17 Februari 2021

REMAJA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA


Remaja berada pada usia puber yang disebut "akil baligh" artinya akal yang sudah sempurna. Itu artinya seorang remaja sudah dapat membedakan hal yang baik dan hal yang buruk, dapat membedakan hal yang harus dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan. 

Di dalam agama islam pada usia ini seorang remaja harus melaksanakan perintah-perintah yang diwajibkan dalam agama, serta menjauhi segala larangan-larangan yang mengakibatkan perbuatan dosa. Kewajiban melaksanakan perintah-perintah agama dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.


A. BERTAQWA

Bertaqwa adalah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Contoh menjalakan perintahnya: menjalankan sholat lima waktu, berkata jujur, menjalakan puasa wajib dalam bulan romadhon.

Contoh menjauhi larangannya: tidak boleh minum-minuman keras, mencuri, memalak dan narkoba, berjudi, menipu dan berbohong serta berani sama orang tua.


B. SABAR

Sabar termasuk sikap terpuji yang menjadi sumber dari segala keberhasilan. Sabar bukan berarti meninggalkan usaha. Sabar harus disertai dengan usaha sesuai tenaga menurut kemampuan diri. Sabar merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.[1] Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.


C. IKHTIAR

Ikhtiar berarti melakukan sesuatu dengan segenap daya dan upaya untuk menggapai sesuatu yang diinginkan. Ikhtiar harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati dan semaksikmal mungkin tapi juga tak lepas dari seberapa besar kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya. 

Apabila gagal dalam suatu usaha, kita dianjurkan untuk bersabar karena orang yang sabar tidak akan gelisah dan berkeluh kesah atau berputus asa. 

D. TAWAKAL

Tawakal adalah berserah diri kepada Tuhan dengan cara mendekatkan diri pada-Nya setelah berikhtiar sekuat tenaga dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Yang terjadi biarlah terjadi karena itu merupakan kehendak Tuhan yang harus di terima dan di jalani dengan lapang dada.

Tawakal sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena akan membiasakan perilaku terpuji, jika mendapatkan keberhasilan senantiasa bersyukur dan tidak sombong, begitu pula sebaliknya. Jika mengalami kegagalan senantiasa bersabar dan berlapang dada. Ia tidak berputus asa dan tidak menyalahkan orang lain, tidak larut dalam kesedihan serta berusaha meningkatkan usahanya agar dapat meraih keberhasilan.


Sumber : Bimbingan Konseling untuk SMP/MTs, wikipedia


Ceritakan pengalaman kalian di masa pandemi ini (bisa dalam hal belajar, menjalin pertemanan, hubungan dengan orangtua dan lain-lain) terkait dengan bahasan kita kali ini. Misalnya bagaimana ikhtiar, kesabaran  yang kalian lakukan selama pandemi ini.

Tulis pengalamanmu dalam kolom komentar di bawah yaa..

25 komentar:

  1. Silahkan sharing pengalaman kalian di kolom komentar yaa... Terima kasiiihh...

    BalasHapus
  2. Kesulitan Saya selama belajar online jika ada hal yang tidak di mengerti soal tugas biasanya WA guru terus balasnya lama padahal beliau sedang online kemudian di jawab tapi tidak sesuai dengan pertanyaan yang sudah Saya ajukan kemudian bertanya lagi dan hanya menjawab yang sudah selesai saja di kumpulkan

    BalasHapus
  3. Kesulitan saya belajar online dirumah
    Kadang mengerjakan tugas diganggu adik dan ada yg tidak saya ngerti dalam mengerjakan tugas tapi saya selalu sabar dalam menghadapi hal itu.kadang kadang setelah sholat saya selalu berdoa agar corona hilang dan semua murid bisa masuk sekolah seperti semula.

    BalasHapus
  4. Tidak Adanya Fasilitas Belajar
    Daring Pada Masa Pandemi
    --------------
    Sebulan yang lalu saya mengalami pengalaman yang menyedihkan yaitu saya kehilangan hp ketika belajar daring selama pandemi.Di waktu kehilangannya hp,saya sulit dalam belajar daring tetapi saya terus berusaha untuk tetap bisa belajar daring walaupun sedang mengalami musibah kehilangan hp.Saya belajar daring menggunakan hp ayah/ibu secara bergantian,saya berusaha mencari informasi pembelajaraan/materi apa yang akan dibahas/dikerjakan melalui teman,saya juga berusaha untuk bisa mendapatkan no wa teman saya walaupun cuman ada 3 nomor.Sebelum belajar daring saya selalu bertanya ke pada teman lewat hp ayah/ibu tentang tugas apa yang dibahas oleh gurunya/tugas yang diberikan oleh guru.Tidak hanya dengan bantuan tanya kepada teman,saya juga menginstal semua aplikasi pembelajaran daring di hp ayah/ibu terutama aplikasi google classroom.Dengan mendownload aplikasi google classroom,akan lebih memudahkan dalam melihat materi/tugas yang diberikan oleh guru secara online.Walaupun sampai sekarang hp saya belum ketemu,tetapi ayah dan ibu menabung sedikit demi sedikit untuk bisa membelikan hp secent walaupun gk seberapa bagus yang penting hp yang berusaha dibelikan oleh ayah/ibu dengan uang tabungannyabisa terpakai untuk belajar secara daring kembali dan saya bersyukur bisa dibelikan hp lagi untuk tetep bisa belajar daring selama pandemi.Setelah dibelikan hp sama ayah/ibu saya berusaha untuk bisa masuk ke grup² sekolah dan tetep bisa belajar daring.Dan saya tidak akan putus asa dalam mengejar pembelajaran yang belum saya pahami atau saya mengerti.Disisi lain ayah dan ibu selalu support untuk tetap semangat dalam belajar walau hp yang lama hilang dan belum ketemu sampai sekarang.


    Nama:Yuli Amelia
    Kelas:8C
    No.absen:32

    BalasHapus
  5. Kesulitan belajar pda masa pandemi yng saya alami adalah saya pernah tidak memiliki kuota pda saat daring jdi saya tidak mengikuti daring beberapa hari, dan kesulitan belajar pads masa pandemi saya tidak faham pelajaran yang diberikan ibu guru, saya berdoa agar covid ini segera berakhir

    BalasHapus
  6. Kesulitan saya saat belajar online dirumah adalah pada saat saya bertanya tentang materi yang kurang saya pahami atau tugas yang belum saya kumpulkan kepada guru di WA hanya dibaca saja oleh gurunya atau dijelaskan dengan pendek/singkat sehingga saya masih belum bisa memahami pelajaran yang diberikan oleh guru , walaupun begitu tugas yang belum saya kumpulkan atau materi yang belum paham saya tetap mengerjakannya

    BalasHapus
  7. Kesulitan saya saat belajar online dirumah adalah saya diganggu oleh adik saya saat saya mengerjakan tugas dan kadang" diganggu oleh saudara dan saya agak kesulitan dalam mengerjakan tugas dan saya tidak faham pelajaran yang diberikan oleh bapk ibu guru. Dan saya berdoa agar pandemi covid saat ini segera berakhir

    BalasHapus
  8. Kesulitan saya belajar online di rumah diganggu adik,tidak mempunyai paketan saat daring/belajar online dan tidak faham pelajaran yang ibu guru sampaikan

    BalasHapus
  9. M.Ibnu Endi R
    Absen:18
    Kelas:8c

    BalasHapus
  10. saya sering mengalami kesulitan dalam daring yaitu saya tidak bisa bertanya secara langsung , terkadang juga tidak faham , menjapri ibu/bapak guru pun lama sekali untuk menjawab nya .
    Saya juga sering terkena gangguan pada handphone , yang selalu mati tiba-tiba , hal itulah yang membuat saya menjadi tidak bisa belajar dengan tenang.
    Apalagi saya mempunyai adik yang masih sangat kecil , dia selalu saja menganggu saya di manapun saya belajar.
    Saya ingin sekali virus di taun ini menghilang , setiap selesai sholat saya selalu meminta kepada allah untuk segera menghilangkan virus di dunia ini.
    Saya juga sangat rindu kepada teman teman juga , karena pandemi covid-19 ini kami tidak bisa bertemu.
    Tapi dibalik ini semua saya bisa berkumpul dengan keluarga saya.

    Semoga saja covid-19 segera menghilang dan kita bisa bersekolah seperti biasa nya.aminnn


    Amanda dwi p.
    8c/05

    BalasHapus
  11. Kesulitan saya belajar selama pandemi ini pada hp,hp yg saya pake masih pinjam mama jadi sering telat mengumpulkan tugas,karena hpku dulu eror jdi pinjam mama dulu,nunggu mama plng ngajar baru mengerjakan,gcr mau saya pindah k hp ku sendiri takut tugas yg saya kirim blm dikoreksi sama guru,takut GK ada nilai nantinya,kalau saya kesulitan dlm mengerjakan sy biasanya tanya teman apa mama,kalau tanya Bu guru biasanya ada yg respon bagus ada yg marah,kadang ada pula yg TDK membalas pertanyaan saya,y sdhlah sy bljar sendiri SM mama,oh y saya mengerjakan sambil jaga adiku loo teman2 soalnya mama ngajar,saya dirumah sama adik,nnti mama ngirim tugasnya k saya kalau ada tugas,semoga wabah ini segera berlalu,dan kami bisa sekolah seperti biasanya,amiin,semangat belajar dari rumah dan selalu jaga kesehatanšŸ¤²

    BalasHapus
  12. Kesulitan saya saat belajar online dirumah
    Kadang tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru,dan sering lupa waktu untuk belajar karena di suruh ortu menjaga adik.dalam pandemi covid 19 ini saya berdo'a untuk pandemi ini supaya segera berakhir dan bisa sekolah tatap muka seperti biasanya dan bisa bertemu dengan teman² lain nya.

    Sherly Melviana afghanisyah
    8c/29

    BalasHapus
  13. Kesulitan saya saat belajar online dirumah adalah pada saat pembelajaran, materi yg diambil itu banyak yg belum masuk ke otak saya,jadi waktu ada tugas saya kadang merasa kebingungan karena ada materi yg masih belum saya pahami,walaupun begitu saya tetap ikhtiar dan bersabar dengan tetap mengerjakan soal dari guru agar impian saya terwujud.
    Nama:Jauhar Rasyad
    Kls:8C
    Absen:13

    BalasHapus
  14. Kendala yang sering terjadi pada saat belajar online adalah tugas yang banyak sehingga sering kali tugas saya menumpuk,itu sebabnya saya selalu merasa bosan dan jenu. pada saat paket data internet saya habis saya hotspot ke hp ibu. Tetapi saya selalu sabar dalam menghadapi ini semua. Saya berdoa semoga Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari kita dengan normal

    BalasHapus
  15. Kesulitan saya saat belajar online dirumah adalah pada saat saya bertanya tentang materi yang kurang saya pahami atau tugas yang belum saya kumpulkan kepada guru di WA hanya dibaca saja oleh gurunya atau dijelaskan dengan pendek/singkat sehingga saya masih belum bisa memahami pelajaran yang diberikan oleh guru , walaupun begitu tugas yang belum saya kumpulkan atau materi yang belum paham saya tetap mengerjakannya

    BalasHapus
  16. Najwa Kurnia M11 Maret 2021 22.36

    Kendala saya saat belajar online adalah ketika tidak memahami materi yang telah disampaikan guru, dan ketika bertanya cuman diread doang kalo nggak, dia say "tanya ke temen kamu yang lain!!". Nyesek kan?? :( Seperti dicampakkan gitu,, apalagi adik saya yang gaada akhlak selalu menjaili saya ketika saya lagi belajar. Akhirnya terjadi perang sehingga mengganggu konsentrasi saya dalam belajar.
    And saya mencoba untuk tetap sabar dan berikhtiar dalam menghadapi situasi seperti ituu.

    BalasHapus
  17. Nabila kayza soraya/2412 Maret 2021 18.14

    Selama dirumah,saya melakukan hal hal yang tidak pernah saya lakukan ketika hari hari biasa seperti saat masuk sekolah.Banyak hal yang saya lakukan untuk mengisi kegiatan dirumah seperti mengaji,memasak kue,dan makanan kecil lainya,berjemur dibawah sinar matahari,dan banyak lagi kegiatan lainya.Walaupun banyak sekali tugas yang diberikan dari pihak sekolah,saya beristiqomah mengerjakan semua tugas dengan ikhlas dan sungguh sungguh.Dab ketika saya beribadah,saya berdoa untuk semua masyarakat indonesia semoga kita semua dilindungi dan dijauhkan dari marabahaya virus corona oleh Allah Swt.Aamiiin...


    NAMA:NABILA KAYZA SORAYA
    ABS :24

    BalasHapus
  18. Kendala saya hanya waktu belajar online itu biasanya kuota atau paket saya lag/sinyal yang kurang memadai dan satu lagi yaitu apabila ada kebisingan di sekitar saya,saya tidak bisa mengerjakan dengan stabil tapi itu saya hadapi dengan kesabaran dan tawakal kepada Allah SWT agar dimudahkan pekerjaan

    Nama : M. Ardian. Pramana. S
    No. Absen : 19
    Kelas : 8C

    Sekian , terima kasih :)

    BalasHapus
  19. Kesulitan saya dalam belajar online adalah jika ada materi yang belum faham tidak bisa dijelaskan


    Mohammad fatakhu roeziq 16 17 A

    BalasHapus
  20. kesulitan saya dalam belajar online adalah jika tidak memiliki kuota dan materi yang tidak paham

    BalasHapus
  21. Kesulitan saya saat belajar masa pandemi ini,Terkadang sulit untuk menjawab soal Dan Terlambat untuk mengumpulkan tugas yang di berikan.

    BalasHapus
  22. Kesulitan saya saat belajar online sinyal kuota paket saya kurang memadai dan sekitar rumah saya saat jam pembelajaran banyak tetangga yang melakukan aktivitas diluar rumah sehingga menimbulkan kebisingan.

    Marcel Immanuel Christopher
    15/8C

    BalasHapus