05 November 2018

NIKMATI KECERIAAN DAN KEBERSAMAAN DI FUNTOPIA BALLOON PARK

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html
Sudah agak lama sih Athiyah nggak aku ajak main ke rumah balon. Biasanya Athiyah mempunyai langganan bermain di rumah balon yang ada di komplek perumahan kami, yaitu di area sekitar Taman Bundaran GKB. Namun sejak lokasi rumah balon pindah karena areanya termasuk dalam lahan yang sedang dibangun sebuah mall di GKB gresik, otomatis jadi jarang main di rumah balon.

Sesekali sih main di playland yang ada rumah balonnya, namun rumah balonnya tidak terlalu besar. Tantangannya pun nggak terlalu banyak.
Aku bersyukur banget Athiyah ini termasuk anak yang lebih suka bermain pasar-pasaran, jual-jualan, main lego, main boneka daripada main gadget. Bahkan dia lebih suka main sepedaan di luar rumah atau bermain di taman bermain di sekolahnya yang kebetulan ada di depan rumah. Lega banget rasanya karena Athiyah tidak mengalami ketergantungan dengan gadget.

Kalau kita amati sebagian besar anak dan remaja di Indonesia sudah tidak bisa terlepas dari gadgetnya, bahkan penggunaannya pun sudah melebih batas kewajaran. Pada tahun 2014 UNICEF bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan sebuah riset yang hasilnya 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet hingga lima jam sehari. Mereka lebih asyik dengan gadgetnya daripada terlibat kebersamaan dengan anggota keluarganya.


Ini bukan permasalahan yang sepele. Kita sebagai orang yang lebih dewasa harus mempunyai peran dan tanggung jawab terhadap permasalahan ini. Kita pasti nggak ingin anak-anak kita menjadi makhluk yang terisolir dari lingkungannya.

Seperti yang disampaikan oleh penulis buku Screen Time Tascha Liudmila :
“Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga.”
Bagaimana bentuk tanggung jawab itu?
Tentu dong orangtua harus bisa mencari berbagai aktivitas yang bisa mengalihkan anak dari gadget. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production :
”Saat ini, tren penggunaan gadget sudah tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham teknologi. Artinya, kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak. Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi.”
Untuk itulah, Beyond Screen Production merasa terpanggil untuk turut berperan serta dalam memberikan berbagai alternatif hiburan yang menyenangkan untuk anak. Tidak hanya itu, sarana ini juga diharapkan dapat menstimulasi dalam mengasah hobi, ketrampilan dan kreativitas anak-anak.
Beyond Screen Production bersama dengan Traveloka, menghadirkan FUNTOPIA.
Siapa sih yang tidak kenal dengan Traveloka?
Sebagian besar masyarakat sudah sangat familier banget dengan salah satu perusahaan terkemuka di jagad digital ini. Mungkin masih banyak yang menganggap kalau Traveloka itu hanya menyediakan sarana pemesanan perjalanan dan akomodasi secara online saja.

Wah jangan salah yaa, kini Traveloka tidak hanya mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam bidang traveling saja lho. Tapi sudah merambah pada seluruh aspek dari kebutuhan gaya hidup masyarakat yang diakomodasi oleh Traveloka, seperti kebutuhan dalam bidang entertainment (yang meliputi aktivitas, rekreasi, konektivitas, kuliner dan pertunjukan).


Dengan hadirnya Funtopia di Traveloka diharapkan dapat memperkuat momen kebersamaan dengan keluarga. Funtopia yang didesign berupa arena permainan outdoor ini memberikan alternatif hiburan dan aktivitas yang positif buat anak-anak bersama keluarga.

Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka mengatakan,
“Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia.”
ADA APA SAJA DI FUNTOPIA BALLOON PARK?


Mau tahu ekspresinya Athiyah ketika diberi tahu akan diajak berakhir pekan di rumah balon yang super besar? Pastinya dia girang bukan kepalang. Hingga weekend yang dinanti-nanti pun tiba.

Di akhir pekan tanggal 3 November 2018 ini Athiyah bisa puas banget  bermain di rumah balon terbesar dan pertama yang hadir di Indonesia setelah Jakarta dan Bandung. Tiada lain dan tiada bukan, kami pun berada di Funtopia Balloon Park Surabaya. Lokasinya ada di Jalan Bukit Darmo Golf Peninsula Blok H Nomer 29.

Wow, sebuah taman balon yang gedhe dan luas banget yang didesign dengan adanya 8 balon raksasa. Begitu melihat balon-balon raksasa dengan berbagai bentuk itu Athiyah sudah tidak sabar pingin berlari dan menikmati berpetualang di atasnya. Padahal sore itu masih agak terik. Tahu sendiri kan, akhir-akhir ini berasa banget panasnya.

Maksud hati sebagai orang tua nunggu bentaran dikit lah biar nggak berpanas-pans ria. Tapi rupanya keinginan untuk segera bermain-main di dalamnya mengalahkan matahari sore yang masih terasa panas itu. Oh ya, tidak hanya anak-anak lho yang bisa bermain di rumah balon ini. Orang tua pun boleh banget menemani anak-anak bereskplorasi di area ini. Dan justru itu harapannya. Wa, jadi klop kan, anak senang dan orangtua bahagia.

Bagaimana tidak?
Di wahana ini selain anak mengasah motorik kasarnya yang tentunya itu penting banget untuk tumbuh kembangnya, momen ini bermanfaat banget untuk merekatkan hubungan dalam keluarga. Orangtua pun bisa berlonjak-lonjak, berlari dan bermain dengan anak. Tidak hanya itu, 8 balon raksasa ini dapat dijadikan ide untuk bercerita kepada anak-anak, yang pasti bermanfaat banget sebagai sarana edukasi pada anak.

KESERUAN BEREKSPLORASI DI FUNTOPIA
Mau tahu keceriaan dan keseruan Athiyah dan teman-temannya plus orangtua tentunya saat berada di 8 balon raksasa Funtopia ini?


Caterpilar Cave

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Ini adalah balon raksasa pertama yang dipilih Athiyah. Balon berbentuk ulat besar dengan warna kuning dan hijau ini memiliki terowongan yang sangat panjang. Anak-anak bisa merangkak naik ke atas dan kemudian meluncur keluar lewat mulut besarnya. Bisa juga sebaliknya, masuk lewat mulut Caterpilar dan keluar dari ekornya. Aku tak menghitung berapa kali Athiyah keluar masuk Caterpilar Cave ini. Aku dan kakak Athiyah pun ikutan menyusuri Caterpilar Cave ini dan meluncur bergantian yang diakhiri dengan tertawa bersama. Ada tali-tali yang berfungsi untuk berpegangan saat merangkak dan meluncur, sehingga aman untuk anak-anak yang mungkin masih kurang berani menyusuri terowongan ini.

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Traveloka Track

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Di Traveloka Track ini Athiyah juga bolak balik main disini. Anak-anak bisa puas main perosotan berwarna biru dan kuning yang berjumlah dua buah. Kedua perosotan itu dipisahkan oleh dua kolam yaitu kolam bola dan kolam kubus. Setelah beberapa kali meluncur Athiyah pun berendam diantara bola-bola dan kubus-kubus  itu. Tak lelahnya ia bersama teman-teman barunya berlari, merangkak dan meluncur.


http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.htmlhttp://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html


Candy Cane

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Warna merah putih yang ada di Candy Cane ini sangat menarik perhatian. Hmm...seolah-olah pingin memakannya. Anak-anak pun dengan riang melompat-lompat, berlarian diantara balon permen raksasa. Mereka pun memeluk, menekuk dan menduduki permen-permen itu. Seruu bangeet...

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Old Octopus

Anak-anak pun tak lelah meluncur di perosotan octopus yang berwarna pink dan ungu ini. Tak hanya itu, mereka pun merangkan dan berjalan sambil menunduk di dalam tentakelnya. 

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Crown Castle
Athiyah penasaran dengan kastil yang besar ini. Ia pun teringat cerita tentang para putri yang tinggal di istana. Segera ia pun berlari menuju ke Crown Castle ini. Diminta berjalan santai saja nggak mau. Pinginnya berlari agar segera sampai ke istana ini. Ibunya yang ngos-ngosan mengejar tubuh kecilnya. Sampai di istana, ia pun melonjak-lonjak kegirangan. Berlari, berputar bersama dengan anak-anak lainnya.

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Mysteri Maze


Wow...ada balon udara yang besar banget nih...eh tapi balon udara yang berwarna biru dan kuning ini nggak bisa terbang lhoo... Kenapa ya? Ternyata di dalamnya terdapat dinding yang tinggi dan jalan yang berkelok-kelok lho... Anak-anak harus mencari jalan keluar agar tidak tersesat. Beberapa kali mereka menemui jalan buntu. Mereka pun balik badan dan dengan semangat empat lima terus menelusuri jalan untuk bisa keluar. Yeeaayy...akhirnya pun mereka bisa keluar juga...

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Haus dan lelah melanda, namun semangat bermain, bereksplorasi dan berpetualang di Funtopia ini tak kendur. Tapi harus diingatkan anak-anak untuk mengonsumsi air minum yang cukup agar tidak dehidrasi. Kadang-kadang kalau sudah asyik bermain mereka lupa lapar, lupa haus dan lupa capek.


http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Mighty Mushroom

Kali ini balonnya berbentuk jamur yang besar dan tinggi. Semakin cantik karena di sekitarnya ada beberapa bunga matahari dan jamur yang ukurannya lebih kecil. Pohon jamur dikelilingi juga oleh kolam balok. Athiyah berkali-kali memanjat ke atas. Meski nggak sampai pucuk jamur, ia kelihatan senang sekali. Sesekali ia menjatuhkan dirinya dari pohon jamur ke dalam kolam balok. Aman deh, karena kolamnya pun empuk. Athiyah juga kerasan banget disini, bolak-balik memanjat tanpa kenal lelah.

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Bunny Boo

Wow, ada kelinci raksasa yang lucuuu... Saking lucunya anak-anak pun senang banget berlari-larian mengelilingi si kelinci. Athiyah pun ingat sebuah nyanyian tentang kelinci. Ini dia lagunya :
Kelinciku, kelinciku ...kau manis sekali

Melompat kian kemari sepanjang hari
Aku ingin menemani sepulang sekolah
Bersamamu lagi menari-nari.
http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Nah itulah 8 balon raksasa yang ada di Funtopia Balloon Park. Anak-anak pun tetap bersemangat bolak balik kesana kemari bermain di arena setiap permainan. Dan bisa ditebak dengan mudah bahwa mereka akan susah untuk diajak pulang.

Ooh iya, kita juga bisa mengikuti berbagai lomba yang seru di booth-nya Traveloka. Lombanya pun bermacam-macam seperti jingle song, jingle dance, fun visit, fun story, fun sketch, fun drawing dan fun props.

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Di sela-sela berlarian, merangkak, memanjat, meluncur ternyata capek juga yaa hahaha... faktor U nih. Sejenak istirahat untuk kemudian beraktivitas lagi di arena permainan sah-sah juga lhoo

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Di Funtopia juga disediakan juga area khusus food and beverage. Jadi nggak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Ada beberapa stand makanan dan juga foodtruck yang menyediakan pilihan makanan favorit pengunjung.

Oh ya mas-mas yang ada disana yang bertugas mengawasi anak-anak saat bermain ternyata sabar-sabar dan care banget lho... Tidak hanya anak-anak saja yang dibantu, aku pun beberapa kali dibantu mengambil sepatu, padahal aku bisa ambil sendiri. Mungkin itu salah satu bentuk pelayanan pada pengunjung di Funtopia ini.

http://www.renidwiastuti.com/2018/11/nikmati-keceriaan-dan-kebersamaan-di.html

Ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan ketika bermain di Funtopia Balloon Park ini
  1. Memakai pakaian yang casual, simpel dan menyerap keringat, karena pasti deh akan keluar keringat banyak saat beraktivitas disana. Untuk jaga-jaga bisa membawa baju ganti untuk sewaktu-waktu bila pakaian sudah terlalu basah oleh keringat.
  2. Menggunakan kaos kaki tujuannya agar anak tidak mudah terpeleset saat bermain. Selain itu juga agar kaki tetap bersih, begitu juga dengan playground-nya agar tetap terjaga.
  3. Memakai topi untuk melindungi dari teriknya matahari karena arena permainan berada di luar ruangan. Kaca mata hitam boleh juga dibawa agar tidak silau.
  4. Siapkan air putih yang cukup untuk menjaga agar tidak dehidrasi.

BAGAIMANA MENDAPATKAN TIKETNYA?

Tiket bisa didapatkan secara online dengan mengakses website Traveloka. Disana tertera berbagai informasi terkait Funtopia. Pilih menu Traveloka Aktivitas dan Rekreasi di www.traveloka.com

Harga tiket untuk anak-anak usia 2-16 tahun Rp 80 ribu. Untuk pendamping (usia 17 tahun ke atas) Rp 40 ribu saja.
Tiket juga bisa dibeli langsung di venue.

Nah, tunggu apa lagi... Ajak semua anggota keluarga menikmati weekend seru di Funtopia Balloon Park Surabaya. Buruan yaa, jangan sampai ketinggalan, mulai tanggal 3 November – 2 Desember 2018 mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB setiap weekend aja.

Makin penasaran???
Kepoin di media sosialnya nih

Akun Instagram :
@funtopiaballoonpark
@beyondscreenproduction
@traveloka


16 komentar:

  1. Ya ampuuun, fotonya manis-manis. lucu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semanis yang upload yaa

      #lalu dilempar sandal wkwkwk

      Hapus
  2. Ya ampuun Athiyah berani ya manjat jamurnya tinggi sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, Athiyah memang suka manjat-manjat gitu :)

      Hapus
  3. Oh ya mas-mas yang ada disana yang bertugas mengawasi anak-anak saat bermain ternyata sabar-sabar dan care banget lho <--- ini bener banget mbak, sampe aku nya yang sungkan diambilin sepatuku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah idem nih Mba Cer, saya sampai bilang, "Sudah Mas, saya ambil sendiri saja, terima kasih" hehehe

      Hapus
  4. Senang bisa ajak Salfa kesini
    Selain momen keluarga bisa diwujudkan, Salfa juga bisa dapat konten buat channel youtube-nya hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga nih mbak... videonya bisa masuk ke you tube... Tapi aku belum sempat edit videonya..

      Hapus
  5. Nggak bisa move on nih mba akyu, si kecil juga mau ke sana lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo capcuss ke Bukit Darmo Golf...deket kan mbak hehehe

      Hapus
  6. Athiyah pasti betah disana & gak pengen pulang-pulang ya mba. Makin malem, makin ramai kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Athiyah seneng banget. Tapi nggak sampai malem karena besoknya kan harus sekolah hehehe

      Hapus
  7. Penjaga disana baik-baik banget, mau bantuin naikin kakak ke atas sampai bantu pakein sepatu. Sampe sungkan jadinya.
    Balik jam berapa kemarin mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalo kita bawa tas tenteng juga dijagain sama mas nya.
      Kami balik sekitar Maghrib mba...
      Sayang nggak ketemu sama Mbak Fani

      Hapus
  8. Miris memang ya kak, bayangkan 5 jam sehari dengan gadget. jarangs ekali mereka bermain diluar bersama teman. Dan parahnya lagi lapangan atau ruang bermain pun tergerus dengan pembangun rumah. Funtopia ini cocok sekali membuat ruang bermain dengan anak anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, memang perlu dikembangkan ruang-ruang bermain publik yang bisa dinikmati oleh anak-anak untuk tumbuh kembangnya

      Hapus