24 Agustus 2018

Cooking Class "Basic bento" By Wajah Bunda Indonesia (WBI) and Claris Homeware

Apa sih biasanya yang dilakukan para bunda kalau sedang kumpul-kumpul bareng?

Arisan? Masak-masak? Sharing pengalaman? Sekedar nongki-nongki asyik lalu foto-foto untuk diupload di medsos? Atau.... malah nggosipin orang? Naudzubillah deh untuk yang terakhir itu.

Nah, beberapa waktu yang lalu masih di bulan Agustus, bertempat di Tanak Melayu Cafe and Resto di Jalan Ngagel No. 77-J Wonokromo Surabaya para bunda cantik sedang berkumpul, sampai full lho cafe yang di lantai 2. Rameee....

Emang mereka pada ngapain?
Yuuk ikutin terus liputannya (berlagak wartawan jadinya J)


Bunda-bunda yang tergabung dalam Komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI) Jatim sedang mengikuti sebuah event yang diselenggarakan oleh WBI Jatim bekerjasama dengan Claris Homeware, produsen produk-produk peralatan rumah tangga berbahan plastik  dengan kualitas tinggi sehingga aman digunakan dalam keseharian. Kerjasama tersebut bertajuk “Cooking Class, Classic Bento”
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Mas Tony dari Claris dan Bunda Viera dari WBI Jatim
Acara dimulai dengan perkenalan singkat tentang Komunitas Wajah Bunda Indonesia Jatim yang diwakili oleh Admin WBI Jatim Bunda Saviera Yudha Mustika. Event kali ini dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama disampaikan oleh Mas Tony dari Claris Homeware, yang menjelaskan berbagai informasi penting seputar peralatan rumah tangga berbahan plastik. Bunda-Bunda pun nampak antusias dengan penjelasannya.
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Para bunda antusias mendengarkan penjelasan dari pihak Claris

Keunggulan Alat Rumah Tangga Berbahan Plastik

Kalau disuruh milih, para bunda pilih alat rumah tangga berbahan plastik, kaca, stainless steel, logam atau keramik? Pastinya nggak sedikit para bunda yang lebih suka yang berbahan plastik asal harus cerdas memilih dari bahan yang aman dan berkualitas.

Ada beberapa keunggulan alat rumah tangga berbahan plastik, yaitu:

1. Tahan lama.
Mau digimana-gimanain bahan dari plastik tahan terhadap karat, rayap dan jamur. Selain itu ringan dan tidak mudah pecah saat jatuh. Jadi nggak was-was kaan... fleksibel dibawa kemana-mana.

2. Lebih ekonomis
Homeware dari bahan plastik mudah sekali didapatkan, mulai dari kaki lima hingga mall pun ada. Harganya pun lebih miring daripada peralatan dari bahan lainnya. Jenisnya pun sangat beragam. Contoh aja Claris homeware  ini, produk-produknya dapat memenuhi semua kebutuhan rumah tangga mulai dari ruang dapur, kamar mandi, ruang makan, ruang tidur, ruang bermain anak, hingga ruang terbuka baik di teras maupun di taman.

3. Warna yang cantik dan menarik

Peralatan dari bahan plastik memiliki variasi warna sehingga kita tidak mudah bosan saat memakainya. Para bunda bisa memilih sesuai warna favorit masing-masing anggota keluarga. Warna-warna produk Claris juga eye-cathcing banget, ada  biru, hijau, magenta dan oranye/jingga. Warna pada sebuah produk akan mempengaruhi mood yang memakai juga lhoo...

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Beberapa produk Claris yang berkualitas

Pentingnya Memahami Kode Angka Pada Wadah Berbahan Plastik
Pihak Claris juga mengedukasi para bunda dengan menjelaskan pentingnya memperhatikan kode angka yang tertera pada wadah plastik. Ternyata kode tersebut memuat informasi mengenai jenis, bahan, cara pembuatan dan dampaknya. Kode tersebut berupa angka 1 – 7 yang dikelilingi tiga anak panah yang membentuk segitiga serta nama jenis plastik di bawah segitiga tersebut.

Kode angka 1 : PETE/PET (Polyethilene Terephthalate)
Aman digunakan untuk satu kali pakai. Kemasan plastik ini berwarna bening, halus, tidak mudah pecah. Cocok untuk air mineral, minuman berkarbonasi, jus, saus, dll. Bila botol ini digunakan berulang bisa berbahaya karena terbuat dari PETE yang bisa luntur dan larut ke dalam minuman.

Kode angka 2 : HDPE (High Density Polyethilene)
Aman digunakan untuk satu kali pakai. Bahan HDPE memiliki ketahanan kimia yang baik, sehingga cocok untuk botol susu, jus, sampo, detergen.

Kode angka 3 : PVC (Polyvinyl Chloride)
Tidak diperbolehkan sebagai tempat makanan atau minuman karena PVC dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius, bisa terpapar timbal, timah dan zat beracun lainnya. PVC yang sifatnya kuat dan tahan cuaca cocok untuk membuat pipa, dinding, dll

Kode angka 4 : LDPE (Low Density Polyethilene)
Plastik yang fleksibel dan transparan cocok untuk pembungkus roti, makanan beku, produk segar, cling wrap,tas kresek,pelapis kertas karton susu. Lebih baik digunakan pada suhu di bawah 60 derajat celcius.

Kode angka 5 : PP (Polypropelene)
Merupakan jenis plastik yang sangat aman untuk menyimpan makanan atau minuman meski harus digunakan secara berulang, bahkan aman juga ketika dipanaskan dalam microwave.

Kode angka 6 : PS (Polystyrene)
Tidak disarankan untuk wadah makanan atau minuman karena PS mengandung bahan beracun yang dapat mengakibatkan kerusakan sistem syaraf, kanker maupun masalah kesehatan yang lain. Bahan ini sulit didaur ulang.

Kode angka 7 : O (Other)
Artinya wadah dengan label ini tidak terbuat dari keenam bahan di atas. Ada 4 jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini, yaitu SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate), dan nylon. Sebaiknya dihindari untuk wadah makanan atau minuman karena dapat berefek pada gangguan kesehatan.

Bagaimana dengan Claris Homeware?

Berbagai macam produk Claris terutama yang berkaitan dengan wadah makanan dan minuman akan selalu kita temukan kode 5:PP, itu artinya produk Claris sangat aman untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Selain itu, juga terdapat keterangan bahwa produk Claris memiliki label BPA-Free. Hal ini berarti produk Claris aman digunakan meski terkena suhu panas karena senyawa BPA (Bisphenol-A) yang ada dalam wadah plastik tidak akan mudah larut dalam makanan atau minuman.
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html

Perlukah di rumah ada beberapa talenan?

Tidak hanya itu, para bunda juga mendapatkan informasi tentang talenan. Mosok sih talenan aja dibahas disini? Eits... jangan salah bunda, ternyata masalah talenan ini juga tak kalah pentingnya lhoo. Coba simak baik-baik nih...

Talenan yang digunakan bunda memasak di dapur sebaiknya lebih dari satu agar bisa dipisahkan penggunaannya berdasarkan bahan makanan yang diolah, yaitu:
  1. Talenan khusus untuk ayam dan unggas, dipisahkan untuk mengurangi penyebaran bakteri salmonela.
  2. Talenan khusus buah-buahan. Karena buah biasanya langsung dimakan, sebaiknya dipisahkan agar tidak terkontaminasi langsung dengan bakteri.
  3. Talenan khusus bahan-bahan mentah lainnya seperti daging, sayuran dan ikan.

Ribet? Kelihatannya sih? Tapi itu semua demi kesehatan dan kebersihan keluarga tercinta. Selama ini talenan di rumah cuma satu hihihi...#tutupmuka. Cuuss deh beli talenan di Claris Store...

Belanja Lebih Murah, Cepat dan Nggak Ribet Di Web Store Claris

Sambil tiduran santai di rumah, dengan memakai baju kebesaran para bunda (baca daster) kita bisa lho belanja produk-produk Claris. Kok bisa sih? Iya lah...haree geneee...

Langsung aja ambil smartphone, ketik www.claris-store.com. Jangan lupa registrasi dulu dengan mengisi data yang diminta. Pilih aja produk yang diinginkan, disana sudah tertera gambar produk lengkap dengan harganya. Lakukan pembayaran, lalu tunggu barang datang.

Pembayaran dengan metode bank transfer BCA, Bank Mandiri, Permata Bank. Untuk pengiriman bisa memilih mau pakai JNE, Gojek atau J&T.
Gampang banget kaan...

Cara Menjadi Claris Cool Agent
Claris sebagai perusahaan brand di bawah naungan PT Kirana Pasific Luas yang berdiri sejak tahun 1996 ini juga memberikan kesempatan yang luas untuk menjadi agen Claris atau biasa disebut Claris Cool Agent.

Caranya sangat gampang, hanya dengan membayar biaya komitmen sebesar Rp 300 ribu maka akan mendapatkan stater kit berupa 1 buah rak display, branding tool, X-Banner dan paket produk Claris dengan total nila Rp 750 ribu.

Wah, ini kesempatan emas bagi para bunda untuk menambah uang belanja. Dengan modal sedikit tapi dapetnya banyak. Yaa kaan...itung-itung latihan bisnis juga kaann...

Cooking Class "Basic Bento"

Memasuki sesi kedua, bunda-bunda diajak membuat kreasi bento. Sudah pada tahu kan apa itu bento? Tapi sudah pernah bikin belum? (Nanya pada diri sendiri J)
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Siap menyimak materi kreasi bento
Bento yang sangat populer di Jepang ini mengandalkan kemahiran bunda dalam menyusun isinya seperti nasi, lauk dan sayuran. Bento sendiri artinya bekal makanan, biasanya dikemas untuk satu porsi saja. Ciri khas dari bento sendiri terletak pada pengaturan yang ciamik dan cantik dengan warna yang membuat mata menari-nari sehingga menggugah selera makan.

Membuat bento memang banyak pernak-perniknya, dan satu lagi kuncinya : harus telaten dan sabar. Seperti para bunda di acara ini dengan sabar mengikuti arahanstep by step oleh Bunda Ermin dari Komunitas Langsung Enak.

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Bunda-bunda sedang serius membuat bento

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Meski waktu menjelang malam tetep aja semangat

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Bunda Ermin dengan telaten membimbing para bunda

Setelah memakan waktu sampai 2 jam lebih, para bunda cantik pun berhasil menyelesaikan kreasi bento nya. Waah, cakep-cakep hasilnya...taraaaa...
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Karya bento para bunda cantik-cantik nih

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Ini karya siapa yaa? Ssstt...ini karya Bunda Ermin dari LE

Wah seneng kan lihat hasil kreasi bento sendiri. Puas banget kan... meski bikinnya lama dan butuh ketelatenan tingkat tinggi serta kreativitas agar bento nampak menarik dengan rasa yang lezat tentunya. Siap dipraktekkan di rumah nih para bunda, terutama untuk bekal ananda tercinta atau suami tersayang.

Claris Bertabur Hadiah

Setelah selesai membuat kreasi bento, para bunda pun dinner bersama. Lalu acara terakhir yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pembagian doorprize buat para bunda yang hadir di acara ini.

Bener deh, nggak rugi lho ikut acaranya Komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI) ini. Selain dapat ilmu banyak, dapat hadiah pula. Rugi banget deh kalau nggak datang. Claris pun tak tanggung-tanggung dalam memberikan hadiah, kata Claris “Apa sih yang enggak buat bunda-bunda Indonesia...”

http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Sebagian peserta peraih doorprize
Rejeki nomplok buat saya juga yang kali ini beruntung dalam IG Competition, hadiahnya gedhe banget....
Terima kasih Claris
http://www.renidwiastuti.com/2018/08/cooking-class-basic-bento-by-wajah.html
Rejeki...rejeki...

Tentang Wajah Bunda Indonesia (WBI)

Wajah Bunda Indonesia (WBI) merupakan sebuah komunitas yang beranggotakan para perempuan, baik yang lajang maupun yang sudah menikah. Rata-rata anggota WBI berusia antara 25 tahun – 45 tahun. Mereka pun dari beragam profesi maupun para ibu rumah tangga.

Didirikan oleh Bunda Fiki Maulani Kursidi pada tanggal 27 April 2012. Komunitas WBI sering banget mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif yang bertujuan meng-upgrade wawasan para anggotanya, meningkatkan skill dalam berbagai bidang dan menambah luas jaringan silaturahmi antar anggotanya.

Member WBI selalu bertambah dari tahun ke tahun. Semakin banyak para bunda (sebutan untuk anggota WBI) yang tertarik untuk bergabung. Perwakilan WBI pun ada di berbagai daerah termasuk di Jawa Timur. WBI Jawa Timur termasuk aktif dalam menggelar event, salah satunya acara di atas. Dan akan masih banyak lagi event-event berikutnya.

Ingin bergabung dengan WBI?

Caranya gampang banget, Like fanpage-nya, follow instagramnya @wajahbundaind lalu DM dan selanjutnya akan dimasukkan dalam grup WA.

       Yuuk bergabung dengan WBI...

1 komentar:

  1. alhamdulilah dapat hadiah. harus gabung dengan WBi ya biar jadi bunda yang makin disayangs ama anaknya. hehehe

    pingin belajar ngebento juga. biar si kecil rajin bonto dari rumah

    BalasHapus