27 April 2018

TAMAN BOTANI SUKORAMBI, DESTINASI WISATA JEMBER YANG FUN DAN EDUKATIF

http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Kota Jember adalah kota yang tidak terlalu asing bagiku. Setidaknya aku bersama keluarga sudah beberapa kali menginjakkan kaki di kota yang memiliki 31 kecamatan, 226 desa dan 22 kelurahan ini. Kira-kira baru 10 kali kami kesana, itu terhitung mulai saat saya masih SMP, kuliah hingga berkeluarga.

Kok bisa? Ya iyalah, saat masih SMP saya ke Jember saat mengunjungi kakak saya yang waktu itu sekolah di MANPK Jember. Saat kuliah, saya pernah mengikuti kegiatan salah satu organisasi kampus di Universitas Muhammadiyah Jember. Nah, setelah menikah nih aku makin sering ke Jember. Apakah karena suami orang Jember, atau bekerja di Jember? eh tidak juga, yang dapat suami orang Jember adalah adik ipar. Akhirnya mempunyai keluarga orang Jember juga.

Mulai adik ipar menikah hingga mempunyai tiga anak yang lucu-lucu nggemesin kami pun sering silaturahmi ke keluarga Jember, terutama saat ada moment khusus keluarga seperti : tilik bayi, khitanan, pindahan rumah, acara pernikahan, saat lebaran atau saat ada anggota keluarga yang sakit.
Kami merasa kota Jember yang terkenal dengan berbagai jajanan olahan tape singkong ini (seperti suwar-suwir, prol tape, pia tape, brownis tape dan dodol tape) merupakan kota kedua kami setelah Gresik.

Ketika kami bersilaturahmi ke Jember, hampir selalu diupayakan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata Jember yang tentunya sayang banget kalau dilewatkan, apalagi kita sudah jauh-jauh perjalanan Gresik-Jember. Itung-itung sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Terakhir kami ke Jember pada bulan Juli tahun lalu, saat itu kami diundang dalam acara pernikahan famili dari adik ipar. Sudah lama sih, makanya adik sering menanyakan kapan kami ke Jember lagi. Mereka senang banget kalau ada keluarga Gresik yang datang kesana, makanya kami selalu diarep-arep untuk berkunjung kesana.

Karena belum ada waktu yang pas untuk kesana, kami pun belum bisa janji, daripada janji-janji tapi nggak ditepati...iyaa kaaann...?
Kapan hari kami sempat video call-an, seperti biasa ketiga keponakanku itu ikut nimbrung juga...rameee jadinya hahaha

Keponakan : “Assalamu’alaikum Budheee....kapan ke Jember lagi, sama Kakak Tia dan Kakak Kayla.”
Aku         : “Wa’alaikumsalam Aufar, iya nih Budhe kan belum libur, Kakak Tia sama Kakak Kayla juga masih sekolah nih...”
Adik ipar    : “Iyo Mbak, ini anak-anak sudah nanyain terus kapan Kakak Tia kesini...”
Aku             : “Iya dik kapan ya..? Lha ini belum ada libur. Nanti aja, insya Allah sekalian ziarah haji eyangnya Aufar.”
Adik ipar   : “Lha masih lama itu, mumpung belum Ramadhan, mainlah kesini. Nanti tak ajak ke tempat yang bagus di dekat-dekat sini...”
Aku              : “Iya ta...tempat apa kok dekat? Mall Lippo?”
Adik ipar   : “Bukan, itu lak sampeyan sudah beberapa kali kesana. Dekat dari rumah kira-kira nggak sampai sepuluh menit. Namanya Taman Botani Sukorambi.”
Aku               : “Halaah, cuman taman to, disini juga banyak kalo cuman taman aja.”
Adik ipar    : “Eh jangan salah, ini beda dari taman-taman biasanya. Pokoke dijamin seneng kalau anak-anak diajak kesana, bakalan betah nggak mau pulang.”
Aku              : “Masa iya sih?... Okelah ntar aku cari-cari info dulu ya, semoga aja kami bisa main lagi ke Jember. Eh udah dulu ya, itu Athiyah sudah manggil-manggil minta dibacain buku cerita, biasa ritual sebelum tidur. Ntar disambung lagi yaa...”

Awalnya aku nggak terlalu tertarik sih dengan tawaran adikku, tapi aku kan kepo juga akhirnya, siapa tahu ntar saat ke Jember bisa kesana, mumpung dekat dengan rumah adik di Perumahan Bumi Mangli Permai.

APA ITU TAMAN BOTANI SUKORAMBI?
Kalau dilihat dari namanya pasti yang ada dalam benak kita adalah taman dengan berbagai jenis tanaman yang tertata dengan apik, bunga-bunga bermekaran disana sini, angin semilir memanjakan kita lalu kita bisa duduk santai di kursi taman atau menggelar tikar sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

Eits, tunggu dulu....
Setelah aku googling ternyata banyanganku tentang Taman Botani Sukorambi yang dibangun mulai tahun 2006 atas prakarsa dari Bapak H. Abdul Kahar Muzakir ini jauh di luar dugaan.

Yaap... Taman Botani Sukorambi bukan hanya sekedar taman biasa seperti dalam bayanganku. Taman yang luas areanya mencapai 8 hektar ini merupakan wisata alam yang memiliki 500 jenis flora dan fauna. Tidak hanya itu saja, destinasi wisata yang diresmikan oleh Bupati Jember Bapak Ir. H. MZA Djalal, M.Si pada tanggal 24 Februari 2007 ini memiliki berbagai wahana dan fasilitas yang lengkap. Tak heran bila Taman Botani Sukorambi menjadi salah satu Destinasi Wisata Jember yang menjadi favorit masyarakat Jember dan sekitarnya.

APA SAJA WAHANA YANG ADA DI TAMAN BOTANI SUKORAMBI?
Kalau kita akan berkunjung ke suatu tempat wisata, kita sering bertanya, "Disana ada apa aja?"  atau "Worth it nggak?" Pertanyaan macam itu wajar tentunya apalagi bagi wisatawan dari luar kota seperti kami. 


Ada berbagai wahana yang ada di Taman Botani Sukorambi ini. Wahananya pun ada yang berfungsi rekreatif maupun wahana belajar bagi para pengunjung. Kedua jenis wahana ini sebenarnya tidak bisa dipisahkan karena pengunjung bisa berekreasi sekaligus belajar disini. Double function nih idenya….

WAHANA REKREASI
1.     KOLAM RENANG
Berenang adalah favorit anak-anak. Kalo aku? Sorry, I can’t swim…  hiks… biasanya “bertugas” jagain anak-anak yang asyik berenang aja. Di Taman Botani Sukorambi ini bisa puas-puasin berenang. Apalagi semua air di kolam renangnya berasal dari sumber mata air alami yang airnya selalu mengalir dari hulu ke hilir. Keren banget ini, jadi air kolamnya bebas kaporit dong…itu artinya aman buat kulit kita.

Ada empat jenis kolam renang yang disediakan untuk memanjakan pengunjung yaitu :
Kolam renang dewasa
Kolam dengan luas 300 meter persegi dengan kedalaman 180 cm ini memiliki nuansa alam yang kental, semburan mata air dari dasar kolam serta pohon-pohonan hijau di sekeliling kolam yang menambah asrinya pemandangan di sekitar kolam.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Foto : tempatwisatajember.blogspot.co.id

Kolam renang remaja
Dengan panjang 11 meter dan lebar 8 meter serta kedalaman kolam 80 cm, kola mini aman buat para remaja yang ingin bereksplorasi air disini. Kegiatan berenang akan semakin menyenangkan dengan hijaunya pohon yang menghias sisi kolam.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com
Kolam renang anak-anak
Para orangtua tidak perlu khawatir mengajak putra-putrinya berenang disini karena kedalaman kolam yang sudah disesuaikan dengan standar kolam renang untuk anak-anak yaitu dengan kedalaman 60 cm. Panjang kola mini 19 meter dan lebar 5 meter.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com

Kolam renang pelangi
Selama ini kolam renang identic dengan warna biru atau putih. Tapi yang ini beda, dsar kolam dicat warna-warni seperti pelangi. Wah, pasti asyik nih…anak-anak pasti senang dan enjoy berenangnya. Ada dua kolam renang pelangi Yang pertama kolam dengan panjang 20,5 meter lebar 11 meter dengan kedalaman 30-80 cm. Yang kedua kolam renang pelangi dengan panjang 21,6 meter lebar 9 meter dengan kedalaman 25-80 cm, bisa untuk anak balita.
Kolam Pelangi 1
foto: blusukanjember.blogspot.co.id
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Kolam Pelangi 2
foto : tamanbotanisukorambi.com

2.     FLYING FOX
Bagi pengunjung yang pingin uji nyali eh uji keberanian bisa memanfaatkan wahana ini. Selain itu aktivitas ini juga untuk melatih kemandirian dan rasa percaya diri anak-anak. Ada dua jenis nih, yaitu Flying Fox Jungle, yaitu meluncur dari ketinggian 40 meter sepanjang 160 meter dan Flying Fox Tombro yang mengajak pengunjung untuk meluncur di atas kolam renang sepanjang 100 meter, it’s suitable for beginner.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Flying fox Jungle
Foto : casmudiberbagi.com

3.     CAMPING & OUTBOUND
Wahana ini bisa dinikmati bagi siapa saja yang ingin berkemah dan outbound di area Taman Botani Sukorambi, baik dari sekolah, kantor, maupun komunitas. Ada berbagai permainan outbound yang bisa dipilih sesuai paket yang ditawarkan, bisa outbound air, darat maupun udara.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Foto : tamanbotanisukorambi.com
4.     PERMAINAN AIR
Berupa danau buatan dengan pulau kecil di tengahnya. Pengunjung yang ingin merasakan asyiknya mendayung perahu bisa langsung ke wahana ini. Ada pula permainan air yang lain yaitu Water Ball, pengunjung dapat merasakan terombang-ambing di atas air sementara mereka berada di dalam bola karet raksasa yang tertutup rapat. Wah harus hati-hati nih, bisa-bisa jatuh terus di dalam bola.

5.     BERKUDA
Pengunjung juga dimanjakan dengan menunggang kuda saat berkeliling Taman Botani Sukorambi. Nggak perlu khawatir kudanya lari membawa kamu pergi karena ada pawing kuda yang siap mendampingi. Tapi kalau nggak berani naik kuda jalan kaki kuga asyik-asyik aja lhoo… Eh, tapi jangan lupa bayar sewa kudanya yaa…

6.     RUMAH POHON
Ingin melihat keindahan Taman Botani Sukorambi dari ketinggian 5 meter? Rumah pohon inilah tempatnya. Eh tapi naiknya bergantian ya karena rumah pohon ini hanya mampu menampung 6 orang. Jangan lewatkan untuk berselfie disini ya…
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Rumah Pohon
Foto : tamanbotanisukorambi.com

WAHANA BELAJAR

1.     KOLEKSI 500 JENIS FLORA DAN FAUNA
Wow banget, coba deh kalo ditanya, “Bisa nggak nyebutin 500 jenis ini satu per satu?” Kalo saya kayaknya nyerah deh. Semua jenis flora tersebar di sudut taman. Tidak hanya tanaman dari dalam negeri saja, tapi tanaman impor pun ada. Demikian juga dengan koleksi satwanya, ada dari jenis unggas dan mamalia. Nah, Taman Botani Sukorambi adalah tempat yang cocok banget untuk belajar berbagai flora dan fauna bagi anak-anak. Selain suasananya yang sejuk, anak-anak pun akan merasa fun karena mereka belajar sambil rekreasi.

2.     BUNNY & FRIENDS VILLAGE
Ini kesempatan bagi para pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kelinci mulai dari perawatan, cara memberi makan, trik agar kelinci bisa menurut pada pemiliknya hingga cara budidayanya. Ada Rabbit Show juga lho… ngebayangin senengnya melihat tingkah lucu para kelinci dimandikan, disisirin, dibedakin dan diberi makan. Banyak edukasi yang didapat disini. Pengunjung pun boleh memegang dan menggendong kelinci lalu foto bersama si Bunny. Ada ratusan koleksi kelinci lho…Wah Athiyah pasti seneng disini, sudah lama dia berharap mempunyai kelinci sendiri.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto: tamanbotanisukorambi.com

FYI, Bunny & Friends Village atau Kampung Kelinci ini merupakan ide cerdas dari Komunitas Peternak dan Pecinta Kelinci (Komppak Jember). Salah satu agenda yang pantas diacungi jempol dari komunitas ini adalah pemberian 60 ekor kelinci setiap bulan secara gratis kepada anak-anak dengan syarat harus sudah memiliki kandang sebagai tempat tinggal si kelinci tersebut. Wow…mauuu doongg…

3.     KOLEKSI HEWAN HIAS
Koleksi hewan hias itu yang seperti apa sih? Mau tahu atau mau tahu banget? Datang aja ke       
taman ini. Ada landak, marmot, burung gagak, love bird dan berbagai macam ikan.

4.     KOLEKSI HEWAN YANG DILINDUNGI
Ada tiga jenis hewan yang dilindungi disini yaitu kijang, rusa dan burung merak.

5.     PEMBENIHAN IKAN KOI DAN LOBSTER AIR TAWAR
Tidak tanggung-tanggung ada 9 kolam untuk pembudidayaan. Tiap kolam memiliki ukuran dan umur (ikan dan lobster) yang berbeda. Ada sekitar tiga ribu bibit ikan koi dan lobster air tawar yang dibudidayakan disini. Penasaran? Atau ingin belajar membudidayakannya? So, jangan ragu untuk dating kesini.

6.     KEBUN EDUKASI HIDROPONIK
Tahu kan hidroponik? Itu lho cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, tapi biasanya memanfaatkan media air yang dicampur dengan nutrisi. Disini pengunjung bisa belajar sekaligus konsultasi tentang seluk beluk hidroponik secara GRATIS. Selain itu bisa juga memetik langsung berbagai sayur hidroponik. Dijamin deh sayuran disini bebas dari pestisida sehingga aman buat kesehatan.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : blusukan jember.blogspot.co.id


Ssstt…tapi kalau yang ini nggak gratis, alias harus bayar sesuai dengan jenis dan berat sayuran yang dipetik. Ada satu lagi, kita juga bisa berselfie disini…Yuhuuiii…Bayangin dulu ah, bisa foto-foto dengan background berbagai instalasi hiidroponik yang tertata apik dan sayur-sayuran yang hijau seger…hihihi… Tapi ada batasan waktu berkunjungnya lho karena kan tanaman hidroponik disini kan butuh waktu untuk perawatannya juga kan… Datang aja pukul 08.00-09.00 dan 14.00-15.00. Free masuknya. 


FASILITAS
Ada berbagai macam fasilitas yang mendukung kenyamanan saat berkunjung ke Taman Botani Sukorambi, antara lain:

LAHAN PARKIR LUAS. Pernah dengar system ecogreen  untuk area parkir? Nah disini system itu diterapkan. Semua lahan parkir berada di bawah pohon yang rindang. Kendaraan nggak akan kepanasan. Daya tampungnya pun lumayan gedhe, bisa muat 200 sepeda motor, 100 mobil dan 10 bus/truk.

AKSES KE LOKASI BAWAH. Taman Botani Sukorambi selalu berusaha untuk memberikan kenyaman pengunjung. Salah satu upayanya dengan membuat akses jalan agar kendaraan bisa turun sampai bawah. Kalau dulu masih harus turun tangga dengan anak tangga yang mencapai puluhan anak tangga (gempor deh). Bagaimana kalau tidak membawa kendaraan pribadi? Don’t worry be happy, ada tossa atau golf car yang siap mengangkut Anda J.

HORTI HUT. Ini adalah tempat berbelanja aneka macam buah-buahan dan bibit buah-buahan. Ada durian, manggis, rambutan, buah naga dan masih banyak lagi. Tak perlu khawatir bikin kantong bolong karena harganya relatif terjangkau, kecuali kalau mau borong semuanya hahaha….
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Horti Hut
foto: tamanbotanisukorambi.com


RESTAURANT. Dengan konsep semi outdoor, restaurant ini siap memanjakan perut setiap pengunjung. Setelah capek dan lapar mengelilingi area taman ini, nggak  perlu khawatir kalau tidak membawa bekal makan, tinggal menclok aja disini dijamin perut lapar menjadi kenyang.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
Restaurant
foto: makrifatbusiness.co.id

MUSLIMAH PRIVATE AREA. Area ini tertutup dan disewakan dengan harga Rp 100 ribu per jamnya. Cocok untuk aktivitas pribadi atau keluarga, misalnya sekeluarga ingin ngumpul disini untuk family time, atau bersama-sama teman komunitas/organisasi ingin mengadakan gathering, ini adalah tempat yang cocok. Tredapat kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, mushola, area meeting dan kamar mandi dengan fasilitas air panas.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : ilhamsadli.com

PONDOK RAPAT GAHARUDengan design interior yang natural bisa menampung 30 orang dengan fasilitas rapat yang standar seperti alat tulis, papan, pengeras suara serta makanan dan minuman. Sewa tempat ini per 8 jam sebesar Rp 300 ribu.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com

PONDOK BACA. Terdiri dari 2 lantai dengan koleksi bacaan yang bermacam-macam. Suasana yang homey di tengah-tengah tempat wisata keluarga semacam perpustakaan mini dengan konsep pemandangan alam yang asri.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com

AREA BARBEQUE OUTDOOR. Bagi pengunjung yang suka bakar-bakar ikan, bikin sate bareng teman-teman atau keluarga nggak perlu khawatir, ada area khusus untuk acara barbeque di luar ruangan. Wah acara rekreasi makin seru kalau begini.

GAZEBO. Tersebar di sekitar taman dan kebun. Di gazebo ini kita bisa melakukan banyak hal. Misalnya istirahat setelah berkeliling menikmati setiah wahana dan fasilitas yang ada, atau bercengkerama dengan keluarga dan teman sambil menikmati hijaunya taman dan semilir hembusan angin.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com

PONDOK SENI
.
Kalau kita pergi ke tempat wisata hal yang tidak terlupa tentunya kita akan membeli sesuatu untuk dikenang bahwa kita pernah menjejakkan kaki di tempat tersebut (aku dan anak-anak banget ini), atau juga bisa untuk oleh-oleh buat orang-orang tercinta. Nah, kita bisa membeli oleh-oleh berupa karya seni di Pondok Seni ini.
http://www.renidwiastuti.com/2018/04/taman-botani-sukorambi-destinasi-wisata.html
foto : tamanbotanisukorambi.com

WIFI
.
Satu lagi yang membuat tempat ini semakin kekinian, selain berbagai spot instagramable yang pasti sayang banget dilewatkan, fasilitas wifi yang menjangkau seluruh area taman membuat kegiatan berekreasi makin menyenangkan. Bagaimana tidak? Pengunjung bisa langsung cekrek cekrek … upload di media sosial tanpa khawatir kuota internet jebol hehehe

VILA BOTANI. Bagi pengunjung yang berkeinginan menginap untuk menikmati suasana alam di malam hari, disediakan juga vila yang istimewa. 

GOLF CAR. Alat transportasi khusus untuk  mengangkut pengunjung selama di Taman Botani ini dengan daya tampung 5-7 penumpang sekali jalan.

SPOT SELFIE INSTAGRAMABLE. Sebenarnya hampir semua sudut yang ada di taman ini cantik banget buat foto-foto. Belum lagi yang ada dalam setiap wahana, pokoknya jangan lupa bawa kamera deh, kamera hape juga boleh, DLSR juga oke atau mirrorless cakep juga hehehe, sekalian bawa tongsis asyik beuud. Ini nih salah satu spot selfie yang jadi favorit pengunjung.

Foto : bjbs.co.id

      MUSHOLA. Pengunjung yang beragama Islam tak perlu khawatir ketinggalan sholat       
      (kalau ini jangan sampai yaa) karena ada mushola yang mudah sekali di temui di area taman ini.


      KAMAR MANDI/TOILET. Ada kamar mandi umum dan ada pula kamar mandi     VIP. Khusus untuk pengunjung yang berkebutuhan khusus disediakan pula kamar mandi bagi penyandang disabilitas.

WISATA RAMAH KELUARGA DAN RAMAH DISABILITAS
Taman Botani Sukorambi merupakan destinasi wisata ramah keluarga (family friendly holidays)  karena tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan lebih hangat bersama keluarga terutama anak-anak. Beberapa ciri wisata ramah keluarga adalah wisata yang mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan bagi anak-anak, aktivitas yang berkualitas, makanan yang baik dan terjangkau bagi semua kalangan. Wah, aku pun semakin tidak ragu untuk mengajak anak-anak berekreasi disini.

Para penyandang disabilitas pun tak perlu khawatir tidak bisa berwisata seperti orang normal pada umumnya. Mereka yang memiliki keterbatasan baik secara fisik ataupun mental pun berhak untuk mendapatkan haknya berekreasi disini. Hebatnya, mereka  pun difasilitasi untuk berekreasi sekaligus belajar disini. Pihak pengelola menyediakan fasilitas khusus seperti adanya toilet khusus bagi penyandang disabillitas. Pemandu pun siap memberikan pelayanan bagi mereka ini.


Wah, setelah mendapatkan informasi yang banyak tentang Taman Botani Sukorambi ini, rasa-rasanya sudah nggak sabar lagi pingin segera berkunjung kesana apalagi cuma 10 menit dari pusat kota. Kalau kesini rame-rame bareng keluarga akan lebih top markotop. Mengajak anak-anak berwisata sekalian belajar. Belajar pasti akan terasa fun and enjoy. 

Dengan hadirnya Taman Botani Sukorambi yang terus berinovasi dan berbenah diri ini membuat Jember makin rame dan menjadi salah satu kota destinasi wisata pilihan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan dengan semakin menggeliatnya sektor pariwisata, Kabupaten Jember akan menjadi magnet bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Kota Suwar Suwir ini.

Untuk lebih jelas dan lengkap, kita bisa mengakses:
Website     : www.tamanbotanisukorambi.com
HP/WA     : 085100707600
IG              : @taman.botani.sukorambi
FB             : Taman Botani Sukorambi



Biar nggak makin penasaran, coba lihat tanyangan video  ini yaa….
        sumber video : https://www.youtube.com/channel/UCRT2Q7nfw9C9gMJCLSV9jYQ 




TIKET MASUK
Untuk memasuki Taman Botani Sukorambi ini pengunjung dikenakan tiket masuk yang murah meriah, hanya Rp 12.000,- saat weekday dan Rp 20.000, saat weekend atau hari libur.
Alamat      : Jalan Mujahir Sukorambi kabupaten Jember
Buka          : Setiap hari Sabtu – Kamis (Jumat tutup)
Jam            : 07.00 – 16.00 wib

Referensi :

https://jatim.antaranews.com/foto/248957/target-kunjungan-wisatawan 


"Artikel ini diikutsertkan dalam lomba blog 
yang diselenggarakan Blogger Jember Sueger 

8 komentar:

  1. wah, menarik ya mbak taman botani Sukorambinya.
    wahana rekreasi dan wahana belajarnya lengkap banget, anak-anak pasti seneng kalau diajka ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih mbak, wahana dan fasilitasnya oke banget tuh

      Hapus
  2. Wah...asyik nih nampaknya..Catet ah, kalau2 nanti butuh pas ke Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayyuuk atuh dicatet hehehe... nggak boleh terlewat nih kalau pas berkunjung ke Jember

      Hapus
  3. Menarik nih, apalagi ada taman hidroponiknya, bisa belajar menanam hidroponik ntar di rumah.

    Btw...banyak juga ya jumlah kecamatan di Jember, kalo di tempat saya cuma 8 kecamatan heheeee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, hidroponik cocok banget buat rumah dengan lahan yang terbatas, seperti rumah saya juga

      Mas Anton tinggal di kota mana?

      Hapus
  4. Wah, kemaren pas ke Jember gagal ke sini..
    Hujan deres soalnya pas perjalanan mau ke Taman Botani Sukorambi.. hadehh

    Semoga kunjungan ke Jember selanjutnya bisa ke sana.. Aamiin

    BalasHapus
  5. wah kayaknya tempatnya luas banget yaa. puas deh kalau ke sini. apalagi harga tiketnya juga murah. tapi kalau buat masuk ke wahana di dalamnya bayar lagi nggak nih?

    BalasHapus