27 Oktober 2016

NAKAMURA HOLISTIC THERAPY, BAGI YANG INGIN HIDUP LEBIH SEHAT

Sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 14 September 2016 suami mendapatkan undangan untuk menghadiri acara Grand Opening Nakamura Holistic Therapy di Gresik, tepatnya di Ruko KIG No. A-29 Jalan Tridarma Gresik. Aku pun diajak suami untuk ikut datang ke acara tersebut tapi karena tidak bisa meninggalkan kerjaan, maka suami sendiri yang datang.

Ketika membaca undangannya, aku penasaran banget. Nakamura Holistic Therapy, apa itu? Kata suami itu semacam pijat refleksi dari Jepang. Wah, sebenarnya pingin ikut acaranya karena penasaran tapi ya gimana lagi, aku tidak bisa meninggalkan tugas di tempat kerja. Bayanganku pun melayang ke tempat-tempat pijat yang biasa ada di mall-mall itu, kan banyak di mall-mall pijat-pijat refleksi atau jenis pijat yang lain.

Undangan untuk suami

Sepulang dari kantor, suami pun bercerita tentang acara Grand Opening Nakamura Holistic Therapy yang dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Bapak M. Qosim tersebut. Ia pun berjanji akan mengajakku kesana bersama anak-anak. Tentu dong aku seneng banget diajak pijat kesana, apalagi saat itu suami mendapatkan voucher free untuk mencoba salah satu layanan terapi disana. Ini kebetulan dan sekaligus rejeki bagi saya yang sudah lamaaa banget tidak merasakan pijat, palagi susah banget menemukan tukang pijat yang sesuai keinginan. 


Yang bikin aku males untuk ke tukang pijat tradisional karena seringnya pijatannya sakit atau bahkan pijatannya nggak berasa dan nggak ngefek di badan. Bahkan yang bikin “sengsara” justru setelah pijat seluruh badan rasanya sakit sampai njarem-njarem (istilah Jawa) bahkan beberapa bagian tubuh jadi biru-biru. Nah lho... kita pijat kan maunya relaks dan nyaman di badan...eh malah sakit semua. Bikin kapok aja, makanya males aja ke tukang pijat kalau sudah begini padahal badan sudah merasa perlu banget untuk dipijat agar peredaran darah semakin lancar.


Beberapa hari berlalu. Karena kesibukan pekerjaan, rencana pergi ke Nakamura Holistic Therapy pun terabaikan, voucher gratis pun terlupakan hingga masa berlakunya telah lewat. Suatu hari setelah pulang kerja suami mengeluh badannya merasa nggak enak, terasa capek banget katanya. Aku sendiri maklum karena memang akhir-akhir ini dia banyak banget acara di luar pekerjaannya yang sangat menyita waktu istirahatnya. Idem dito denganku, sebagai ibu bekerja sekaligus sebagai ibu rumah tangga (tanpa ART) tentulah semua pekerjaan rumah seolah diborong sendiri. Ya wajar saya kalau badan terasa capek dan pegal-pegal. Pingin banget rasanya mengurangi rasa tidak nyaman di seluruh badan.


Pucuk dicinta ulam pun tiba. Seketika itu suami ingat Nakamura Holistic Therapyyang memiliki slogan The Healing Touch dan mengajakku kesana untuk relaksasi.Awalnya aku ogah-ogahan karena lagi PW (posisi weenaak) sedang rebahan di kamar. Hari pun sudah menjelang malam dan anak-anak nggak ada yang jagain. 


Udah anak-anak diajak aja”, katanya.

“Wah nanti gangguin disana, nggak enak sama yang lain,” kataku.


Suami pun meyakinkan bahwa anak-anak juga bisa sekalian diterapi disana.

Kami pun berangkat sekitar jam delapan malam. Sesampainya disana, kami pun menuju reseptionis untuk mendaftar. Ada yang berbeda disana. Desain interiornya bertema alam dengan nuansa Jepang. Aroma terapi pun tercium semerbak membuat suasana yang menenangkan dan rileks. Olala... serasa serasa berada di Negeri Matahari Terbit. Mbak reseptionisnya pun memakai  baju kimono. Reseptionis menyapa kami dengan ramah dan berbahasa Jepang, lalu diikuti bahasa Indonesia sih. Kejutan juga buatku hehehe... Sambil tersenyum aku sampaikan maksud kedatangan kami. Kami pun disodori “menu” terapi beserta fasilitas yang dimau, ada VIP, Executive dan Reguler.
 
Untuk treatment, saat itu suami memilih terapi seluruh tubuh selama 60 menit. Sementara aku memilih terapi Seitai Leher dan Pundak selama 30 menit. Maunya sih terapi yang 60 menit atau lebih, tapi khawatir nanti si bungsu rewel. Itulah emak-emak, mikirnya banyaakk...


Setelah memilih treatment, kami pun dipersilahkan menunggu sebentar dan mengganti sandal yang kami pakai dengan sandal terapi yang telah disediakan. Kami pun sempat berfoto disini.

Foto dulu sebelum treatment


Tak berapa lama kami pun dipersilahkan masuk ke ruangan terapi. Berasa nyaman banget masuk kesana. Interiornya Jepang banget. Ada tanaman semacam bambu di selasar dan ada beberapa lukisan khas Jepang di dindingnya. Langit-langitnya dicat dengan tema langit biru,aroma terapi pun membuat semakin rileks. Alunan musik instrumentalia khas Jepang mengalun merdu berpadu dengan suara gemericik air memberikan kenyamanan yang luar biasa.


Oh ya, duo krucil pun diperbolehkan masuk ruangan terapi, tentu dong sudah kami ingatkan sebelumnya agar mereka tidak berisik.



METODE PERAWATAN KESEHATAN DENGAN PRINSIP 4 T

Sebelum masuk kesini, aku menyangka bahwa aku harus ganti baju (maaf, lepas baju) dan hanya memakai underwear lalu ditutup dengan selembar kain seperti kalau kita pijat pada tukang pijat tradisional. Eh ternyata enggak lho... bahkan jilbab pun masih bisa tetap dipakai. Alhamdulillah...


Ternyata Nakamura Holistic Therapy mempunyai metode perawatan kesehatan dengan prinsip 4T yaitu tanpa buka baju, tanpa obat, tanpa alat dan tanpa rasa sakit. Klop banget deh. Ternyata ini  yang selama ini aku cari.


Sebelum dilakukan treatment pemijatan, dilakukan pengecekan tekanan darah lebih dahulu. Hal ini sangat penting, kata terapisnya untuk klien dengan tekanan darah diatas dan di bawah normal tidak dianjurkan dilakukan pemijatan karena ada titik-titik tertentu dalam tubuh yang justru menaikkan atau menurunkan tekanan darah bila dipijat.

Tes tekanan darah sebelum pemijatan

Tak lupa terapis pun menanyakan apa keluhan kita. Terapis mengatur posisi kita agar senyaman mungkin sehingga kami pun merasa comfort selama sesi pijat berlangsung.

Terapis menyarankan posisi ternyaman untuk klien

Foto-fotonya diambil oleh anak pertama kami, tentu atas seijin karyawan disana.

Selama 30 menit dilakukan pemijatan, tak terasa sudah selesai. Cepat banget rasanya yaa...berarti aku memang merasa nyaman. Bagian atas tubuh terasa lebih ringan, pandangan mata terasa lebih enak, rasa tegang pada otot leher dan pundak terasa hilang. Wah, pasti nih yang pemijatan seluruh tubuh makin mantaapp nihh...lain kali ah datang lagi kesini.

Perawatan dengan prinsip 4T

Terapisnya sudah terlatih
Setelah selesai aku dan anak-anak menunggu suami yang masih dilakukan pemijatan di ruangan reseptionis. Sambil menunggu aku melihat tayangan di monitor yang menjelaskan tentang terapi pemijatan khas Jepang ini. Dari tayangan itu aku mendapatkan banyak informasi tentangnya. Karena makin penasaran dengan Nakamura aku pun membaca brosur-bosur yang ada.



TENTANG NAKAMURA SEITAI TERAPI

Dari awal aku penasaran dengan kata Seitai. Ternyata Seitai yang dipopulerkan oleh Haruchika Noguchi ini memiliki arti penyelarasan tubuh. Seitai merupakan terapi tradisional Jepang yang bertujuan untuk menyelaraskan tubuh secara alami sehingga tercapai kesehatan tubuh dan jiwa secara alami.


Tahu kan kalau rasa tidak nyaman pada tubuh kita lebih banyak terjadi karena aliran darah yang tidak lancar? Nah, dengan terapi Seitai ini titik-titik akupuntur dalam tubuh kita akan distimulasi dengan menggunakan jari, tangan dan bagian tubuh yang lain sehingga aliran darah yang kurang lancar akibat problem psikologis maupun fisiologis dapat diatasi (Terapi Tsubo/Akupresur). Problem psikologis misalnya karena stres banyak kerjaan, anak-anak rewel melulu, marah pada pasangan, ketakutan akan sesuatu, tegang menghadapi masalah dan lain-lain. Sementara problem fisiologis misalnya kelelahan secara fisik, pegal-pegal, mual, pusing, sesah nafas, memiliki penyakit kronis, dan sebagainya. Dengan aliran darah yang lancar secara otomatis akan membuat otot di sekitarnya serta otot-otot yang berhubungan dengannya menjadi lebih relaks. Itu merupakan seitai sebagaiterapi individual.


Selain itu, stimulasi bisa juga dilakukan dengan olah gerak atau posisi badan tertentu, yang biasa disebut Seitai sebagai terapi dengan gerak olah tubuh dan pikiran. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan tubuh ke posisi normal secara alami. Manfaat yang lain dari terapi seitai ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, sehingga dapat bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit fisik maupun psikis yang mendera manusia. Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan efek samping yang bisa ditimbulkan seperti pada obat-obatan kimiawi.



BERAPA LAMANYA TERAPI?

Lama terapi sangat tergantung dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh klien. Biasanya teknik pengobatan Jepang memerlukan waktu yang relatif lebih lama daripada pengobatan barat karena sifatnya pasien menyembuhkan penyakit dengan daya tahan tubuhnya sendiri. Tugas terapis hanya membantu klien untuk membangkitkan daya sembuh alaminya. 

Adapun lamanya terapi bervariasi, antara 30 menit sampai dengan 120 menit. Rutinitas terapi akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk pencegahan disarankan satu minggu melakukan 1 – 2 kali terapi, sedangkan untuk perawatan dan penyembuhan 2 sampai 3kali terapi setiap minggu.

Apakah Mahal Terapi disini?
Menurutku biaya terapi disini sangat terjangkau. Waktu terapi berdua dengan suami itu hanya membayar seratus duapuluh ribu. Sangat terjangkau. Apalagi kalau sedang ada promo dan diskon, malah enak tuh... 
Sekarang kalau ada yang mau nraktir nggak perlu traktir di rumah makan, traktir di Nakamura aja...(hiii maunya.... hehehe) 
 

JENIS-JENIS TREATMENT DI NAKAMURA

Ada berbagai jenis treatment yang dapat diikuti untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, antara lain:

1.   Terapi Seluruh Tubuh (120 menit)

Klien akan diterapi seluruh bagian tubuhnya dengan gabungan terapi zona, akupresur dan seitai Jepang. Selain itu ditambah dengan akupresur wajah akan membuat klien mendapatkan relaksasi yang mendalam sehingga terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, organ dalam dan otot.



2.    Mixed Treatment (90 menit)

Klien akan diterapi dengan gabungan terapi zona, akupresur dan seitai Jepang. Dengan mengikuti terapi ini rasa lelah fisik dan psikis dapat teratasi.



3.    Seitai Jepang (60 menit)

Terapi difokuskan pada daerah sekitar tulang punggung, pundak, tangan dan kaki dengan tekanan lembut menggunakan tangan. Terapi dimulai dari sekitar tulang punggung atas, punggung bawah, lalu leher untuk menghilangkan kekakuan, pegal dan linu. Selain itu juga dapat meningkatkan vitalitas dan imunitas, menghilangkan sakit punggung, pundak dan leher kaku.



4.    Seitai Leher dan Pundak (30 menit)

Terapi ini cocok banget bagi pegawai kantoran yang sering bekerja lama di depan komputer. Terapi dilakukan untuk menghilangkan ketegangan otot leher dan pundak yang sering diakibatkan oleh kebiasaan duduk yang salah, salah tidur (tengeng/kenger). Dengan mengikuti terapi ini bagian atas tubuh akan terasa lebih ringan dan asupan oksigen ke otak menjadi lebih baik sehingga konsentrasi dan daya ingat akan meningkat. Saya sudah mencoba lho jenis terapi yang ini.



5.    Terapi pelangsing Perut (60 menit)

Terapi ini menggunakan paduan antara ramuan herbal pembakar lemak cepat dengan teknik terapi akupresur dan seitai untuk melangsingkan perut dengan aman dan alami.



6.    Akupresur Wajah (60 menit)

Terapi ini akan untuk menyegarkan kulit dan meremajakan aura wajah sehingga wajah akan nampak berseri-seri. Penekanan dengan tangan dilakukan secara hati-hati dan lembut di wajah.



7.    Terapi Zona (60 menit)

Tujuan terapi ini untuk meningkatkan kesehatan organ-organ dalam. Dapat juga untuk menghilangkan migrain, sakit kepala, menstabilkan tekanan darah, sulit tidur, permasalahan seksual serta memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Terapi dilakukan dengan penekanan pada sekitar telapak kaki.



8.    Akupresur Tangan (30 menit)

Terapi ini bermanfaat untuk mengatasi kekakuan otot dan sendi sekitar tangan,menghilangkan pusing dan meningkatkan peredaran darah menuju ke otak. Terapi dilakukan pada 6 meredian penting di tangan seperti usus besar, usus kecil, triple heaters, paru-paru,selaput jantung dan jantung.



9.    Akupresur Anak (60 menit)

Terapi ini untuk anak usia 3-10 tahun. Bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kemampuan belajar, menstabilkan nafsu makan dan membuat tidur lebih nyenyak. Terapi dilakukan dengan pijatan secara lembut dari bagian kepala, pundak, tangan dan punggung sehingga anak bisa tidur nyenyak.



10. Bubun Seitai (60 menit)

Penggabungan 3 bagian terapi yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.



11. Terapi Ear Candle (20 menit)

Ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada telinga agar fungsi pendengaran meningkat, mengurangi sakit kepala, sulit tidur, emningkatkan keseimbangan tubuh dan konsentrasi.



12. Masculine Power Therapy (60 menit)

Terapi ini untuk mengatasi impotensi, ejakulasi dini dan kurang bergairah secara seksual.



13. Female Wellness Therapy (60 menit)

Bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat haid, haid tidak lancar/tidak teratur, menyehatkan ovarium dan organ reproduksi sehinga membantu memperbaiki kesuburan.



14. Knee Care Treatment (60 menit)

Bermanfaat untuk mengatasi keluhan akibat kaku dan nyeri lutut akibat trauma, kelainan anatomi, dan kebiasaan olah raga.



15. Lumbar Care Treatment (60 menit)

Untuk mengatasi nyeri pinggang akibat keseleo atau ketegangan pada otot dan jaringan lunak.



16. Frozen Shoulder Treatment (60 menit)

Terapi difokuskan pada area sekitar pundak, punggung, leher untuk menghilangkan nyeri dan ketegangan otot di sekitar bahu akibat pertambahan usia, cedera, jenis pekerjaan tertentu dan pasca operasi.



17. Golf Swing Treatment (90 menit)

Untuk mengurangi rasa nyeri saat berolah raga yang menggunakan ayunan tangan akibat seringnya bermain golf.



18. Beauty Seitai (60 menit)

Bermanfaat untuk menstimulasi metabolisme, memperkuat pembuluh kapiler, membersihkan jaringan limpa di wajah dan menjadikan wajah sehat, bersih alami, bebas kusam, jerawat dan komedo.



NAKAMURA SEBAGAI SARANA “ME TIME

Sebelum menulis tentang Nakamura Holistic Therapy ini, selama dua hari aku mengalami masuk angin dan asam lambung meningkat. Badan terasa ngilu, lemas, makan tak selera, terasa mual dan perut terasa penuh (begah/sebah). Hampir saja aku nggak jadi menulis tentang ini. Di tempat kerja pun aku lebih banyak istirahat. Selama dua hari itu pun aku ijin pulang lebih cepat dari biasanya.


Aku pun ingat dengan Nakamura, kondisiku yang kurang fit ini tentu akan lebih baik bila aku terapi di Nakamura. Tak berpikir panjang, di hari berikutnya sepulang kerja aku langsung menuju ke Nakamura. Kebetulan Rumah Sehat Alami Nakamura letaknya berada diantara tempat kerja dan rumah. Ini merupakan kunjungan kedua di bulan Oktober ini. 


Dari kunjungan pertama memang aku sudah merasa cocok dengan terapi disini. Ada efek yang aku rasakan di badan, merasa lebih fresh, dan otot-otot terasa tidak kaku. Badan jadi terasa enak dan nyaman. Di kunjungan kedua aku sampaikan keluhanku kepada terapis, lalu terapis memberikan saran jenis terapi yang cocok untuk mengatasi keluhanku.


Proses terapi berjalan dengan baik hingga akhir.Selama proses terapi sajaaku sudah merasakan sensasi yang luar biasa ketika titik-titik tertentu mendapatkan stimulasi/tekanan. Dan semakin terasa manfaatnya setelah selesai terapi. Jadi tidak berlebihan kiranya bila Nakamura Holistic Therapy ini dapat membantu kita untuk hidup lebih sehat.


Lebih dari sekedar itu, proses terapi yang nyaman, rileks, privacy terjaga serta didukung dengan tempat dan suasana terapi yang menenangkan, maka terapi di Nakamura ini sangat cocok untuk me time. Sejenak lepas dari rutinitas, memanjakan diri dan melakukan relaksasi sehingga tercapai keseimbangan kondisi tubuh dan jiwa secara alami.




Setelah terapi aku sempat berfoto dengan resepsionis yang memakai baju kimono


Oh ya hampir lupa, senangnya terapi di Nakamura itu jenis kelamin terapis disesuaikan dengan jenis kelamin klien. Jadi klien perempuan bersama terapis perempuan, klien laki-laki bersama terapis laki-laki. Tentu bagi saya (yang seorang Muslim) ini sangat penting, juga untuk menambah kenyamanan. Namun jika kondisi tersebut tidak bisa terpenuhi karena banyaknya klien yang datang sementara terapis yang sesuai jenis kelaminnya sudah melayani klien yang lain maka akan ditawarkan kepada klien tersebut apakah bersedia diterapi dengan terapis dari jenis kelamin yang tidak sejenis.
 

NAKAMURA DI INDONESIA

Nakamura di Indonesia didirikan oleh Gus Minging D.S seorang psikolog alumni Universitas Indonesia pada tanggal 14 Februari 2004 di Kota Solo. Beliau belajar Seitai sebagai terapi individu secara langsung dari Miyata Tetsuro Sensei, pemilik Klinik Seitai Konan di Kagoshima Jepang. Miyata Tetsuro Sensei juga merupakan murid dari Nakayama Sensei, seorang tokoh besar di dunia Seitai  yang berjasa membuat seitai menjadi terkenal di mancanegara terutama Eropa.


Seitai sebagai terapi kelompok dipelajari oleh Gus Minging D.S dari Hamada Mihoko Sensei, seorang murid dari Okajima Sensei.

Berawal dari Solo, kini Nakamura terus berkembang ke berbagai daerah. Masyarakat memberikan respon positif karena telah merasakan manfaat kesehatan dari terapi di Nakamura. Hingga kini Nakamura ada di lebih dari 30 kota di Indonesia.


Siapapun dari kita, hidup sehat adalah sebuah keharusan. Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Jadi, nggak perlu khawatir... ada Nakamura Holistic Therapy yang siap membantu kita untuk bisa hidup lebih sehat. Tak ada salahnya untuk mencoba, namun bila seterusnya menjadi ketagihan, itu urusan Anda...


Tetap sehat, Terus sehat, Selalu Sehat bersama Nakamura...
 

http://goo.gl/3GwkWA

27 komentar:

  1. Ada knee terapi juga. Di tempat saya kira-kira ada gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dulu Mak Chie... seharusnya ada sih karena setahu saya jenis terapinya sudah terstandar di seluruh Indonesia (hasil ngobrol dengan terapisnya)

      Hapus
  2. Pengen nyoba ikut terapi ini, mba. Pas lagi pegel nih. HIhiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayyyuuukkk Mbak... pegel2 jadi hilang... saya sudah nggak bingung lagi nyari tukang pijat, dekat rumah lagi

      Hapus
  3. Wah komplit banget mbak. Dari dulu pengen nyoba ke Nakamura tapi belum jadi2.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba Mbak, saya kesana baru dua kali, dan ternyata cocok dan nyaman

      Hapus
  4. Wah, tempatnya sepertinya nyaman sekali, ya, Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyaman mbak, bisa pilih ada VIP (satu kamar satu orang), Executive (satu kamar dua orang, cocok bila bareng suami), dan Reguler (satu ruangan beberapa orang yang dipisahkan oleh sekat)... Eh berasa jadi manajer pemasarannya...

      Hapus
  5. Enaknyaaaa dipijat gitu sama yang ahli ya mbak. Soalnya saya orangnya sering geli eh kadang bisa kesakitan juga.
    Makanya enak banget klo bisa pas gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak selama ini saya juga ngalamin yang sama, makanya ogah-ogahan kalau mau pijat... lha ini kok cocok saya,cocok di kantong juga

      Hapus
  6. Kalau ke Nakamura saya sukanya pijat leher dan pundak mak....habis dipijat kepala jadi ringan banget,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka yang ini,an masih pingin ngerasain terapi yang lainnya

      Hapus
  7. wihiiii...lengkap mbak...padat dan jelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bukan telegram dong berarti...hehehe
      makasih mbak

      Hapus
  8. Wah asik banget nih. Mau coba ah, semoga cocok. Soalnya aku agak susah dengan terapi apa pun. Seringnya bukan jadi sehat malah sakit-sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu sebelum kesini juga gitu mbak, pijat tapi badan malah sakit semua. Eh, pas nyoba di Nakamura ini kok cocok ya saya.
      Silahkan dicoba aja mbak, semoga cocok...

      Hapus
  9. Wuih buat suami sy yang baru diserempet and jatuh dari motor kayaknya enak ya treatment di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba mbak terapi di nakamura, sampaikan keluhannya nanti terapis akan membantu jenis terapi apa yang cocok.
      Semoga suami segera pulih ya Mbak

      Hapus
  10. Kayaknya pelayanannya oke ya, Mbak? Liat terapisnya kayaknya ramah dan sudah pengalaman gitu. Tapi saya kapan yaa bisa menjadi time kaya gitu? Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, para terapisnya emang sudah mendapatkan pelatihan khusus di kantor pusatnya di Solo dan diuji juga sudah mampu apa belum terjun menangani pasien

      Hapus
  11. Murah tuh, betdua cuman 120.000. Aku biasanya butuh pijet setelah nanjak gunung, atau jalan. Lumayan ada alternatif tempat pijet nyaman di Gresik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Zulfa, ayo kita kapan bareng2 terapi ke nakamura, kalau barengan bisa dapat diskon lhoo hehehe

      Hapus
  12. Wah mau di pijeeet...enak banget ..aku doyan banget kalau dipijet mbaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Dewi, bisa relaksasi tubuh

      Hapus
  13. Serius ada Nakamura di Gresik? Coba ah kalau pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak masih baru di Gresik, kalau pulkam bisa ke Nakamura hehehe

      Hapus
  14. Selamat dulu saya ucapkan karena tulisan ini Juara 3 kan?

    Btw, kalau soal terapi kayaknya saya butuh banget nih. Soalnya makin hari makin ada aja yang bikin stress haha. Kapan-kapan bolehlah kesini...

    BalasHapus