06 Agustus 2018

Menikmati Indahnya Matahari Pagi di Bukit Panguk Kediwung


Yogyakarta...
Kota yang selalu kami rindukan untuk datang kesana. Daya magisnya sebagai kota wisata selalu menarik hati para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Apalagi bagi para insan yang punya berjuta kenangan di kota Gudeg ini, pastilah ingin kesana lagi dan lagi. Bahkan meski berulang kali berkunjung kesana tak kan pernah bosan untuk kunjungan berikutnya. Apalagi sekarang bermunculan tempat wisata yang baru-baru, dan pastinya membuat penasaran kalau belum melihat dan mengunjungi dengan mata kepala sendiri lengkap dengan hati tentunya, eeaaa...

Ada satu tempat wisata yang menurutku recomended untuk dikunjungi. Tempat tersebut adalah Bantul, Dlingo. Lokasi di Jogja yang mempunyai topografi berbukit dan terdapat sebuah aliran sungai yang membelah tebing. Bagi yang menyukai pemandangan matahari terbit pada pagi hari (sunrise addict eh emang ada yaa yang sampai addicted gitu hihihi), lokasi ini sangat cocok. 

Sebelum matahari terbit, akan ada kabut yang menutupi lembah sungai serta seluruh dataran rendahnya, kamu seakan-akan sedang berada di atas lautan awan. Nah, tempat paling strategis untuk melihat pemandangan matahari terbit dan menikmati pesonanya adalah Bukit Panguk, Kediwung.

Sumber : eksotisjogja.com
Pada awalnya mungkin kamu tidak akan merasakan ada yang special di lokasi ini, hanya terlihat sebuah perkampungan yang cukup banyak ditumbuhi tanaman pohon jati dan jurang yang menjadi batas sungai yang mengalir.

Namun seiring dengan maraknya aktivitas wisata di lokasi ini, warga akhirnya mulai menyadari bahwa lokasi tersebut sangatlah berpotensi. Oleh sebab itu, dimulailah proses pengembangan bukit Panguk sebagai salah satu alternatif wisata yang terbilang cukup baru ini.

Berbagai spot unik dapat dinikmati para pengunjung disini. Pemandangan alam yang sangat mempesona dapat dinikmati dari gardu pandang yang sudah tersedia disana. Biasanya sih tidak cukup hanya dengan menikmati, tapi selfie dan foto-foto adalah keharusan. Demi sebuah feed di instagram #eh. Tempat yang juga dikenal dengan sebutan "Negeri Di Atas Awan" ini juga sangat romantis untuk pre-wedding. 

Sementara untuk lokasi tepatnya, bukti ini berada di kawasan Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Bila berangkat dari pusat kota menggunakan mobil biasanya akan menempuh perjalanan selama 1 jam. Akses jalannya juga terbilang mudah, kalau ingin naik angkutan umum, bisa naik dari terminal Giwangan kemudian mengambil kendaraan yang mengarah ke jalan Imogiri. Dari pasar Imogiri ambil jalan ke arah kiri dan ikuti arah ke makam Raja-raja. Sebelum sampai di makam ada pertigaan dan disana ada papan petunjuk menuju ke arah Kebun Buah Mangunan. Sampai di Kebuh Buah Mangunan ada petunjuk arah menuju ke Bukit Panguk Kediwung. 

Namun sebenarnya paling enak dan paling direkomendasikan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan sewa mobil di OMOcars Jogja. Karena biasanya sewa mobil akan lebih murah dibandingkan naik kendaraan umum. Kisaran harga sewa di OMOcars Jogja saja hanya Rp 250 ribu per harinya. Enaknya lagi, mobil bisa langsung diantarkan ke lokasi tempat kita berada dan kita bisa lepas kunci alias nyetir sendiri. Tinggal mengarahkan jalan menggunakan google maps, perjalanan akan lebih mudah.

Nah, bila sudah sampai di lokasi, kita akan melihat kebun jati yang menghadap langsung ke jurang. Di situ ada sebuah anjungan dan juga jembatan yang terbuat dari bamboo dan menjorok langsung ke tebing. Wisatawan yang berkunjung bisa berfoto di anjungan tersebut.

Bila matahari sudah mulai tinggi, secara perlahan kabutnya juga akan menghilang dan mulai menampilkan pemandangan lembah hijau secara keseluruhan. Namun sayangnya, kabut juga tidak akan selalu muncul. Karena biasanya pada musim kemarau kabut yang ada hanya tipis bahkan tidak ada. Namun saat musim penghujan kabut akan benar-benar tebal. Namun tenang saja, walaupun tanpa kabut pemandangan matahari pagi tetap bisa dinikmati.

Nah, bila kamu berencana untuk datang ke Bukit Panguk Kediwung sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman ya. Karena kalau musim hujan jalannya cukup licin, gunakan sepatu yang bertekstur pada bagian bawahnya sangat direkomendasikan. Lebih baik sampai disini sebelum matahari pagi muncul agar bisa puas menikmati cantik dan hangatnya sunrise.

Happy nice traveling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar