24 Maret 2018

LAUNCHING ALBUM PERDANA SEKOLAH AL UMMAH GRESIK



http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html

Hayoo...siapa yang anaknya sudah hapal dengan lagu Jaran Goyang, Bojo Galak atau Sayang? Secara lagu-lagu itu sering banget terdengar dimana-mana. 

Wuiiihhh... Bangga nggak sih kalau anak-anak sudah hapal lagu-lagu orang dewasa? Kalau saya sih ENGGAK!!! (Capslock dan tanda seru tiga biji), nggak tahu kalo Mas Anang Anda?

Ada juga lho orangtua yang bangga bila anaknya hapal di luar kepala menyanyikan lagu-lagu dewasa lengkap titik komanya, apalagi kalau anaknya bisa lolos seleksi ajang olah vokal yang di televisi.
Tanpa mereka sadari justru “kepintaran” anak-anak menyanyikan lagu-lagu dewasa justru akan menghilangkan keceriaan masa bocahnya, dia akan dikarbit untuk menjadi “lebih cepat dewasa”, bahkan dipaksa untuk menjadi pribadi yang lain (saat harus tampil menggunakan “kostum” dewasa sesuai lagunya).

Prihatin kan? Bangeeet...

Emang mereka paham dengan isi lagu yang mereka nyanyikan? Saya yakin TIDAK.
Sungguh ini merupakan dampak buruk bagi kondisi psikologisnya, dan tidak bisa disangkal lagi hal ini tentu mempengaruhi tumbuh kembangnya. Belum lagi masalah perkembangan moralnya, karena lagu-lagu dewasa pada umumnya bertemakan percintaan, pacaran, selingkuh, patah hati, dan tidak sedikit lagu yang isinya vulgar atau bertema seksual. 

Ingat lho, pada tahap ini otak anak menyerap informasi bagaikan spon yang menyerap air, begitu cepat mereka pun akan menyerap lirik-lirik lagu dewasa itu. Terus, bagaimana kalau sudah terlanjur? Menurut saya lebih baik tidak melarang secara frontal, namun berusahalah untuk mengalihkannya secara perlahan-lahan dari lagu-lagu yang tidak ada muatan edukasinya.

BACA JUGA : FUN OUTBOUND TKIT AL UMMAH DI JOGLO PARK

BAGAIMANA SEHARUSNYA LAGU ANAK-ANAK ITU?

Untuk lagu anak-anak, tentunya pilihlah jenis musik yang sesuai untuk tumbuh kembangnya, misalnya dengan melodi yang sederhana sehingga gampang ditirukan, plihan lirik yang penuh dengan muatan-muatan positif dan membangun dengan pilihan kata yang sederhana, mudah dipahami, dekat dengan kesehariannya, serta konsep-konsep yang nyata seperti pertemanan, keceriaan, semangat belajar, dan lain-lain.

Nah, berkaitan dengan kondisi tersebut di atas, dimana lagu-lagu anak yang berkualitas semakin terpinggirkan dan kurang mendapat tempat di hati anak-anak, maka Sekolah Al Ummah Gresik melaunching Album Perdana lagu anak-anak. Album Kompilasi Lagu Tema ini juga sekaligus sebagai Kado terindah untuk Kabupaten Gresik yang merayakan ulang tahunnya ke-531.

Acara yang bertempat di halaman Kompleks KBIT – TKIT Al Ummah di Jalan Tanjung Wira VI No. 44 GKB ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Bapak Dr. H. M. Kosim, M.Si., Camat Manyar Bapak Abdul Hakam, Polsek Manyar, Kepala Desa Yosowilangun Ibu Irianti, Pimpinan JSIT, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Manyar, IGTKI dan masih banyak lagi.

http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
Para tamu undangan
Acara Launching Album ini diawali dengan dengan acara hiburan yang menampilkan kebolehan anak-anak dalam menyanyi, menari, angklung dan tarjim. Selalu ada rasa haru menyaksikan mereka tampil. Ada pula tingkah polos dan lucu sehingga hadirin terpingkal dibuatnya. 
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
Beberapa tampilan anak-anak
Athiyah juga ikutan tampil dalam acara ini. Bersama dengan keempat temannya Qonita, Ayra, Hana dan Muti membawakan gerak dan lagu Ci Luk Baa...
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
Athiyah dan kawan-kawannya
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
Sebelum naik panggung, Muti belum datang
Setelah acara hiburan usai, acara inti pun langsung dimulai. Diawali dengan alunan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Al Ummah Bapak Ir. H. M. Rusli, MMT. Beliau menyampaikan bahwa setiap anak memiliki bakat yang terpendam, salah satunya adalah menyanyi. Untuk mengetahui bakatnya itu merupakan tugas orangtua dan guru. Ada 4E yang bisa dilakukan untuk mendeteksi bakat dari anak-anak kita, yaitu: Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn.

Enjoy, amati dan temukan segala hal yang dilakukan anak dengan nyaman.
Easy, anak dapat melakukan kegiatan tersebut dengan mudah.
Excellent, temukan aktivitas anak yang menunjukkan hasil di atas rata-rata.
Earn, cari bakat anak-anak kita yang bermanfaat bagi orang lain.
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
Ketua Yayasan Al Ummah
Sebelum menyampaikan sambutannya, wakil bupati Gresik ini mengajak seluruh hadirin untuk menyanyikan lagu Disini Senang, bagi-bagi hadiah buat para peserta yang bersedia menjawab pertanyaannya dengan benar. Dalam sambutannya Pak Wabup  menyampaikan bahwa anak-anak di sekolah ini harus mendapatkan “menu” sesuai dengan potensi yang ada dalam dirinya. Rasululullah SAW berkata bahwa Allah SWT telah menyiapkan sebuah kamar yang sangat istimewa di surga bagi mereka yang mencintai anak-anak.

Anak-anak yang lahir telah dibekali 100 milyar sel otak oleh Allah SWT, maka setiap anak adalah genius. Menilik teori Multiple Intelligence dari Howard Gardner, setiap anak dikaruniai berbagai jenis kecerdasan yang luar biasa. Tidak ada anak yang bodoh. Tidak perlu juga memaksa anak untuk menekuni bidang yang tidak dia suka. Kita buat anak-anak belajar dalam suasana yang menyenangkan.

Melalui musik potensi anak-anak dapat berkembang dengan baik, dengan musik anak merasa enjoy dan senang. Ketika anak dalam kondisi senang maka ia akan merasa rileks, memorinya akan bekerja secara maksimal sehingga pesan-pesan yang masuk dapat diterima dengan sempurna. Melalui musik kreativitas akan berkembang dengan baik. 

Tiba saatnya launching album I Al Ummah, Wakil Bupati Gresik dua periode ini pun mengucapkan selamat atas lahirnya album ini. Beliau juga membagikan DVD Album Perdana ini kepada beberapa penonton yang beruntung. Dilanjutkan dengan penandatanganan dan pemukulan gong tanda dilaunching-nya album ini, foto bersama dan menyanyi bersama anak-anak lagu Gresik Kotaku.
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html

Di akhir acara seluruh ustdzah dan staf Sekolah Al Ummah Gresik yang meliputi BATITA, KBIT, TKIT dan TAAS (Taman Asuh Anak Sholeh) foto bersama Bapak Wabup.
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
 
Eh ini ada warga Sekolah Al Ummah yang turut bangga atas launchingnya album perdana ini. Selamat ya buat Sekolah Al Ummah, semoga menjadi institusi terdepan dalam membangun generasi Rabbani.
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html
 
Jangan lupa beli DVD nya yaaa
Album 1 Al Ummah ini berisi 11 lagu yang merupakan lagu tema dalam pembelajaran. Semua lagu dalam DVD ini merupakan karya dari Ustadzah Arum Wardati, SP yang memiliki talenta musikal yang luar biasa. Two thumbs up buat Ustadzah Arum, proud of you...

Diaransemen oleh Nahary A., vokal oleh 11 siswa-siswi TKIT Al Ummah dengan mengambil beberapa lokasi syuting antara lain di Sekolah Al Ummah, Tugu Selamat Datang Gresik, Kantor Pemkab Gresik, Taman Bundaran GKB, Kebun Sayur SMPIT Al Ibrah, Kantor Kotak Amal Indonesia Gresik dan di rumah beberapa siswa. Semua lagu direkam oleh PIC Music Sudio, sound enginering oleh Endik dan Dwi.
Sekali lagi SELAMAT buat sekolah Al Ummah dan seluruh pihak yang terlibat hingga sukses dilaunchingnya album ini. Ditunggu album-album berikutnya untuk memperkaya khasanah lagu anak-anak Indonesia yang berkualitas.
http://www.renidwiastuti.com/2018/03/launching-album-perdana-sekolah-al.html

1 komentar:

  1. Asiikk! Akhirnya ada juga lagu yang memang untuk anak-anak

    BalasHapus