09 Juli 2019

Biaya LASIK Mata Ternyata Tak Semahal yang Kita Kira

sumber : biem.co

Biaya LASIK mata di Jakarta dan sejumlah daerah lain di Indonesia rata-rata belasan juta rupiah untuk satu mata. Buat beberapa kalangan, biaya operasi LASIK itu terbilang mahal.
Namun nyatanya biaya tersebut jauh lebih murah ketimbang biaya LASIK mata di luar negeri. 


Menurut data MedicalTourism.com, India sebagai negara yang kerap jadi tujuan operasi LASIK mematok biaya sebesar US$ 1.000 untuk operasi dua mata.
Dengan kurs rupiah saat ini 14.200 per dolar Amerika Serikat, biaya LASIK mata di India rata-rata mencapai Rp 14.200.000. Tapi itu baru biaya operasinya. Belum termasuk ongkos tiket, penginapan, sampai makan di sana.
Tiket penerbangan dengan Garuda Indonesia saja menembus Rp 8 juta dari Jakarta ke New Delhi. Bolak-balik sudah Rp 16 juta sendiri.

Beralasan operasi LASIK di India sekalian berwisata? Bukan ide bagus. Soalnya, pasien LASIK mesti berhati-hati menjaga matanya dalam beberapa minggu seusai operasi, yang berarti aktivitas di luar ruangan jadi terbatas.

Sedangkan biaya LASIK mata di negeri sendiri berkisar Rp 30-an juta untuk sepasang mata. Bila dihitung-hitung, duit yang dikeluarkan untuk mengobati mata dengan LASIK lebih terjangkau di Indonesia. Selepas operasi LASIK pun bisa langsung bersantai di rumah, nggak perlu ke bandara mengejar pesawat.

Kenapa Biaya LASIK Mata Tinggi?

LASIK adalah prosedur pengobatan pada mata yang mengalami rabun jauh (mata minus), rabun dekat (mata plus), dan astigmatisme (mata silinder). LASIK alias laser-assisted in situ keratomileusis menggunakan teknologi laser untuk mengubah bentuk kornea agar kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Penggunaan peralatan modern dan paling update, dokter yang berpengalaman, dan penanganan khusus adalah segelintir faktor yang membuat biaya LASIK mata tinggi. Faktor lain yang tak kalah penting adalah operasi LASIK punya risiko.

Dokter dan tenaga medis yang bertugas melakukan LASIK wajib menekan risiko itu agar tak muncul dan mempengaruhi pasien. Ibaratnya flying fox, yang cuma meluncur beberapa meter saja harus bayar puluhan ribu rupiah. Nggak sampai semenit permainan itu selesai.

Tapi risiko yang bisa timbul membuat kita mesti membayar harga yang lebih mahal daripada es krim Magnum untuk meluncur dengan flying fox. Sebab, petugasnya mesti memastikan keselamatan kita dengan cara menekan risiko tersebut.

Selain itu, pengalaman meluncur sambil berpegangan pada tali, terlebih dalam ketinggian tertentu, bisa menjadi pengalaman yang amat menyenangkan dan tak terlupakan. Pengalaman ini turut berkontribusi dalam tingginya ongkos ber-flying fox.

LASIK mata pun begitu. Operasi LASIK kelar dalam hitungan detik. Bila digabungkan dengan waktu persiapan, paling cuma 20-an menit. Tapi manfaatnya sungguh bernilai: mata kembali bisa melihat jelas tanpa kacamata ataupun lensa kontak.

Biaya LASIK Mata Sepadan Jika…

Walau begitu, standar prosedur LASIK mata tak bisa dipukul rata di semua fasilitas medis. Setiap klinik atau rumah sakit mata mengunggulkan layanan masing-masing yang boleh jadi berbeda antara satu dan yang lain.

Karena itu, biaya LASIK mata yang tinggi bisa dikatakan sepadan jika layanan yang diberikan memuaskan. Dalam hal ini, kepuasan tercapai bila mata pasien  bisa kembali normal tanpa efek samping LASIK yang berarti.

Sebagai contoh, KMN EyeCare menawarkan biaya LASIK mata sebesar Rp 14 juta untuk satu mata. Biaya itu mungkin lebih tinggi dibanding klinik sebelah.
Namun KMN EyeCare punya alasan kenapa mematok biaya LASIK mata segitu. Di antaranya fasilitas kesehatan yang dulu bernama Klinik Mata Nusantara ini punya tenaga medis yang mumpuni.

Sejak didirikan pada 2004 oleh dokter Sjakon G. Tahija, SpM. yang telah lama berkecimpung sebagai pakar kesehatan mata, KMN EyeCare berfokus menjadi fasilitas kesehatan berstandar internasional. Itu artinya pelayanan yang diberikan merujuk pada prinsip-prinsip yang dianut fasilitas kesehatan dunia, termasuk dalam operasi LASIK.

KMN EyeCare pun berusaha mendekatkan diri kepada masyarakat dengan membuka kantor di Kemayoran, Jakarta Selatan, Kebon Jeruk, dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta serta satu kantor di Semarang, Jawa Tengah. 

Sejumlah selebritas pun tercatat pernah mempercayakan pengobatan matanya kepada KMN EyeCare.
Contohnya Yuki Kato, Merry Riana, dan Kevin Julio. Testimoni mereka bisa dibaca di website KMN EyeCare dan videonya dapat disaksikan di YouTube.

Di sana mereka bercerita bagaimana operasi LASIK mata dilakukan. Juga teknologi yang digunakan dalam pengobatan tersebut. Dalam soal peralatan LASIK, KMN EyeCare memakai teknologi terkini dengan wavefront dan iFS™ Advanced Femtosecond Laser.

Teknologi termasuk menjadi penentu biaya LASIK mata di mana pun. Walau begitu, LASIK tetap diupayakan ramah kantong.


Diantaranya dengan program promosi diskon untuk tindakan LASIK pada waktu tertentu dan kerja sama dengan bank untuk pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Sederet benefit tersebut berujung pada harapan akan kepuasan pasien LASIK, yakni bisa bebas beraktivitas tanpa perlu mengenakan kacamata atau lensa kontak lagi.

18 komentar:

  1. Bebas dari kacamata untuk penggunanya menjadi harapan ya agar lebih leluasa, dan LASIK bisa jadi solusinya apalagi untuk yang cukup dananya

    BalasHapus
  2. Sejujurnya aku baru tau soal pengobatan lasik ini, sepadan sih ya harganya dengan hasil yang bisa kita dapatkan. Apalagi tindakan yang punya resiko tinggi ini harus benar2 ditangani oleh dokter yang sudah profesional.

    BalasHapus
  3. Memang kualitas pelayanan jasa yang baik berbanding lurus dengan biaya

    BalasHapus
  4. Waaahh aku temasuk rabun jauh dan mengurungkan niat buat Lasik soalnya mahal banget. Ternyata KMN harganya gak mencekik dan pelayanannya tokcer pula

    BalasHapus
  5. Aku memang rencana mau lasik mata anakku saat dia dewasa kasian bngt kalo sampai gede pake kacamata trus..mana tebel lagi minusnya maksih bngt infonya mba bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Saya sempat kepikiran untuk LASIK. Tetapi, untuk anak saya yang pertama. Lumayan gede dia tuh minusnya

    BalasHapus
  7. Gimanapun juga orang akan lebih memilih yang memang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya ya mbak, meskipun harus merogoh kocek lebih dalam. Daripada ada apa apa di.kemudian hari kan? Namanya investasi buat tubuh sendiri

    BalasHapus
  8. Yah daripada operasi mata LASIK di luar negeri, mending operasinya di Indonesia saja karena walau lebih murah di sana sama saja ya Mbak karena masih harus ngeluarin uang juga buat trasnport. Saya pengen juga deh bisa operasi LASIK agar terlepas dari kaca mata tapi masih mikir2 nih karena biayanya lumayan juga ya hehe

    BalasHapus
  9. Kalo baca-baca, biaa LASIK memang beragam ya. Ada yang relatif terjangkau, ada juga yang mahal banget. Aku kepengen deh nge-LASIK anak sulung. Biar gak perlu pake kacamata atau softlens. Tapinya masih takut aku dan dianya. Jadinya maju mundur deh. :D

    BalasHapus
  10. Kl punya rejeki akupun pengen di LASIK, rasanya make kacamata itu pegel dan capek haha

    BalasHapus
  11. Meski kata orang mahal, tapi kalau hasilnya bagus pasti banyak yang nebak ya. Asal sehat banyak orang yang pasti mempertaruhkan segalanya...

    BalasHapus
  12. Saya juga udah pake kacamata.. cuman keknya nggak bisa dilasik ya.. faktor U hihihi... kacamataku lensa profresif karena bermasalahnya justru kalo liat jarak deket.. tapi kalo liat uang alhamdulillah masih jelas hihihi

    BalasHapus
  13. Saya juga udah pake kacamata.. cuman keknya nggak bisa dilasik ya.. faktor U hihihi... kacamataku lensa profresif karena bermasalahnya justru kalo liat jarak deket.. tapi kalo liat uang alhamdulillah masih jelas hihihi

    BalasHapus
  14. Baru tau ada biaya lasik 14 jutaan, aku pikir bisa mencapai 30an juta tadinya.
    Aku gk kepikiran lasik sih krn gak parah, kykny ayg perlu lasik yg minusnya tinggi2dan udah gk nyanan pakai kacamata kali ya

    BalasHapus
  15. Seriusan harganya murah mba? Aku soalnya rabun jauh. Tapi yang rekomen di rumah sakit mana mba?

    BalasHapus
  16. Hehe lasik itu ternyata treatment ini toh. Aku min memang sempat ditawarin cuma kayaknya aku gak berani hehe selain ku pikir biaya nya mahal dan aku takut haha. Alhamdulillah gak burem banget sih cuma biasanya abis melahirkan making nambah

    BalasHapus
  17. Lasik tu sekarang mulai banyak dipilih untuk mengobati rabun mata, memang dibanding harus terus tergantung pada kaca mata, mending lasik ya..apa lagi kl ada biaya... Hihi... Ini fungsinya menyembuhkan ya?

    BalasHapus
  18. Duh aku juga pengen banget bisa operasi LASIK ini soalnya sudah pakai kacamata dari kelas 5 SD. Harus ngumpulin duit dulu nih

    BalasHapus