14 April 2019

PIJAT BAYI SEBAGAI SALAH SATU WUJUD SENTUHAN CINTA IBU

johnsonsbaby.id
Ingatanku melayang kembali ke masa empat belas tahun yang lalu. Seperti kebanyakan perempuan yang akan melahirkan anak pertamanya, tentu lebih memilih melahirkan di tempat yang dekat dengan orangtua kandung. Maklum, saat itu masih merasa belum memiliki banyak ilmu tentang proses melahirkan dan merawat bayi, jadi lebih nyaman bila ada ibu yang akan banyak membantu.

Alhamdulillah anak pertamaku, Kayla lahir dengan normal di Rumah Sakit Dr. Soedomo Trenggalek. Dalam mengurus bayi tentu lebih banyak dibantu oleh ibu. Seperti layaknya bayi-bayi yang ada di desa, para orangtua selalu menyarankan untuk memijatkan bayi kepada dukun bayi. Di desa nggak ada baby spa hihihi...



Tapi apa yang terjadi ketika bayi Kayla dipijat oleh dukun bayi?
Ia menangis kejer (menangis tiada henti seperti kesakitan gitu). Padahal kelihatannya hanya seperti diurut biasa. Tak tegalah sebenarnya aku sebagai ibu melihatnya. Tapi ya bagaimana lagi, saat itu aku masih “buta” untuk urusan pijat memijat bayi takutnya malah nggak tepat memijat dan terjadi salah pijat. Atau merasa pijatannya kurang manjur untuk si bayi. Nggak PD lah ceritanya...

Meski begitu memijatkan bayi ke dukun bayi seperti suatu keharusan, apalagi kalau bayi sering rewel dengan diagnosa pribadi kemungkinan bayi kecapekan atau kedlinges (kesleo), segera dibawalah bayi kecil ini ke dukun pijat.

Itu terus terjadi sampai Kayla berusia dua tahun. Setiap kali kami mudik, seringnya dibawa ke dukun pijat bayi langganan, yang kebetulan masih saudara jauh. Dan setiap kali dipijat, dia pun nangis kejer meronta-ronta sampai aku dan ibu pun turut memegangi. Kalau keingat masa itu, kasihan juga yaa. Dan bahkan, setelah usianya lebih besar dia tidak mau kalau diajak berkunjung ke rumahnya saat lebaran, ya Kayla pasti menolak karena takut dipijat.

Pengalaman anak pertama dalam hal pijat bayi tak maulah aku ulang.  Delapan tahun kemudian, anak kedua pun lahir di Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Kali ini, karena merasa sudah punya “bekal” dan pengalaman merawat bayi, tidak hijrah lagi ke kampung halaman. Tapi tetep ya ditungguin sama orang tua selama seminggu lebih, dilanjut dengan ditungguin ibu mertua juga.


Tapi, dalam hal pijat memijat si ibu ini (baca: aku) masih merasa belum “berani” memijat bayi mungilnya sendiri, sehingga dibawalah bayi mungil itu ke Rumah Bersalin Rahmi Dewi. Di sana ada layanan pijat bayi oleh tenaga yang berpengalaman.

sentuhan-cinta-dalam-pijat-bayi

Sebenarnya sudah lumayan tahu bahwa begitu penting ibu bisa memijat bayinya sendiri. Tapi baru berani memijat bayi sendiri setelah Athiyah berusia tiga bulan ke atas. Kalau di bawah itu, masih takut, khawatir gimana-gimana sama bayi yang masih begitu kecil.

sentuhan-cinta-dalam-pijat-bayi

Itu pun belajar sama ibuku lebih dulu. Jadi aku dan ibuku belajar pijat bayi dari CD pijat bayi yang kami dapat dari kado teman dan saudara yang tilik bayi. Kalian pasti tahu lah, kado paket perlengkapan bayi dari Johnson’s yang sudah melegenda itu. Dan jadi langganan untuk kado bayi karena praktis, isinya lengkap dan pasti bermanfaat.

sentuhan-cinta-dalam-pijat-bayi

Ternyata dengan mengikuti panduan pijat bayi dari Johnson’s bisa kami katakan berhasil. Indikasinya bayi jadi bisa tidur dengan pulas, tidak rewel dan makan lebih lahap. Tapi sayang nggak ada dokumentasi saat ibu atau saya memijat baby Athiyah hahaha...

sentuhan-cinta-dalam-pijat-bayi

Memang benar ya dengan memijat bayi sendiri ada kepuasan dari si ibu yang tidak bisa aku definisikan. Seneng dan bahagia deh pokoknya bisa memijaat bayi sendiri. Kita juga bisa mengukur kekuatan pijatan kita pada bayi sehingga bayi merasa nyaman dengan sentuhan dan pijatan lembut ibu.

Ketika memijat pun kita bisa mengajak bayi “ngobrol”, kita ajak tertawa bersama sambil memberikan tatapan sayang padanya. Kebahagiaan yang tiada terkira melihat bayi juga tersenyum dan tertawa merasakan sentuhan cinta dari ibunya.

Mungkin sebagian ibu-ibu terutama ibu muda masih belum menyadari betapa pentingnya memijat bayi sendiri dan lebih menyerahkan pada “ahlinya”, untuk yang tinggal di kota sudah ada baby spa. Bisa jadi karena faktor gengsi yaa, lebih baik menyerahkan bayi ke baby spa daripada memijat sendiri, kan keren tuh...

Atau bisa jadi karena belum ada “kemampuan” dalam memijat bayi sendiri seperti kasus saya di atas. Padahal banyak manfaat yang bisa didapat dari pijat bayi yang dilakukan oleh ibunya sendiri. Dan pijat bayi itu bisa dipelajari. Bukan hal yang sulit bila ada kemauan.
Mau tahu apa saja manfaat pijat bayi?
Baca terus yaa...

10 MANFAAT PIJAT BAYI

  1. Pijat bayi sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi
  2. Meningkatkan sirkulasi darah dan kelancaran saluran pencernaan sehingga pijat bayi yang rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makannya.
  3. Efek nyaman yang dirasakan dari pijat bayi dapat meningkatkan hormon pertumbuhan, menekan hormon stres terutama saat bayi mengalamai kolik atau saat mereka sedang tumbuh gigi.
  4. Memperkuat bonding (kelekatan) antara ibu dan bayi. Dengan sentuhan cintanya saat melakukan pijat bayi, si ibu juga semakin percaya diri dalam pengasuhan bayi. Ibu akan semakin merasa bahagia, semakin mengenal bayinya lebih dalam dan dampaknya ASI pun semakin lancar. Anak pun merasa dekat dan diterima oleh ibunya.
  5. Sentuhan cinta saat pemijatan berpengaruh pada sistem syaraf. Otak bayi dapat berkembang dan bekerja lebih cepat karena stimulasi sensorik selama pemijatan.
  6. Memperlancar saluran pernafasan.
  7. Meningkatkan imunitas bayi dan kepadatan mineral tulang.
  8. Bayi memiliki mood yang baik dan makin ceria. Pijat bayi mengurangi kerewelan bayi.
  9. Bayi yang sering dipijat, cenderung lebih mudah bersosialisasi, cenderung  melakukan kontak mata saat bertemu orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.
  10. Meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.


sentuhan-cinta-dalam-pijat-bayi

KAPAN SAAT YANG TEPAT UNTUK PIJAT BAYI?


Pijat bayi dapat dimulai sejak minggu pertama setelah bayi lahir. Periode sensitif reseptor panca indera berada pada 20 hari pertama kehidupannya.Stimulasi yang sangat lengkap untuk mengoptimalkan perkembangan panca inderanya adalah dengan melakukan pijat bayi. Pijat bayi ini terus dilanjutkan terutama hingga bayi berusia enam bulan.

Lakukan pemijatan di saat yang tepat seperti, setelah bayi bangun tidur. Hindari memijat bayi setelah bayi baru makan/minum, saat rewel atau saat bayi sakit.
Pijat bayi melibatkan bermacam-macam rangsangan, seperti stimulasi sentuhan cinta, gerak, urut, kontak mata, bicara/bercerita/bernyanyi dengan bayi, dan pendengaran.

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PIJAT BAYI?

  1. Pijat bayi dilakukan saat kondisi bayi dalam keadaan sehat.
  2. Persiapkan tempat yang nyaman, alas yang empuk, serta kuku tangan ibu pendek.
  3. Pijat bayi dilakukan secara menyeluruh meliputi wajah, badan, tangan hingga ujung kaki.
  4. Hindari memijat bagian yang terlalu dekat dengan mata atau selaput lendir, ubun-ubun, ulu hati dan tulang belakang.
  5. Dilakukan dua kali sehari, terutama hingga bayi berusia enam bulan.
  6. Satu sesi pemijatan berlangsung sekitar 15-20 menit.
  7. Disarankan untuk menggunakan baby oil atau baby lotion yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Hindari memijat dengan menggunakan minyak telon.

LANGKAH-LANGKAH PIJAT BAYI


Metode pijat bayi JOHNSON’S® ini telah melalui uji kelayakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan telah dijadikan pedoman pijat bayi oleh para bidan se-Indonesia melalui pelatihan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI).
Berikut ini langkah-langkah pijat bayi :

1. CARESS LOVE

Letakkan kedua telapak tangan anda di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya, seperti membuka buku.

2. RELAX

Pijat area di atas alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.

3. SMILE

Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir

4. BUTTERFLY

Dengan kedua telapak tangan yang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

5. CROSS/MENYILANG

Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri

6. “I”

Pijat lembut dengan 3 ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”

7. “L.O.V.E”

Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”.

8. “U”

Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari Anda perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

9.WALKING FINGERS

Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara.

10. FINGER SHAKE

Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.

11. ROLLING

Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

12. MILKING

Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.
A. Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
B. Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas

13. RELAX (KAKI)

Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.

14. SLIP (PIJATAN MELUNCUR)

Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah (tengkurap). Posisikan satu telapak tangan Bunda, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong.
Untuk lebih jelasnya bisa silahkan klik PIJAT BAYI. Ada visualisasi/gambarnya untuk memudahkan untuk praktek pijat bayi.

      JOHNSONS’S DAN PROGRAM SENTUHAN CINTA

sentuhan-cinta-pijat-bayi-johnsons


Johnsons’s merupakan perusahaan produk bayi yang sudah terkenal senatero jagad raya ini, memiliki fokus terhadap perkembangan holistik anak.  Johnsons’s semakin memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi. Ada hal-hal yang mendasari sikap Johnsons’s ini, yaitu:
  • Berbagai penelitian menyebutkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) merupakan periode penting bagi bayi karena pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh pada perkembangan periode berikutnya, hingga bayi beranjak dewasa. Baca juga PERSEMBAHKAN GIZI TERBAIK UNTUK BUAH HATI DALAM PERIODE 1000 HPK
  • Dalam periode emas ini diperlukan nutrisi yang cukup, afeksi melalui sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.


Maka dari itulah Johnsons’s melaunching Program Sentuhan Cinta, yaitu sebuah program yang mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, terutama selama periode emas.

Untuk mewujudkan programnya itu, Johnsons’s bekerjasama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Nah, Johnsons’s juga mengajak para ibu di seluruh Indonesia untuk ikut berperan serta dalam Program Sentuhan Cinta dengan memberikan donasi melalui pembelian produk sebagai berikut:
Membeli produk Johnson’s di Alfamart atau Shopee senilai minimum Rp 25.000,-
Membeli Johnsons’s oil 125 ml atau Top-to-Toe Bath 400 ml atau Baby Lotion 200 ml di toko-toko lain yang berpartisipasi dalam Program Sentuhan Cinta.

Dengan melakukan pembelian produk di atas, para ibu secara otomasti menyumbangkan Rp 500,- (Lima ratus rupiah) untuk membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo Gresik.

Selain ajakan berdonasi, Johnsons’s melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnsons’s. Tentu hal ini untuk memastikan bayi di Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Mau informasi lebih lengkap kaann...
Ayo kunjungi 



Follow juga aku IG nya : @JohnsonsBaby_id
Facebook : @JohnsonsBabyIndonesia


21 komentar:

  1. Ini aku suka banget pijat bayi, gemes uwel-uwel kaki bayi yang kecil dan wangi banget pas pake baby oil juga. Nah kalau aku suka sambil main kak, jadi sambil cerita dongeng gitu dia ketawa-ketawa gemes banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi teringat waktu Athiyah bayi dulu, seneeenngg banget rasanya saat memijat dia, apalagi kalau setelah pijat dia bisa relaks dan tidurnya lebih nyenyak, berasa berhasil memijat hihihi

      Hapus
  2. Jadi ingat sekitar 4 tahun yang lalu rajin pijat bayi tiap sore dan malam karena anakku kolik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, Pijat bayi ini juga sangat membantu saat anak mengalami kolik

      Hapus
  3. Aduh jadi kangen mijat bayi... Anak saya udah 1,5 tahun, jangankan pijat seluruh badan, pijat ilu pas lg sembelit aja enggak mau diem hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku pas usia segitu juga sudah susah mbak dipijit, katanya geliiii...

      Hapus
  4. Seneng banget deh kemaren saya bisa ikutan pelatihan pijat bayi oleh Johnson's
    Jadi bisa praktek ama si bayi saya yang keenakan kalau dipijat sesudah mandi atau sebelum tidur.

    pakai baby lotion Johnson's bikin acara pijatnya jadi lebih asyik :)

    BalasHapus
  5. Benar Mba. Bayi atau balita yang siangnya dipijat itu tidurnya lebih nyenyak dan lelap. Beda dengan anak yang tidak dipijat sebelumnya, Jangankan kalau anak sakit badan, anak sehat pun terlihat gelisah. Itu baru salah satu dari sekian banyak manfaat pijat untuk anak ya. Senang sekali bisa nambah ilmu terkait pijat bayi di sini. Bisa nambah ilmu dan praktiknya.

    BalasHapus
  6. waktu anak-anak bayi juga sering pijat sendiri. Anak-anak jadi lebih nyenyak tidur malamnya.

    BalasHapus
  7. Manfaat yang sangat paling aku nikmati adalah untuk meningkatkan bonding antara Ibu dan anak. Masya Allah bahagianya melihat aenyum anak saat dipijat.. Membuat lebih banyak bersyukur karena sdh dikaruniai anak yang lucu ❤

    BalasHapus
  8. Jadi inget kata-kata mbaknya yang pas ngasih pelatihan pijat bayi waktu itu. Kalau ke dukun bayi itu, anak kalau dipijat tambah nangis bisa makin keras aja mijatnya. Padahal kalau di acara ini kemarin, tipsnya malah kita diminta menekan bola mata kita untuk tahu tekanan seperti apa yang bisa nyaman saat kita memijat bayi.

    BalasHapus
  9. Dari anak pertama dulu sebelum mandi selalu rutin pijitin pakai baby oil Johnsonbaby ini . Latihannya dari nonton VCD pijit bayinya Johnson. Dan memang benar setelah dipijat tidurnya jadi lebih nyenyak dan bisa menstimulasi otot otot bayi yang berguna bagi tumbuh kembangnya. Seperti memijat kakinya yang menstimulus otot kaki supaya mudah belajar berjalan.

    BalasHapus
  10. Pentingny bngt ini pijat utk bayi selain buat stimulus perkembangan nya juga menambh bounding tentunya

    BalasHapus
  11. Anak-anakku waktu kecil rutin dipijat. Tapi sama bidan. Gak tahu aku caranya sih. Coba kalo tahu, bisa mijat sendiri. Dan manfaatnya memang kerasa. Anak-anak jadi pada nyenyak bobonya. Makannya pun jadi lahap.

    BalasHapus
  12. Kalau gini jadi pengen punya bayi lagi hehehe sayangnya kemarin nggak bisa ikut

    anakku yang 7 tahun aja kalau lagi manja sambat capek pengen minta dipijitin mamanya

    BalasHapus
  13. Waah seru belajar pijatnya pasti ilmunya lengkap nih :D
    Aku termasuk ibu2 yang selalu memijat anak mbak, dari kecil anak2ku BB rendah jd sama dokter disarankan buat sering2 dekat dan pijat. Memang alhamdulillah jdnya bondingnya kuat banget ma anak2 :D

    BalasHapus
  14. Pijat bayi itu banyak banget yaa manfaatnya. Aku juga suka pakai Johnson terutama baby oil nya tuh udah legendaris banget. Haha. Tapi kalo anak keduaku kan udah 1.3 tahun masih ngaruh ga ya klo pakai metode pijat bayi gitu, soalnya sekarang mah udah susah dieeem hehe

    BalasHapus
  15. Aku pengen banget nih belajar pijat bayi kayak gini langsung sama ahlinya. Bisa bikin bonding antara anak dan ibu jadi lebih erat lagi ya bun.

    BalasHapus
  16. wahh, ternyata manfaat pijat bayi bagus banget ya mba. sebenarnya udah lama aku pengen belajar pijat bayi, secara si kecil senang banget dipijat hihi. pas baca ini kudi dicoba nih step by stepnya

    BalasHapus
  17. Bantak juga yaaa stepnya. Asal bayi nyaman dan tenang, bisa dipraktekin semuanya hehehe

    BalasHapus
  18. Kita mesti bisa ya pijat bayi, jika blm bisa kita dapat beajar dari teman2 yg udah biasa. Saya jg blm paham nih mbak dgn cara yg baik dan benar soal pijat2 bayi.

    BalasHapus