04 Mei 2018

Belajar Tanpa Batas Bersama Skype-a-Thon

Pendidikan merupakan topik yang hangat untuk diperbincangkan, termasuk di dalamnya proses belajar mengajar antara guru dengan siswa didiknya. Metode pembelajaran pun semakin bervariasi dan semakin banyak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di era milenial ini memang sudah seharusnya pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih baik.

Di era yang serba digital ini pembelajaran pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai inovasi. Tidak hanya tatap muka di dalam kelas, tapi bisa tatap muka dengan kelas lain di seluruh dunia. Siswa bisa komunikasi dan belajar dari guru di seluruh belahan dunia secara real-time. Untuk itu perlu disediakan koneksi internet, web camera, microphone serta sebuah aplikasi bernama Skype.
Skype dapat digunakan sebagai media pembelajaran terutama pembelajaran jarak jauh. Skype sangat memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara audio dan visual sekaligus. Baik guru, narasumber, ataupun expert dan siswa bisa saling bertatap muka walaupun tidak berada pada ruang kelas yang sama.

Microsoft sebagai perusahaan terdepan dalam bidang perangkat selalu berupaya untuk memberdayakan setiap individu dan organisasi di seluruh dunia, termasuk dalam bidang pendidikan.
Skype-a-Thon merupakan program dari Microsoft yang bertujuan untuk menghubungkan ruang kelas dari berbagai negara di seluruh dunia. Dengan jargonnya Skype-a-Thon: Connecting Classrooms to Change the World, Microsoft ingin menunjukkan kepada khalayak bagaimana teknologi bisa meningkatkan pengalaman belajar.

Skype-a-Thon diharapkan dapat mendorong terjadinya proses belajar mengajar tanpa batas ruang dan waktu. Jadi ketika guru dan siswa melakukan proses pembelajaran di kelas bisa langsung melibatkan pembicara dari kota lain bahkan dari negara lain di seluruh dunia. Mereka bisa berdiskusi aktif lintas kota bahkan lintas negara dengan tetap berada di ruangan kelas.

Bayangin aja nih, para siswa bisa berdiskusi dengan para ahli biologi, fisika, sosiologi, ekonom dan expert lain dalam bidang yang berbeda dari berbagai negara menggunakan Skype-a-Thon ini, wow kereeenn....

Tentu harapannya melalui Skype-a-Thon ini siswa dan guru dapat mengalami proses belajar yang atraktif, menarik serta menyenangkan, siswa dapat memahami materi dengan lebih efektif dan menghadirkan pengalaman belajar yang berbeda.

DAFTAR AKTIFITAS SKYPE-A-THON
Ada berbagai daftar aktifitas di Skype-a-Thon ini, para guru bebas memilih topik yang akan digunakan sebagai materi pembelajaran di kelas. Tentunya tetap pada koridor kompetensi yang akan dicapai.

Daftar aktifitas di dalam Skype-a-Thon antara lain:
VIRTUAL FIELD TRIPS
Siswa dan guru dapat menemukan ratusan petualangan virtual yang menyenangkan. Guru bisa mengajak siswanya untuk mengikuti petualangan ke seluruh dunia tanpa meninggalkan kelas dan menemui para ahli yang sedang berada di lapangan di seluruh dunia.

SKYPE LESSON
Siswa dan guru belajar bersama para ahli secara langsung untuk membahas topik atau tema tertentu.

SKYPE COLLABORATIONS
Para guru dari seluruh dunia bisa saling terhubung untuk berkolaborasi melaksanakan proyek pembelajaran tertentu. Misalnya, saat guru mengajar tentang sistem pernafasan, guru bisa menggunakan skype dengan kelas lain secara langsung yang sedang membahas tentang pernafasan.

MYSTERY SKYPE
Di sini siswa bisa bermain tebak-tebakan yang dapat memberikan pembelajaran kepada siswa tentang geografi, budaya, tentang persamaan dan perbedaan, juga tentang seluk beluk kehidupan anak-anak di seluruh dunia. Guru juga bisa menemukan kelas guest teacher untuk bermain Mysteri Skype.

GUEST SPEAKERS
Ada ratusan relawan pembicara tamu dari seluruh dunia yang ahli dalam berbagai mata pelajaran.
Dari lima daftar aktifitas tersebut terdapat ribuan aktifitas yang bisa dieksplore oleh guru dan siswa untuk memperkaya pembelajaran.

Untuk memanfaatkan Skype-a-Thon ini harus register lebih dulu dengan mengisi Microsoft Form yang meminta data kita seperti nama, email, benua, negara, dan jumlah siswa yang ikut berpartisipasi dalam ruang kelas.

EDUCATOR 4.0 : Create the World of Tomorrow in your Classroom
Educator 4.0 merupakan istilah yang digunakan para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara dalam mengintegrasikan teknologi cyber dalam pembelajaran.  Belajar tidak hanya hanya terbatas pada kelas secara fisik. Ruang kelas online turut memfasilitasi pembelajaran dengan berbagai cara.

Educator 4.0 menjadi peluang sekaligus tantangan bagi sekolah yang siap menembus masa depan. Sekolah harus berupaya dan menyiapkan diri memasuki babak baru dunia pendidikan yang berubah sangat cepat.

Semoga semakin banyak sekolah di Indonesia yang dapat memanfaatkan ­Skype in the Classroom ini.
Sekolahku kapan yaa...


Referensi :

https://education.microsoft.com
https://eduaksi.com

1 komentar:

  1. Skype in the classroom, keren mba. Jadi murid-murid nggak bosan dengan sistem belajar di sekolah yang referensinya cuma buku tebal aja.

    BalasHapus