02 Januari 2018

EKSOTISME BATU FLOWER GARDEN DI WANA WISATA COBAN RAIS



http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eksotisme-batu-flower-garden-di-wana_2.html

Sekarang ini memang destinasi wisata selain untuk dinikmati keindahannya juga harus memiliki satu syarat mutlak yaitu harus ada spot-spot kece-nya untuk ber-selfie ria. Haree geneee....  Spot yang instagramable mah wajib ada. Salah satu tempat wisata yang cucok banget untuk hal ini adalah Batu Flower Garden. Tempat wisata yang tergolong masih baru ini (diresmikan tahun 2016 lalu) terletak di kawasan Coban Rais Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu. Berada pada ketinggian 1000 mdpl.


Berada di tempat wisata ini, mata kita langsung dimanjakan oleh berbagai pepohonan yang hijau dan tanaman yang beraneka warna yang menyejukkan mata. Udaranya yang sejuk dan angin semilir setia menyapa kita selama berada disana.

HARGA TIKET MASUK
Ada 2 harga tiket masuk. Yang pertama saat memasuki area wana wisata Coban Rais. Pengunjung hanya dikenai tarif Rp 10 ribu saja plus biaya parkir motor/mobil. Untuk menuju wana wisata selfie pengunjung mempunyai dua pilihan yaitu jalan kaki atau dengan naik ojek dan membayar Rp 10 ribu juga. Puluhan babang ojek siap mengantarkan kita.

Berikut jarak yang harus diketahui untuk memutuskan apakah mau jalan kaki atau ngojek saja. Kalau aku tentu pilih ngojek saja agar nggak terlalu kecapekan sebelum berselfie ria hehehehe...
Loket – Happy Camp dan ATV = 50m
Loket – Machete Cafe & Battle Ground = 275 m
Loket – E Camp = 300 m
Loket – Camp Ground 6, 7, 8, 9, 10 = 375 m
Loket – Spot Ayunan & Play Ground = 500 m
Loket – Spot I Love You = 600 m
Loket – Spot Sepeda Udara & Hammock = 650 m
Loket – Spot Taman Bunga & Pinus = 800 m
Loket – Air Terjun Coban Rais = 3 km

Untuk masuk ke Wana Wisata Selfie, pengunjung harus membayar Rp 25 ribu. HTM segitu sudah include berfoto di 2 spot foto yaitu LOVE dan FLOWER. Anak dibawah 9 tahun free tiket masuk. Tapi kalau anak-anak tersebut mau berfoto di spot khusus anak-anak akan dikenakan biaya tersendiri. Tiap satu tiket mendapat kesempatan 3 kali pose/pengambilan foto. Para fotografer sudah siap di posnya masing-masing. Di setiap spot sudah disediakan gambar contoh pose yang bisa ditiru oleh pengunjung, atau bebas dengan menggunakan gayanya sendiri.
Sang Fotografer
Nah, satu file foto terbaik yang dipilih oleh pengunjung sendiri akan dikirim ke handphone atau flashdisk milik yang bersangkutan tanpa harus bayar lagi. Jika pengunjung menginginkan lebih dari satu file foto (karena fotonya kece semua) maka tiap satu file foto dikenakan biaya tambahan Rp 5 ribu.

Ada ketentuan lagi untuk pengunjung yang membawa kamera sendiri yaitu untuk kamera DSLR kena charge Rp 15 ribu, Action Cam Rp 10 ribu, dan Drone kena charge Rp 75 ribu.
Tiket yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan lagi lho, dan jangan sampai tiketnya hilang yaa karena kalo tiket hilang bakalan susah saat pengambilan file fotonya, dan tidak akan diproses. Bisa dimaklumi deh kalo ini karena pengunjung begitu banyaknya dan nama file foto disesuaikan dengan tiketnya. Selain itu tiket tidak dapat di refund karena faktor cuaca, hujan atau kabut. Spot yang dipilih tidak dapat ditukar dengan spot yang lain karena faktor personal, misalnya takut ketinggian, anaknya rewel dll.

BERBAGAI SPOT DI BATU FLOWER GARDEN
Disini ada 2 spot utama yaitu Spot Dewasa dan Spot Anak-anak. Untuk spot dewasa selain spot Love dan spot Flower akan dikenai tiket masuk lagi dengan harga yang bervariasi, yaitu : Sopt Ayunan, Spot Pinus, dan spot I Love You membayar Rp 10 ribu. Spot Hammock Garden Rp 15 ribu. Spot Gowes Air, Hammock Tower, Flying Hammock, dan Spider Hammock membayar tiket Rp 20 ribu.
Untuk spot anak-anak seperti spot ayunan mini membayar tiket Rp 10 ribu, Gowes Mini dan Hammock Tower Mini masing-masing Rp 20 ribu. Treetops per tiketnya Rp 35 ribu.

Nah berikut ini Spot Dewasa yang bisa dinikmati dan dijadikan ajang berfoto ria... cekrek...cekrek...upload...

SPOT “LOVE”
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eksotisme-batu-flower-garden-di-wana_2.html



Berupa gardu pandang berbentuk hati/love yang terbuat dari kayu dengan latar belakang hutan dan pepohonan yang hijau. Harus naik tangga dulu untuk menuju ke spot ini. 

SPOT FLOWER
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/eksotisme-batu-flower-garden-di-wana_2.html

Berupa kebun bunga yang cantik berada di atas bukit. Bunga warna warni yang mempercantik penampilan saat berfoto di atas bukit. Ah, jadi ingat lagu lawas “Bukit Berbunga”.

SPOT AYUNAN
Berayun-ayun...
Ada beberapa spot ayunan yang bisa dipakai untuk berfoto. Ada yang menyebutnya sebagai ayunan kaki langit...wuhuuii... Spot ini sekaligus sebagai ajang uji nyali lhoo... Gimana tidak coba? Kita berayun di atas jurang yang dalam dan di atas ketinggian bukit. Sempat kepikiran juga kalau saat berayun terus pegangan lepas dan jatuh gimana doongg.... Ah nggak usah berpikiran gitu, coz sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman yang sudah berstandar kok...


SPOT “I LOVE U”
I Love You


GOWES AIR atau SEPEDA UDARA
Rasakan sensasi gowes di udara di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl... woww...kereenn... Untuk yang fobia ketinggian tidak disarankan mencoba gowes air ini meski sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan.
Gowes yuukk...

HAMMOCK TOWER
Wow...gimana tuh bisa naik sampai ke atas? Tenaanngg.... crew yang sudah berpengalam dari BFG akan siap membantu. Pengunjung nggak perlu khawatir dengan safety saat berada  di Hammock Tower ini karena peralatan yang dipake sudah berstandar internasional.  Di Hammock Tower ini kita bisa santai-santai bergelantungan sembari menikmati view perbukitan yang aduhai...

FLYING HAMMOCK
Rasakan sensasi meluncur di atas ketinggian diantara pohon-pohon cemara dengan flying hammock ini.
Mrs. Ida in action

HAMMOCK GARDEN

SPOT APPLE


SPOT GANTOLE
Spot ini membuat kita seolah-olah punya keahlian menjadi pilot gantole yang dapat terbang dengan Gantole Braw III. Untuk spot ini mensyaratkan tinggi badan minimal 150 cm dan maksimal 185 cm serts berat badan minimal 40 kg dan maksimal 150 kg.
Add caption

Waah, ternyata sudah panjang banget ceritanya. Biar nggak bosen bacanya, untuk review selanjutnya tentang Bukit Flower Garden akan aku posting di postingan selanjutnya yaa...
Apa aja dalam postingan selanjutnya? Ada review tentang spot untuk anak-anak, play ground, ATV, dan sarana lain yang ada di BFG, serta proses pengambilan file foto dan lain-lain yang belum tertulis di postingan ini. Baca cerita selanjutnya DISINI

TIPS PENTING SAAT DI BUKIT FLOWER GARDEN
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh calon pengunjung ketika mau ke BFG ini, yaitu:
  1. Siapkan stok sabar yang banyak yaa... karena antrian yang panjang. Kalau nggak siap ngantri mending nggak usah kesini deh... Kalau nggak mau ngantri panjang bisa disiasati dengan datang awal di BFG.
  2. Siapkan mental untuk dikomentari oleh pengunjung yang lain saat pose di setiap spot.
  3. Pikir-pikir lagi kalau mau bawa bayi, baduta atau batita kesini. Medan yang naik turun dan lokasi antar spot yang agak jauh akan membuat kecapekan yang gendong. Kecuali emang hobinya gendong silahkan aja sih...
  4. Makan dulu sebelum kesini biar nggak kelaperan, kalau perlu bawa bekal makanan dan minuman yang cukup.
  5. Simpan baik-baik tiketnya, jangan sampai hilang.

19 komentar:

  1. Mbak Reniiii.... nyalinya jempolan banget sih... aku liat foto-fotonya aja udah bayangin ngerinya. Apalagi itu di atas spot Love bisa loncat gitu... naik sepeda di atas... huhuhu... ojo ngguyu yo Mbak baca komenku. Hahaha, katrok emang aku nih.
    Btw thanks for sharing. Bermanfaat banget info travelingnya :)

    Oh iyaa... selamat dengan template barunya (maaf baru main sekarang). Makin kece makin profesional. Yeyy!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bernyali karena yakin aman mbaaa...hehehe
      kalo pas loncat emang rada2 ndredeg... hahaha

      Hapus
  2. Coban Rais lagi rame yaaa mbaa.. aku cuma pernah ke coban rondo. Pasti antri ya mba ? Bagus2 viewnya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ramee bangeett...
      harus sabar ngantriii dimana mana padahal sh berangkat agak pagi

      Hapus
  3. Bagian tips yang nomor 2 tuh ujian banget buat saya. Anaknya gak pedean hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuulll... yang pada pacaran foto berduaan aja dikomentari macem-macem... mau dibilangin emaknya lah, ada yg komen "sudah cepetan nikah sono" de el el hahaha

      Hapus
  4. tak save bookmark dulu mba, ih aku pengen kesana ali... duuuhhhh fotonya kece-kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diagendakan mbaa...
      Kece krn ada yg motoin mba ike...hehehe

      Hapus
  5. Keren tempatnya. Mupeng! Tak bookmark ah. Tiket2nya juga gak mahal banget. Seru nih kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget mbaa...apalagi kalo perginya rame rame

      Hapus
  6. Hwaaaa mupeengggg

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulunya pas liat foto2 temanku aku juga mupeng mbaa...

      Hapus
  7. Mayan juga ya 10rb 15rb 20rb ditotal2 banyak hehehe.. mingdep mau ke batu.. coba ini disave dulu. Tfs mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semua spot dijabanin lumayan juga mba...belum lagi kalo foto2 nya kece semua dan sayang kalau gak "ditebus" hehehe

      Hapus
  8. Menarik nih. Coban Rais termasuk naik daun dicari orang banyak tahun ini. Tapi dari parkir ke spot wisatanya mesti naik ojek ya, Mbak? Apakah nggak ada shuttle car atau memang jalannya tidak muat untuk kendaraan roda empat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik ojek nggak harus kok mba...bisa jalan kaki hehehe...Shuttle car sampai saat saya.kesana msh blm ada mbak...jalannya sempit mba... mungkin dg ojek itu utk pemberdayaan masyarakat sekitar mba

      Hapus
  9. Aku pernah kesini ketika baru diresmikan. Belum banyak wahana. Bunga juga masih dalam proses penanaman. Aih sekarang makin cantik aja Batu Flower Garden.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba skt sdh semakin banyak wahana nya bahkan pas saya kesana msh ada juga wahana2 baru yg masih dlm tahap pengerjaan

      Hapus
    2. Iya mba skt sdh semakin banyak wahana nya bahkan pas saya kesana msh ada juga wahana2 baru yg masih dlm tahap pengerjaan

      Hapus