hak masing-masing pasangan.
Sungguh itu tak semudah diucapkan atau dituliskan. Perlu perjuangan yang sangat panjang dan berliku yang terpampang nyata di hadapan. Pernikahan tidak cukup dibiarkan berjalan apa adanya, tapi harus dimanage.
04 April 2018

HOTEL NOVOTEL YOGYAKARTA, STAYCATION DISINI AJA...

http://www.renidwiastuti.com/2018/04/hotel-novotel-yogyakarta-staycation.html
Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat
Penuh selaksa makna.... 
Liburan 17 Maret yang lalu kami menyempatkan diri berkunjung ke Yogyakarta.  Sudah setahun lebih (tepatnya lebih dua bulan) kami nggak ke Yogya, kota yang selalu memiliki magnet yang menarik kami untuk pergi kesana.

28 Maret 2018

GIRI PANCASUAR AWARD 2018 DAN SIWO PWI JATIM 2018



 Rabu, 28 Maret 2018 bertempat di Graha Sarana PT Petrokimia Gresik dihelat sebuah acara yang digawangi oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jawa Timur yaitu “BINCANG TOKOH, GIRI PANCASUAR AWARD 2018 DAN ANUGERAH OLAHRAGA SIWO PWI JATIM 2018.

Giri Pancasuar Award 2018 ini merupakan event tahunan dan ini adalah yang kedua kalinya. Giri Pancasuar Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada para tokoh yang berjasa, memiliki inovasi dalam pembangunan di Kabupaten Gresik.


24 Maret 2018

LAUNCHING ALBUM PERDANA SEKOLAH AL UMMAH GRESIK



http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html

Hayoo...siapa yang anaknya sudah hapal dengan lagu Jaran Goyang, Bojo Galak atau Sayang? Secara lagu-lagu itu sering banget terdengar dimana-mana. 

Wuiiihhh... Bangga nggak sih kalau anak-anak sudah hapal lagu-lagu orang dewasa? Kalau saya sih ENGGAK!!! (Capslock dan tanda seru tiga biji), nggak tahu kalo Mas Anang Anda?

Ada juga lho orangtua yang bangga bila anaknya hapal di luar kepala menyanyikan lagu-lagu dewasa lengkap titik komanya, apalagi kalau anaknya bisa lolos seleksi ajang olah vokal yang di televisi.
Tanpa mereka sadari justru “kepintaran” anak-anak menyanyikan lagu-lagu dewasa justru akan menghilangkan keceriaan masa bocahnya, dia akan dikarbit untuk menjadi “lebih cepat dewasa”, bahkan dipaksa untuk menjadi pribadi yang lain (saat harus tampil menggunakan “kostum” dewasa sesuai lagunya).
20 Maret 2018

TARI BARONG DAN KERIS, ANTARA HIBURAN DAN SESUATU YANG SAKRAL



http://www.renidwiastuti.com/2018/03/tari-barong-dan-keris-antara-hiburan.html
netralnews.com

Siapa sih yang nggak tahu Tari Barong yang melegenda itu? Sebuah tarian tradisional yang khas dengan adanya penari yang memakai topeng hewan berkaki empat dan kostum yang melambangkan perwujudan dari makhluk-makhluk dalam kepercayaan masyarakat Bali. Biasanya dipakai oleh dua orang. Mirip-mirip barongsai gitu. Barong biasanya digambarkan sebagai seekor singa atau macan. Bisa juga dalam bentuk hewan yang lain, tergantung jenis barongnya termasuk barong apa.

Tentulah tarian tradisional ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Bali dan juga secara internasional. Selain ada nilai seni yang ada di dalamnya, Tari Barong ini memiliki makna spiritual yaitu menggambarkan pertarungan antara “kebajikan” melawan “kebatilan”.Dalam mitologi agama Hindu, Barong menggambarkan kebajikan dan Rangda sebagai simbol kebatilan.
11 Maret 2018

FUN OUTBOUND TKIT AL UMMAH DI JOGLO PARK PACET

"Bu, kurang 10 hari lagi..."

"Bu, outboundnya kurang 5 hari lagi..."

"Aku kurang berapa lagi bu outbound-nya?" 

"Nanti kalo outbound nggak boleh tidur malem-malem ya Buk..."

"Aku bangunkan pagi-pagi ya Buk, kata ustadzah kalau terlambat nanti ditinggal"

Begitulah tiap hari menjelang outbound yang diselenggarakan oleh sekolahnya di TKIT Al Ummah Gresik. Athiyah tak mau kalah sama diva pop Indonesia Kris Dayanti dalam mendendangkan lagu Menghitung Hari, meski dengan syair dan nada yang berbeda hahaha...
Dan ternyata teman-teman Athiyah yang lain pun melakukan hal yang sama, begitu cerita para bunda wali murid lainnya. Tiada hari tanpa membicarakan outbound dan pernak perniknya.
06 Maret 2018

PERSEMBAHKAN GIZI TERBAIK UNTUK BUAH HATI DALAM PERIODE 1000 HPK



http://www.renidwiastuti.com/2018/03/persembahkan-gizi-terbaik-untuk-buah.html

WOW... 1000 hari pertama kehidupan atau biasa disingkat 1000HPK.
Ada apa emangnya dengan 1000 hari pertama kehidupan? Penasaran pastinya. Nah, karena rasa penasaran dan pingin tahu lebih banyak dari narasumber yang terpercaya secara langsung inilah yang membawa langkah kakiku menuju ke acara Health and Nutrition Discussion bersama Nutrisi Untuk Bangsa di Bangi Kopitiam Jalan Walikota Mustajab No 41 Ketabang, Genteng Surabaya.

Mau tahu kan apa saja ilmu yang aku dapat dari acara ini?
Banyak banget pokoknya, jangan khawatir akan aku ceritakan disini...
02 Maret 2018

PANTAI PANDAWA DENGAN SEJUTA CERITA


Bersyukur banget, pertengahan Februari tahun ini mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Pulau Dewata dalam rangka studi budaya. Pulau Bali dengan berbagai julukannya seperti Pulau dengan Seribu Pura, Magic Island, dan sebutan-sebutan yang lain memang merupakan sumber studi budaya yang tiada habisnya. Belum lagi berbagai destinasi wisatanya yang kan tiada habis untuk diexplore.

Beberapa tempat yang kami kunjungi antara lain Tari Barong, Produksi Pie Susu, Tanah Lot, Bedugul, Pantai Kuta dan Pantai Pandawa. Ke Bali kurang lengkap kalau nggak belanja belanji. So, bolehlah ngabisin duit sesekali di Joger, Dewata, Arjuna, Galuh, dan Krisna.

Seneng dooong... Ya iyalah, ke Bali gitu lhoo...
Maaf ya agak norak, dimaklumi (disenyumin) aja, baru dua kali ini bisa ke Bali.

Baca juga : LIBURAN DI BALI

Oke deh, aku akan menuliskan perjalananku ke Bali kemarin lalu. Cerita pertama, saat kami berkunjung ke Pantai Pandawa. Kami ke Pantai Pandawa setelah mantai juga di Pantai Kuta...hoaah...mantai teruuss... ya iyalah sekalian jalan gitu lho... Bukan bermaksud menghitamkan kulit bak bule dari manca, lha wong nggak diitemin aja sudah item sendiri... (#elus-elus kulit yang sudah eksotis).
27 Februari 2018

MBOK KOM CAFE AND CULINARY, FROM SPECIAL ONE FOR EVERYONE



http://www.renidwiastuti.com/2018/02/mbok-kom-cafe-and-culinary-from-special.html
Datang ke kafe ini tidak direncanakan apalagi diagendakan. Karena ya baru kali itu aku dengar nama kafe ini, maklumlah emak-emak jarang ngafe. Ke kafe ini karena diajak oleh sahabat yang tinggal di Surabaya. Kebetulan hari itu ada dua orang adik-adik dari IMM yang bersilaturahmi ke rumah. Akhirnya kami semua janjian bertemu di kafe ini, lengkap dengan para krucil kami.

Ternyata sang owner kafe Mas Mochammad Shobik yang akrab dipanggil Mas Obik merupakan alumni dari Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan, tempat yang sama dimana suami menimba ilmu semasa SMP dan SMA.
Kami tiba di cafe Mbok Kom sekitar pukul setengah lima sore. Parkiran mobil cukup di pinggir jalan. Saat parkir mobil kami diarahkan oleh seorang tukang parkir yang tuna wicara. Kami tahunya saat suami menanyakan sesuatu dan dia menjawab dengan bahasa yang tidak biasa. Kami mulai paham bahwa kafe ini memang “tidak biasa”.
24 Februari 2018

INDAHNYA SUNSET DI PANTAI KONANG TRENGGALEK



 Our memories of the ocean will linger on, long after our footprints in the sand are gone (Anonymous)

Ya emang bener juga kata quote di atas, memori kita tentang laut akan tetap bertahan walau jejak kaki di pasir pantai telah lama hilang.
Beruntung banget bisa menikmati sunset di Pantai Konang ini. Kami rela menunggu datangnya sunset sambil menikmati deburan ombak di pantai yang berkejaran menyapa kami yang berada di pinggir pantai. Terkadang ombak yang datang agak besar sehingga kami harus berlari-lari kecil untuk menghindarinya, karena kami nggak ingin baju kami basah meski sebenarnya bawa baju ganti juga.
21 Februari 2018

MENIKMATI KEBERSAMAAN DI PANTAI PELANG

http://www.renidwiastuti.com/2018/02/menikmati-kebersamaan-di-pantai-pelang.html
Liburan sekolah akhir Desember lalu seperti biasanya kami menghabiskannya di kampung halamanku, Trenggalek. Seperti kebanyakan, aku pun selalu merindukan segala hal yang ada di kampungku ini. Meski Trenggalek hanyalah sebuah kota kecil namun disanalah aku dilahirkan, juga tempat aku menghabiskan masa kecilku dan masa remajaku.
31 Januari 2018

REUNI

Akhir-akhir ini nampaknya kata REUNI lagi naik daun. Mulai reuni SD, SMP, sampai reuni teman-teman kampus. Ada pula reuni keluarga bahkan reuni mantan walimurid TK yang baru setahun atau dua tahun pisah pun digelar.

Istilah reuni pun macam-macam, seperti temu kangen, lepas kangen, ngumpulne balung pisah, mengumpulkan yang terserak dan sebagainya. Dalam reuni tentu akan memutar ulang kenangan-kenangan lama yang masih terekam dengan manis (atau pahit juga) di salah satu bagian otak kita yang dinamakan hipocampus. Tentu dong kalau kita datang reuni pastinya (atau seharusnya) dalam keadaan senang. Kalau nggak senang ngapain juga datang reuni? Emangnya mau membangkitkan luka hati? Rugi banget deh...
semua tersenyum saat reuni
Reuni pun ada dampaknya lho, bisa positif atau negatif. Yaa...begitulah hidup. Selalu ada dua sisi yang bertolak belakang. Dampak positifnya banyak seperti menyambung dan memperkuat silaturahmi, melepas kangen dengan teman-teman baik yang akrab, kurang akrab maupun yang sok akrab (eits...), rasa bersyukur yang lebih banyak karena mungkin ada sebagian teman yang kurang “seberuntung” kita untuk saat ini yang selanjutnya tentu akan meningkatkan self esteem kita, mengenal keluarga teman-teman lama kita (kalau reuninya bawa pasangan atau keluarga), kemungkinan terjalin kerjasama dalam pekerjaan atau mendapat informasi tentang banyak hal, dan masih banyak lagi.
28 Januari 2018

5 Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi saat Berlibur ke Surabaya



Liburan ke Surabaya tidak akan terasa lengkap tanpa mencicipi kuliner enak. Apalagi, Anda bisa menjumpai beragam makanan yang menggugah selera di sini. Bahkan, ada pula kedai yang telah menjajakan sajiannya kepada masyarakat Surabaya selama bertahun-tahun. Tak heran kalau masyarakat setempat pun menyebutnya sebagai kuliner legendaris.

Mendapatkan sebutan sebagai kuliner legendaris, cita rasa makanan tersebut memiliki cita rasa yang tak perlu lagi diragukan. Apalagi, tempat-tempat itu sejak dulu hingga sekarang selalu ramai oleh pengunjung. Berikut ini adalah 5 kuliner legendaris tersebut:
 
1. Sate Ondomohen Bu Asih
Source : Intisari
24 Januari 2018

ASYIKNYA BERENANG DI CARRIBEAN WATERPARK


http://www.renidwiastuti.com/2018/01/asyiknya-berenang-di-carribean-waterpark.html
Setiap mudik ke Trenggalek, Athiyah selalu minta berenang di Carribean Waterpark. Biasanya sih kami dan warga Trenggalek pada umumnya menyebutnya dengan Jaas Waterpark atau cukup dengan sebutan Jaas maka yang dimaksudkan adalah Carribean Waterpark ini. Emang lebih gampang nyebutin Jaas Waterpark daripada Carribean Waterpark. Bahkan mungkin warga Trenggalek yang awam malah bingung kalau ditanya tentang sebutan Carribean Waterpark yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono No. 1 Trenggalek ini. Lokasinya tidak jauh dari WANA WISATA HUTAN KOTA TRENGGALEK.
21 Januari 2018

MENIKMATI SEJUKNYA HUTAN KOTA TRENGGALEK

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Gerbang HUKO

Kalau bicara tentang hutan, biasanya nih benak kita langsung melayang pada suatu daerah yang jauh dari pusat kota. Tapi tidak untuk hutan yang satu ini. Terletak di kawasan Gunung Jaas di Desa Ngantru Kecamatan Trenggalek, sekitar 500 meter dari pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek, HUKO (begitu biasanya disebut) menawarkan alternatif wisata alam di Kota Trenggalek.
16 Januari 2018

PERPADUAN KONSEP WISATA ALAM, BUDAYA, LINGKUNGAN DAN SENI KREATIF DI ECO GREEN PARK



Nah, kali ini kami akan melanjutkan petualangan kami...eh perjalanan kami menelusuri wahana Eco Green Park di Jalan Oro Oro Ombo No. 9A Batu Malang. Untuk mengingatkan kembali bahwa tulisan ini adalah bagian ketiga dari tiga tulisan (baca review) tentang Eco Green Park Batu Malang. Dan ini juga merupakan tulisan bagian terakhir yaa... Kayak cerbung aja ya, tulisannya bersambung. Iya sih, habis nulisnya juga dicicil sih, panjang banget soalnya. 

Betewe... tulisan bagian pertama bisa dibaca di postingan Eco Green Park, Wisata Edutainment Bertaraf Internasional.


Okee...nggak usah berlama-lama ngobrolnya (eh siapa juga yang ngobrol....) kita lanjutkan ceritanya yaa...
Seperti yang telah disebutkan pada bagian satu dan dua bahwa ada lebih dari 50 area atau wahana yang ada di Eco Green Park ini. So, kalau kesini biar perjalanannya enjoy perut jangan sampai kosong yaa...selain itu siapkan waktu yang agak panjang agar semua wahana bisa kita explore dengan puas.
12 Januari 2018

EXOTIC BIRD OF PARADISE DI ECO GREEN PARK MALANG (BAGIAN 2)

Ini tulisan kedua tentang Eco Green Park. Tulisan bagian pertama bisa dibaca DI SINI
Haiii...jumpa lagi teman-teman...
Masih di Eco Green Park nih... semoga pada nggak bosen bacanya... kalau bosen juga nggak apa-apa, untuk konsumsi dan koleksi pribadi aja tulisannya hahaha...
Nah, kalau kemarin kita sampai di wahana Jungle Adventure sekarang kita lanjutkan perjalanan kita di wahana berikutnya.

PLAZA MUSIC
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eco-green-park-wisata-edutainment_5.html
Di wahana ini ada kolam air yang cukup besar yang dilengkapi dengan sarana permainan air. Anak-anak senang banget disini karena mereka bisa bermain air dengan cara menembakkan air dari pelat besi dan mengarahkannya pada sasaran yang berada di tengah kolam sehingga akan terdengar bunyi-bunyian. Ada pula semacam pompa untuk mengisi tong kecil dengan air jika tong penuh air maka air akan tumpah. Anak-anak juga bisa bermain dengan sarana untuk memutar kincir air yang menghasilkan bunyi-bunyian juga jika airnya memenuhi tiap wadah yang ada di sekeliling kincir.
09 Januari 2018

ECO GREEN PARK, WISATA EDUTAINMENT BERTARAF INTERNASIONAL DI BATU MALANG (BAGIAN 1)

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eco-green-park-wisata-edutainment.html

Bereksplorasi wisata di Kota Batu Malang Jawa Timur memang tiada habisnya. Selalu ada saja yang baru. Kalau sebelumnya kami mengunjungi BATU FLOWER GARDEN dan MUSEUM ANGKUT (...) yuk sekarang kita eksplore Eco Green Park yang berlokasi di Jalan Oro-Oror Ombo No. 9A Kota wisata Batu. Kebetulan liburan sekolah semester 1 ini, kami berkesempatan berkunjung kesini.
05 Januari 2018

SERUNYA MENIKMATI SPOT-SPOT KECE DAN INSTAGRAMABLE DI BATU FLOWER GARDEN



Tulisan ini merupakan tulisan lanjutan dari postingan EKSOTISME BATU FLOWER GARDEN DI WANA WISATA COBAN RAIS. Di postingan tersebut kita bisa mengetahui berbagai spot untuk dewasa yang bisa dijadikan ajang selfie-selfie seru.

Nah, selain spot untuk dewasa, pengelola BFG juga menyediakan wahana permainan khusus untuk anak-anak sekaligus bisa untuk berfoto selfie juga. Arena permainan anak ini diperuntukkan bagi anak usia di bawah 10 tahun. Permainannya pun seru dan menantang, mirip-mirip oubound gitu deh... Untuk tiket masuk seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya.
Ini dia beberapa spot untuk anak-anak

SPOT AYUNAN MINI
02 Januari 2018

EKSOTISME BATU FLOWER GARDEN DI WANA WISATA COBAN RAIS



http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eksotisme-batu-flower-garden-di-wana_2.html

Sekarang ini memang destinasi wisata selain untuk dinikmati keindahannya juga harus memiliki satu syarat mutlak yaitu harus ada spot-spot kece-nya untuk ber-selfie ria. Haree geneee....  Spot yang instagramable mah wajib ada. Salah satu tempat wisata yang cucok banget untuk hal ini adalah Batu Flower Garden. Tempat wisata yang tergolong masih baru ini (diresmikan tahun 2016 lalu) terletak di kawasan Coban Rais Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Berada pada ketinggian 1000 mdpl.