21 Januari 2018

MENIKMATI SEJUKNYA HUTAN KOTA TRENGGALEK

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Gerbang HUKO

Kalau bicara tentang hutan, biasanya nih benak kita langsung melayang pada suatu daerah yang jauh dari pusat kota. Tapi tidak untuk hutan yang satu ini. Terletak di kawasan Gunung Jaas di Desa Ngantru Kecamatan Trenggalek, sekitar 500 meter dari pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek, HUKO (begitu biasanya disebut) menawarkan alternatif wisata alam di Kota Trenggalek.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

Kita bisa menikmati udara yang sejuk, view yang masih alami dan hijaunya hutan di tengah kota. Berbagai tanaman seperti akasia, alba, sawo kecik, mertega, kayumanis dan nogosari dapat kita temukan disini. Bahkan di tahun 2016 yang lalu Bapak Bupati Trenggalek Emil Dardak Elestianto yang kini mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur Jatim mengadopsi satu pohon. Waktu itu aku sempat memfoto pohonnya hehehe
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Pohon adopsi Bapak Emil Dardak
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Kakak dan adik menyusuri huko
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

Kita bisa berjalan santai menyusuri jalan setapak yang sudah dipaving. Jalan menuju puncak Gunung Jaas lumayan jauh lhoo... Jadi kalau nggak kuat jalan kaki mending menyewa kuda aja. Setiap mudik ke Trenggalek aku selalu mengajak anak-anak ke Hutan Kota ini yang merupakan hutan kota terluas se propinsi Jawa Timur untuk tingkat kabupaten.

Baca juga : CARRIBEAN WATERPARK ALIAS JAAS WATERPARK

ADA APA SAJA DI HUKO?
Selain menikmati wana wisata yang gratis alias nggak usah bayar untuk masuk kesini, pengunjung dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada. Namun beberapa diantaranya ada yang bayar lhoo...ya wajarlah mosok maunya yang gratisan terus...

Berikut ini fasilitas yang ada di Hutan Kota Ternggalek:
   GAZEBO
gazebo untuk bersantai menikmati suasana hutan yang masih khas dan alami pegunungan ini.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

   ANEKA SATWA
baik yang dipelihara di kandangnya maupun lepas bebas di hutan. Belum banyak sih satwa yang ada disini, semoga Pemda segera menambah koleksi satwa di huko ini.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Athiyah bersama Mbah Kakung dan Mbah Putri melihat hewan di HUKO

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

   PERSEWAAN KUDA
Meski jumlahnya masih sangat terbatas, lumayanlah untuk mengurangi pegel-pegel di kaki saat menyusuri huko. Namun persewaan kudanya hanya sampai siang aja. Saat kami kesana pertama kali masih pagi sehingga kudanya masih ada. Tapi pas kita kesana agak sorean eh kudanya sudah diajak pulang. Coba nanya ke ibu-ibu yang jualan jajan disana katanya kalau Jumat kudanya libur...eh ada hari liburnya juga tuh kuda...hehehe...

   SARANA OUTBOUND
Ada beberapa sarana outbound yang gratis. Seperti ini nih...tapi selain bisa digunakan untuk outbound dan juga uji nyali...eh..uji ketangkasan dan uji adrenalin bisa juga digunakan untuk selfie selfie hihihi...Beberapa anak muda memanfaatkannya untuk itu. Tapi kalau untuk anak-anak macam Athiyah nih ya dipake outbound beneran.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

Uji adrenalin bisa juga dengan ber flying fox ria dengan membayar Rp 20  ribu.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Flying fox

   PERSEWAAN ATV
Dengan membayar sewa Rp 20 ribu untuk 20 menit ATV sudah bisa kita kendarai untuk berkeliling menyusuri HUKO.

   STAND MAKANAN 
      Penjual makanan yang murah meriah seperti opak sambel, cenil, nasi thiwul, nasi pecel, kecak, snack anak-anak dan minuman kemasan.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html


   REST AREA
Rest areanya cukup nyaman buat selonjoran, asal nggak berjubel aja orangnya  J
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html

   HAMMOCK
Kita bisa bersantai sambil berayun-ayun menikmati suasana hutan yang sejuk dan asri, sambil melihat-lihat pengunjung lain yang sedang outbound.
http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html


    TOILET

Biasanya aku sama anak-anak naik sepeda motor kesini. Sebelum atau sesudah berenang di Jaas Waterpark pastilah mampir ke Huko ini. Namun, sayang aku belum pernah mendaki sampai puncak Gunung Jaas, padahal penasaran banget. Cuma karena jalan menuju puncak Gunung Jaas cukup menguji nyali dan adrenalin kita. Menurut informasi yang saya dapat jalannya cukup terjal dan berliku dan di kanan kirinya banyak batu cadas. Mungkin nanti ya kalau Athiyah sudah lebih besar. Penasaran banget dengan cerita kalau dari Puncak Gunung Jaas kita bisa melihat pemandangan kota Trenggalek yang memiliki luas lebih dari 1200 kilometer persegi ini. Selain itu dapat pula menikmati sunrise atau sunset.

Setelah berkeliling di Huko kita bisa mampir di Warung Bu Darmi untuk mengisi perut yang kosong. Ada beberapa menu yang dapat menggoyang lidah pengunjung seperti nasi pecel lengkap dengan lauknya, bisa pilih telor, ayam gorang, lele goreng, pindang, tahu tempe, gimbal jagung, sate kerang dan masih banyak lagi. Ada juga menu pindangan khas Ponorogo, jajan tradisional lengkap dengan gorengannya ada disini. Warung Bu Darmi ini berada di sebelah kiri gapura Huko dekat dengan patung jago Jaas.

Sebagai warga asli Trenggalek (meski sekarang nggak tinggal di Trenggalek) tentu bangga dong kalau kota kelahiranku ini terus berbenah. Banyak potensi wisata di Kabupaten Trenggalek yang harus dikembangkan. Salah satunya ya HUKO ini. Harapan besar kami tentu HUKO ini selain sebagai jantung kota Trenggalek yang menyuplai oksigen tiap hari, juga sebagai destinasi wisata bagi warga Trenggalek sendiri maupun masyarakat di luar Trenggalek. Untuk itu keberadaan HUKO perlu terus dikembangkan, dikelola dengan profesional dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang jauh lebih baik sehingga suatu saat dapat menarik wisatawan mancanegara dan dengan demikian akan menghasilkan devisa bagi Kota Trenggalek.

Ini Mbah Kakung dan Mbah Putri juga ikut menikmati pagi di HUKO setelah senam bersama teman-temannya.

http://www.renidwiastuti.com/2018/01/menikmati-sejuknya-hutan-kota-trenggalek.html
Mbah Kakung dan Mbah Putri

13 komentar:

  1. Kenapa ya tempat wisatanya disebut HUKO? Bapak Emil Dardak ya Bupati Trenggalek nya? Wah makin teratur aja ya sarana dan fasilitasnya. Toiletnya bersih banget..Mau main Hammock jadinya, outbond yang masih sederhana tapi pasti banyak peminatnya terutama anak-anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HUKO kepanjangan dari Hutan Kota mba...
      iya pak Emil tapi sekarang kan nyalon jadi wagub Jatim

      Hapus
  2. Sy lebih demen tempat wisata begini daripada mall. Alhamdulillah ya di sana ada huko yang dikelola dengan baik. Smg pengunjungnya juga ikut merawat dan menjaga kebersihan. Sedih klo bnyk yg buang sampah sembarangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yang harus diperhatikan juga, kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan disini

      Hapus
  3. Ini lokasinya sama bukit jaas waterpark itu kemana mbak? Di pinggir jalan raya juga kah? Sering lewat trenggalek klo pas mudik ke Klaten. Bisa nih jadi tempat buat istirahat sejenak kalau lokasinya nggak terlalu jauh dari jalan raya trenggalek-ponorogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari arah kota lokasinya sebelum Jaas Waterpark mbak...sebelah kanan jalan ada papan dari tembok bertuliskan Wana Wisata Trenggalek seperti yang ada di foto di atas itu masuk, sebelah kanan jalan

      Hapus
  4. Lagi nyari tempat wisata buat anak alami dan ada satwa langkanya, kayaknya tempat ini bisa jadi rekomendasi

    BalasHapus
  5. keren yak tempatnya. tempatnya bisa mengedukasi anak-anak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih mbak, anak-anak senang disini

      Hapus
  6. Wahhh,, asri banget yaa... pasti seru kalau berkunjung kesana..

    BalasHapus
  7. Wahh,, ada arena outbond juga yaa.. Ajakin adek pasti seru..

    BalasHapus
  8. Keren banget bu.. Jangan lupa maen ke blog ane juga ya

    BalasHapus