18 Juli 2021

POHON HARAPAN

Apa itu pohon harapan?

Pohon harapan adalah alat atau media untuk memotivasi diri agar lebih semangat dalam menggapai harapan harapan yang kita punya.


Di pohon harapan kita bisa menuliskan dan menggantung segala harapan yang ingin kita capai alam waktu dekat maupun dalam waktu jangka panjang berpuluh tahun kedepan. 

Pohon harapan dapat dihias semenarik mungkin sehingga minat kita akan bertambah dan ingin menuliskan semua harapan - harapannya dan di gantung di pohon harapan tersebut.

 

Tujuan Pohon Harapan :

Adapun tujuan dari pohon harapan ini untuk :

  1. Memiliki gambaran-gambaran harapan untuk masa depan.
  2. Memotivasi diri dan memberikan kepercayaan bahwa suatu hari nanti segala harapan itu akan tercapai.
  3. Mengasah kreatifitas kita agar lebih kreatif.

 

Filosofi Pohon Harapan

Sebuah pohon memiliki beberapa bagian, diantaranya akar, batang, daun, dan buah. 

 

AKAR

Akar diibaratkan sebagai modal atau potensi diri yang dimiliki oleh masing-masing orang sejak awal. Akar ini memiliki dua bagian yaitu bagian positif dan negatif.

Sebagai contohnya ketika seorang siswa pergi ke sekolah, pasti ada beberapa modal postif yang ia bawa sebelumnya misal ingin mendapat ilmu, ingin bertemu dengan teman, ingin segera lulus, semangat meraih cita-cita, dan lain sebagainya.

Begitupula dengan modal negatif, misalnya rasa malas karena harus berangkat pagi, banyaknya tugas yang belum terselesaikan atau tugas yang dikerjakan dengan tidak maksimal, dan lain sebagainya.

Kekuatan akar dari pohon harapan ini ditentukan oleh setiap individu. Apakah akan dijadikan akar yang kuat atau akar yang lemah. Apakah pohonnya akan tumbuh dengan akar yang melemahkan, atau akar yang menguatkan. Jika sebuah pohon memiliki akar yang melemahkan, maka ia tidak akan tumbuh dengan baik.

 

BATANG

Dalam pohon harapan usaha diibaratkan sebagai batangnya. Batang adalah jembatan untuk dapat menjadikan tujuan dan cita-cita menjadi kenyataan.

Jika tidak ada batang, tidak mungkin juga ada daun dan buah. Tanpa batang, energi tidak akan tersalurkan dari akar ke daun. Jika energi saja tidak tersalurkan, jangan harap akan menghasilkan buah yang manis dan enak dipandang.

Batang adalah bentuk usaha seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya serta hasil yang akan ia dapatkan nantinya. Usaha tersebut bisa dengan berbagai cara yang tentunya dengan cara-cara yang baik. Karena suatu hal yang diraih dengan cara-cara yang baik maka akan berujung dengan kebaikan pula. Misalnya dengan rajin belajar, aktif, berdoa, tawakal, banyak latihan, dan lain sebagainya.

DAUN

Daun dalam pohon ekspektasi ibarat tujuan jangka pendek. Apa yang kita cita-citakan untuk satu sampai lima tahun kedepan letakkan di daun ini. Daun yang lebat menandakan cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai sudah benar-benar tercatat disini. Berhasil tidak nya, bergantung pada masing-masing individu. Tetapi setidaknya cita-cita tersebut sudah tertuliskan dan tidak akan mudah terlupa.

Misalnya seorang siswa SMPN 4 Gresik memiliki tujuan bisa lulus dengan nilai terbaik, dan lain sebagainya.


BUAH

Buah adalah hasil dari tujuan jangka pendek, tentunya dengan bantuan akar sebagai penyokong energi dan batang.

Ketika pohon harapan sudah dibuat, maka ini akan memberikan motivasi pada diri. Bisa jadi akan banyak orang yang menertawakan mimpi-mimpi kita, mencibir harapan-harapan indah yang kita punya.

Tak perlu berkecil hati, karena setiap orang memiliki latar belakang dan pemikiran yang berbeda. Kita harus selalu berpikir positif, memperjuangkannya harapan dan cita-cita yang kita punya.

Dan suatu saat jabatlah tangan-tangan yang dulu telah menertawakan mimpi-mimpi kita. Katakan kepada mereka bahwa kini saatnya untuk bangun. Saatnya melihat kenyataan bahwa mimpi yang dulu mereka tertawakan bukan sekedar bunga tidur semata.



Referensi : frisilasetiani.blogspot.com



14 komentar:

  1. ADINDA PUTRI RABBANI 8A/0318 Juli 2021 17.43

    Setiap orang pasti mempunyai cita cita dan harapan, maka barang siapa bersungguh sungguh, maka dia akan berhasil

    BalasHapus
  2. Semua orang pasti mempunyai cita-cita kalau kita belajar dengan giat dan Bersungguh-sunggu pasti Akan tercapai

    BalasHapus
  3. Kalau kita belajar dengan sungguh-sungguh pasti akan tercapai cita-cita

    BalasHapus
  4. Nadhira Umayani 8A/2318 Juli 2021 18.11

    Semua orang memiliki cita citanya sendiri, tak usah memperdulikan omongan orang lain dan fokuslah untuk meraih cita cita tersebut, jika bersungguh sungguh cita cita tersebut pasti akan tercapai

    BalasHapus
  5. Mungkin terlihat suram malam ini, namun jika kita terus berpegang pada harapan, hari esok akan menjadi lebih cerah."

    BalasHapus
  6. Semua orang pasti punya cita cita, barang siapa yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil merai cita citanya,belajar lah sungguh sungguh samapai berhasil janganlah memperdulikan omongan orang lain

    BalasHapus
  7. jika kita belajar dengan bersungguh sungguh, maka kita akan berhasil meraih cita cita

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Semua orang mempunyai cita cita maka untuk mendapatkan cita cita kita harus belajar dengan sungguh-sungguh dan melakukan hal yang baik

    BalasHapus
  10. Semua orang pasti mempunyai impian nya masing masing dengan ini kita harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu agara apa yang kita inginkan terwujud

    BalasHapus
  11. Kita harus belajar bersungguh-sungguh agar kita bisa meraih cita-cita

    BalasHapus
  12. Muhammad fazril rehansyah 8B/19
    Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras .Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan .Tidak ada kemudahan tanpa doa .

    BalasHapus
  13. Semua orang pasti mempunyai impian nya masing masing dengan ini kita harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu agara apa yang kita inginkan terwujud

    Nama FANNY ramadani kls 8B no absen 9

    BalasHapus
  14. Mungkin terlihat suram malam ini, namun jika kita terus berpegang pada harapan, hari esok akan menjadi lebih cerah."
    NAMA Fanny Ramadani KLS 8B No 9

    BalasHapus