28 April 2019

BERBURU BEASISWA, MENGEJAR ASA

tips-mendapatkan-beasiswa
youthmanual.com

Siapa sih yang nggak bangga bila bisa meraih beasiswa untuk melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. Pasti dong senengnya luar biasa. Ini kan impian banyak orang (dan salah satunya saya, hihihi... meski sekarang hanya tinggal sebatas impian saja sih)

Ada beberapa teman dan saudara yang bisa tembus melanjutkan studi dengan berbekal beasiswa. Memang mereka memiliki mimpi dan berusaha terus untuk memperjuangkan mimpinya. Mereka selalu men-charge full motivasi mereka.


Mendapatkan beasiswa merupakan suatu anugerah, apalagi di saat ini biaya kuliah semakin melangit aja. Bagi kalangan tertentu, mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu kendala untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ini bisa menjadi penyebab kandasnya harapan seseorang untuk studi lanjut.

But...
Seperti kata peribahasa, ada seribu jalan menuju ke Roma. So, salah satu jalan untuk melanjutkan studi adalah dengan mendapatkan beasiswa. Untuk mendapatkannya pun harus bersaing dengan banyak orang sesama pemburu beasiswa. Apalagi untuk mengejar beasiswa di luar negeri harus melalui proses yang panjang dan rumit.

Tapi semua itu bisa menjadi kenyataan bila mau berusaha keras tanpa kenal kata menyerah. Maju terus pantang mundur.

JENIS-JENIS BEASISWA

Ada beberapa jenis beasiswa yang harus diketahui. Masing-masing harus dipahami agar mengerti perbedaannya.


Scholarship

Ini merupakan beasiswa berupa bantuan uang/tunjangan hidup selama masa studi. Scholarship ini biasanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi akademis tinggi dan mengalami hambatan finansial untuk melanjutkan studi. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu meringankan biaya hidup. Penyelenggara scholarship biasanya dari lembaga, instansi, atau yayasan. Scholarship ini bisa berupa pendanaan untuk melanjutkna studi S1, S2 maupun S3.

Bagi penerima scholarship ini, mereka diberi jangka waktu maksimum untuk menyelesaikan studinya. So, bila jangkal waktu itu tidak terpenuhi resikonya harus melanjutkan dengan biaya mandiri.

Fellowship

Fellowship merupakan beasiswa yang lebih fokus pada pengembangan kemampuan profesional seseorang dalam bidang tertentu. Biasanya Fellowship ini diajukan untuk mendukung kegiatasn akademis seperti riset pada isu tertentu, pengembangan organisasi atau inisiatif yang berorientasi kemasyarakatan. Fellowship ini sering ditawarkan pada jenjang S2 dan S3.

Pendanaan fellowship ini tidak dibatasi oleh waktu, jadi menyesuaikan kebutuhan. Bisa jadi fellowship ini hanya berada pada hitungan hari jika  pihak yang mendanani penelitian berkehendak demikian.

Grants

Grants adalah program beasiswa “hibah” yaitu salah satu program beasiswa dimana pendanaan ciberikan oleh badan pemerintah atau perusahaan tertentu yang diperuntukkan sebagai dana kuliah, penelitian atau kegiatan lainnya.


Ada berbagai kemungkinan bagi penerima Grants ini. Misalnya, pihak penyedia dana Grants meminta adanya “ikatan”tertentu dari penerima dalam bentuk kontrak kerja atau kontrak penelitian. Harapannya tentu agar manfaat dari dana hibah yang telah dikucurkan tetap dapat dirasakan oleh penyedia dana. Atau bila pemberi dana hibah dari perusahaan, ada yang meminta setelah lulus kuliah bisa bergabung/bekerja di perusahaan tersebut.


Terus apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa menembus ketatnya persaingan mendapatkan beasiswa?


TIPS MEMPEROLEH BEASISWA 

Setiap jenis program beasiswa tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Tahapan-tahapannya pun berbeda. Namun ada beberapa tips berburu beasiswa, sebagai berikut:

1.      Mencari dan memahami informasi

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan beasiswa yang pingin kita dapatkan. Informasi bisa lewat website yang menyediakan informasi tentang kriteria beasiswa yang kita harapkan. Untuk mengakses website tersebut tentu diperlukan laptop maupun handphone agar aktifitas searching di dunia maya bisa senyaman mungkin. Piranti tersebut bisa didapatkan secara online di iPrice dengan harga bersaing. 

Selain itu, disarankan pula mengikuti layanan miling list untuk update informasi terbaru, dan bertanya langsung pada teman/saudara yang sudah lebih dulu mendapatkan beasiswa. 

Dari berbagai informasi yang sudah didapat, kita harus bijak memilih dan memilah mana beasiswa yang paling kita butuhkan dan sesuai dengan kemampuan kita.

2.      Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris 

Kemampuan ini sangat diperlukan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi, terutama yang berharap bisa studi di luar negeri. Jauh-jauh hari sudah harus di persiapkan dan dilanjutkan dengan mengujinya seperti mengikuti tes TOEFL. Akan lebih baik bila tes TOEFL dilaksanakan di tempat berlisensi.

3.      Persiapan yang matang untuk tes SAT atau ACT

Para pemburu beasiswa harus bisa melampaui ujian akademik agar dapat mewujudkan studi di kampus impian. Ujiannya bisa berupa Scholastic Aptitude Test (SAT) atau American College Testing (ACT) bagi yang berminat di bidang sains.

4.      Memiliki prestasi akademis yang memuaskan

Bagaimanapun juga para penyandang dana beasiswa akan memilih mereka-mereka yang memiliki prestasi akademis untuk memastikan beasiswa yang mereka kucurkan berada di tangan yang tepat.

5.      Memiliki prestasi non akademis

Penilaian pihak admission officer tidak hanya terfokus pada nilai akademis saja. Nilai plus yang bisa mencuri perhatian mereka adalah aktivitas non akademis, seperti prestasi di bidang seni, olahraga, sosial kemasyarakatan, dan lain-lain. Ini bisa menjadi nilai tambah yang bisa dijadikan pertimbangan dalam meloloskan pelamar beasiswa.

6.      Membuat Aplication Essay yang tidak biasa 

Pihak universitas biasanya meminta pada para pelamar untuk membuat essay yang menggambarkan diri mereka (personal statement). 
Pastikan aplication essay yang disusun memiliki keunikan atau berbeda sehingga bisa mencuri perhatian pihak admission officer. Buatlah sisi diri yang menarik, tampikan pengalaman yang luar biasa yang berbeda dengan yang lain. Tapi sisi genuitas harus tetap yang utama. Sampaikan dengan tulus dalam pilihan kata yang menarik, termasuk alasan mengapa memilih universitas dan jurusan tersebut.

7.      Pentingnya Letter of Recomendation 

Mintalah surat rekomendasi dari pihak terkait seperti guru atau dosen yang benar-benar mengenal kita sehingga bisa menguatkan dan meyakinkan admission officer untuk menerima pengajuan beasiswa kita. 

8.      Pastikan sedang tidak menerima beasiswa atau bantuan dari lembaga lain.


Demikianlah beberapa informasi yang bisa dimanfaatkan ketika ingin sukses dalam meraih beasiswa studi baik di dalam maupun di luar negeri.


Semoga bermanfaat.



36 komentar:

  1. Saat sekolah SMP, saya hampir tidak bisa melanjutkan sekolah sampai tamat karena kendala biaya. Alhamdulillah berkat beasiswa ala ala dari sekolah sehingga saya mendapatkan keringanan sehingga bisa dapat izasah SMP.
    Begitu juga saat SMA saya bisa mendapat izasah karena ada beasiswa ala2 juga dari sekolah. Rp 100 ribu per 3 bulan tahun 2006 sampai 2009 itu saya cukup cukupkan

    Hingga saya bekerja jadi TKI, majikan saya yang kasih saya beasiswa ala-ala hingga saya bisa kerja dan mampu jadi tukang punggung keluarga

    Beasiswa sangat berjasa selama hidup saya. Semoga suatu saat saya bisa kembali memberi "beasiswa" kepada yang lain yang juga membutuhkan. Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa ya perjuangan Teh Okti dalam upaya melanjutkan pendidikan. Salut banget Teh...
      Semoga harapah teteh untuk bisa memberikan beasiswa kepada yang membutuhkan bisa terwujud yaa

      Hapus
  2. Senangnya ya ada beasiswa yang memudahkan kita untuk bisa lanjut belajar lagi.. Sukses ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beasiswa memang sangat membantu banget bagi para pejuang ilmu. Semoga semakin banyak yang mendapatkan beasiswa ini

      Hapus
    2. Iya bener ya mbak. Pasti deh senang banget bisa lolos dapetin beasiswa

      Hapus
  3. makasih infonya mbak, suamiku juga lagi dapet beasiswa dr pemerintah buat S2, tapi aku baru hafal jenis2nya habis baca tulisan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya bisa dapat beasiswa untuk S2. Saya juga pingin hihihi... Selamat buat suaminya ya mbak, semoga ilmunya semakin berkah

      Hapus
  4. makasih infonya mbak, suamiku juga lagi dapet beasiswa dr pemerintah buat S2, tapi aku baru hafal jenis2nya habis baca tulisan ini

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak jenisnya juga ya beasiswa itu, aku baru denger yang Grants sih. Thanks sharingnya mbak jadi nambah pengetahuan baru nih akunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak...
      Kalau dipilah-pilah lagi makin banyak jenisnya mbak

      Hapus
  6. Sejak masih sekolah dulu, saya memimpikan dapat beasiswa. Tapi hingga kini ya hanya sebatas mimpi. Bersyukur saja ketika kuliah, 50% biaya kuliah ditanggung oleh tempat kerja saya. Saya syukuri itu sebagai pengganti beasiswa yang tak pernah bisa saya raih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong mbak, saya juga pernah punya mimpi bisa lanjut kuliah S2 dengan beasiswa. Tapi nggak jadi kenyataan.
      Malah inget waktu kuliah dapat beasiswa Supersemar hihihi

      Hapus
  7. Aku lagi nyari scholarsip nih kak reni, kepengen bersusah susah belajar lagi. Mumpung masih muda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pingin lanjut kuliah lagi sebenarnya, tapi ini masih nabung untuk biayanya. Semoga bisa kesampaian

      Hapus
  8. Wah jadi makin paham bedanya beasiswa nih, aku jadi ingin berburu lagi utk tingkat profesional:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak, semangat kuliah lagi...
      Semoga Allah mengijabahi niat baik ini

      Hapus
  9. Aku termasuk orang yang berburu beasiswa dan sungguh penuh perjuangan. Bahkan setelah mendapat beaisswa itu. Hhhaha. Dan memang ada ikatan tertentu sih mba dalam kontraknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku senang banget membaca kisah-kisah para pejuang beasiswa ini...apalagi yang bisa dapetin beasiswa ke luar negeri

      Hapus
  10. Aku dulu jg pernah dapat tuh beasiswa pas kuliah tapi cuman 1 semester aja krn prestasiku menurun nyesel sih nggak fokus tapi semua sdh berlalu diselalipun tak guna he he he....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak pernah ngerasain beasiswa... nggak semua orang bisa dapat soalnya

      Hapus
  11. Hiks jd ingat duku betapa mengejarny aku terhadap beasiswa tp kini memda :''' apalagi dlu di kampus jd komunitas yg berfokus d beasiswa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti deh ini moment yang tak terlupakan ya mba

      Hapus
  12. Beasiswa itu ada banyak macamnya ya? Jadi semangat ngejar beasiswa buat lanjut sekolah lagi. Lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mba Irra semangat lagi mengejar beasiswa, siapa tahu keberuntungan berpihak pada niat baik kita

      Hapus
  13. Beasiswa kyk gini impian semua org ya mbaaakk. Aku blm pernah dapat huhuhu. Pengen jg lanjutin sekolah lagi tapi kyaknya terbentur syarat usia kecuali kalau aku seorang ASN atau dosen atau pekerja kantoran mungkin msh bisa...

    BalasHapus
  14. saya juga sebenarnya masih mupeng ingin lanjut kuliah lagi dan pengennya sih bisa dapat beasiswa tapi makin kesini kayaknya nih otak makin tumpul aja, hikss.
    padahal waktu kuliah sempat dapat beasiswa sampai selesai, Alhamdulillah waktu itu dapat beasiswa prestasi akademik yg buat semangat terus tingkatin nilai agar beasiswanya gak lepas begitu saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren dong mba Diah sudah pernah dapat beasiswa sampai kuliah kelar.

      Hapus
  15. berburu beasiswa, mengejar asa..
    Setuju...
    Suami saya sejak lulus kuliah bercita-cita dapat beasiswa ke luar negeri. Dan karena ketekunannya, Qadarullah terkabul di usia yang tak lagi muda dibanding teman sekelasnya saat kuliah di sana. Di usia 35 tahun dia bisa mendapatkan beasiswa studi S2 di Amerika.
    Alhamdulillah
    Jadi jangan putus semangat bagi yang sedang berjuang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut banget mbaa...
      Setuju mbak Dian, emang tak ada makan siang gratis, semua sesuai usaha dan doa yaa

      Hapus
  16. terima kasih Mba sharingnya :) dulu saya juga mengharapkan beasiswa eh tapi sadar kemampuan hehehe jadi mundur cantik. Semoga anak-anak saya nanti bisa meneruskan keinginan saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA... semoga anak-anak kita nanti bisa mendapatkan beasiswa terbaik ya mba

      Hapus
  17. Program beasiswa emang ngebantu banget yah mba bagi yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,harus punya koneksi dan cari informasi aja biar gak ketinggalan info beasiswa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi sekarang biaya kuliah tidak murah ya mbak

      Hapus
  18. Thanks sharingnya mbak, saya pernah bermimpi ingin mendapatkan beasiswa hehe, insya allah next neng Marwah yang akan mewujudkan impian saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata kita punya impian yang sama ya mba :)

      Hapus
  19. Bagi buruh negara kaya aku, apa ada yah beasiswa?

    BalasHapus