28 Januari 2018

5 Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi saat Berlibur ke Surabaya



Liburan ke Surabaya tidak akan terasa lengkap tanpa mencicipi kuliner enak. Apalagi, Anda bisa menjumpai beragam makanan yang menggugah selera di sini. Bahkan, ada pula kedai yang telah menjajakan sajiannya kepada masyarakat Surabaya selama bertahun-tahun. Tak heran kalau masyarakat setempat pun menyebutnya sebagai kuliner legendaris.
Mendapatkan sebutan sebagai kuliner legendaris, cita rasa makanan tersebut memiliki cita rasa yang tak perlu lagi diragukan. Apalagi, tempat-tempat itu sejak dulu hingga sekarang selalu ramai oleh pengunjung. Berikut ini adalah 5 kuliner legendaris tersebut:
 
1. Sate Ondomohen Bu Asih
Source : Intisari

Kuliner legendaris Surabaya yang pertama adalah Sate Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Wali Kota Mustajab nomor 36. Sate ini telah berdiri sejak tahun 1945 dengan cita rasa yang unik. Sate di sini dibuat dengan parutan kelapa sebelum dipanggang. Terdapat berbagai varian sate, mulai dari sate daging, sate ayam, ataupun sate sumsum. 

  2. Rujak Cingur Genteng Durasim

Source :viralisata


Kuliner legendaris Surabaya berikutnya adalah Rujak Cingur Genteng Durasim. Rujak cingur di tempat ini memang bukan rujak cingur biasa, tapi rujak cingur yang telah berdiri sejak tahun 1943. Bahkan, cobek batu yang digunakan untuk menghaluskan bumbu rujak di sini juga telah berusia lebih dari 74 tahun.
Cita rasa rujak cingur di sini juga sudah mendapat tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner Surabaya. Apalagi, bumbu rujak di sini menggunakan resep racikan turun-temurun. Tidak heran kalau harga rujak ini juga lebih mahal dibandingkan dengan rujak cingur di tempat lain. 

1    3. Lontong Balap Cak Gendut

 
source : resepmakansiemak

Senada dengan kuliner legendaris sebelumnya, Lontong Balap Cak Gendut ini juga sudah berdiri sejak lama, tepatnya pada tahun 1958. Hanya saja, saat itu lontong balap ini dijual secara berkeliling oleh orang tua Cak Gendut. Hingga akhirnya, pada tahun 1970-an, Cak Gendut berinisiatif untuk membuka kedai lontong balap di Jalan Kranggan.Saat ini, lontong balap legendaris Cak Gendut bisa didapatkan di Jalan Prof. Dr. Moestopo nomor 11. Meski sudah tak lagi dijalankan oleh Cak Gendut, cita rasa kuliner ini masih tetap enak.


   4. Mie Kembang Jepun
 
source : foody.id

      Untuk para pencinta kuliner mi, Mie Kemban Jepun bisa jadi pilihan tepat. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa kuliner ini mengandung babi, jadi tidak cocok untuk traveler muslim. Kuliner legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1960 dan bisa dijumpai di Jalan Kembang Jepun. Menu mi yang disajikan juga beragam, mulai dari he mie, kan pan mie, mie ayam, atapun mie ja shio. 
    
     5. Siropen Telasih
    
source : airyrooms

      Kuliner terakhir bukan berupa makanan, melainkan minuman bernama Siropen Telasih. Minuman ini sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Apalagi, Siropen Telasih telah diproduksi sejak tahun 1923. Pabrik minuman legendaris ini berlokasi di Jalan Mliwis nomor 5, bisa dikenali secara langsung berkat desain arsitektur klasiknya dengan tulisan Pabrik Siropen Telasih (D/H J.C Van Drongelen). 
     
      Dengan ragam kuliner legendaris tersebut, Kota Surabaya menjadi surga tersendiri di hati para pencinta wisata kuliner. Ditambah lagi, saat ini liburan ke Surabaya dan kota lainnya bisa dilakukan dengan mudah melalui online travel agency seperti Airy. Wisatawan bisa berburu tiket pesawat murah dengan gampang lewat Airy. 

Website Airy menyediakan beragam tiket murah ke Surabaya dari berbagai maskapai terkemuka di Indonesia. Promo tiket pesawat Sriwijaya Air, Batik Air, Lion Air, AirAsia, Citilink hingga Garuda Indonesia juga bisa Anda temukan disini. Kemudian pemesanan dapat dilakukan dengan praktis melalui website dan aplikasi Airy.   
     
      Masih kurang rekomendasi menu di Surabaya tersebut? Anda tinggal menyiapkan daftar kuliner lain yang ingin dicicipi di Surabaya kok. Jadi tunggu apalagi? Yuk liburan ke Surabaya sekarang!!  



11 komentar:

  1. Deket dengan surabaya, beberapa kali berkunjung ke surabaya, tapi belum satupun dari kelimanya yang pernah saya singgahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak Nanik dicoba, kuliner surabaya mak nyuus lhoo...

      Hapus
  2. kudu mesti cobain nih kalau ke surabaya

    BalasHapus
  3. Ya Allah Mie Kembang Jepun...lap iler ehhhh. Jd pengen ke Surabaya huhuhuhu

    BalasHapus
  4. Kelihatan enaaak semuaa :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  5. terlihat enak sekali satenya, trs itu sirop kemasannya cantik amat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate Ondomohen layak untuk dicoba bagi pecinta kuliner mba

      Hapus
  6. Saya kalau ke Surabaya, yang pingin banget nyobain itu Rujak Cingur, haha... Sirupnya kayaknya menarik untuk dicoba ya, sirup lokal ini. Kuliner Indonesia memang selalu punya rasa yang khas sih di tiap daerah.

    BalasHapus