26 Februari 2021

MENGATASI PENGARUH NEGATIF DALAM BELAJAR


Setiap orang perlu bergaul dengan siapa saja katakanlah bergaul dengan orang lain, mungkin dengan teman sebaya, dengan orang tua atau mungkin dengan orang yang lebih muda.

Hal ini, wajar dan memang harus dilakukan karena manusia adalah makhluk sosial mereka dalam menjalani kehidupan perlu bantuan orang lain, bahkan sebaliknya mereka tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Bagi anak-anak di usia sekolah cenderung lebih suka bergaul dengan teman seusianya atau sebayanya, tentu anda merasa senang sekali mempunyai banyak teman namun perlu diketahui di antara teman anda pasti mempunyai  sifat atau watak yang berbeda-beda, misalnya : sifat sombong, egois (mementingkan diri sendiri), banyak bicara, pendiam atau mungkin sifat rendah diri, atau juga selalu kurang.

Di dalam pergaulan akan menambah pengalaman baru dari pergaulan tersebut, namun tidak sedikit dalam pergaulan akan menimbulkan dampak yang kurang baik, juga disebut salah pergaulan. Untuk itu berhati-hatilah dalam pergaulan. Dalam pergaulan yang baik juga tergantung lingkungan pergaulan itu sendiri dan yang tidak kalah pentingnya adalah teman dalam bergaul apakah itu pergaulan yang positif atau pergaulan yang negatif. Untuk itu anda harus hati-hati dalam memilih teman bergaul, apabila anda selektif dalam memilih teman maka anda tidak akan salah dalam pergaulan anda sendiri, namun jika salah dalam pergaulan maka akan terjerumus pada hal-hal yang kurang baik misal : sering majeki (ngompas) temannya, tindakan kriminal penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau terlibat pemakai narkoba, pergaulan bebas dan hal-hal negatif lainnya.

Pergaulan pada dasarnya berlangsung di 3 tempat antara lain :

1.  Di lingkungan keluarga itu sendiri.

2.  Di lingkungan sekolah yang ditempati.

3.  Di lingkungan masyarakat sekitar.

Namun tidak menutup kemungkinan pergaulan juga bisa berlangsung dimana saja tergantung status pribadi seseorang, untuk itu memilih teman yang baik dalam pergaulan juga harus diperhatikan, dan juga bagaimana membina hubungan yang baik dengan teman pergaulan. Sekarang bagaimana dengan kalian, sudahkan menemukan teman yang baik akrab dalam pergaulan anda sehari-hari ?, bagaimana anda membina hubungan baik dengan teman anda tersebut ?. Harus diingat yang namanya teman yang baik adalah teman yang dapat:

a.  Mengemukakan kesalahanmu secara nyata atau obyektif

b.  Turut merasakan kesenangan dan kesulitan yang kamu alami

c.  Mengajak pada even-even yang positif : misal : mendorong untuk belajar, memberi motivasi meningkatkan prestasi, mencari suatu yang baru dan yang bermanfaat.

Kadang ada juga teman sedemikian dekat dengan dirimu, katakanlah sebagai sahabat kamu membicarakan berbagai hal-hal yang dianggap penting dan rahasia kepadanya demikian sebaliknya dia akan mencurahkan isi hatinya padamu, untuk mencari sahabat ini kamu harus hati-hati. Sebaiknya seorang sahabat itu dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadimu.

Sebagai kesimpulan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara seseorang dengan orang lain, demikian kamu juga membutuhkan teman dalam pergaulan sehari-hari tetapi dalam memilih teman haruslah kamu memilih teman yang baik jangan sampai kamu terpengaruh dengan ajakan untuk melakukan perbuatan yang negatif, karena dengan sekali kamu mencoba maka selanjutnya kamu akan terbiasa dengan perilaku negatif.

Ceritakan pengalaman kalian ketika mengalami sesuatu yang negatif dalam bergaul dengan teman dan sebutkan caramu mengatasinya.

Tulis pengalamanmu di kolom komentar di bawah yaa...


59 komentar:

  1. Pada waktu sd,kls 6 saya sedang beristirahat dengan teman teman,ada satu teman yg mau mengajak utk melihat foto foto yg gk pantas dilihat dihp,dan ada satu teman yg telah mengadu keguru dan akhirnya kami dibawa kekantor bk akan tetapi saya menjelaskan keguru bahwa saya blm melihat foto tsb dan saya pun tidak memegang hp dan pada saat itulah saya tidak bergaul dengan teman tsb karena akan menjerumuskan pergaulan yg tdk baik ( Muhammad tito tri novianto 7b/22 )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget Tito, teman yang mengajak ke hal yang tidak baik harus dihindari agar Tito tidak menadapatkan pengaruh yang negatif.

      Hapus
  2. Dulu ada 1 anak pindahan, kami ajak dia berteman, tapi dia nakal, sering ngomong kotor, gak mau kalah dan sering ngebully. Temen ku selalu di bully kadang aku juga, tapi pas dia lagi keluar di surabaya aku bilang ke temen-temen "Mending kita gak berteman sama dia" dan semuanya setuju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: M. Aulia Akbar N.
      Absen: 18
      Kelas: 7b

      Hapus
    2. Oke Akbar, karena membully itu perbuatan yang tidak baik maka itu bisa dijadikan pelajaran buat Akbar dan teman-teman agar tidak melakukan hal tersebut.

      Hapus
  3. Nama:Maya Putri Nabila
    Kelas:7b
    No.absen:15
    1)Mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan positif, misalkan mengembangkan bakat atau berolahraga.
    2) Memilih lingkungan pertemanan yang baik.
    3) Menjalin serta menjaga hubungan yang harmonis dengan orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus sekali hal-hal yang disebutkan oleh Maya Putri Nabila.
      Kalau pengalamanmu tentang hal negatif saat berteman bisa diceritakan?

      Hapus
  4. Nama:Adinda siska dwi yanti
    Kelas:7B
    Absen:2
    Waktu sD dulu sahabat saya selalu dihina saya tidak terima sahabat saya dihina saya melaporkan ke guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melaporkan ke guru adalah salah satu cara penyelesaian bila terjadi masalah antar teman, karena dengan demikian tidak terjadi main hakim sendiri

      Hapus
  5. Nama:nadia yumna
    Kls :7B
    Absen:23

    Waktu SD saya pernah di pukul sama teman saya,dia memang anaknya nakal,kemudian saya memberitahu orangtua,kemudian orangtua saya memberitahu guru di sekolah,dan gurupun menegurnya,dan akhirnya anak itu menjadi baik dan tidak suka memukul lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya teman yang telah memukul tersebut mau menyadari perilaku buruknya.

      Hapus
  6. Nama:Fanny Ramadani
    Kls:7B
    Absen:9
    Waktu SD ada sahabat saya yg di hina dan di ejek lalu dia di pukuli saya TDK terima lalu ada guru lewat lalu langsung saya kasih tau agar TDK di ulang i lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus Fanny, bila ada teman yang berperilaku kurang baik maka sebagai teman wajib menegur dan mengingatkan

      Hapus
  7. Nama: Muhammmad Fatan Ali Mujahid
    Absen:19
    Kelas:7A

    Pada waktu SD ada teman saya yang diejek oleh teman-teman, teman-teman nya mengolok-olok nama orang tuanya.lalu saya mencoba menasehati anak yang mengejek nya tsb, perbuatan mengolok-olok nama orang tua tidaklah baik.lalu teman-temannya pun tidak pernah mengolok-olok teman saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Fatan, mengapa ya sebagian anak itu suka mengolok-olok nama orangtua...padahal setiap nama itu mempunyai makna sendiri apalagi nama orangtua yang wajib dihormati. Alhamdulillah Fatan sudah menasehati teman tersebut

      Hapus
  8. Nama : M. Ainul Yaqin
    Kelas : 7B
    Absen : 14
    Saat di malam minggu, saya biasa ngumpul bersama dengan teman-teman main hp didepan rumah. Kami bergurau dan bercanda. Di waktu itu teman saya ada yg mengeluarkan kata tak senonoh. Mendengar perkataan itu ibu saya langsung keluar rumah. Dan memarahi teman-teman saya, terutama saya. Semenjak itu, kami gk pernah lagi bergadang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ainul, bila ada teman yang berkata kurang baik maka kita wajib untuk menasehatinya agar tidak mengulangi hal tersebut

      Hapus
  9. Nama : Adinda Putri Rabbani
    Kelas : 7 A
    Absen :03

    Pengalaman saya ketika SD sereing kali teman mengolok olok masalah fisik, jujur saya tidak suka dan saya berusaha menasehati teman saya itu.
    Agar terhindar dari pergaulan yang negatif maka saya menghindari teman-teman yang dapat memberikan pengaruh jelek misalnya malas belar dan sering main tanpa mengenal waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengolok-olok secara fisik itu termasuk body shaming, dan hal itu sangat tidak boleh dilakukan karena dapat melukai perasaan yang bersangkutan.
      Bener banget kita harus bisa memilih teman yang baik agar kita terpengaruh menjadi baik

      Hapus
    2. Terima kasih atas masukan dan sarannya

      Hapus
  10. Nama:Ade Wahyu Maulana
    Kelas:7a
    Absen:2
    Saya pada saat SD pernah berkata kotor ke anak kecil di asrama
    Dan anak kecil itu menangis dan saya dibilangkan ke pengasuh, langsung saya didatangi pengasuh dan dimarahi,pada saat itu saya tidak mengulangi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Ade Wahyu dapat menyadari kesalahan waktu itu dan menjadi anak yang lebih baik.

      Hapus
  11. Nama: Lailatul khasanah
    Kelas: 7A
    No. Absen: 13

    Dulu saat saya masih SD teman saya seringkali mengganggu saya saat sedang belajar di kelas, mereka juga sering mengucilkan saya dan juga kadang ada yang menghina tentang fisik saya. Saya sebenarnya tidak nyaman dgn perilaku dan perkataanperkata jadi saya menghindari Mereka dan mencari teman baru yang membawa pengaruh positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menyakitkan ya diperlakukan seperti itu... Semoga anak-anak yang berbuat tidak baik itu dapat diberi nasehat sehingga tidak mengulangi lagi perbuatannya.

      Hapus

  12. Nama :Muhammad fazril rehansyah
    Kelas:7B
    No :19
    Assalamualaikum
    Pada suatu malam aku di ajak sama saudara saya ke alun-alun dan bersama teman teman yang lainnya .Tidak lama kemudian ada teman saudara saya yang mengeluarkan rokok dari sakunya dan saya di ajak merokok tapi saya menolaknya dengan perkataan yang tidak menyinggung perasaan kakak tersebut ,walupun kakak tersebut memaksa saya tidak menghiraukan dan saya trus beralih sama teman saya bermain sepak bola .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat salut pada Fazriel yang berani mengatakan TIDAK saat diajak merokok. Fazril tentu sudah mengetahui efek negatif dari merokok.

      Hapus
  13. Nama: Sofia Marsa lindasari
    Kelas:7b
    Noabsen:29

    Waktu itu saya mempunyai teman laki-laki yang sangat nakal dia suka memukul siswa-siswa yang tidak bersalah/tidak melakukan kesalahan apapun kepadanya, membuly, menyuruh siswa-siswa mengerjakan tugasnya, dan waktu ulangan mencontek.karena saya dan siswa-siswa yang lain sudah tidak tahan dengan sikapnya, akhirnya kitapun memutuskan untuk memberitahukan sikapnya itu kepada guru dan akhirnya guru pun memberikan sanksi kepadanya, sanksi yang diberikan kepadanya adalah memanggil orang tuanya untuk datang ke sekolahan dan diberitahukannya sikap anaknya kepada siswa-siswa yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh apa yang dilakukan teman laki-laki tersebut sangat merugikan teman yang lain dan juga merugikan dirinya sendiri. Bila ada hal yang kurang baik terjadi dan anak tersebut tidak bisa dinasehati maka memang lebih baik melapor ke guru

      Hapus
  14. nama: Rusfita Rahmah Adawiyah
    Absen: 28
    Kelas : 7A

    pengalaman saya , saya punya teman yg sering membedakan saat berteman , sering berkata kasar dan sering mengejek . saya sangat kesal dengan haln tersebut .
    untuk menghindar dari hal negatif jadi saya memutuskan untuk menjauhi teman saya sebulum ada hal buruk terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita tetap berteman dengan mereka khawatir terpengaruh buruk yaa... Kita harus berusaha menegur dan mengingatkan dengan baik-baik ya

      Hapus
  15. Pengalaman saya ketika SD,teman saya bertengkar dan saya melerai,tetapi dia tidak mau,dan ahirnya saya lapor ke guru
    Nama:Ansori alwi ferdiansyah
    Kls/no absen:7A/05

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Alwi sudah berusaha melerai, karena bagaimanapun pertengkaran itu suatu hal yang tidak baik, masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin

      Hapus
  16. Nama:M. Mirza shalahudin khalid A. P
    Kelas:7A
    Absen:20

    Pengalaman saya,Pada saya masih SD ada teman saya yang kesulitan untuk memahami materi yang di berikan oleh guru, dan waktu itu teman saya meminta tolong untuk membantu menjelaskannya, dan waktu itu saya langsung membantu menjelaskannya, dan setelah saya bantu menjelaskan teman saya sudah mengerti materi yg di berikan oleh guru, teman saya berterimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah luar biasa Mirza, dengan membantu teman menjelaskan apa yang tidak dimengerti insya Allah ilmumu semakin berkah

      Hapus
  17. nama : grezicha febrian kaila m
    kelas: 7b
    abs : 11

    pada saat kelas 6. saat setelah jam istirahat, saya masuk kekelas dan saat saya masuk kekelas saya melihat ada teman saya yang sedang bertengkar. saya dan teman saya sydah mencoba untuk melerainya tetapi mereka tetap saja saling mengolok olokan, akhirnya ketua kelas kami memanggil guru. Dan mereka tidak bertengkar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih ya kalau melihat teman bertengkar, suasananya jadi memanas dan kurang nyaman. Syukurlah segera memanggil guru untuk melerai

      Hapus
  18. Nama: Putri Ilda Okta Riyanto
    Kelas: 7B
    No. Absen: 26

    pada saat saya kelas 6, ada teman saya yang hampir setiap hari dihina hina karna ia memiliki badan gendut lalu teman sy menangis dan akhirnya saya selaku ketua kelas memanggilkan guru lalu teman² saya yang ngehina diberi hukuman dan tidak ada lagi hina-hinaan antar teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ngebayangin betapa sedihnya anak yang dihina-hina itu. Kita semua tahu bahwa semua sama di hadapan allah SWT, hanya iman dan ketaqwaan yang menjadi pembedanya

      Hapus
  19. Nama : Raditya Jeremia K.P
    Kelas : 7A
    Absen : 27

    Pada waktu SD, saya memiliki teman yang suka berbicara kotor dan kasar jika ada sesuatu yang kurang sesuai dengannya. Saya pernah mencoba untuk menasehatinya tapi tetap tidak ada perubahan. Saya tetap mau berteman dengannya tapi sebagai teman biasa tidak lebih karena saya menghindari pengaruh negatif darinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Raditya sudah berusaha menasehatinya meski belum ada perubahan karena hatinya belum terbuka untuk kebaikan, suatu saat semoga dia bisa berubah lebih baik.

      Hapus
  20. Pada waktu kelas 5-6 ada 1 circel di kelas saya mereka melakukan hal membully kepada saya tapi saya diam dan terus menjauhi mereka dan berusaha agar mereka tidak membully saya lagi tapi tidak berhasil saya tetep di bully dengan perkataan sampai akhirnya saya memutuskan untuk mendekati mereka dan meniru mereka karena saya pikir dengan cara itu saya tidak di bully lagi oleh mereka , dan saya pun sedikit terjerumus ke hal hal yang sedikit negatif seperti suka mengejek dll seperti yang mereka lakukan namun saya tetap ter bully dan tidak lama saya tersadar bahwa hal yang saya lakukan salah dan pada akhirnya saya menjahui mereka lagi dan bersikap bodoamat terhadap mereka tetapi begitu saya masih tetap terbully dan saya hanya diam dan tidak lama saya bisa bebas dari mereka dan mencoba mencari teman yang baik di SMP ini(violetta Citra Amalia, 30,7b)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak yang melakukan bullying bisa "melahirkan" pembully baru. Bullying harus "dilawan" dengan melibatkan pihak ketiga seperti guru, orangtua agar bullying tidak semakin merajalela

      Hapus
  21. MOHAMAD FATAKHU ROEZIQ/7A/16

    Pada saat kelas 5,ada teman saya yang menyuguhkan vapor kepada saya,tapi saya tidak mau,karna jika saya ngerokok /ngevapor maka saya tidak bisa menjalani hidup dgn sehat
    Tetapi saya tidak pernah menjauhi teman saya,karna teman yang baik dan jelek itu bisa dirubah sifatnya jika kita punya pemikiran yang dewasa,dan jika kalian tidak kuat menyalnya maka kalian jangan coba coba berteman dgn anak yang jelek sifatnya

    SEKIAN DARI SAYA TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut dengan Fatakhu yang telah berani mengatakan tidak karena punya prinsip yang kuat dalam diri, tidak mudah teromabng-ambing oleh siapapun

      Hapus
  22. Nama:Putri Dwi Cahya Kamila
    Kelas:7a
    No absen:26
    Pengalaman saya waktu kelas 6,saya mempunyai teman yang suka mengolok ngolok orang tua maupun pekerjaan orang tua teman yang lainnya, dan saya menegurnya tetapi tetap di ulangi lagi, saya dan teman saya mencoba menasehati nya dan akhirnya di tidak mengulanginya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mudah menyerah untuk mengingatkan teman yang berperilaku kurang terpuji akhirnya berbuah manis.

      Hapus
  23. Nama: Hilmi zaki yasa
    Kelas : 7b/12

    Pengalaman saya waktu kls 6,ada teman saya yang sukanya suka usil ,usilny itu dia suka ngerjain temanny dengan cara menyembunyikan barang milik teman d saat itu dia menyuruhku untuk menyembunyikan sepatu milik salah satu teman,tapi saya menolakny dan saya pun menergurny bahwa perbuatanny itu sangatlah merugikan orang lain,dan akhirny teman tersebut tdk lagi mengulangi hal tercela tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga pada Hilmi, telah berani meolak melakukan perbuatan yang merugikan orang lian. Tetaplah selalu berbuat baik ya nak

      Hapus
  24. Teman sy dlu pernah di buly, dia minta saran agar bisa keluar dri masalah tersebut, saya menyarankan agar TDK balas dendam, karena balas dendam itu perbuatan tercela dan jga dosa, saya menyarankan agar :
    -dia TDK mendengarkan ejekan temannya
    -dia tetap semangat dalam menuntut ilmu
    -dia tetep tersenyum
    -dia memaafkan temannya, ketika temannya blm meminta maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Githanisa Aulia Azzahra
      Kelas : 7A/11

      Hapus
  25. Pengalaman saya waktu kelas 6,saya mempunyai teman yang suka mengolok ngolok orang tua maupun pekerjaan orang tua teman yang lainnya, dan saya menegurnya tetapi tetap di ulangi lagi, saya dan teman saya mencoba menasehati nya dan akhirnya di tidak mengulanginya lagi

    Nama : Muhammad Ariel Putra Fatoni
    Kls : 7A
    No Absen :17

    BalasHapus
  26. Nama : Abi Kenda Yosi
    Kelas:7A
    No Absen: 01

    Pengalaman saya waktu kelas 6, saya mempunyai teman dia sering dibuly sama temen temen dan teman teman sering mengolok ngolok orang tuanya dan yang lainnya,akhirnya saya memberi nasihat dan akhirnya teman teman tidak pernah mengulanginya lagi

    BalasHapus
  27. Pengalaman saya waktu kelas 5 Sd
    Ada teman saya dari daerah luar jawa pindah ke sekolah saya . Dia berkulit hitam dan berambut keriting
    dia setiap hari di olok olok dan dihina
    setiap olahraga pun dia tidak memeliki teman
    Waktu saya ajak pun dia tidak mau

    Nama:Maulidya Qailah Latief
    Kelas:7A
    absen:14

    BalasHapus
  28. Dulu waktu kecil saya sering bermain dgn ank kampung semenjak ada peristiwa yg enggak nggak saya ga pernah lagi main dgn ank kampung
    Kan ada ank cowo memegang salah satu anggota fisik saya trs krn saya ga diam diri akhirnya saya anu rambut nya(ku jambak) eh tiba tiba sih ibu nya si cowo datang marah marah ke saya bilang kayak gini:
    Ibuk: kmu apakan ank saya (kayak ngegas dikit)
    Ibuk: awas aja sampai kayak gini lagi saya laporkan ke polisi
    Aku: iya te (maksudku tante)
    Krn perasaan saya antara malu dan sedih saya ga bisa ngomong apa apa lagi :)

    Dari peristiwa di atas kita bisa menggambil makna nya yaitu sebaiknya kita bergaul dgn teman yg pemikiran yg jernih dan positif

    Nama: Nayla Putri Yansa
    Kls : 7A
    Absen: 24

    BalasHapus
  29. Yusrul hana/32/7b
    Ketika sd pengalaman saya adalah saya dan teman teman saya sering dibuly oleh kakak kelas suatu hari kakak kelas saya membuly teman saya ,saya tidak tinggal diam saya langsung memberi taukan guru saya setelah itu kakak kelas saya tidak pernah membuly saya dan teman teman saya

    BalasHapus
  30. Dulu waktu sd saya mempunyai teman yang selalu mengadu domba teman yang lain lalu saya mengadukan kepada guru agar ditegur supaya tidak melakukannya lagj
    Nama:Nur faizah
    No absen:25
    Kelas:7b

    BalasHapus
  31. Waktu masih disekolah dasar, saya pernah diajak teman untuk bolos sekolah. Tetapi saya tidak mau, karena akan ketinggalan pelajaran. Tetapi temanku terus menerus mengajak bolos. Akhirnya aku bilang, kalau kita bolos kita akan ketinggalan pelajaran dan kasihan sama orang tua kita mereka akan kecewa sama kita. Temankupun akhirnya setuju sengan saran saya. Dan alkhamdulillah kita tidak jadi bolos sekolah.
    Nama : Cahaya Kamila
    No. Absen : 07
    Kelas : 7B

    BalasHapus
  32. Pada saat saya SD dulu teman saya tidak membawa pensil karena lupa untuk membeli pensilnya lalu saya tidak tega kalau teman saya di marahin guru karena tidak mengerjakan tugas yang di suruh oleh guru lalu saya meminjamkan pensil saya dan alhamdulillah teman saya akhirnya bisa mengerjakan tugas
    Nama:Sufian Wicaksono
    No.Absen:30
    Kelas"7A

    BalasHapus
  33. Tidak mengolok olok teman dengan sebutan nama orang tua

    Nama: Ansori alwi ferdiansyah
    Kls:7a
    Absen:05

    BalasHapus