22 Februari 2019

Berburu Makanan Tradisional Rondo Royal di Jepara


rondo-royal-khas-jepara
sumber: saliha.id
Bagi pecinta kuliner tidak, lengkap nih kalau belum menikmati makanan gorengan di Jepara yang sangat populer dan salah satunya adalah Rondo Royal Jepara atau biasa di sebut dengan Monyos. Ya, jepara memang memiliki banyak sekali pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Sehingga tak salah bila salah satu tempatwisata di Jepara bahkan rencananya akan dibuatkan bandara sendiri. Salah satunya adalah karimun jawa.

Tetapi sebelum ada bandara menuju jepara, tak ada salahnya bila kita berkunjung ke sana menggunakan transportasi lainya. Kita bisa gunakan kereta. Nah pada lebaran ini, kita bisa pesan tiket kereta api lebaran 2019 terlebih dahulu untuk menuju ke sana. Nanti di jepara kita bisa menikmati beragam wisata alam dan juga wisata buatan yang sangat menarik.


Apa Itu Rondo Royal?

Di lihat dari namanya saja memang sudah kedengaran aneh. Rondo Royal yang memiliki arti dari Bahasa Jawa Rondo yang dapat di artikan Janda dan Royal artinya Mewah, sehingga dapat di artikan sebagai Janda Mewah yang konon katanya dulunya makanan ini di temukan oleh Janda yang Mewah. Dari Bahasa Jawanya sendiri Rondo juga bisa di artikan œrodo/roda  yang yang dalam Bahasa Indonesia yaitu hampir/sedikit yang berarti Rondo Royal adalah sedikit mewah.

Rondo Royal merupakan makanan gorengan tradisional berasal dari Jepara, Jawa Tengah yang terbuat dari Tape Singkong yang di hancurkan dan di beri gula merah yang sudah hancur yang kemudian di bentuk bulat dan di masukkan ke dalam adonan tepung terigu sehingga membuat rasanya yang renyah dan lembut yang menjadikan penyantap ketagihan akan sensasi kaya rasa yang khas dari tape tersebut.


Di dalam Rondo Royal termasuk tape singkongnya juga memiliki banyak kandungan gizi & khasiat yang dapat mencegah dari datangnya penyakit karena didalamnya terkandung berbagai zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti : 173 Energi kkal, 0,5 kg protein, 0,1 gr lemak, 42,5 karbohidrat, 30 ml kalsium dan 56,1 gr air yang dapat di gunakan untuk menyembuhkan jerawat, bisul, memperlancar menstruasi, memperlancar sistem pencernaan dan juga masih banyak lagi.

Selain rasanya renyah di dalamnya juga terdapat rasa manis gula merah, asem pada tape aingkongnya dan asin pada tepung berasnya, Oleh karena itu banyak orang yang mengatakan kalau gorengan Rondo Royal Jepara memiliki rasa yang unik di dalam maupun di luarnya.

Bagi yang belum pernah menikmati rasanya, jangan khawatir karena selain di Jepara Jawa Tengah juga sudah ada banyak daerah yang menyediakan di warung atau pasaran terutama di daerah Provinsi Yogyakarta dan Jawa timur, bahkan Rondo Royal ini juga sudah terkenal di berbagai Nusantara.

Keistimewaan Rondo Royal

Banyak keistimewaan cara menyajikan Rondo Royal ini seperti halnya di sajikan dengan parutan keju, lumuran susu coklat, abon yang kering, bahkan bagi pecinta kopi khususnya juga bisa menyajikannya dengan kopi ketika Rondo Royalnya masih hangat dan cocok di santap pada saat musim dingin/hujan.

Harga Rondo Royal ini sangatlah yaitu murah hanya Rp. 500 - Rp.1000 rupiah/biji jadi sangat cocok untuk camilan bagi setiap kalangan, dan bahkan jika ingin membuatnya sendiri juga sangat mudah. Bahannya mudah di dapatkan di warung - warung terdekat. Dengan membuatnya sendiri maka kita tidak ragu lagi akan kebersihanya dan kesehatan kita

27 komentar:

  1. Jadi ngiler mba, membayangkan tape dan gula merah aja udah bikin lapar.

    Kayaknya enak nih, wajib banget dicicipin kalau ke Jepara.

    camilan2 tradisional di Indonesia itu beragam ya, masing2 ada ciri khas daerah tersendiri.
    Meskipun bahan yang digunakan mirip2 semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini termasuk jajanan favorit suamiku mba Rey, cuma kalo aku bikinnya nggak usah pakai gula merah

      Hapus
  2. Wah meski makanan royal alias mewah tapi harganya sangat terjangkau ya hehehe
    Kalau saya kira itu sejenis colenak kalau di tanah Sunda hehehe
    Emang enak kok makanan berbahan tape itu. Apalagi topingnya yang hitam dan kekinian ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah harganya sebaliknya ya Teh, murah meriah dan merakyat

      Hapus
  3. wah aku baru dengar makanan ini jadi penasaran kalau di tambah keju kaya gimana rasanya, harganya sangat terjangkau ya bisa jadi rekomendasi kalau main kesana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dicoba kayaknya ditambah keju, sepertinya mantap juga nih mba, apalagi pakai keju mozarella..
      Wiih mantaapp kayaknya

      Hapus
  4. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah ya... Teman2ku yang dr sana juga sering menyebut namanya hahahaa. Tapi aku sendiri belum pernah mencicipi makanan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Gresik ada yang mirip rondo royal ini ya mbak, namanya godho tape hahaha

      Hapus
  5. Enak deh ini buat jadi camilan sore teman minum teh. Suami juga pernah bikin ini, tetapi saya baru tau kalau anmanya Rondo Royal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, jajanan ini lebih enak di makan pas masih anget-anget gitu

      Hapus
  6. wohooo, sejarahnya gitu ya Mbak. Meski namanya artinya mewah tapi harganya terjangkau semua kalangan ya Mbak banyak manfaatnya pula :)
    jadi pengen cobain juga deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba...
      Dicoba mba, lumayan enak lho

      Hapus
  7. Aku baru denger nama makanan ini nih, mbak.
    jadi penasaran sama rasanya makanan ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya manis gurih mba... enak dimakan pas anget anget

      Hapus
    2. Rasanya manis gurih mba... enak dimakan pas anget anget

      Hapus
  8. Pernah denger nama rondo royal tapi nggak tahu dimana ya. Teryata ini makanan khas Jateng yang pas buat cemilan juga ya mba. Jadi kita bisa makan cemilan ini enak sore-sore. Mau nyoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan biasanya kalo di tempatku ada yang sejenis rondo royal ini dan dijualnya banyak yang pas sore hari

      Hapus
  9. Aduh! Tape dan gula merah. Kebayang-bayang waktu kecil noh suka dibikinim gituan. Yah, jadi kangen mama. Huhu. :(

    BalasHapus
  10. Di Kediri namanya rondo royal juga, di Jepara ternyata disebut monyos ya..
    Aku suka karena ada gula merah di tengah. Jadi pas digigit rasa manis dan legitnya ada :)

    BalasHapus
  11. Kalau makan tape goreng sidh udah sering, tapi tape goreng diisi gula jawa belum pernah nyoba, kayanya enak, tapi di jogja gak ada yang jual, apa bikin sendiri aja yaa :))

    BalasHapus
  12. Mbak Reni aku tu pernah dneger Rondo Royal sebelunya. Kyknya dijualnya gak cuma di Jepara ya? Eh atau sebutan brand lain ya? Yg jelas kyk gak asing gtu mbak.
    Tapi aku kyknya blm pernah makan hehe. Jd pengen nyobain makan ini di Jeparanya langsung :D

    BalasHapus
  13. Baru Tau jenis jajanan bernama Rondo Royal. Lucu juga ya.
    Bahannya & Cara buatnya gampang kayanya, jadi pengen praktek sendiri di rumah.

    BalasHapus
  14. Penasaran ini sama Rondo Royal, ini apakah hanya ada di Jepara saja? Siapa tau nanti ada rejeki bisa main ke Jepara dan mampir jajan Rondo Royal ini.

    BalasHapus
  15. Asiknya berburu makanan, saya tuh jg suka banget mbak berburu makanan apalagi jika makanan tersebut makanan luar yg enak ya mbak, bakalan seru ajak keluarga

    BalasHapus
  16. Wahhh, kebetulan aku belum pernah cobain rondo Royal ini mba gimana rasanya, tapi pas baca tulisan mba jadi ngebayangin gimana legit dan manisnya tape plus gula merah menyatu jadi 1 huaahhh

    BalasHapus
  17. Wah aku suka tape goreng kalo ibuku suka bikin dihancurin aja campur gula putih bentuk bulat celupin adonan basah tepung goreng deh,klonini bedanya pake gula merah yah mba😋😋

    BalasHapus
  18. Dari awal liat aku udah nebak ini tape hihi. Anakku suka lhoo, sering bikin macem gini tapi tanpa gula merah hehe

    BalasHapus